Langsung ke konten utama

Tempat Wisata di Bukittinggi Sumatera Barat yang Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bukittinggi sebagai kota wisata. Daerah sekitar juga mendukung wisata di kota Bukittinggi yang harus anda kunjungi. Kota yang pernah menjadi pusat pemerintahan Republik Indonesia ini sangat menarik dikunjungi, bahkan sudah menjadi destinasi wisata dunia. Tentunya lokasi wisata ini ada yang berlokasi menuju ke kota Bukittinggi atau satu jalur Padang-Bukittinggi. Inilah tempat wisata yang harus anda datangi jika datang ke kota Bukittinggi Sumatera Barat.


1. Air Terjun di Lembah Anai.

http://kabardunia.com/


Lokasi air terjun terletak sebelah kiri dari kota Padang - Bukittinggi. Posisi yang sangat strategis sekali sebagai tempat wisata. Dengan ketinggian sekitar 35 meter yang merupakan aliran dari Sungai Batang Lurah dari Gunung Singgalang. Tempat wisata ini masih dikelilingi dengan hutan tropis yang sangat baik dan dilindungi. Sebagai cagar alam yang terjaga baik debit Air Terjun Lembah Anai ini masih selalu ada walau memasuki musim kemarau. Air yang sangat jernih dengan hamparan bebatuan mengelilingi lokasi air terjun ini cocok sekali untuk menikmati keindahan alam dan jalur kereta-api yang masih diperbaiki oleh instansi terkait anda bisa melakukan selfie dan welfie diatas jalur ini. 

Biaya tiket masuk IDR 1500 - IDR 5000 dan jika anda membawa kendaraan pribadi lahan parkir tersedia. Fasilitas disekitar lokasi wisata Air Terjun seperti toko aneka minuman. Anda dapat mandi disekitar lokasi wisata.

Peringatan.

Lokasi wisata akan ditutup jika memasuki musim hujan. Debit air akan meningkat dan akan tumpah ke jalan Padang - Bukittinggi. Sangat berbahaya bagi anda memasuki lokasi. Direkomendasikan untuk mendatangi lokasi wisata ini pada musim kemarau.

2. Jam Gadang.

http://theikhvan.wordpress.com/

Landmark nya kota Bukittinggi. Wisata di kota Bukittinggi ini sudah menjadi agenda wajib yang harus dikunjungi. Dan tentu anda juga bisa menaiki menara ini dengan menghubungi petugas yang menjadi menara. 

Pemandangan diatas menara Jam Gadang sangat indah sekali. Anda bisa melihat kota Bukittinggi, Gunung Singgalang, dan Gunung Merapi. Di lokasi Jam Gadang anda bisa melakukan banyak aktifitas seperti duduk di plaza dibawah pohon besar yang berhawa sejuk atau bahkan ber-selfie ria disekitar menara Jam.

Biaya memasuki lokasi Jam Gadang gratis dan jika menaiki menara anda bisa langsung ke petugas penjaga untuk tarifnya. Untuk membawa kendaraan pribadi tersedia lahan parkir disekitar lokasi Jam Gadang. Untuk menunaikan solat fardhu tersedia juga Mesjid didekat Pasar Atas.


3. Jembatan Limpapeh Bukittinggi.

http://thearoengbinangproject.com/


Jembatan yang menggantung diatas Jl Ahmad Yani di Kampung-Cina ini sangat menarik dilihat jika anda berada dibawah jalan. Posisi jembatan sangat mudah ditemui apabila anda dari Jam Gadang menuju ke kampung-cina sudah terlihat Jembatan Limpapeh terbentang. Fungsi jembatan ini sebagai penghubung anatara Taman Margasatwa dengan benteng Fort de Kock. 


4. Janjang Ampek Puluah - Tangga 40.

http://kompasiana.com/



Sebagai objek wisata di kota Bukittinggi, Janjang Ampek Puluah ini sudah dibangun di zaman Kolonial Belanda. Sebagai penghubung antara lingkungan sekitar dengan Pasar Atas maka Belanda membuat tangga ini untuk memudahkan koneksi kesemua akses. Jumlah tangga 40 sebutan dari semua penduduk lokal, secara keseluruhan jika dihitung dari pedesterian bawah melebihi angka 40. 

5. Benteng Fort de Kock Bukittinggi.

http://id.wikipedia.org/


Benteng ini dibangun oleh kolonial Belanda untuk mempertahan posisi pertahanan dari gempuran rakyat Minangkabau terutama pada masa Perang Paderi tahun 1821-1837 di kota Bukittinggi.

Sejarah terbentuknya benteng Fort de Kock ini adalah saat Belanda menduduki daerah Sumatera Barat benteng ini sebagai pertanda bahwa terjadinya perluasaan kekuasaan Belanda di Bukittinggi dan kota Pasaman. Belanda sangat cerdik sekali menduduki Sumatera Barat dengan memanfaatkan konflik internal yang terjadi antara kaum adat dan kaum agama. Belanda membantu kaum adat dengan menekan kaum agama sehingga terjadi Perang Paderi yang berlangsung cukup lama yaitu 1821-1837.

Setelah direnovasi oleh Pemerintah Daerah Kota terjadi perubahan menjadi lokasi wisata taman di Kota Bukittinggi dan Taman Burung. Dengan ketinggian 20 m benteng ini dilengkapi dengan meriam yang diteduhi oleh beberapa pohon rindang disekitar benteng Fort de Kock.

6. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan.

https://id.wikipedia.org/


Wisata di kota Bukittinggi ini terletak di Bukit Cubadak Bungkuak yang merupakan kebun binatang yang tertua di Indonesia. Dibangun pada tahun 1900 an ini dengan nama Storpark {kebun bunga}. Pembangunan taman ini dirancang oleh Granvenzande seorang Controleur Belanda yang bekerja pada waktu itu. Awalnya sebagai taman kemudian ditambah beberapa koleksi hewan pada tahun 1929 menjadi Fort de Kocksche Dieren Park.

Seiring berjalannya waktu dibangunlah Rumah Adat Baanjuang pada tahun 1935 untuk mempercantik daerah taman. Pada tahun 1995 melalui Perda menjadi Taman Margasatwa dan Budata Kinantan.

Untuk Rumah Adat baanjung anda juga dapat melihat beberapa peralatan pertanian yang digunakan oleh masyarakat pada waktu itu serta beberapa koleksi lainnya seperti pakaian adat, pelamian Minangkabau, seta beberapa uang kuno. Jika anda ingin mengunjungi benteng Fort de Kock anda dapat menggunakan Jembatan Limpapeh yang menghubungkan ke lokas tersebut. 

Biaya tiket masuk IDR 5000, dan hari libur IDR 8000. Jika anda membawa kendaraan pribadi tersedia lahan parkir disekitar lokasi pasar atas. Untuk menunaikan solat fardhu tersedia Mesjid dipintu masuk Taman Margasatwa.

7. Pasar Atas dan Pasar Bawah Bukittinggi.


Jangan lewatkan untuk mengunjungi kedua pasar ini. Kedua pasar ini terletak diatas dan dibawah kota Bukittinggi. Dilokasi ini anda akan banyak sekali menemukan beraneka ragam pilihan dimulai dari oleh-oleh khas Minangkabau, makanan khas nasi kapau, songket, ataupun souvenir. Lokasi ini cukup lengkap termasuk tempat penjualan elektronik juga ada di pasar ini. 

Lokasi ini sebagai lokasi perdagangan yang penting di kota Bukittinggi. Semua kebutuhan sehari-hari juga tersedia begitu juga dengan kebutuhan wisata di kota Bukittinggi juga mereka sediakan. Berankearagam jumlah barang yang tersedia cukup membuat wisata anda lengkap dengan membawa barang yang telah anda beli sebagai oleh-oleh atau hanya sekedar mencicipi makanan asli dari Minangkabau. 
    

8. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta.

http://kebudayaanindonesia.net/

Museum ini adalah tempat kelahiran Pahlawan Proklamasi kita yaitu Bung Hatta. Dengan luas sekitar 1.000 m2 ini telah dilakukan renovasi pada tahun 1994 dengan Universitas Bung Hatta Padang sebagai cagar budaya untuk seni dan budaya di kota Bukittinggi. 

Sejarah rumah ini adalah tempat kelahiran seorang proklamator sampai berumur 11 tahun. Beliau meneruskan pendidikannya di MULO (Meer Uitgebred Lager Onderwijs) atau setara dengan SMP. 

Revitalisasi rumah kelahiran Bung Hatta ini masih mengutamakan keaslian serta koleksi yang ada didalam rumah. Semua letak koleksi sesuai dengan waktu Bung Hatta tiggal di rumah ini.

9. Panorama - Ngarai Sianok.

http://indonesiakaya.com/

Lokasi panorama Ngari Sianok terletak di perbatasan kota Bukittinggi dengan kecamatan IV koto, Agam. Lembah ini terbentang dan berkelok dimulai dari Ngarai Koto Gadang sampai ke Sianok Anam Suku. Pemandangan yang masih natural ini harus anda kunjungi. 

Dengan kedalaman jurang sampai dengan 100 m ini mempunyai panjang sekitar 15 km dan lebar 200 m. Termasuk patahan di Pulau Sumatera. Pada zaman Belanda disekitar Ngarai ini banyak ditemukan kerbau liar yang berkeliaran disekitar ngarai.

Jika anda ingin mengarungi Batang Sianok dapat dilakukan dengan menggunakan Kano atau Kayak tetapi harus dikoordinir oleh organisasi olahraga air. Rutenya dari nagari Lambah sampai ke Jorong Sitingkai Palupuh selama 3,5 Jam. Tentu flora dan fauna disini cukup banyak termasuk bunga raflessia.
  

10. Lobang Jepang Bukittinggi.

http://travel.dream.co.id/

http://bello.id/



Wisata penting di kota Bukittinggi adalah Lobang Jepang. Objek wisata ini merupakan sebuah terowongan dibawah tanah yang dibangun pada tahun 1942 untuk kepentingan militer Jepang serta pertahanannya. Lobang Jepang ini dibangun untuk tempat gudang peralatan militer Jepang tetapi juga mempunyai fungsi lain seperti tempat pengintaian, tempat penyergapan, serta penjara. 

Proses pembuatan Lobang Jepang ini menggunakan tenaga manusia pada masa Romusha atau kerja paksa. Tenaga kerja yang terlibat pengerjaan ini dari daerah Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa. Dengan kokohnya bangunan ini tidak terlepas dari jenis tanah yang tercampur dengan air akan menjadi kuat. Buktinya terjadinya gempa pada tahun 2009 silam tidak banyak rusak strutur penting didalam terowongan. Hal yang sangat penting untuk diketahui bahwa dengan bentuk terowongan seperti ini jika terjadi aktifitas penembakan yang terjadi didalam tidak akan mengeluarkan suara sampai pintu keluar pada saat Jepang. 

Lobang Jepang ini menjadi magnet wisata di kota Bukittinggi untuk semua wisatawan. Objek wisata ini dibuka pada tahun 1984 dengan mempunyai beberapa pintu keluar yang terletak dibeberapa pintu di termasuk Ngarai Sianok. 

Biaya tiket IDR 6000 apabila ingin menggunakan pemandu wisata Lobang Jepang dikenakan biaya tambahan IDR 20.000. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi tersedia lahan parkir yang cukup luas. 


Wisata Kuliner disekitar kota Bukittinggi.


Berkunjung dan setelah wisata di kota Bukittinggi tentu harus ditambah dengan wisata kuliner. Wisata seperti sudah sangat lazim dan harus dilakukan. Mencicipi masakan asli tentu berbeda jika anda membelinya di kota lain. Berbeda racikan bumbu tentu sebagai penyebab utama terjadinya perbedaan rasa. Berikut wisata kuliner yang harus anda coba setelah melakukan wisata di kota Bukittinggi.

1. Nasi Kapau Bukittinggi.


Lokasi nasi kapau ini terletak di pasar atas tidak jauh dari Jam Gadang. Anda harus menelusuri pasar atas dan menuju ke los lambuang {lokasi tempat makan}. Banyak sekali pedagang yang menggelar dagangan dilokasi ini, tentu anda akan memilih pedagang yang sangat laris pengunjungnya. Sebenarnya tergantung selera dari pengunjung mana yang terbaik untuk tempat bersantap. Kalau saya memilih kios yang rame pengunjungnya itulah penjual yang sangat enak masakannya yaitu Uni Lis dan Uni Er.

Beraneka ragam jenis lauk disediakan oleh pedagang seperti rendang, gulai ayam kuning, usus isi telur, telor-dadar, paru goreng, ayam goreng balado, dan masih banyak lagi. Harganya mulai dari IDR 25.000 - IDR 30.000. Dengan harga ini saya pikir sangat masuk akal dengan variasi menu yang saya dapat untuk satu piring nasi kapau. Buka dari jam 10:00 - 17:00.

2. Pical Sikai. 


Pical Sikai belokasi di dekat panorama Ngarai-Sianok dan Lobang Jepang. Penjualan Pical Sikai ini sudah dimulai tahun 1950 an. Dengan lengkapnya jenis sayuran yang disediakan untuk satu piring Pical Sikai seperti kacang panjang, kol mentah, bambu muda {rebung}, timun dan lainnya serta bumbu kacang ini rasanya tetap sama dari waktu pertama kali dibuka oleh orang tua penjual. Penjual sekarang sudah generasi yang ketiga dan keempat yang meneruskan wisata kuliner yang ada di kota Bukittinggi. Menurut penjualnya mereka menggunakan bahan pilihan dan setiap hari akan menggunakan bahan yang baru, tidak menggunakan bahan yang sudah dipakai sebelumnya. Lokasinya cukup strategis dengan harga yang pantas sekitar IDR 12.000 an ini tentu akan menemani wisata anda menjadi lengkap. Pelanggan tetap Pical Sikai ini adalah pejabat negeri di kota Padang, Artis, dan perantau. Didekat Pical Sikai tersedia mesjid jika anda ingin menunaikan solat fardhu.  

3. Bika Si-Mariana.

http://fistatourminang.blogspot.com/

Panganan tradisional yang sudah meleganda ini berada di daerah koto-baru tepatya setelah pasar koto baru posisinya sebelah kanan di jalan Bukittinggi - Padang Panjang. Disini banyak sekali yang menjual bika tetapi yang menjadi pionir adalah Bika Si-Mariana. Jangan diragukan lagi rasanya campuran tepung beras, gula pasir, dan kelapa inilah yang membuat bika yang dijajakan selalu ada pembeli setia. Prosesnya masih sangat tradisional, menggunakan kayu dan gerabah tempat memasak bika. Harganya IDR 3000 perbuah. Buka dari jam 10:00 - 19:00.

4. Sate Mak-Syukur Padang Panjang.

http://tripadvisor.co.uk/

Sate merupakan jenis masakan yang sangat populer di Sumatera Barat. Daging berbumbu dicampur dengan kuah tentu akan sangat lezat terhidang diatas meja bersama dengan ketupatnya. Kuah yang disiram bersama tusukkan daging sapi dengan ketupat ini berasal dari rempah pilihan yang sangat harum jika dihidangkan masih hangat. Tentu tidak lengkap jika menu Sate Mak-Syukur ini ditambah dengan kerupuk kulit sapi yang berukuran jumbo yang akan pas terpadu dengan kuah sate tadi. Tidak akan cukup satu jika anda sudah mencobanya. Kalau saya sampai tiga potong kerupuk kulit sapi ini.

Lokasi Sate Mak-Syukur ini berada di dua lokasi {pertama} berlokasi di pasar Padang Panjang {kedua} berlokasi di Jl Prof Moh.Yamin atau dijalan utama Bukittinggi - Padang. Jika dari kota Bukittinggi lokasinya sebelah kanan dan bersebelahan dengan kantor pemerintahan kota Padang Panjang. Harga satu piring sate IDR 25.000. Buka dari jam 10:00 - 21:00.


Inilah jadwal tempat wisata di Bukittinggi yang harus anda kunjungi. Tidak hanya tempat wisata tetapi juga wisata kuliner yang berada disekitar kota Bukittinggi. Memang lokasinya terpisah dengan lokasi tempat wisata utama, tetapi jalurnya masih dalam satu jalan utama menuju ke kota Padang - tentunya jika anda selesai berlibur dari kota Bukittinggi. Harganya masih sangat terjangkau dan rasanya tentu sangat berbeda dengan panganan yang serupa jika anda temui diluar kota tempat tinggal anda. Selamat mencoba. 

Komentar

  1. Ngarai Sianok memang bikin greget pengen kesana, pemandangannya benar-benar bikin kita kepengen berburu foto disana, btw thanks buat infonya min

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.