Langsung ke konten utama

Kegiatan Gila Seharian di Kota Jakarta Biaya Murah Terjangkau

Setelah mendarat di kota Jakarta pada pagi hari dengan memberikan nuansa lain untuk seorang backpacker pemula. DKI Jakarta merupakan ibu kota negara Republik Indonesia memberikan segudang peluang bagi seluruh perantuan yang ada di negeri ini untuk mengadu nasib. Memang pesona Jakarta menghipnotis seluruh lapisan masyarakat yang ingin mendapatkan secercah harapan untuk memenuhi harapan yang tidak akan pernah hilang ditelan zaman.

Bagi seorang pelancong backpacker ingin menjajal kemampuannya untuk menikmati kota ini dengan sejumlah fasilitas transportasi yang sudah mulai bersinergi dengan kartu taping yang disediakan oleh beberapa perbankan nasional untuk memudahkan seluruh transaksi yang akan dilakukan oleh konsumen untuk menaiki keseluruhan moda transportasi yang akan menghubungkan antara shelter tempat pemberhentian. Tiap-tiap shelter mempunyai keunikan masing-masing, ada yang sebagian tempat transit saja atau bahkan ada tempat bertemu alias meeting poin untuk berbagai kesempatan. Tentu keseluruhan tujuan bagi masing-masing penumpang perlu juga diketahui,  mungkin saja bisa saja berguna untuk rekan backpacker untuk melakukannya.







1. Moda Transportasi Trans-Jakarta.


Salah satu moda transportasi yang sudah cukup lama wara-wiri di wilayah Ibu Kota Jakarta ini telah mengangkut ribuan manusia untuk pindah dari satu shelter ke shelter yang lainnya. Transportasi ini sangat mudah sekali digunakan oleh para pengguna dengan menggunakan kartu taping khusus untuk memasuki gerbang pintu masuk. Bermodalkan IDR 3.500 saja rekan backpacker sudah bisa menikmati layanan ini untuk melihat hiruk-pikuk lalu lintas Jakarta yang bisa dilihat dari atas transportasi publik ini.

Hampir seluruh daerah yang ada di Jakarta ini terhubung dengan Trans-Jakarta, dimulai dari Blok M - Jakarta Kota, Harmoni - Lebak Bulus, Harmoni - Pulo Gadung, dan lain sebagainya. Kondisi bus sangat nyaman sekali dengan adanya pendingin udara membuat perjalanan lebih nyaman. 

Dengan menggunakan moda transportasi ini rekan backpacker dapat menikmati seluruh destinasi tujuan atau dapat melanjutkan perjalanan dengan transit berbagai shelter penghubung. Kegiatan ini dapat dilakukan seharian penuh tanpa berpanasan atau kena hujan untuk melihat situasi kondisi kota Jakarta sebagai pusat pemerintahan walau hanya dari atas bis.

Saya sangat menikmati destinasi tujuan akhir di Jakarta Kota setelah pintu keluar Trans-Jakarta menuju ke arah bawah tanah yang terkoneksi dengan stasiun kereta. Disini cukup unik terlihat dengan dengan banyaknya booth pedagang yang tersusun rapi dengan aneka jenis dagangan. Saya melihat adanya beberapa penjual dimulai dari kebutuhan pribadi pria dan wanita, food court baso, adanya mart kecil penjual makanan dan minuman, dan lain sebagainya. Destinasi ini sangat unik dengan ditata sedemikian rupa dimulai pada waktu penurunan ke arah bawah tanah adanya tanaman hiasan plastik yang sangat cantik penyusunannya merapat ke dinding tembok. Disediakan juga ada tempat duduk bernuansa air terjun mini berbentuk taman beton, bagi rekan backpacker yang ingin menikmati waktu jeda atau hanya sekedar menikmati suasana yang berbeda.

Dari pengamatan saya, lokasi ini dipilih untuk mengurangi para pedagang kaki lima yang sangat tumpah ruah didekat pintu masuk stasiun kereta jakarta kota dan kondisinya lebih tertata baik dan indah dengan tata letak yang sudah dikelola oleh dinas terkait.

Setelah menikmati nuansa sedikit unik ini rekan backpacker juga bisa menikmati suasana kota tua yang ada disekitar shelter ini seperti Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Fatahilah, Caffee Batavia, Museum Wayang, dll. Semua objek wisata ini terletak di satu kompleks yang saling berhubungan. Nah waktu yang dihabiskan di seluruh lokasi ini bisa seharian penuh.


Setelah berjalan-jalan di sekitar wisata kota tua ini saya ingin menikmati beberapa jajana khas yang ada disekitar Museum Fatahilah. Ada beberapa jajanan sehat disini seperti lontong pecel dengan aneka sayuran segar dan potongan gorengan tahu tempe disiram dengan kuah kacang yang gurih lezat. Itupun tidak cukup, saya dampingi dengan es krim seperti es puter yang sudah jarang ditemui di kota Jakarta. 

2. Commuter Line.


Sebenarnya moda transportasi Communter Line ini merupakan pengembangan transportasi publik yang dilakukan oleh PT KAI Indonesia dengan menggunakan kereta api bekas dari negara Jepang. Tetapi jangan salah moda transportasi publik ini sudah sangat layak sekali dan dapat dikatakan kondisinya cukup baik. Dengan adanya perawatan khusus dan penggantian suku cadang yang prima masih terlihat lincah berjalan diatas dua rel. Rekan backpacker dapat menikmati moda transportasi ini dengan menggunakan kartu taping untuk memasuki gerbang pintu masuk sebagai cara yang mutlak yang harus dilakukan untuk menikmati transportasi publik ini.

Commuter line ini tersedia untuk menghubungan kota Jabodetabek dengan jadwal keberangkatan cukup terarah setiap jam nya. Hitungan per stasiun sebesar IDR 2.000 untuk jarak dekat. Untuk jalur jauh sudah ditetapkan pula bukan per stasiun lagi malahan lebih hemat. Seperti saya menikmati perjalanan dari Jakarta Kota ke Stasiun Bogor hanya dengan IDR 6.500 saja. Cukup hemat bukan.

Rekan backpacker dapat menikmati transportasi publik ini untuk mempercepat perjalanan dari satu daerah tujuan dengan tujuan lain. Hal ini dapat dikatakan bahwa Commmuter Line merupakan transportasi publik yang sangat vital dan harus tersedia untuk mengangkut ribuan manusia berpindah dari satu daerah ke daerah lain.

Hal yang sangat unik untuk ditelisik jika rekan backpaceker mulai turun di stasiun transit atau stasiun yang cukup rame dapat melihat lalu lintas kereta atau manusia yang kadang berlari atau hanya bersenda gurau dengan teman sejawat atau kereta api berpindah dari utara ke selatan atau sebaliknya. Hal ini sangat menarik perhatian saya dapat dilihat secara langsung bagaimana kehidupan individu di Jakarta beraktifitas yang cukup hectic setiap hari. Saya kebetulan transit di Stasiun Manggarai yang cukup banyak transit kereta lain dalam kota Jakarta dan Luar Kota. Di sekitar stasiun ini juga ada convinience store jika rekan butuh aneka macam minuman atau makanan. 

Ada ide lain yang ada di stasiun ini untuk mengasah kegiatan potographi bagi rekan mempunyai hobi motret. Untuk spotnya memang ada tapi terbatas dengan tema kereta dan lalu lintas manusia yang saling berlari kejar-kejaran untuk menuju kereta tujua hanya dengan satu alasan yaitu tempat duduk kosong.


3. Bus Pariwisata Double Dekker.


Ada bus pariwisata yang disediakan oleh Pemerintah Kota untuk bagi para pelancong menikmati pemandangan kota Jakarta walaupun dari bus. Tetapi jangan salah, bus ini cukup representatif sekali dengan bentuk double dekker. Anda akan berebut dengan penumpang lain yang ingin duduk di depan tingkat dua, tetapi yang lebih suka duduk didepan adalah anak-anak. Jangan berkecil hati, orang dewasa juga ada kok duduk di depan di tingkat duanya. 

Bus ini dimulai start dari Mesjid Istiqlal atau Stasiun Kereta Ir. Juanda. Di lokasi inilah saya memulai melirik bus gratis yang disediakan oleh Pemerintah Jakarta untuk menyukseskan Enjoy Jakarta. Tidak perlu khawatir untuk tidak mendapatkan giliran asalkan tidak pada waktu libur akhir pekan, liburan cuti sekolah, ataupun libur nasional. Kekhawatiran untuk tidak dapat giliran dengan waktu cepat akan tertunda beberapa saat karena pengunjung untuk menikmati bus gratis ini sudah sabar menunggu giliran untuk menaiki bus. Nah, siasat yang terbaik adalah pada waktu hari kerja atau rekan semua sediakan waktu khusus untuk cuti menikmati layanan ini. Rute bus pariwisata double dekker ini dimulai dari Mesjid Itiqlal, memasuki Medan Merdeka, Thamrin, Sudirman dan sekitarnya. 

Apa itu Kartu Taping.

Dari tulisan atas rekan backpacker telah membaca beberapa kali ada istilah kartu taping. Apa itu kartu taping?. Nah, pada kesempatan ini saya juga ingin menjelaskan untuk rekan backpacker yang belum mengenal. Jika sudah mau akan memasuki gerbang pintu masuk tidak bisa mudah leluasa begitu saja tanpa kartu ini dan harus menggunakan kartu taping ini sebagai cara untuk bertransaksi.

Kartu taping adalah sejenis kartu yang harus digunakan oleh seluruh pelanggan untuk bisa menikmati moda transportasi dimulai dari Trans-Jakarta, Commuter Line, atau MRT. Kartu taping ini sudah digunakan dan diberlakukan bagi seluruh pelanggan yang ingin menggunakan seluruh moda transportasi yang terintegrasi dengan sistim perbankan.

Untuk memperoleh kartu taping ini tidaklah sulit, rekan backpacker dapat mendapatkannya di setiap pintu masuk shelter Trans-Jakarta, Commuter Line, atau MRT. Adanya biaya tertentu yang harus dibayar untuk mendapatkan kartu taping ini dan terdapat saldo yang sudah tersedia dan langsung dapat digunakan. Apabila rekan backpacker hanya menggunakan single trip juga tersedia di Commuter Line, dan MRT. Untuk Trans-Jakarta tidak ada kartu single trip [sekali taping bisa menikmati seluruh koridor] dengan syarat jangan taping pada saat pintu keluar, jika hal ini dilakukan makan rekan semua akan dikenakan biaya kembali apabila ingin menggunakan jasa moda transportasi Trans-Jakarta, mereka merapkan kartu tapping yang berkerja sama dengan perbankan nasional. Untuk kartu single trip dapat diperoleh untuk moda transportasi publik seperti Commuter Line dan MRT.

Dan ada juga yang lebih bermanfaat informasinya adalah ada perbankan yang menyediakan kartu taping ini multi fungsi, dapat juga digunakan untuk transaksi diseluruh outlet mart terkenal, parkir, atau bahkan keseluruhan moda transportasi publik yang ada di Jakarta.

Bagaimana cara mengisi ulang jika saldo yang ada di kartu taping sudah mulai habis?. Nah, pertanyaan ini sangat menarik sekali. Jika saldo kartu taping sudah mulai habis rekan backpacker dapat mengisi ulang baik di ATM bank penerbit kartu taping, atau di pintu masuk. Perlu diingat, jika pengisian ulang di pintu masuk seperti Trans-Jakarta akan dikenakan biaya charge sebesar IDR 2.000.

Tips.


Untuk memilih kartu tapping ini direkomendasikan untuk memilih satu kartu multifungsi. Bisa digunakan untuk seluruh moda transportasi yang terintegrasi di DKI Jakarta serta dapat digunakan di berbagai kesempatan. Jangan salah, kartu taping juga sudah bisa digunakan untuk berbagai keperluan lain untuk menunjang seluruh aktifitas rekan semua. 

Untuk melakukan top-up alias mengisi ulang juga bisa lakukan di pintu masuk kedatangan atau ATM bank penerbit kartu taping. Kemudahan ini juga bisa dilakukan beberapa mini market yang terkenal secara otomatis dapat digunakan kembali kartu taping multifungsi ini. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.