Langsung ke konten utama

Mengurus Visa Schengen Untuk Masuk Ke Negara Eropa: Cara dan Tahap Lengkap Harus Anda Ikuti

Mengurus Visa Schengen adalah merupakan langkah awal yang harus anda lakukan sebelum menentukan pilihan perjalanan liburan ke negara Eropa. Memang sebagian traveler beranggapan sangat dilema sekali apalagi ada promo tiket pesawat murah apakah langsung beli tiket atau apply Visa Schengen. Apabila urus visa dulu kesempatan untuk mendapatkan tiket promo jadi hilang. Memang harus ada yang mengalah, sebuah pilihan harus ada yang dikorbankan. Jika anda bisa mendapatkan keduanya bagaikan kesempatan terbaik lagi menghampiri anda. 

Jika anda ingin berkunjung ke Inggris United Kingdom anda harus melakukan apply visa di kedutaannya di Jakarta langsung dengan coverage: England, Ireland, Scotland, dan Wales. Berbeda dengan Visa Schengen hanya diperlukan satu visa saja anda bisa bebas menjelajahi ke negara Eropa yang telah bersepakat untuk masuk dalam lingkungan Schengen, sekarang ini telah ada 26 negara yang tergabung didalamnya seperti Islandia, Hungaria, Latvia, Luxembourg, Malta, Polandia, Portugal, Norwegia dan Swedia, Prancis, Italia, Belanda, Jerman, Austria, Spanyol, Swiss, Lichtenstein, Belgia, Yunani, Finlandia, Estonia, Slovenia, Slovakia, Republik Ceko, dan Denmark. Jadi anda bisa bebas menentukan negara mana yang akan dilakukan jelajah, caranya harus mendapatkan visa ini terlebih dahulu yaitu Schengen.


Poto oleh: marmaristravel.net

Jenis visa yang akan anda apply tentu setiap orang mempunyai kepentingan masing-masing seperti visa turis, visa transit, atau visa bisnis. Apapun jenisnya anda harus mengikuti keseluruhan prosedur yang harus diikuti agar perjalanan anda tetap nyaman dan tidak ada halangan.

Plesirankotatua berhasil mendapatkan informasi yang akurat mengenai pengajuan Visa Schengen ini bagi anda yang membutuhkan. Setiap prosedur yang dilakukan oleh masing-masing dari anda tentu tidak semuanya berjalanan dengan mulus seperti kelengkapan persyaratan, rekomendasi, asuransi, jaminan, dan lainnya menjadi tanggung jawab anda sendiri. Informasi ini sudah teruji oleh beberapa rekan kami yang telah mengikuti tahap-tahap penting lengkap ini untuk mendapatkan Visa Schengen berkunjung ke negara Eropa.

Dengan visa ini anda akan mendapatkan ijin untuk masuk selama 90 hari dalam periode 6 bulan untuk tujuan bisnis dan pariwisata. Berikut cara tahap membuat Visa Chengen ke Eropa untuk berbagai keperluan.

PENTING!: Sebenarnya untuk mendapatkan visa ini bisa di kedutaan mana saja tetapi kebanyakan traveler ataupun penduduk Indoensia lebih banyak atau cenderung Kedutaan Belanda di Jakarta. Entah kenapa ya begitulah adanya, cukup mudah mungkin karena negara Belanda mempunyai hubungan kekerabatan yang cukup kental dimasa lalu maka lebih cenderung kesana atau anda juga bisa langsung ke VFS sejenis pihak ketiga yang ditunjuk resmi.

1. VFS Gloval .
JAKARTA | Pusat Applikasi Visa Gabungan. Kuningan City Mall Lt. 1, No L1-30-32. Jl. Prof. Dr. Satrio Kav.18, Setiabudi, Kuningan Jakarta – 12940, Indonesia
BALI | Pusat Applikasi Visa Gabungan. Benoa Square, Lt. 3 No. 14.3/A, Jl. By pass I. Gusti Ngurah Rai No. 21A, Kedonganan, Kuta, Bali – 80361, Indonesia.
SURABAYA | Pusat Applikasi Visa Gabungan.Lt. 15, R. 1506, Graha Pena, Jalan Ahmad Yani No. 88 Surabaya 60234, Indonesia 

Jika anda menggunakan agent seperti anda tidak perlu repot-repot karena semua aplikasi yang telah anda siapkan akan di handle oleh VFS dan siap melakukan meeting dengan pihak embassy. Cukup anda apply via VPS dan buat perjanjian secara online atau datang sendiri langsung ke salah satu alamat diatas, atau anda bisa donlot salah satu formulir dari negara yang masuk dalam area Schengen seperti Jerman.

Anda sebaiknya datang sendiri jika pengajuan pertama karena semua data anda harus dilengkapi dengan sistem data biometrik. Ada beberapa negara yang bisa dihandle oleh VFS: Italia, Spain, Denmark, Iceland, Norway, UK {England, Scotland, Ireland, Wales}.

Kecuali untuk negara Perancis, Embassy menujuk TLS Contact untuk urusan visa. Prosesnya sama dengan VFS membuat perjanjian secara online atau datang sendiri. Karena data biometrik akan mereka ambil untuk proses aplly visa. Jika anda telah pernah mendapatkan Visa Schengen sebelumnya minimal 3 tahun terakhir dan terlihat di lembaran visa ada kode VIS maka anda tidak perlu datang lagi karena data biometrik anda telah tersimpan di server mereka.

Menentukan Embassy mana yang akan mau menerima aplikasi Visa Schengen anda ya harus berdasarkan pada destinasi negara mana yang menjadi tujuan utama atau negara Schengen yang pertama kali anda masuk. Ini merupakan kunci untuk kebutuan visa anda.



2. Embassy Belanda.
JAKARTA: Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav S-3, RT.8/RW.3, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950.

Anda bisa mengunduh check list ini sebelum datang mengurus visa:

Jika anda ada jenis visa lain: https://www.belandadananda.nl/dokumen

RINCIAN DATA DOKUMEN.
Semua rincian data dokumen harus anda persiapkan lengkap, jangan ada terlupa atau tertinggal. Karena kelengkapan dokumen ini sangat menentukan aplikasi untuk Visa Schengen ini disetujui atau tidak oleh pihak Embassy. Untuk dokumen yang diberikan telah dilakukan translate ke Bahasa Inggris atau Bahasa Belanda seperti KK, Akte Lahir, dsb.

1. Paspor dengan minimal masa berlaku 6 bulan lebih baik 1 tahun atau lebih. Harus asli dan fotocopi semuanya dan berikut dengan halaman yang ada stempel. Jika ada paspor lama yang sudah habis masa berlaku lebih baik dilampirkan baik asli dan fotocopi. Untuk dokumen lain seperti Copy KTP, KK, Akte Kelahiran, Buku Nikah sepertinya hanya pelengkap dan dilihat saja oleh petugas tetapi harus anda lengkapi.
2. Siapkan dua pas poto ukuran 3,5 cm x 4,5 cm dengan latar belakang warna putih. Di Embassy biasanya ada fasilitas untuk membuatnya tetapi lebih baik anda persiapkan dari rumah.
3. Persiapkan biaya visa yang harus anda bayar secara cash baik dalam mata uang Euro atau Rupiah. Jika anda menggunakan mata uang Rupiah harus mengikuti nilai tukar yang berlaku pada saat anda melakukan transaksi.
Biaya: EURO 60 per orang. Untuk usia 12 tahun keatas Euro 35 dan untuk anak-anak dibawah enam tahun gratis [perubahan harga ini bisa saja berubah sesuai dengan pengumuman dari Embassy]
4. Siapkan permohonan Visa Schengen yang harus anda download di website Embassy Belanda diatas.
5. Asuransi perjalanan harus anda lengkapi. Ada banyak provider asuransi yang banyak menyediakan khusus untuk mendapatkan Visa Schengen ini. Bahkan  dengan mudahnya dapat melakukan apply secara online dan bisa bayar langsung baik secara debit ataupun dengan credit card. Setelah bayar lunas anda langsung mendapatkan polis asuransi yang bisa langsung di print dan harus dibawa selama perjalanan di Eropa jika visa ini disetujui. Biasanya coveragenya bisa mencapai EUR30,000.
6. Rekening tabungan atau rekening koran. Mutasi rekening tabungan atau rekening koran ini memuat informasi bahwa anda memiliki saldo keuangan yang cukup dengan ilustrasi: biaya satu hari disana minimal sekitar EUR 34 dikalikan berapa lama anda melakukan perjalan. Lebih baik jumlahnya dilebihkan agar pihak Embassy memberikan keyakinan terhadap aplikasi anda. Lebih baik anda juga melampirkan surat referensi dari bank penerbit rekening ini sebagai nilai plus.
7. Bukti reservasi tiket pesawat yang akan memberangkatkan anda. Bukti ini dapat bekerjasama dengan travel agen untuk melakukan booking saja terlebih dahulu tetapi jangan dibayar, ya istilahnya open booking. Setelah visa anda disetujui baru tiket langsung issued dan langsung dibayar lunas.
8. Bukti hotel tempat anda menginap, sekarang ini sudah banyak provider voucher hotel yang telah bisa menyediakannya seperti agoda.com ; booking.com ; hotel.com ; dan lainnya. Lebih menguntungkan lagi menggunakan provider ini dengan adanya fasilitas booking terlebih dahulu dan dapat anda batalkan sebelum hari kedatangan minimal 2 hari. Jika visa anda tidak disetujui pesanan ini bisa anda batalkan tanpa ada potongan biaya.
9. Surat keterangan tempat anda bekerja. Surat ini dikeluarkan oleh HRD yang menyatakan bahwa anda adalah karyawan perusahaan yang bukan datang ke Eropa bukan sebagai imigran gelap yang mencari pekerjaan. Surat rekomendasi ini sudah banyak rekan kita melampirkan dan sudah biasa di sebuah korespondensi internal ke eksternal. Jika anda seorang pengusaha harus lampirkan poto copi SIUP dan surat keteranga profesi dilampirkan menjadi nilai tambah.
10. Detil perjalanan. Anda harus menjelaskan rincian perjalanan anda ke Eropa kemana saja, ke negara apa saja, naik kendaraan apa, dan informasi landing dan take off perjalanan lebih baik disebutkan. Jika anda rela bekorban untuk menjelaskan waktu dan tanggalnya menjadi nilai plus.
11. Jika anda memiliki sponsor langsung dari negara tujuan menjadi hal lebih baik karena adanya jaminan bahwa selama anda berkunjung kesana sudah ada pihak yang menjamin jika anda tidak menginap di hotel.

Setelah data anda lengkap maka anda harus datang ke Embassy Belanda untuk menyerahkan aplikasi ini dan mendapatkan nomer perjanjian berikut dengan tanggal dan jamnya. Selama anda melakukan meeting dengan pihak Embassy anda harus mempunyai attitude yang baik dan sopan. Berpakaian yang rapi dan pakai sepatu, usahakan datang minimal 30 menit sebelum giliran anda karena ketepatan waktu menjadi hal positif bagi anda. Semua barang bawaan anda harus dimasukan ke loker yang telah disediakan pada saat anda akan masuk ke ruangan interview. Jadi anda harus terbebas dari smartphone dan lainnya selama wawancara berlangsung. Anda tidak perlu grogi atau gugup karena ini adalah perjalanan anda dan akan memberikan keterangan benar dan jujur kepada petugas. Jika pertugas yakin dengan aplikasi anda serta proses interview ini sesuai dengan SOP mereka maka Visa Schengen anda akan disetujui.

Pengajuan visa ini tergantung dari Embassy yang menjadi tujuan anda, misalnya UK mulai masuk berkas sampai siap visa selama 2 minggu, jika berkas anda lengkap dan semuanya sesuai dengan persyaratan dalam waktu 5 hari kerja sudah bisa diambil. Untuk Schengen Visa jangka waktu 5-10 hari tergantung dari Embassy masing-masing. Khusus TLS atau Embassy Perancis proses hanya 2 hari kerja dan visa langsung keluar.

PENUTUP.
Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar bahwa dengan saldo minimal IDR 50 juta sudah pasti Visa Schengen disetujui. Pernyataan ini keliru karena setiap embassy di masing-masing negara tujuan berbeda peraturannya. Tapi setidaknya anda memiliki saldo yang cukup selama anda melakukan traveling disana minimal untuk 10 hari perjalanan ada saldo EUR1000 sudah cukup rasanya untuk memberikan kenyakinan kepada petugas bahwa anda disana tidak nge-gembel dijalanan selama melakukan traveling.

Jika visa anda ditolak tidak ada alasannya kenapa aplikasi anda ditolak,  anda bisa mengajukan kembali setelah 30 hari. Ikuti terus prosedurnya karena jika perjalanan ini memang benar adanya dan data lengkap yang disyaratkan sudah benar semoga visa anda disetujui. Hal yang sangat penting adalah anda jangan sekali-kali memberikan data palsu, bohong, fake, atau lainnya. Karena dengan cara seperti ini akan pasti ketahuan, jika sampai ketahuan anda bisa saja di black-list masuk ke negara Eropa selamanya. Jangan sampai ya. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.