Langsung ke konten utama

Panduan Wisata Halal Muslim Di Filipina

Negara Filipina dengan ibu kota nya di Manila ini gencar sekali promosi wisata halal muslim yang ingin berlibur dengan berbagai konsep hotel penginapan bertema muslim makanan lezat tempat wisata yang eksotis hingga beberapa tujuan tempat wisata bertema alam banyak sekali ditemukan di negara berbahasa Tagalog. Traveler negara muslim yang sudah melirik negara ini untuk berlabuh menghabiskan masa liburan adalah Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura serta Timur Tengah ini mampu memberikan nuansa baru dalam sebuah tempat liburan yang sangat indah ternyata.



SEKILAS NEGARA FILIPINA.
Termasuk negara Asean yang terletak di sebelah utara Malaysia dan Indonesia yang merupakan sebuag negara yang mempunyai sekitar 7.641 pulau di lingkar Pasifik Barat. Dari segi jumlah penganut Islam yang ada di Filipina sekitar 5,6% saja tidak menutup pintu bagi seluruh traveler muslim yang ingin berkunjung ke negeri ini untuk berlibur dan Pemerintah Filipina telah membuat paket dan regulasi untuk menumbuhkan pariwisata bertema halal ini sebagai cara untuk pemasukan dari segi lain kepada negara. Negara ini mempunyai kultur gabungan dari beberapa masyarakat dunia seperti Arab, Melayu, Spanyol, Amerika, dan sedikit Cina. Dengan gabungan berbagai suku ini terciptakan tata budaya yang dapat terlihat dari seluruh kegiatan masyarakat serta berbagai karya yang tercipta.

PERJALANAN DIMULAI.
Destinasi berikutnya adalah ke tema penting wisata halal muslim di FIlipina dengan melirik riket promo pesawat yang diterbitkan oleh maskapai airline bertema budget murah yaitu konsep LCC [Low COst Carrier]. Ada beberapa maskapai ini yang membuka jalur penerbangan baik dari Indonesia, Singapura, ataupun Malaysia. Anda tinggal memilih dari mana keberangkatannya dan tentu mendapat harga tiket yang murah dari promo yang mereka berikan kepada seluruh wisatawan dunia termasuk Indonesia.

VISA.
Negara Filipina termasuk dalam negara Asean maka untuk traveler muslim Indonesia yang memilih negara ini untuk berlibur maka anda mendapatkan fasilitas bebas bisa 30 hari sebagai turis. Hanya bawa saja paspor dan langsung di cap di pintu masuk imigrasi. Yang penting anda akan memperlihatkan beberapa bukti dokumen lain seperti tiket pulang atau tiket estafet anda untuk melanjutkan perjalanan setelah keluar dari negara Filipina.

Panduan wisata halal muslim di negara Filipina ini mencakup informasi mengenai tempat makan, lokasi wisata, hingga ke hotel penginapan yang bisa traveler Indonesia coba berdasarkan rekomendasi dari berbagai traveler muslim dunia yang telah mencoba dengan pengalaman yang sangat istimewa.

TEMPAT HOTEL PENGINAPAN.
Pada saat ini pemerintah Filipina sangat gencar memberikan sertifikasi halal untuk hotel penginapan yang sudah mulai tumbuh bahkan sudah mulai tersebar di berbagai kota wisata penting. Seperti hotel penginapan pertama yang mendapatkan sertifikat halal pada tahun 2010 adalah Manila Hotel yang sangat bersejarah bagi bangsa Filipina ini dikeluarkan oleh jawatan NCMF [National Commission on Muslim Filipino]. Sertifikat ini merujuk kepada seluruh aspek seperti waktu sholat, informasi petunjuk mesjid terdekat, serta hotel tersebut juga menyediakan keabsahan sertifikat halal untuk dapur dan restoran. 

Untuk tempat wisata penting di Filipina juga sudah mulai beroperasi berbagai jenis hotel yang halal seperti Manila Shangri-La yang menyediakan berbagai kebutuhan traveler muslim dunia dimulai dari makanan halal dan kebutuhan lainnya [Shangri-La ini juga mencakup beberapa lokasi lain di Makati]. Rekomendasi juga banyak dipiih oleh traveler muslim adalah Dusit Tani Hotel. 

RESTORAN TEMPAT MAKAN HALAL DI FILIPINA.
Setelah hotel mendapatkan sertifikat halal dari NCMF [National Commission on Muslim Filipino] muncul restoran tempat makan yang sudah menyediakan menu halal. Fasilitas tambahan ini menjadi sangat ramah dengan traveler muslim sehingga tidak ada keraguan untuk kembali menyantap hidangan dengan lebuh tentram. Seperti retoran The Pantry yang banyak menyediakan menu halal untuk seluruh tipe makan yang disenangi oleh pengunjung seperti sarapan, makan siang dan malam, dengan jenis sajian Italia, India, dan Pan Asian. 

Yang menjadi phenomenal adalah tempat makan dengan nama Halal Guys yang sudah hadir di Manila Filipina. Tempat makan ini sudah banyak fans beratnya dengan menu yang paling dijagokan adalah gyro atau daging, roti pita, dan menu paduan nasi lainnya. Saus spesial putih sebagai peningkat rasa juga di tabur diatasnya juga sangat lezat. Sebenarnya konsep tempat makan ini adalah franchise dari USA yang telah membuka cabanganya di beberapa lokasi penting di Filipina yaitu di SM Megamall Manila, 5 Mega Food Mall. Kedua tempat ini terfokus pada pusat ibu kota Filipina yaitu Manila. Lokasi lain akan segera menyusul dibuka setelah konsep makanan halal di Filipina disenangi oeh seluruh konsumen dan traveler makan akan sangat mudah ditemukan di daerah pariwisata lainnya.

Berikut list tambahan anda yang ingin melengkapi wisata halal di kota Filipina,

1. Kebab Roll berada di SM Mall Asia
2. Persia Grill yang berada di SM Mega Mall
3. Martabak Cafe yang terletak di SM Mall of Asia
4. Restoran New Bombay yang berada di Greenbelt 2, Makati
5. Lalu ada Mindanao Halal Food Restaurant berada di Salas Street, Ermita.
6. Sitti’s Halal Food yang terletak di Food Court Greenhills Mall
7. Gilak by Hossein terletak di Greenbelt 3, Makati

TRANSPORTASI PENTING DI MANILA FILIPINA.
Setelah berkunjung di Filipin tidak mencoba moda transportasi yang paling unik yang bisa anda jajal adalah sebagai berikut, seluruh transportasi ini anda harus punya nyali untuk menaikinya dan mempunyai jiwa bertualang an banyak direkomendasikan oleh para taveler.

1. Jeepney.

Poto oleh: en.wikipedia.org

Transportasi yang sangat unik ini kudu wajib dicoba, jika anda belum mencobanya berarti belum lengkap traveling anda di Filipina. Jeepney ini ya ibarat sebuah moda transportasi yang konsepnya sama seperti mikrolet atau angkot di Indonesia. Mulut mobil berbentuk jeep dan belakangnya mirip oplet. Konon sejarah jeepney ini merupakan transportasi yang banyak digunakan oleh America Soldier sekitar perang dunia kedua sebagai mobil angkut. Setelah perang usai mobil ini terbengkalai begitu saja tidak digunakan maka dikelola oleh masyarakat sebagai mobil unik yang masih beroperasi di Manila Filipina.

Teknik bayarnya pada saat anda naik harus persiapkan ongkos tarif jeepney, jika rute perjalanannya ada di dekat kaca atau di samping mobil ini. Anda harus juga tanya kepada sopir apakah jalur jeepney yang anda tumpangi ini melewati rute yang akan anda tuju.

2. UV Express Service.

Poto oleh: rappler.com

Ada sebagian traveler ingin mencoba transportasi ini, agak berbeda dengan jeepney. Angkutan dengan memberikan jasa dengan pendingin ruangan mobil yaitu AC ini berjenis mobil Isuzu Phanter atau sejenis Kijang kapsul. Untuk sekali jalan tarifnya sekitar 15 PHP.

3. Tricycle.

Poto oleh: vagabondjourney.com

Moda transportasi modifikasi ini bisa memuat beberapa penumpang dalam sekali angkut. Kalau di Indonesia mirip bentor atau becak motor yang jalurnya khusu yaitu di gang perumahan penduduk, harganya bisa negosiasi sesuai dengan jarak. 

MASJID SEBAGAI SARANA PELENGKAP.
Pada saat sekarang ini jumlah mesjid yang ada di Filipina terus menggeliat untuk melaksanakan sholat fardhu lima waktu. Menurut data yang kami dapatkan sekutar 32 masjid yang ada di Manila yang terdaftar dan sedangkan yang tidak terdaftar sekitar 80 masjid.

Poto oleh: skyscrapercity.com

Mesjid yang paling terkenal di Manila Filipina adalah Masjid Al-Dahab yang disebut juga dengan The Golden Mosque, penduduk lokal menyebutnya Moskeng Ginto. Merupakan masjid terbesar di kota Manila Filipina ini dengan kubah yang dicat keemasan sebagai pertanda khususnya. Lokasi masjid di distrik Quiapo yang terkenal dengan kawasan muslim di Metro Manila. Anda juga bisa melengkapi menu halal jika di Manila ada disekitar masjid ini berupa warung atau tempat makan halal. Sebenarnya tidak hanya muslimin saja yang datang ke lokasi makanan halal ini, penduduk non muslim juga ingin mencoba kelezatan menu yang mereka jual

Sekarang ini hanya terfokus pada daerah tertentu saja yang bisa anda nikmati wisata halal muslim yang ada di Filipina. Karena jumlah masyarakat muslim masih minoritas, tetapi pemerintah disana mempunyai atensi tinggi untuk mengembangkan wisata bertema halal ini agar menjadi destinasi liburan alternatif yang harus anda coba sekarang juga.

Komentar

  1. saya tanggal 6 maret ke manila, dan informasi yg saya dapatkan bahwa di manila sudah makanan halal, bisa infoin lokasi di manila yang srategis dan banyak makanan halalnya dan dekat dengan mesjid? saya juga berencana ke manila ke puerto galera hopping island nah sebenarnya budget ke puerta gelara itu mahal atau murah, dan apabila pergi berdua atau solo apakah lebih hemat dengan sistem paket tour atau tidak kalau ke lokasi puerto galeranya, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Masjid yang terkenal di Manila adalah Golden Mosque dan tentu saja di sekitar masjid ini banyak bermunculan tempat makan atau restoran radius 2 km. Pilihan cukup banyak sesuaikan dengan pilihan nanti. Di lokasi ini lah terbaik untuk mencari makanan halal di Manila.

      Jika ingin eksplor ke pulau di Filipina sebaiknya anda ikut tour, karena biaya bisa lebih terjangkau. Jika pergi sendiri atau solo tentu saja akan mengeluarkan uang lebih banyak dimulai dari transportasi. TIPS, untuk memilih tour sebaiknya lakukan komparasi minimal 3 tour agency. Gali informasi sebanyak mungkin terhadap agency yang telah menjadi kandidat. Dan paling penting track record mereka terbaik dan tidak scam, pengalaman mereka cukup banyak membawa turis menjadi hal yang sangat penting.

      Hapus
  2. untuk biaya makan disana berapa yah untuk makanan halal, saya nginap di daerah buandia dan apakah lokasi buendia jauh ke golden mosque dan apakah lokasi buendia ini strategis lokasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasinya tidak terlalu jauh. Untuk makanan dimulai dari harga IDR15.000. Kalau Buendia masih di pusat kota dan tidak terlalu jauh pula ke Bandara Ninoy Aquino International Airport

      Hapus
  3. saya ada rencana ke Manila, kalau transport dari airport ke Manila nya ada Bis sprti Damri di Soeta nggk? dan minta bantuan hotel terjangkau dong di Manila yg kawasan sprti tadi disebut kawasan muslim(agar lbh gampang makanan halal). Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.