Langsung ke konten utama

Premium, Pertalite, atau Pertamax? Mana Terbaik Untuk Kendaraan Dalam Harga dan Peruntukannya

Sekarang pilihan untuk Bahan Bakan Minyak yang tersedia di Pertamina adalah Premium, Pertalite, dan Pertamax sudah pasti anda mengetahuinya. Dari sisi harga sudah jelas bahwa Premium paling murah, Pertalite berada di posisi tengah, serta Pertamax posisi paling atas. Saat sekarang ini pemerintah telah membatasi subsidi dengan pembatasan jumlah Premium di pasaran maka bahan bakar Premium yang beroktan 88 sudah mulai diberlakukan maka pilihan konsumen sudah tertuju pada Pertalite yang beroktan 90 atau dikenal dengan RON [Research Octance Number] 90. Dari segi harga memang Premium lebih banyak peminatnya karena masalah harga yang sangat terjangkau. Saat tertentu anda bisa melihat terbatasnya jumlah pasokan di Pertamina terkadang kosong terpaksa berpindah ke Pertalite. 

Poto oleh: kontraktorspbu.com

Selisih yang cukup besar dan tinggi sekali ini membuat konsumen berfikir selain harga mana yang terbaik keseluruhan jenis bahan bakar yang tersedia  saat ini yang paling irit dan terbaik untuk mobil yang anda miliki. Hal yang sangat prinsip adalah untuk jenis kendaraan yang telah diproduksi tahun 90-an sudah bisa dipakai jenis Premium dan Pertalite untuk konsumsi bahan bakar, tapi untuk jenis kendaraan yang diperoduksi pada tahun 2000-an keatas direkomendasikan memakai Pertamax karena berdampak kepada keawetan mesin kendaraan karena cocok untuk kondisi mesin untuk era ini.

Pertamax yang tersedia di Pertaminan tidak ada campuran pewarna dan telah mengandung zat aditif yang sangat bagus untuk kendaraan yaitu anti karat, pembersih, serta dapat menjaga kondisi BBM tetap murni dari air. Jelas dengan adanya teknologi seperti ini akan berhubungan dengan harga yang tentu memiliki benefit kendaraan menjadi mesin terasa enteng dan halus serta untuk pembakaran jauh lebih lama dari Premium dan Pertalite.

Formula: Konsumsi Pertalite untuk kendaraan perbandingan terhadap kompresi mensin dalam range 9,0 : 1 hingga 10:1. Jika untuk Pertamax 10:1 sampai 11:1

RINCIAN BBM PERTAMINA.
Dengan berjalannya waktu jenis BBM yang tersedia di Pertamina mulai mengikuti selera pasar yang tentu berdasarkan kebutuhan spesifikasi pasar kendaraan bermotor. Jenis yang awalnya Premium, Pertalite, dan Pertamax sekarang ini sudah ada jenis Pertamax Plus yang bisa mulai di bisa dibeli oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan dari kendaraan yang anda miliki. Untuk sesi ini mari kita telisik masing-masing jenis BBM yang tersedia dengan beberapa informasi penting.

1. Premium RON 88.
Jenis BBM yang sudah sangat akrab di konsumen tanah air yang dikenal dengan nama lain yaitu bensin. BBM dengan jenis distilat ini secara kasat mata terlihat warna kuning jernih yang skala RON 88. Kadar yang paling minimal dijual di Pertamina untuk kendaraan bermotor dengan harga yang sangat terjangkau. 

Dari segi dampak penggunakaan jenis Premium ini kondisi mesin akan berkinerja kompresi tinggi sehingga akan mengakibatkan knocking. Knocking ini menyebabkan kondisi mesin kendaraan akan terjadi pemborosan konsumsi bahan bakar. Dengan banyaknya konsumsi bahan bakar mengakibatkan mesin akan terjadi kerusakan pada piston dan harus diganti pada jangka waktu tertentu. Gas buang yang cukup banyak seperti COx dan NOx hasil pembakaran BBM Premium di dalam mesin yang dibuang melalui knalpot.

Premium yang dihasilkan oleh Pertamina ini lebih banyak menggunakan komponen lokal dengan adanya tambahan pewarna atau dye. Premium memiliki kandungan sulfur dengan kadar 0,15% m/m atau bisa disetarakan dengan 1500 ppm.

2. Pertalite RON 90.
Jenis BBM Pertaminan ini pertama kali diluncurkan di akhir Juli 2015 dengan spesifikasi jenis bahan bakar RON 90 berdasarka DK Dirjen Migad dan SDM No 313 tahun 2013. Untuk jenis BBM ini bisa digunakan untuk jenis kendaraan yang sudah bisa konsumsi dengan jenis BBM Ron 90-92.

Jenis ini memiliki kemampuan yang lebih baik dari konsumsi Premium karena cocok dengan spesifikasi mobil yang sudah banyak distandarkan RON 90 - 92. Harga yang tidak disubsidi lagi oleh pemerintah ini dan sudah tentu secara teorinya mengikuti harga minyak dunia internasional. Secara kasat mata terlihat warna hijau terang mencari ciri Pertalite yang dijual di SPBU Pertamina.

Konsumsi BBM Pertalite yang sangat baik bagi pembakaran dalam mesin menghasilkan COx dan NOx lebih sedit keluar karena pembakaran yang sempurna. Spesifikasi produk dengan kandungan sulfur 0.05% m/m dapat disetarakan dengan 500 ppm.

3. Pertamax RON 92.
Jenis BBM Pertamax ini awal diluncurkan padatahun 1999 pegganti dari Premix. Pertamax sangat cocok untuk kendaraan bermotor yang diproduksi setelah tahun 1990 an karena memiliki teknologi mutakhir yaitu teknologi EFI [Electric Fuel Injection] serta Catalytic Converters.

Teknologi yang ada di Pertamax ini membuat mesindalam performasi kompressi tinggi dapat bekerja secara maksimal pada setiap gerakan piston. Dengan tekanan yang kuat ini mengakibatkan tenaga mesin yang dihasilkan dalam keadaan tinggi sehingga konsumsi BBM Pertamax menjadi maksimal. Bekerja dalam pembakaran yang lebih sempurna jika dibandingkan dengan BBM jenis Premium dan Pertalite ini sudah pasti jenisnya sudah RON 92.

Secara kasat mata terlihat bahka Pertamax berwarna hiru kehijauan mengantung ethanol sebagai peningkat jumlah oktannya. Hasil pembakaran degan jumlah COx dan NOx sangat sedikit karena pembakaran sempurna tadi.

4. Pertamax Plus.
Jenis BBM ini diperuntukan untuk jenis kendaraan yang mempunyai standar performa tinggi yang masuk dalam standar IWWFC [International World Wide Fuel Charter] untuk kendaraan yang berteknologi tinggi. Pertamax Plus ini spesifikasi kendaraan minimal memiliki rasio kompresi sekitar 10,5 dan teknologi EFI [Electronic Fuel Injection], VVTI [Variable Valve Timing Intelligent] serta Turbocharger dan VTI.

Kendaraan yang memiliki spesifikasi teknologi sudah dikatakan tinggi ini butuh bahan bakar yang pembakaran sempurna seperti Pertamax Plus yang sangat cocok dalam kompresi tinggi sehingga kegiatan piston pada mesin bergerak maksimal. Teknologi dari BBM ini adalah bekerja dan dapat membersihkan penumpukan kerak deposit di fuel injector, ruang bakar, dan inlet valve sehingga akselarasi mesin menjadi prima. Hal yang sangat menggembirakan adalah Pertamax Plus dapat melarutkan air pada tempat penyimpanan BBM di tangki sehingga ruang penyimpanan ini bebas dari korosi karat sehingga lebih awet tahan lama.

BBM ini tidak disubsidi oleh pemerintah dan harus mengikuti harga pasar minyak dunia dengan hasil pembakaran yang maksimal sudah tentu COx dan NOx paling sedikit apabila dibandingkan dengan jenis BBM lainnya yang ada di Pertamina. Karena oktannya tinggi maka jenis BBM yang berwarna merah ini mengandung Toluene sebagai unsur penting.

Setiap jenis yang tersedia ini harus anda sesuaikan jenis kendaraan yang ada saat sekarang ini. Apabila mobil berteknologi tinggi jangan sembarangan mengisi BBM karena spesifikasi yang ditentukan harus anda laksanakan. Tujuannya adalah agar mesin tetap awet dan pembakaran yang direkomendasikan bisa tercapai dengan maksimal. Jangan gara-gara masalah harga anda membeli BBM tetapi tidak sesuai dengan kapasitas mesin yang direkomendasikan oleh ATPM mengakibatkan umur mobil yang anda miliki bisa cepat rusak dalam waktu beberapa tahun saja. Semoga bermanfaat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.