Langsung ke konten utama

Informasi Rinci Liburan Ke Halong Bay Vietnam : Pakai Tour atau Secara Solo Backpacker

Pesona yang telah tercuri oleh para wisatawan dunia mampu menjerat masuk ke perangkat Halong Bay atau Ha Long Bay Vietnam sudah sangat terasa dengan berbondong-bondong traveler penjuru negara bertandang ke pusat wisata ini. Magnet yang begitu hebat bisa mendatangkan jutaan pelancong setiap tahunnya ini sudah menjadi destinasi yang di favoritkan karena keelokan alamnya hingga akomodasi yang tersedia cukup mudah diikuti alur caranya. Tulisan ini akan mengupas informasi pengalaman informasi Rinci Liburan Halong Bay Vietnam dimulai dari cara kesana menggunakan tour atau secara solo backpacker dan apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di teluk menurut sebutan penduduk lokal adalah Vinh Ha Long. Semoga informasi ini bisa anda share atau sebagai pegangan yang ingin melakukan eksplor Ha Long Bay untuk beberapa hari disesuaikan dengan kenyamanan dan kesempatan anda pada saat berlibur nanti.

Poto oleh: twitter.com/earthescope/
Sekilas Halong Bay Vietnam.
Merupakan sebuah teluk berbentuk pelabuhan yang telah masuk ke dalam sebuah situs warisan dunia yang dilindungi UNESCO telah menjelma menjadi destinasi wisata disukai serta disenangi karena pemandangan yang begitu indah dengan keunikannya. Terletak di Provinsi Quang Ninh Vietnam yang secara administratif pemerintahan masuk ke kota Ha Long. Teluk pelabuhan ini terdiri dari ribuan batu kapur tegak berdiri dengan bentuk serta ukuran yang sangat alami dengan tinggi lekukan yang bervariasi. Halong Bay merupakan pusat dari sebegitu banyak spot terbaik pariwisata termasuk wisata di Bai Tu Long Bay di sebelah utara dan kepualauan Cat Ba di selatan. Pusat ini tergabung dalam hitungan secara ilmu pengetahuan geologi, geografi, geormorfologi, suhu, hingga ke karakter [Wikipedia].



PAKAI TOUR GUIDE.

Perjalanan ke Halong Bay Vietnam.
Setelah anda sampai di kota Hanoi harus estafet lagi menuju ke teluk pelabuhan ini dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam berjarak 170 km. Perjalanan yang cukup panjang tetapi kepenatan di perjalanan akan sirna setelah anda melihat hamparan teluk yang begitu spektakuler ini dengan rentetan gugusan +/- 2000 pulau batu kapur. Memang benar adanya, destinasi yang mempunyai gaung yang begitu tinggi ini bisa anda lihat sendiri dan bukan hanya cerita saja tetapi 1000% sangat benar dan direkomendasikan.

Sebagian orang menyebutnya sebelum mengunjungi pusat wisata ini belum sampai ke negara Vietnam. Untuk menikmati keindahan Halong Bay ini anda bisa memilih menggunakan tour guide dari hotel di Hanoi yang menyediakan paket perjalanan sebesar USD 150 untuk bisa menginap semalam di Junk Boat Phoenix Cruiser atau melakukan perjalanan sendiri dengan mengikuti paket tour lain. Khusus untuk paket tour guide ini akan mendapatkan pengalaman khusus dari guide dengan membuat beberapa paket acara lain seperti transporasi pulang-pergi, akomodasi, makan-minum, berenang, kayak, snorkeling, dan kegiatan lainnya. Semua harga ini sudah memperhitungkan unsur pajak dari pemerintah Vietnam. Berikut informasi rangkuma rundown acara itinarary selama menggunakan jasa tour guide.

Hari Pertama.
Setelah anda memilih hotel penginapan di Hanoi, maka anda harus bersiap diri untuk dijemput sekitar pukul 07:00 - 08:00 pagi. Karena perjalanan ke Halong Bay ini cukup panjang maka perkiraan waktu jam ini sangat cocok dimulainya perjalanan. Sekitar siang jam 12:00 anda sudah sampai di kota Ha Long dan siap sampai di dermaga pelabuhan. Dari dermaga ini seluruh peserta akan dikumpulkan untuk memasuki kapal bermesin kecil untuk siap meluncur ke Junk Boat. Kapasitas muat penumpang untuk satu kapal +/- 20-30 orang jadi tingkat keselamatan juga mereka perhatikan.

Jam siang berarti sudah memasuki waktunya makan, sangat romantis terlihat makan siang di atas kapar berlayar berputar mengelilingi bukit kapur yang akan mempesonakan mata sambil menyantap makanan, tujuan berkeliling dengan kapal ini dengan rute Incence Burner Rock, Fighting Cock Rock, Dog Rock, hingga ke Sung Sot Cave. Seluruh perjalanan ini akan menyentuh kepada setiap sudut batu kapur dan dipandu oleh tour guide yang tentu menyampaikannya dalam English. Pengalaman seperti inilah yang sangat dinantikan oleh para wisatawan dunia karena keunikan makan diatas kapal berlayar mengelilingi batu kapur yang menjulang tinggi mampu menghipnotis dengan sempurna seluruh tujuan pandangan.

Setelah masanya sudah selesai makan Junk Boad akan berhenti dengan tenang dan kemudian seluruh penumpang bisa menikmati sore yang cerah bermain dengan berenang merasakan begitu segarnya air di teluk ini. Setelah sore menjelang malampun tiba, saatnya seluruh peserta tour berkumpul dengan menikmati seluruh pemandangan di malam hari beratapkan langit bintang di atas deck kapal. Dan siap bermalam di atas kapal ini.

Hari Kedua.
Semalam sudah menikmati tidur diatas kapal memberikan nuansa baru dalam liburan di Halng Bay Vietnam. Persiapan sarapan juga disiapkan oleh tour guide ini dengan pemandangan teluk yang sangat mempesona di pagi hari. Kapal ini juga melewati beberapa pulau yang sangat indah berserta gua-gua yang terbentuk dari proses alam dengan batu stalaktit dan stalagmit yang bergelayutan di atas. Gua yang akan dikunjungi. Setelah puas mengelilingi objek wisata ini tour ini juga mengunjungi ke perkampungan nelayan yang terbesar di Halong Bay sehingga para turis juga bisa melihat kehidupan asli penduduk nelayan lokal. Tidak luput juga, anda juga dilibatkan mengikuti beberapa kursur membuat kue jhas Vietnam. Biasanya sebelum balik ke Hanoi, tour mempersilahkan para tamu untuk berenang sejenak sebelum kembali pulang ke hotel.

Kilas balik sedikit untuk takjub melihat panorama dalam gua khususnya di Dau Go Cave yang dikunjungi adalah menaiki +/- 90 anak tangga. Gua ini sangat bersejarah sekali bagi pejuang bangsa di negara Vietnam. Gua yang pernah digunakan sebagai tempat untuk mempersiapkan seluruh perlengkapan perang termasuk senjata untuk menghadapi invasi Kubilai Khan dari bangsa Mongol sekitar abad ke 13. Bagian yang menjadi mengalihkan pandangan para wisatawan adalah  lobang atap goa yang mengangga menyebabkan sinar matahari yang masuk menjadi pesona tersendiri yang bisa anda dapatkan di sini.

SECARA SOLO BACKPACKER.

Cara Secara Backpacker tanpa menggunakan tour guide juga akan bisa dilakukan karena harganya tidak terlalu mahal bahkan sangat hemat juga bisa anda lakukan sendiri. Seluruh kegiatan yang dilakukan secara sendiri alias backpacker ini harus dilakukan secara estafet, keuntungannya anda bisa menghemat biaya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan perjalanan tour yang bisa mencapai lebih dari USD 150. Berikut ilustrasinya:

Perjalanan menuju ke utara Vietnam ini berjarak sekitar 3,5 jam pakai tour juga berbeda secara solo backpacker yang butuh sedikit pengorbanan waktu dan tenaga ekstra. Tetapi hal ini tidak menjadi masalah bagi anda yang ingin mendapatkan liburan yang murah meriah, menghemat uang di negeri orang, hingga bisa bebas menjelajah seluruh pelosok Ha long Bay dengan berbagaii atraksi wisata.

Tentu sebagai turis anda akan mencoba estafet perjalanan menggunakan transportasi publik dari Hanoi ke kota Halong. ada beberapa pilihan yang bisa anda pilih sesuai dengan kesempatan.

a. Turis solo backpacker akan naik bis dari stasiun bis Hanom Gia Lam di Hanoi menuju ke stasiun bis Bai Chay di kota Halong. Tiket ongkos sekitar USD3, perlu dicermati bahwa pengemudi atau kondekstur bis tidak bisa menggunakan English tetapi anda bisa menggunakan bahasa insyarat dan tubuh untuk menyampaikan maksud anda. Bawalah mata uang lokasl VND [Vietnam Dong] untuk membayar jika mata uang USD tidak bisa diterima oleh pengelola bis.

b. Solo backpacker juga bisa menggunakan kereta api dari Hanoi menuju ke kota Halong PP. Perjalanan tentu dimulai dari stasiun kereta api di Gia Lamp dengan harga tiket untuk satu kali perjalanan sekitar USD20. Lokasi stasiun kereta api tujuan sangat dekat dengan Tourism Information Office di Bai Chay sekitar 4 km.

c. Menggunakan Shuttle bus dari kota Hanoi menuju kota Ha Long juga bisa ya mirip travel di sekitar stasiun bis atau kereta, harganya dimulai dari USD10 - USD20 per orang satu kali perjalanan. Jangan khawatir, banyak sekali turis yang juga melakukan hal yang sama disekitar area ini.



Ada pilihan lain yang bisa anda pilih untuk menikmati liburan di Ha Long Bay Vietnam:

a. Apabila anda menggunakan pesawat udara dan sampai di Bandar Udara Noi Bai dan ingin melakukan perjalanan liburan ke Halong Bay dengan menggunakan rental sewa mobil dengan sopir. Untuk penyewaan rental mobil ini banyak sekali pengelola yang menawarkan jasa ini yang lebih privacy dengan biaya USD 100 mulai dari rute Bandara Noi Bai menuju ke kota Halong. Biaya yang anda keluarkan ini sudah termasuk bensin, tol, parkir, hingga gaji supir.

b. Jika anda ingin rental mobil dari Hanoi menuju Halong Bay juga bisa dengan biaya USD135 - USD150 per mobil 2D1N dengan jumlah penumpang sekitar 16 orang. Pilihan ini khusus bagi anda yang liburan backpacker secara rombongan bisa memilih opsi ini.

c. Ada juga backpacker menggunakan kereta api yang berangkat bersama kargo dengn rute keberangkan dari Hanoi --> Yenvien --> QuangNinh. Lokasi terminal ini cukup jauh sekitar 50 km dari pelabuhan. Tetapi kondisinya sangat ditentukan oleh keterlambatan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, biaya USD10 sekali jalan. Untuk pilihan ini sangat sulit karena jaraknya ke kota Halong sangat jauh.

d. Menggunakan bis umum yang berangkat dari kota Hanoi tepatnya di stasiun Giam Lam ke stasiun Luong Yen kedatangannta di kota Halong Bay atau terminal Halong. Biayanya USD7 atau 150.000 VND untuk satu orang dan satu kali perjalanan.

e. Bagi yang menggunakan shuttle bis juga bisa dengan meeting poin di pusat kota Hanoi [Hanoi center]. Disebut juga dengan bis turis dengan jam keberangkatan sekitar pukul 08:00 dan kembali dri Halong Bay sekitar pukur 12:00 setiap hari. Apabila lokasi hotel anda sangat dekat dengan Hanoi Old Quarter sangat beruntung sekali anda akan dijemput ke hotel langsung. Tetapi, jika hotel anda jauh dan harus menggunakan taksi untuk sampai ke lokasi ini maka pihak tur akan menyediakan transit-mini-van untuk menjemput anda tetapi harus minimal 14 orang. Lokasi meeting poin tang di maksud adalah [di depan opera house --> No 1 Trang Tien Street Hanoi. Perjalanan ini akan berakhir di pelabuhan Bai Chay, Halong Bay. Biaya ongkos yang akan anda bayar USD12 per orang satu kali perjalanan.

f. Menggunakan pesawat udara mendarat di air. Mungkin pilihan ini sepertinya sangay sulit untuk seorang backpacker tetapi perlu juga disampaikan. Inilah cara yang paling cepat untuk dilakukan dengan perjalanan Hanoi ke Halong Bay. Pesawat ini akan berangkat dari Bandar Udara Internasional Noi Bai dan akan mendarat di Tuan Chau Marina dengan waktu tempuh +/- 45 menit saja. Selama di perjalana anda akan melihat pemandangan Halong Bay +/- 15 menit di udara sebagai pemandangan ekstra. Pesawat yang membawa anda bernama Hai Au Aviation yang beroperasi untuk membawa penumpang lewat udara. Biaya yang akan anda bayar sekitar USD275 per orang satu kali perjalanan.

Setelah anda memilih salah satu cara dari Hanoi ke Halong Bay maka saatnya untuk melakukan eksplor dengan estafet satu per satu. Apa saja kegiatan anda yang bisa anda lakukan selama berlibur di lokasi wisata dunia ini. Setelah anda sampai di kota Halong sebaiknya anda langsung menentukan tempat penginapan untuk meletakan seluruh barang bawaan anda. Pilihan cukup banyak dimulai dari hostel, guess house, hingga hotel. Harga dimulai dari USD10 per malam, sebagian hostel ada menyediakan sarapan. Untuk memilihnya anda juga bisa go show untuk mendapatkan kamar yang terbaik.

Kegiatan yang bisa anda lakukan di Halong Bay secara backpacker adalah dapat menyewa kapal penduduk lokal. Banyak sekali perusahaan lokal yang menyewakan kapal dimulai dari harga yang sangat murah sampai ke ala cruise juga ada. Untuk harga bisa anda langsung go show dan sebaiknya menggunakan paket ke beberapa spot penting di Halong Bay yang rutenya mirip menggunakan jasa tour diatas. Paket ini jauh lebih murah jika anda berangkat rombongan yang bisa memuat satu kapal sewa maksimal 10 - 15 orang per hari. FYI, sebaiknya anda bisa melihat secara langsung kapal yang akan anda sewa di pelabuhan dari pengelola kapal agar keselamatan anda selama di perjalanan tetap terjaga. Untuk kapal yang sedang dan menengah dengan harga USD150 - USD200 untuk maksimal 15 orang, jadi untuk satu orangnya bisa lebih hemat.

Semoga perbedaan ini bisa anda telaah mana yang terbaik. Setiap pilihan ada bagus dan tidaknya yergantung dari anda menyikapi. Pilihlah liburan ke Halong Bay ini sesuai dengan kesempatan pada saat itu, jika anda menyukai ala backpacker yang sangat hemat bisa saja anda pilih tetapi dengan konsekwensi anda harus banyak kegiatannya dimulai dari transportasi hingga ke penginapan.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.