Langsung ke konten utama

Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok Sumatera Barat

Sebuah Bukik atau Bukit Chi Nang Kiek| Chinangkiek| Chinangkiak| Cinangkiek| atau Cinangkiak [tulisan berbeda tetapi maksudnya sama, sebutan lainnya dari lokal penduduk] telah dijadikan sebuah wisata alam baru  dan telah dibuka sekitar 1 bulan setelah lebaran 1438H adalah bernama Wisata-Alam-Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok Sumatera Barat [nama resmi oleh pengelola wisata]. Dengan lokasi wisata dengan alamat di kawasan Jorong Tampunik Singkarak X Koto, Solok, Sumatera Barat 27356. Wisata alternatif ini akan saya tuju menggunakan sepeda motor dengan persiapan yang biasa dibawa yaitu helmet, jacket, jas hujan, dan tas pribadi harus dibawa. Perjalanan ini dimulai pada Jam 09:00 WIB cuaca cukup cerah dari kota Padang, tetapi terlihat diujung sana awan gelap terlihat disekitaran kota Solok. Tetapi tidak menyurutkan untuk melihat apa sih yang ada di puncak Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok ini. Lokasi ini ternyata sudah banyak informasi yang wara wiri di medsos yang kurang puas rasanya untuk mendapatkan informasi yang cukup komplit dan terarah. Khusus turis dari luar negeri yang kurang familiar dengan bahasa lokal seperti ini wisata ini disebut juga dengan Cinangkiak-Chi Nang Kiek-Chinangkiak-Peak-Solok.


Sekilas Wisata Alam Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok.

Setelah mendapatkan informasi dari petugas penjaga di sana ternyata wisata alam ini dibuat oleh anak nagari yang diperantauan yang sengaja membeli bukit ini untuk membuka suatu peluang ekonomis dilingkungan sekitar. Memang awalnya lokasi perbukitan milik suatu kaum yang dibeli oleh anak nagari yang ingin membuka lahan sebagai destinasi wisata baru. Awal mulanya lokasi ini akan dibuat suatu tempat penginapan sekelas villa atau semi resort tetapi tidak diijinkan oleh pemuka adat atau ulama yang ada di Nagari X Koto Singkarak ini. Setelah saya melihat lokasinya cukup representatif dan masih dalam pembangunan oleh pihak pengelola dengan beberapa fasilitas yang cukup mumpuni kelak sebagai daya tarik wisata di nagari ini khususnya dan di Kabupaten Solok pada umumnya. Kita tunggu wahana apa yang akan dibuat oleh pemilik lahan ini. Pembangunan struktur landscape nya masih dilakukan, semoga dalam waktu dekat sudah dapat dinikmati seluruh wisatawan termasuk saya.

Bagaimana Cara ke Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok Sumatera Barat.

Untuk sampai ke lokasi ini tidak sulit. Jaraknya +/- 60-65 km dari kota Padang Sumbar. Setelah memasuki kota Solok anda harus terus menuju ke Sumani Singkarak. Setelah melewati pasar Sumani Singkarak +/- 3 km perjalanan anda akan menemukan pohon beringin besar disebelah kanan. Ambil kanan masuk kedalam jalan yang ada di depan pohon beringin tersebut dan lurus saja sampai ada penunjuk jalan ke Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek. Setelah memasuki jalan yang saya maksud ini kondisi jalan kampung cukup bagus setelah memasuki ke wisata alam ini kondisi jalan semen yang kurang baik kondisinya masih semi permanen tetapi sebagai rintisan jalan saya cukup memakluminya. Pemandangan disini sudah terlihat indah dengan sawah dan perkebunan penduduk yang subur dan siap panen seperti padi, buah naga, pohon rambutan, pohon sawo, ada juga beberapa batang pohon mangga. 

Inilah petunjuk jalan pertama menuju Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok yaitu pohon beringin besar yang berada di posisi sebelah kanan setelah berjalan +/- 3 km setelah pasar Sumani Solok.


Setelan memasuki jalan di depan pohon beringin besar ada rumah adat nagari di sebelah kanan. Inilah jalan awal menuju ke Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok.


Setelah sampai lokasi saya harus membayar biaya masuk dan parkir motor kendaraan masing-masing IDR 5rb dengan total IDR 10rb. Dengan jalan yang cukup terjal dengan tingkat kemiringan sekitar 30-40 derajat ini harus mempunyai nyali untuk tetap mendaki. Apa lagi membawa kendaraan harus siap pergantian porseneling agar tidak meluncur kebawah. Jalan beton yang masih belum kokoh atau semi permanen ini harus dibenahi oleh pengelola agar kecelakaan kendaraan bermotor tidah terjadi. Rambu-rambu jalan masih sangat minim hanya jalan masuk dan keluar sudah dibuat jalur khusus agar tidak terjadi macet pada saat kendaraan masuk dan keluar.



Ini jepretan saya untuk lokasi jalan menuju wisata alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak.






Fasilitas di Wisata Alam Bukik-Chi-Nang-Kiek.

Setelah mendaki jalan yang cukup terjal ini sudah disambut oleh pemandangan alam seperti sawah dan Danau Singkarak yang sudah mulai terlihat dari atas bukit. Setelah memasuki lokasi sudah terlihat rumah pohon yang baru selesai dibuat oleh pengelola yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung. Tetapi berbeda di rumah pohon yang di lokasi wisata saya harus membayar lagi IDR 2rb untuk menikmati panorama dari atas rumah pohon. Tetapi tidak masalah yang penting saya bisa menikmati panorama alam dari lokasi ini dan melihat pemandangan sawah yang hijau dan menguning dengan berlatar Dananu Singkarak.

Rumah Pohon Pada Saat Memasuki Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek posisi sebelah kiri pintu masuk.

Untuk anda yang ingin menjelajah motor trailer alias ATV mini bisa dinikmati dan sudah disediakan oleh pengelola. Adu tangkas berjalan diatas tali juga ada layaknya outbond, apabila anda ingin menggunakannya bisa menghubungi petugas yang ada disana.



Untuk makanan dan minuman juga disediakan tempat yang cukup representatf bagi pengunjung dengan beraneka-ragam menu pilihan. Tetapi saya tidak mencoba menu disini karena masih belum banyak tersedia yang cocok dengan selera pada waktu itu. Tidak mungkin saya menikmati mie rebus untuk jauh-jauh ke lokasi ini. Tentu tidak. Ingin sesuatu yang tidak ditemukan dilokasi lain. Untuk menikmati lokasi bukik yang masih alami dengan bangunan bambu cukup menyenangkan dan terlihat alami.



Tips Untuk Menikmati Wisata Alam Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok.

1. Setelah saya mencoba alternatif wisata ini kondisi jalan cukup terjal dan anda harus mempunyai nyali yang cukup tinggi untuk menuju lokasi. Memang awal jalan tetap landai setelah anda membayar karcis masuk kepada petugas pertualangan jalan mendaki sudah dimulai. Jadi, anda harus mempunyai kemampuan mumpuni berkendaraan terutama roda empat untuk tepat mengganti porseneling jika memasuki jalan yang sudah menanjak.

2. Masih minimnya rambu-rambu setelah memasuki lokasi, memang saya rasakan sendiri, tetapi itu tidak jadi masalah kalau jalan masih sepi dan tidak terlalu banyak kendaraan, jika kendaraan banyak akan memberikan ketajaman insting membawa mobil atau motor agar tidak mundur atau masuk jurang. Jadi, jika anda membawa kendaraan roda empat atau dua harus siap dan sigap waktu menanjak.


3. Hindari musim hujan untuk mendatangi lokasi wisata alam ini. Karena lokasi jalan yang cukup terjal ini apabila musim hujan mempunyai kesulitan bertambah apalagi jalam masih ada tanah bukit, bisa slip jika ada tanjakan karena jalan sedikit licin. Jadi waspada jika musim hujan memasuki lokasi wisata alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok ini.

4. Fasilitas cukup baik dan bagus dengan adanya bale-bale atau semacam booth untuk duduk beristirahat yang telah memadai. Tinggal menu makanan dan minuman yang harus anda coba disana.

5. Fasilitas toilet sudah tersedia dan cukup bersih untuk digunakan. Tetapi pada waktu itu saya belum menemukan tempat untuk melaksanakan ibadah sholat fardhu atau mushola. Mudah-mudahan dimasa yang akan datang sudah disediakan oleh pengelola.

6. Anda harus menaiki rumah pohon di area wisata alam ini. Untuk memaksimalkan pemandangan sawah dan Danau Singkarak diatas rumah pohon sangat indah sekali. Hanya saja anda harus dikenakan biaya tambahan lagi sebesar IDR 2rb saja untuk sampai ke puncak rumah pohon. Ini jepretan saya diatas rumah pohon di Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok Sumatera Barat dengan berlatar pemandangan Danau Singkarak. Karena waktu kunjungan saya ini masih ada sedikit kabut jadi latar danau kurang maksimal, tetapi over all cukup indah memang.



Pemandangan di atas rumah pohon berlatar Danau Singkarak.

Angle spot poto lain diatas rumah pohon berlatar Danau Singkarak.

7. Parkir yang cukup luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat yang sudah cukup permanen. Menurut perhitungan saya lokasi parkir pada saat itu bisa memuat sebanyak 100 mobil dan lebih dari 200 motor.

8. Pada saat keluar menggunakan kendaraan bermotor harus berhati-hati karena jalan menurun yang cukup waspada dengan slip atau belokan yang cukup tajam. Tetapi itu tidak masalah jika anda sudah mahir pada kondisi jalan seperti ini. Perhatikan posisi porseneling untuk bisa tetap berjalan dengan baik.

9. Saya selalu menghimbau kepada wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata agar selalu menjaga kebersihan tidak hanya dilokasi wisata tetapi pada waktu diperjalanan juga harus menjaga kebersihan. Buang sampah pada tempatnya, saya melihat waktu menuju ke lokasi wisata ada beberapa teman yang mempunyai kendaraan roda empat atau dua seenaknya membuang sampah dijalan seperti tisu, sampah makanan, botol bekas minuman, dsb lewat jendela kaca untuk mobil dan motor seenaknya. Jangan berpendapat seenaknya didalam kendaraan bersih tanpa sampah tetapi membuang sampah ditempat yang tidak sepatutnya tidak masalah. Atitude seperti ini harus dirubah, kebersihan adalah tanggung-jawab bersama. Mari menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Untuk pengelola agar tempat sampah juga banyak disediakan dan pemandangan bersih bisa saling kerjasama antara pengunjung dan petugas kebersihan yang ada disana.

10. Untuk pengelola lokasi wisata ini cukup baik dan mempunyai bisnis baru yang akan memajukan perekonomian nagari yang sudah mulai menggeliat. Toko dan bisnis baru tumbuh serta pembangunan infrastruktur juga sudah terlihat oleh masyarakat nagari. Jadi, anda juga bisa berpartisipasi untuk belanja di warung tetangga seperti nagari X Koto Singkarak dan ada pula tempat nongkrong sebelum memasuki lokasi dengan pemandangan sawah dengan pondok booth untuk masing-masing tamu yang ingin berkunjung. Tempatnya cukup representatif dan santai.

11. Fasilitas yang dipersiapkan nantinya akan bertambah baik seperti water boom, tempat rekreasi keluarga, hingga penginapan yang dapat anda nikmati bersama keluarga. Untuk masing-masing wahana tentu anda biaya termasuk tempat penginapan atau hotel dimulai dari harga IDR300.000 {tergantung dari price list pengelola}.

Ini bentuk lokasi jalan penurunan di Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok.






Semoga tulisan ini dapat memberikan masukan informasi kepada anda semua, tempat wisata alternatif yang ada di Singkarak Solok yaitu Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok sebagai lokasi tempat wisata baru yang tidak membutuhkan biaya yang besar untuk sampai kesana dan tidak terlalu jauh dari pusat kota Padang dan Bukittinggi. Kewaspadaan terhadap medan harus dipahami agar selamat sampai tujuan. Selamat berlibur bersama keluarga tercinta.

Tag: jalan menuju bukik chi nang kiek.
lokasi bukik chi nang kiek.
alamat bukik chi nang kiek.
lokasi bukik cinangkiak.
jalan menuju bukik cinangkiak.
alamat bukik cinangkiak.
puncak cinangkiak solok, sumatera barat.
puncak ci nang kiek.

Komentar

  1. Terima ksih informasinya, rencana akan kesana melihat tempat wisata yg baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga bermafaat dan bisa menjadi tempat lokasi berlibur bersama keluarga di Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok.

      Hapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.