Langsung ke konten utama

Dibalik Layar Sebuah Asuransi Satelit Komunikasi

Mungkin sebagian orang tidak mengenal tentang asuransi satelit untuk sebuah alat untuk komunikasi, ternyata produk ini ada dilakukan oleh perusahan asuransi ternama di dunia yang khusus menangai bisnis ini. Saya tidak menyebut nama perusahaan tetapi saya ingin menuliskan sedikit sharing apa yang telah saya baca mengenai produk strategis ini di dunia telekomunikasi. Satelit sekarang sudah sangat vital karena semua manusia sekarang sudah butuh komunikasi yang tepat, cepat, dan tidak butuh waktu lama untuk menyampaikan berita. Tidak hanya itu, satelit juga membantu mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh suatu negara atau institusi untuk menjalankan beraneka ragam tujuan.

Poto oleh: wikipedia.org
Pola Kerja Asuransi Satelit.
Asuransi satelit merupakan cabang khusus dari sebuah bidang kerja dari penerbangan pesawat. Hampir sama dengan penerbangan pesawat tetapi mempunyai teknik kerja yang sedikit berbeda. Ada beberapa perusahaan langsung mau melakukan kontrak untuk melindungi satelit ada pula re-asuransi dengan kontrak dengan penyedia langsung. Karena satelit mempunyai resiko yang harus dilindungi dimulai dari peluncuran satelit jika terjadi kegagalan mungkin hancur, satelit pada posisi orbit yang tidak tepat dengan koordinat yang telah ditetapkan, atau gagal sama sekali di orbit. Untuk tanggung jawab kerusakan ini kepada pihak lain dimana satelit ini dibawa dan diluncurkan.



Perjalanan Sejarah Asuransi Satelit oleh Perusahan Asuransi Dunia.
Asuransi ini sudah dimulai pada tahun 1965 yang menjadi tanggungan dari Lloyd's of London pada saat sebelum peluncuran Early Bird Satelit Intelsat. Setelah berjelang waktu tiga tahun tepatnya pada tahun 1968 seluruh perlindungan mulai diatur pada sebelum diluncurkan dan setelah diluncurkan untuk jenis Satelit Intelsat III. Jika dilihat dari infrastruktur satelit itu sendiri sangat kompleks karena penggunaanya bisa digunakan oleh berbagai pihak seperti internal pemerintah serta swasta seperti perusahaan telekomunikasi. Biaya yang akan dibayarkan untuk membuat proyek ini tetap terlaksana harus menyediakan dana sampai Miliar US$ dengan kematangan konsep yang tinggi. Biasanya study ini dilakukan dalam rentang waktu 5-10 tahun dengan beberapa tahap yang harus dilaksanakan seperti konsep perencanaan, pada saat pembuatan, diujui ketangguhannya, dan pada saat diluncurkan harus sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan.

Resiko Yang Akan Muncul Pada Satelit.
Jika ditelisik ke lingkup asuransi satelit berhubunugan dengan kerusakan infrastruktur yang ada di satelit itu sendiri. Jika dilihat secara umum dapat dibagi beberapa resiko:
1. Sebelum diluncurkan.
Pada tahap ini sudah mulai asuransi bekerja untuk memberikan perlindungan semua kegiatan yang akan menimbulkan kerugian atau kerusakan komponen satelit pada saat setelah selesai pengerjaan oleh vendor atau produsen. Pada saat akan diluncurkan harus dilakukan test yang sangat ketat dan seluruh komponen mesin untuk membawa satelit ini sudah sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan sebelum peluncuran satelit yang akan dilakukan.
2. Pada Saat Peluncuran.
Pada tahap ini dilihat apakah mesin yang ada pada satelit telah mempunyai kinerja yang baik termasuk pengapian pada saat terpisahnya satelit dengan pesawat yang membawa satelit tersebut. Pergerakan satelit dapat sampai ke tahap orbit yang telah ditetapkan dan sukses dilakukan. Proses untuk melakukan hal ini berkisar 45-60 hari masih dalam tahap pengujian di koordinat orbit tadi. Apabila terjadi kegagalan dalam peluncuran satelit akan berakibat kepada hilangnya satelit diperkirakan tipis jika dipersentasekan hanya 7% saja.
3. Pada Saat Orbit.
Setelah satelit sampai di orbit masih dikaji untuk keadaan fisik yang akan hilang, adanya kerusakan, atau bahkan kegagalan satelit juga dilakukan perlindungan oleh asuransi dengan hitungan sementara dan selama di orbit. Kemungkinan resiko kerusakan bisa saja terjadi dengan adanya kerusakan yang mungkin ditimbulkan oleh tempat diorbit itu sendiri, suhu yang ekstrim, bahakan adanya radiasi tertentu. Poin ini ada kemungkinan bisa diperbaiki atau tidak mungkin diperbaiki karena satelit sudah diberada di jalur orbit. Jadi implementasinya harus memperhatikan pada kualitas produk yang akan menjadi infrastruktur dari satelit itu sendiri harus sangat diperhatikan kualitasnya.
4. Pihak lain yang terlibat.
Sebuah satelit ada pihak lain yang juga terlibat seperti otoritas pembuat kebijakan disuatu negara dengan segala aneka ragam persyaratan yang harus ditaati berupa undang-undang pada saat peluncuran terlepas dari pemilik satelit. Seperti adanya lisensi yang harus diserahkan kepada yang berhak menerimanya yang mempunyai wewenang utuk mengatur peluncuran satelit. Masa waktu ini biasanya dalam jangka waktu 90 hari setelah hari peluncuran. 


Faktor resiko terhadap satelit.
Badan antariksa yang biasa melakukan peluncuran satelit untuk skala yang lebih besar adalah NASA, dengan tingkat kegagalan dapat dikatakan sangat langka. Dari ilustrasi menyebutkan kegagalan ini terjadi akibat adanya faktor alam seperti gempa bumi, lokasi penyewaan tempat, software, sistem komputer, serta hal lain yang menjadi poin penting dalam saat mulai beroperasi.

Formula perhitungan asuransi satelit.
Sebuah premi yang akan dibayarkan tentu harus ada formula perhitungan yang cukup bisa masuk dalam hitungan di perusahaan asuransi. Mereka juga melakukan beberapa rating pra peluncuran dengan kendaraan yang akan membawanya. Untuk peluncuran mempunyai tingkat kegagalan sepersepuluh dari biaya kotor. Model formula yang mereka hitung berdasarkan statistik yang akan menghasilkan berapa nilai premi yang akan dibayarkan dengan hitungan internal yang mempunyai dasar dari perlindungan yang akan mereka siapkan kepada pemilik satelit. Aspek yang juga ada adalah penyelamatan satelit dari beberapa ancaman kerusakan dsb. Biasanya untuk komprehensif data asuransi ini berdasarkan pengalaman dilihat dari track record dari pihak-pihak yang terlibat dengan beberapa pertimbangan kegagalan yang akan terjadi akan mereka hitung konsistensinya.

Peraturan Mengikat dan Sanksi.
Ada aturan yang harus diikuti oleh seluruh pihak yang akan meluncurkan satelit. Badan yang mengaturnya adalah ITAR [Internatioal Traffic in Arms] yang berada di Amerika Serikat. Peraturan ini sangat detil sekali memuat rincian setiap item yang melekat pada satelit seperti teknologi yang dipersiapkan serta penjamin asuransi juga harus taat tunduk dengan peraturan yang telah ditetapkan. Teknologi yang digunakan di sebuah satelit ibarat sebuah senjata ala militer yang harus diperhatikan oleh badan ini. Apabila semua ketetapan yang telah ada gagal untuk dilaksanakan maka ITAR akan memberikan denda berat. Untuk perusahaan asuransi harus menelaah cakupan tersebut dengan keandalan informasi yang diterima harus valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Sumber: Wikipedia, Media Lainnya, data diolah.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Bulan Terbaik Liburan Singapore: Peak Season atau Low Season

Sebagai negara tetangga Singapore mempunyai bulan terbaik untuk berkunjung dan kapan anda mau berkunjung bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagian orang menyebutnya kapan waktu peak season atau kapan pula waktu low season. Sebagai traveler yang smart dan cerdas harus memperhatikan musim liburan seperti ini akan berhubungan dengan persiapan budget sehingga uang anda akan dihabiskan tergantung dari waktu tersebut. Banyak sekali para traveler dari Indonesia masih kurang paham kapan waktu terbaik untuk menghabiskan waktu liburan di Singapore sehingga ada yang mengira liburan disana sangat mahal. Sebenarnya tidak juga hanya waktu saja yang kurang tepat mungkin pada waktu itu anda berada di peak season semuanya mahal, dimulai dari tiket pesawat, hotel, dan tempat wisata.

Panduan Lengkap Menggunakan Kendaraan Umum PO Bus dari Kota Padang ke Tujuan Antar Kabupaten Kota di Sumatera Barat

Rasanya saya perlu membuat sebuah ilustrasi lengkap mengenai panduan lengkap menggunakan kendaraan umum dari kota Padang ke berbagai tujuan di provinsi ini. Pencarian populer di search engine seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Batusangkar, Pasaman, Pariaman, Air Haji, Painan, Solok, Sawahlunto, Painan, dsb hanya diperlukan petunjuk jelas dan tepat. Setelah saya melihat keyword ini sangat banyak dicari para turis yang ingin berkunjung ke Ranah Minang ini ingin rasanya saya membantu walau hanya berupa tulisan artikel seperti ini. Besar harapan semoga tulisan ini bisa sedikit membantu, dan apabila bermanfaat dapat sharing ke rekan lainnya yang butuh bantuan saat sampai di kota Padang. Di kota Padang untuk terminal bus antar kota yang representatif belum tersedia di satu kompleks, sehinga beberapa tujuan harus terpisah. Tetapi hal ini tidak menyurutkan saya ingin memandu beberapa rekan yang ingin berwisata di Sumatera Barat hanya bermodalkan kendaraan umum untuk sampai k

Belanja Beli Elektronik Di Singapore: Alasan Kenapa Dan Tips Agar Tidak Tertipu

Fenomena membeli elektronik, hp, laptop, dan sejenisnya di Singapore menjelma menjadi sebuah rekomendasi yang wara-wiri di media sosial tentu perlu disikapi lebih teliti kembali. Tentu sebagian orang menganggap ini sebagai cara untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan harga yang masih terjangkau pasti ada komparasi harga baik dari Singapura sendiri dan Indonesia. Dengan adanya komparasi harga tentu saja konsumen seperti anda mendapatkan harga pembanding dimana sebuah produk yang telah mereka inginkan diteliti spesifikasinya dan melihat penjual yang menyediakan barang yang sama mencantumkan harga terbaik mereka yang akan konsumen beli. Adanya pembebasan pajak khusus para turis dengan istilah GST tentu menjadi lebih menarik dari kebijakan seperti ini, alasannya disenangi karena harga yang anda bayar tentu sedikit lebih murah sehingga daya tarik ini lah yang menjadi senjata membius para traveler agar berbelanja di Singapura.