Langsung ke konten utama

Tips Sebelum Traveling Ke Spanyol Harus Baca Artikel Ini Terlebih Dahulu Sebelum Kaget Keadaan Sebenarnya Disana

Sebelum menentukan pilihan travel ke Eropa seperti Spanyol harus mengetahui seluk beluk negara ini sebelum datang baik berupa tips rekomendasi ataupun pengalaman yang telah dialami oleh traveler seluruh dunia sebagai pelajaran yang baik supaya anda sudah mengetahui gambaran sesungguhnya bagaimana kondisi negara tersebut. Spanyol termasuk negara Eropa yang mempunyai keunikan dan berbeda dari negara Eropa lainnya menjadi daya tarik tersendiri sehingga ada trik khusus bagi anda backpacker Indonesia yang ingin pergi kesana sebagai lokasi destinasi liburan singkat.



Poto oleh: roughguides.com

1. Bahasa Resmi Di Spanyol.
Bahasa sebagai alat komunikasi di Spanyol ada 3 yaitu Basque, Catalan, dan Galician. Penggunaan Bahasa Catalan resmi dipergunakan di daerah Catala termasuk kota Barcelona dan di kepulauan Balearic termasuk Ibiza. Penduduk Barcelona banyak menggunakan Bahasa Catalan dari pada Bahasa Spanyol. Terbukti bahwa semua berkas resmi yang ada disana, petunjuk arah jalan, petunjuk di kendaraan umum selalu ada 2 bahasa yaitu Spanyol dan Catalan serta Bahasa Inggris sebagai bahasa untuk Internasional.

Jadi anda sebagai turis disana yang tidak paham dengan Bahasa Spanyol harus mengandalkan kamus yang bisa anda donlot di Playstore atau AppStore yang bisa dipakai secara offline. Karena apa, tidak semua orang Spanyol sangat paham bahasa Inggris, jadi setidaknya anda mengerti dengan bahasa keseharian untuk percakapan.

Kota yang cukup bisa menerima bahasa Inggris untuk percakapan adalah kota Barcelona karena mayoritas penduduknya berbahasa Catalan. Kota yang cukup ramah dengan turis ini tetapi lucunya jika anda pakai bahasa Spanyol anda akan dicuekin dan tidak memperhatikan anda bahkan jutek dan ketus alasannya karena di kota ini bahasa tersebut tidak mereka akui justru bahasa Catalan lah yang mereka terima. Jadi, jika anda bisa sedikit berbahasa Catalan anda akan disenangi dan penduduk lokal tentu di Barcelona dan jika anda di daerah Basque harus bisa berbahasa tersebut karena inilah identitas yang selalu yang mereka jaga sampai sekarang. Jadi untuk percakapan keseharian jika anda bisa menerapkannya maka anda akan mendapatkan respect tinggi dari mereka. Itulah negara Spanyol.

2. Gunakan Transportasi Publik.
Backpacker sebaiknya naik transportasi publik seperti bis ataupun metro. Jika anda memiliki waktu panjang berlibur di Spanyol sebaiknya pakai kartu bis sekalian bisa menghemat biaya hidup disana. Jangan pernah menggunakan taksi karena sangat mahal sekali. Itupun kalau anda sendiri jika rombongan  lebih dari empat orang lebih baik patungan supaya bisa mendapatkan harga per orang lebih murah. Jika ditotalkan harga biaya transportasi dari bandara menuju ke pusat kota sekitar EUR5-10 saja.

Jika seandainya anda traveling jangka waktu lama maka sebaiknya menggunakan bis sebagai pilihan terbaik. Tentu anda harus membeli kartu bus dan saldo di dalamnya EU10. Kartu bus bisa dapatkan diskon sebesar 50% untuk bepergian.

TIPS: Apabila anda berencana untuk stay di salah satu kota Madrid atau Barcelona minimal 3 hari makan anda dapat mempertimbangkan untuk membeli Madrid Tourist Pass atau Barcelona Card karena lebih hemat dan menguntungkan. Jelas akan dihitung saat anda menggunakan pertama kali untuk melakukan eksplorasi kota dengan transportasi publik. Rekomendasi ini khusus bagi backpacker yang memang sudah pasti menggunakan transportasi publik untuk menempuh perjalanan. Jika anda anda menggunakan tour atau kombinasi dapat sesuaikan. Misalnya satu hari penuh ikut tour maka salah satu kartu ini bisa anda beli untuk waktu 2 hari saja. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan jangan sampai membeli kelebihan bisa rugi duit. 

3. Mengerti Pahami Rute Metro Dan Bus.
Sebelum melakukan traveling selalu mendapatkan peta dan map dari metro dan bus yang ada di bandara sebelum anda meluncur ke pusat kota. Pahami dan mengerti jalur bus dan metro untuk menuju ke tujuan akhir karena seperti kota Barcelona kedua transportasi publik ini beroperasi 24 jam pada saat akhir pekan weekend. Jika hemat sadis anda bisa berjalan kaki karena jalur untuk pejalan kaki sagat lega dan nyaman yang penting siapkan stamina dan kedua kaki kokoh untuk berjalan jauh. 

Yang menjadi perhatian adalah bahwa tidak semua kota di Spanyol memliki jalur metro sebagai transportasi publik yang sangat vital dan efisien. Kota yang memiliki jalur metro adalah Bilbao, Barcelona, Palma de Mallorca, Madrid, Valencia, dan Sevilla. Setiap tarif akan berbeda di setiap kota. Sebagai contoh jika anda di Madrid tarif metro berdasar jarak tempuh, beda lagi di Barcelona jauh dekat tarif sama. 

Untuk bus sangat direkomendasikan karena menjangkau ke pelosok kota dengan biaya EUR 1-5 terjantung jauh dekatnya jarak tempuh.

Apabila ingin mendapatkan petunjuk mengenai informasi apapun tentang turis dapat mengunjungi petunjuk logo bertulisan "i" sebagai bantuan darurat jika anda tersesat atau minta pentunjuk informasi lainnya

4. Waspada Copet Berkelompok.
Dengan banyaknya pengalaman dari beberapa traveler dari seluruh dunia yang telah kehilangan beberapa barang berharga pada saat traveling ke Spanyol seperti di Barcelona. Waspada selalu barang bawaan memang tingkat tinggi jika diperlukan pakai belt khusus meletak uang atau dokumen penting perjalanan anda menuju ke pusat wisata. Jika bawa tas sebaiknya diarahkan ke depan begitu dengan backpack. Memang benar kata Bang napi, kejahatan muncul karena adanya kesempatan. Untuk menghindari itu maka perhatikan bagaimana anda tidak memberikangerak gerik yang mencurigakan seperti menggunakan hape di tempat terbuka, melihat peta di keramaian terlihat sekali orang baru, pakai perhiasan, dan sebagainya. Waspada ini bisa dimana saja termasuk di bis dan metro juga harus aware.

Plesirankotatua memberikan beberapa hal yang harus anda hindari saat berada di tempat umum supaya terhindar dari copet berkelompok.
1. Selalu waspada barang bawaan selalu pengawasan anda jangan pernah lengah.
2. Apabila anda berada di cafe atau tempat makan pastikan tas, ransel, atapupun lainnya selalu dalam pangkuan, jangan diletakan begitu saja. Waspada juga hape yang diletakan begitu saja di meja akan mengundang tangan jahil.
3. Yang membawa kamera jangan kalungkan di leher akan membahayakan anda. karena oknum akan menarik secara tiba mengakibatkan anda terjatuh atau celaka saat terjadi aksi mereka.
4. Seperti orang bingung jika memasuki suatu kota, apalagi anda dengan bingung melihat peta dan objek secara bersamaan akan mengundang pencopet.
5. Waspada selalu adanya polisi gadungan yang akan mencari mangsa seperti turis. 
6. Waspada pencopet dengan aksi menjatuhkan koin, meminta uang, pura-pura membersihkan kotoran di punggung anda.
7. Uang yang akan dilakukan transaksi selalu pisahkan nominal besar dan kecil apalagi di keramaian seperti metro dan bus.



5. Google Map Offline.
Tidak ada wifi gratis di Spanyol apalagi di tempat publik dan lainnya. Berbeda dengan negara Eropa lainnya seperti Belanda atau German yang sangat royal menyediakan wifi gratis di tempat umum sebagai cara untuk memanjakan turis untuk bisa terkoneksi langsung dengan internet. Selalu manfaatkan Google Map Offline yang telah anda donlot untuk membantu anda selama melakukan perjalanan disana walaupun anda telah memiliki map kota dan transportasi. Kalau mau dapat gratis harus nongkrong di cafe atau restoran di pusat kota sambil menikmati beberapa makanan ataupun minuman disana sesuai dengan selera dan pilihan. 

6. Selalu Update Informasi Festival Di Spanyol.
Di Spanyol yang menjadi daya tarik wisatanya adalah festival yang akan diadakan dalam waktu dekat. Festival ini termasuk acara tahunan, parade, ataupun festival musik. Seperti festival Valladolid yang biasa diadakan bulan September serta yang mau uji nyali festival running of the bulls yang akan diadakan di Pamplona yang akan akan dilaksanakan pada bulan Juni. Selalu pastikan ada mengikuti salah satu festival yang akan berlangsung ini dan sesuaikan itinerary liburan anda masukan Spanyol sebagai salah satunya.

7. Toilet Gratis Ada Di Bar Serta Restoran Fast Food.
Memang untuk buang air kecil atau besar pada saat diperjalanan menjadi perhatiaan setiap traveler. Apa yang harus dilakukan? Anda harus pergi ke restoran cepat saji ataupun terpaksa ke bar jika harus ini jalannya. Apabila ada disekitar alun-alun sudah ada tempat yang disediakan dengan tulisan ASEO artinya Toilet dengan recehan EUR 20-30 cent saja dan tentu pintu akan bergeser terbuka. Pintu otomatis ini akan bergerak tutup dan buka setelah 5 menit jadi pastikan anda harus segera jangan berlama-lama di toilet.

8. Selalu Kunjungi City Center, Plaza de Mayor dan Alun-Alun Kota.
Daya tarik kota Spanyol adalah ke City Center atau Palza de Mayor yang menjadi daya tariknya. Kesukaan seorang backpacker sudah pasti mencari tempat menarik ditambah dengan ke lokasi alun-alun tentu sebagai acara wajib untuk menikmati suasana kota. Karena atraksi menarik penduduk kota serta arsitektur gedung bercampur dengan satu pandagan yang melegakan mata dan bahkan anda dapat berlama-lama tidak perlu berbayar alias gratis. 

Spanyol memiliki beberapa gedung yang mencuri perhatian para traveler seperti Gaudi, Miralles, dan Calatrava. Pastikan anda memiliki waktu yang cukup untuk menikmati arsitektur gedung yang berbeda menakjubkan ini.

Jika anda mempunyai jadwal sampai ke pingiran kota sangat indah sekali terutama di San Sebastian, Valencia, Ceville, atau Cadiz. Beberapa bagian dari Spanyol di kota yang dimaksud ini adalah wilayah yang ada lembah ataupun perbukitan seperti Rioja dengan pemandangan yang berbeda, Dan jangan lupa ke Malaga.

9. Spanyol Musim Panas Sangat Terik dan Udara Kering.
Jika berkunjung ke Spanyol pada musim panas kondisi negara tersebut sangat terik dan udara kering. Jadi anda harus membawa pelembab bibir dan scraf untuk melindungi diri dari cuaca yang agak ekstrim ini. Apabila terlupa kulit akan terasa kering, bibir pecah-pecah, bahkan anda yang terbiasa dengan cuaca seperti ini akan mimisan.

10. Gunakan Bus Tour Gratis Hop on Hop Off BUS.
Sama dengan di London Inggris memiliki bus gratis yang diperuntukan kepada turis untuk mengelilingi kota. Begitu juga di Barcelona dan Madrid. Bus turis yang bernama Hop on Hop Off Bus ini disarankan mengikuti walking tour untuk mengelilingi seluruh kota sesuai dengan rute bus ini. Jika setelah mengetahui objek mana yang akan dituju baru anda bisa lakukan lagi dengan naik transportasi metro dengan peta ditangan. Untuk hari ketiga bisa mengikuti paket ke pinggir kota. Jadi perjalananan anda lebih terarah.

11. Tidak Semua Penginapan Memberikan Sarapan Gratis.
Backpacker yang memilih kamar bertema dorm atau dormitory untuk per malam dan per orang harganya dimulai dari EUR15 sekitar IDR200.000-an tergantung lokasi. Jika rombongan sebaiknya menyewa apartemen yang kelasnya sesuai dengan budget yang dipersiapkan dimulai bintang 1 hingga bintang 5. Di kota besar Spanyol sangat mahal sewanya terutama di Madrid dan Barcelona harganya dimulai dari EUR80-100 per malam itu pun tipe kamarnya sangat sempit tidak terlalu luas. Berbeda dengan kota Ibiza jenis apartemenya cukup luas juga dilengkapi dengan dapur dan peralatan dapur lengkap. Di lokasi strategis dan sangat dekat pantai harga sewanya EUR90 per malam untuk 1 kamar, murahnya di kota dengan harga mulai dari EUR50 per malam. Beda lagi di Calella kota kecil di daerah Costa Barcelona untuk hotel bintang dua harga per malamnya EUR30. Yang menjadi perhatian hotel kelas bintang 3 kebawah tidak termasuk srapan gratis. Harga yang tertera hanya kamar saja.

Jadi intinya kalau dekat dengan pusat wisata sudah tentu pasti harga apapun akan mahal bukan hanya hotel untuk beberpa menu khas Spanyo akan juga ikut merangkak naik.

12. Jangan Ragu Makan Tema Street Food di Pasar Tradisional.
Pasar tradisional merupakan tempat terbaik untuk mencari makan dan kebutuhan lainnya. Di Spanyol tepatnya di Barcelona ada La Boqueria [Mercat de Sant Josep] dan di Marid ada Mercado de San Miguel. Pasar yang di Madrid ini merupakan pasar yang telah berumur 100 tahun dan paling tua di kota ini dan sudah direvitalisasi. Semua kebutuhan anda yang ingin mendapatkan buah segar, sayur segar, keju, aneka daging dan kebutuhan sehari-hari cukup lengkap. Apalagi jenis makanan yang tersedia cukup variatif tentu pastikan jenis halal dan non halal bagi traveler Indonesia harus memperhatikannya. Pasar ini dibuka pada pagi hingga malam jadi tidak perlu khawatir akan waktu berkurang selama melakukan eksplor jelajah disekitar tempat ini.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.