Langsung ke konten utama

Tips Mudah Cara Hidup Irit Hemat Di Jerman

Merantau di negeri orang memang sangat jauh berbeda di negeri sendiri apalagi di Jerman harus mengencangkan ikat pinggang untuk cara hidup irit dan hemat sebagai cara jitu untuk bisa mengumpulkan uang untuk bisa digunakan sebagai modal kegiatan lain di masa yang akan datang. Semua aktifitas yang anda lakukan di Jerman apabila tidak bisa mengerem keinginan bisa kebablasan, jika rasanya tidak perlu melakukan kegiatan di luar sebaiknya anda melakukan aktifitas ini di rumah atau kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Apalagi seorang pelajar ataupun seorang pekerja dari Indonesia yang berkesempatan tinggal sementara disana harus pandai-pandai mengeluarkan uang agar tetap bisa stabil kehidupan setiap bulan tanpa harus khawatir jumlah uang ditangan dan masih tetap ada. Berikut ada sedikit tips yang sangat mudah cara hidup hemat dan irit di Jerman sebagai cara jitu untuk menyimpan uang agar bisa dimanfaatkan ke hal yang lebih produktif dimasa yang akan datang.


Poto oleh: picturesofmoney.org

Sekilas Kehidupan Jerman.
Kehidupan di Jerman memang lebih mahal dibandingkan dengan kehidupan di DKI Jakarta karena biaya hidup per hari saja tentu sangat berbeda apalagi anda harus memikirkan uang sewa tempat tinggal, biaya makan, biaya kehidupan sehari-hari, hingga biaya transportasi. Setiap kota di Jerman tentu berbeda biaya hidupnya dengan kota lain, semakin padat suatu kota semakin tinggilah tingkat biaya yang akan anda keluarkan. Tetapi jika hal tersebut harus dilakukan anda memang harus melakukan ekstra hati-hati untuk memegang uang agar tetap safety selama tinggal di Jerman.

1. Anda Harus Bisa Memasak.
Kebutuhan pokok makan ini harus anda lakukan apalagi jenis menu masakan. Mungkin tidak semua menu masakan yang ada di Jerman bisa anda konsumsi dengan lahapnya seperti di Indonesia, jika menu tersebut tidak ada di Jerman mau tidak mau anda harus bisa memasak untuk mewujudkan sebuah menu yang anda sukai. Untuk makan diluar saja anda harus mengeluarkan biaya minmal Euro 4-6 untuk satu porsi saja misalnya olahan mie. Apabila anda memasak di rumah anda tidak mengeluarkan uang sebanyak itu, hanya dibutuhkan mie kering, sayur, dan bumbu lainnya tidak sampai Euro 2 itupun anda sudah mendapatkan stok yang sudah banyak dan bahkan bisa membuat hampir 3-4 porsi. Jadi pastikan anda harus bisa berkreasi dengan bahan yang tersedia di supermarket Jerman dan bisa membuat menu tersebut sesuai dengan selera anda.



Baca juga:

2. Gabung Komunitas Gratis Jerman.
Anda harus selalu pintar-pintar untuk menyikapi uang keluar agar bisa tetapi hemat irit selama hidup di Jerman. Grup komunitas yang selalu memberikan barang secara cuma-cuma alias gratis bisa anda manfaatkan untuk melengkapi kehidupan anda. Anda tak usah gengsi atau malu karena hal ini banyak dilakukan oleh penduduk Indonesia yang berkesempatan hidup di Jerman seperti grup FB "Free Your Stuff Hamburg". Secara berkala mereka akan selalu memberikan informasi bahwa ada beberapa barang yang diberikan secara gratis seperti handphone, perabot, sofa, asesoris, fashion, dan lainnya. Tetapi yang harus diperhatikan adalah anda harus cepat tanggap untuk menyikapi informasi ini agar tidak didahulukan oleh member lain untuk mendapatkannya. Pastikan pola tata cara pengambilan bisa di kirim atau di jemput sendiri barang yang diberikan secara gratis.

3. Adanya Menu Gratis Institusi Jerman.
Hampir sama kasusnya di poin nomer dua, ada juga member memberikan informasi bahwa ada komunitas yang khusus membagikan makanan dan minuman yang berlebih pada suatu institusi di Jerman seperti Ibu Rumah Tangga yang memberikan makanan berlebih dari supermarket, kantin sekolah, ataupun sebuah cafe yang harus dibagikan secara gratis secepatnya. Anda bisa bergabung di grup FB "Food Sharing" dan pastikan lokasi tempat tinggal anda tidak terlalu jauh dari tempat mereka. Khusus bagi anda yang ingin mendapatkan makanan dan minuman yang halal pastikan food sharing tersebut sesuai dengan kriteria anda inginkan. Untuk kualitas makanan masih terjamin bagus dan masih layak dikonsumsi. 

4. Nongkrong Tidak Selalu Mahal.
Banyak sekali spot menarik di Jerman yang bisa anda lakukan aktifitas murah irit dan hemat seperti taman kota serta alun alun yang sangat bisa anda manfaatkan. Tentu kegiatannya tidak seperti di cafe ada makanan dan minuman tetapi anda bisa mewujudkannya dengan membawa bekal selama melakukan nongkrong disana. Kegiatan yang bisa anda lakukan cukup banyak seperti menikmati suasana kota, duduk di taman sambil membaca buku, ataupun melakukan kegiatan olah raga. Tentunya kondisi tempat publik di Jerman sangat mumpuni untuk dilakukan karena rapi, tertata, bersih, dan pastinya aman.

5. Kunjungi Pasar Tradisional atau Pasar Loak.
Jangan salah, di Jerman ada pasar loak dan pasar tradisional untuk mendapatkan segala kebutuhan anda di sana bisa juga anda lakukan. Terkenal dengan nama Flohmarkt atau Flea Market yang tersebar di seluruh Jerman. Pasar ini banyak sekali dikunjungi oleh penduduk lokal bahkan traveler seluruh dunia untuk mencari benda yang mereka butuhkan dengan harga murah. Kondisi barang sudah pasti asli dan bermerek dengan harga yang bisa anda tawar sehingga hal ini sangat menarik. Untuk barang palsu tidak diijinkan masuk karena itulah peraturannya. Waktunya tidak setiap hari melainkan di hari tertentu saja seperti akhir pekan.

Baca juga:

6. Manfaatkan Even Exibition Jerman.
Jika anda ingin mendapatkan acara umum penduduk lokal Jerman bisa anda lakukan bahkan ada yang gratis. Kegiatan ini bisa anda lakukan sendiri ataupun komunitas anda disana seperti “Lange Nacht der Museen”. Untuk harga Euro 10 anda bisa mengunjungi seluruh museum yang ada di Jerman terutama di Hamburg. FYI, satu museum saja fee masuk saja sudah Euro 10, jika anda ikut dalam program ini anda bisa menikmati keseluruhan museum yang ada disana. Pastikan kegiatan ini tidak luput dalam agenda anda nanti.

7. Acara Kegiatan Kampus.
Khusus pelajar yang pastinya sangat berhemat selama hidup di Jerman sudah sangat familiar dengan kegiatan ini. Secara berkala biasanya di Universitas ada informasi dilakukan makan gratis yang akan dilaksanakan oleh organisasi atau komunitas dari masing-masing negara. Komunitas ini biasanya dari mahasiswa yang melakukan studi di Jerman di Universitas yang tempat anda join. Kalau sebagian orang berpendapat kok segitunya, namanya hidup berhemat ya harus anda hilangkan malu sedikit dan pastikan anda memiliki teman dari seluruh negara agar bisa mengikuti acara ini selama anda melakukan studi.

8. Komunikasi, Internet, Listrik, Air, dan Gas.
Sebaiknya anda memperhatikan masalah komunikasi dan internet yang sudah mulai hal primer untuk seluruh kegiatan. Pastikan tempat tinggal anda adanya internet sharing inklusif yang termasuk dalam sewa setiap bulan. Cara ini sangat bisa menghemat anda untuk biaya sebulan. Hal yang sangat primer lainnya seperti listrik, gas, dan air sebaiknya mendapatkan inklusif atau termasuk dalam biaya sewa. Khusus mahasiswa memang harus mendapatkan informasi ini agar uang yang anda dapatkan sebulan itu cukup bahkan bisa berlebih selama anda hidup di Jerman.

9. Shopping Belanja Harian.
Anda sebaiknya mencari supermarket yang memiliki program belanja murah untuk produk pilihan tertentu. Biasanya program ini selalu ada untuk produk sayuran, buah, roti, dan lainnya. Untuk harga normal barang-barang ini cukup mahal dan anda jangan terlewatkan untuk membeli kebutuhan harian lainnya dalam harga khusus.

10. Jika Memungkinkan Part Time Job.
Memang inilah cara yang terbaik untuk mendapatkan uang tambahan selama hidup di Jerman. Anda harus melakukan part time job apapun bentuknya asalkan terhormat mendapatkan gaji. Kerja yang bisa anda lakukan kerja di restoran, tukang kebun, house keeping, pengasuh anak, dan lainnya. Kegiatan ini sudah banyak dilakukan oleh penduduk Indonesia yang tinggal sementara di Jerman dan bayarannya cukup lumayan per jam. Jika anda telaten dan rutin melakukan pekerjaan ini anda bisa menabung sekian tahun bisa mendapatkan modal uang sebelum kembali ke Indonesia. Kegiatan part time job ini biasanya anda mendapatkan fasilitas makan dan minum dari pemberi kerja dan bisa menjadi cara jitu anda untuk berhemat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.