Langsung ke konten utama

Pilihan Wajib Punya Kartu Bayar E-Money-Tol

Saat sekarang ini sudah mulai digunakan kartu bayar tol berbasis e-money yang sudah resmi diluncurkan dan disetujui oleh Pemerintah Indonesia sebagaai alat pembayaran yang sah mulai berlaku di bulan Oktober 2017 dan telah diinformasikan oleh Bank Indonesia di website mereka. Beli kartu e-money-tol atau kartu tol dimana?, dan cara mendapatkan kartu e-money-tol dimana? atau jenis kartu tol apa saja ya? serta kartu e-tol-money tersedia apa saja?. Banyak sekali pertanyaan ini dicari di SEO internet jawabannya sangat mudah: Indomaret, Alfamart, serta Bank penerbit kartu itu sendiri seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank BCA. Kartu ini sangat sakti tidak hanya digunakan sebagai pembayar tol saya tetapi multifungsi bisa digunakan untuk berbagai transaksi tanpa uang tunai di tempat merchant yang telah ditunjuk oleh Bank penerbit kartu tol ini. Katu e-money atau electronic money ini termasuk jenis kartu prabayar dengan memiliki sejumlah saldo uang yang tercatat tersimpan secara electronic dalam sistem server masing-masing Bank penerbit sehingga anda bisa menggunakannya selama 24/7/365 penuh dari Senin-Minggu. Jadi anda jangan khawatir untuk menggunakan kartu ini untuk melakukan transaksi dimana pun dan kapan pun. 


Kartu pilihan utama e-money-tol

Pembayaran sah ini sudah berlakuk di GTO [Gerbang Tol Otomatis] dengan cara taping kartu e-tol tersebut di mesin yang telah disediakan. Setelah melakukan taping kartu e-money-tol ini maka saldo berkurang dengan sendirinya dengan jumlah biaya masuk yang telah ditetapkan serta secara otomatis saldo anda akan langsung berkurang real-time. Informasi tersebut bisa langsung terlihat di layar pada saat anda mau akan jalan setelah palang pintu terbuka.



TERSEDIA JENIS KARTU E-MONEY-TOL.
Pada saat sekarang ini telah tersedia beberapa jenis kartu e-money-tol yang bisa anda pilih sebagai masyarakat umum yang banyak menggunakan tol ini sebagai akses penting untuk berpindah. Apa saja jenis kartu tol yang tersedia saat sekarang ini yang bisa dipakai, sebagai berikut:

1. Bank Mandiri: E-Money dan Gaz Card, Indomaret Card
2. Bank BRI: Brizzi
3. Bank BNI: BNI Tapcash
4. Bank BTN: BTN Blink
5. Bank BCA: Flazz
6. E-Toll Card BPJT: Kartu khusus yang dikeluarkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol.

KEUNGGULAN PENGGUNAAN KARTU E-MONEY-TOL.
Dengan memiliki kartu tol ini banyak sekali kemudahan yang bisa langsung dirasakan pada saat melakukan transaksi khusus seperti ini.

1. Red Carpet Jalur Khusus.
Anda mempunyai jalur khusus tidak perlu antri panjang sehingga prioritas untuk memasuki gerbang tol diutamakan. Metode pembayaran ini sudah mulai dirasakan manfaatnya dapat terlihat langsung di gerbang bertulisan GTO dan dibandingkan dengan pembayaran secara tunai. Jalur antrinya terasa cepat dan anda siap jalan setelah melakukan taping di mesin yang disediakan.

2. Saldo Cukup Tanpa Uang Tunai.
Dengan berisi saldo yang cukup anda tidak perlu lagi membawa uang tunai dan kembalian dari loket masuk tol. Keribetan dengan banyaknya uang logam tidak karuan bisa terhindari dan anda tidak pusing pikir lagi berapa uang yang harus dipersiapkan sebelum berkendara.

3. Bayar Cepat Tidak Repot.
Dengan memiliki akses sendiri di mesin yang disediakan berarti pembayaran ini sangat disukai sistem langsung real time online. Jadi kartu sakti e-money-tol ini bisa menjadi cara terbaik jika anda tidak memiliki waktu banyak untuk melakukan pembayaran secara tunai. Gerbang tol akan langsung terbuka otomatis setelah pembayaran secara taping dilakukan secara sempurna.

4. Tidak Perlu Kembalian.
Setiap jalur tol yang dimasuki tentu memiliki tarif tol berbeda. Dengan saldo yang cukup di dalam kartu secara otomatis akan terkurang secara otomatis pula dan tidak perlu kembalian uang logam. Jadi uang kembalian ini tidak dibutuhkan lagi dan saldo dashboard mobil anda akan terbebas dari uang logam yang sebelumnya menumpuk dan tidak digunakan sama sekali.

5. Teknologi E-Toll-Pass
Sudah berkembangnya teknologi dengan dibuatnya e-toll-pass sebagai cara lain yang bisa dimanfaatkan di masa yang akan datang, dimana akan dipasangkan sebuah chip ataupun mesin dekat dashboard mobil anda. Setelah mesin ini didapatkan maka secara otomotis mobil mendekat ke gerbang tol akan terbuka sendiri. Anda tidak perlu repot lagi untuk membuka kaca mobil melakukan pembayaran.

CARA MEMBELI MENDAPATKAN DAN TOP UP KARTU E-MONEY-TOL.
1. Perdana: Untuk kartu perdana anda akan mendapatkan saldo Rp 20.000 yang bisa langsung digunakan. Harga yang ada di kartu ini biasanya sama dengan saldo yang tertera di kartu perdana.

2. Mendapatkan kartu e-tol-money: Selain dari Bank penerbit yang telah dijelaskan diatas ada beberapa tempat lain yang bisa anda kunjungi untuk mendapatkan kartu tol ini seperti; Kantor gerbang operator tol, minimarket [indomaret, alfamart, alfamidi, lawson, circle-k.

3. Top up kartu e-tol-money: seluruh ATM Bank penerbit kartu dan seluruh minimarket terdekat yang menyediakan fasilitas top up. FYI, untuk top up langsung di ATM Bank penerbit kartu tol tidak dikenakan biaya administrasi top up, jika di minimarket dikenakan biaya administrasi.

a. Untuk top up juga bisa anda lakukan di gerbang tol yang telah ditunjuk oleh pihak yang ditunjuk sehingga anda juga bisa melakukannya jika berada di tol berikut: Gerbang Tol Joglo, Gerbang Tol Pondok Ranji, Gerbang Tol Halim, Gerbang Tol Cibubur, Gerbang Tol Bekasi Barat, Gerbang Tol Cengkareng, Gerbang Tol Cililitan, Gerbang Tol Meruya Selatan, Gerbang Tol Ciledug, Gerbang Tol Cikupa, Gerbang Tol Serang Timur, Gerbang Tol Pondok Aren (arah BSD), Gerbang Tol Ungaran, Gerbang Tol Salatiga, Gerbang Tol Dukuh 1, Gerbang Tol Pasar Rebo, Gerbang Tol Lenteng Agung 2, Gerbang Tol Fatmawati 2, Gerbang Tol Pondok Pinang, Gerbang Tol Ramp Cikupa.

Khusus untuk gerbang tol ini anda bisa antri di jalur yang menyediakan fasiitas ini dengan adanya tanda "isi ulang e-money". Di gardu bertanda tulisan inilah anda bisa melakukan top up dan anda bisa langsung melakukan top up dengan menyediakan uang cukup kepada petugas loket untuk mengisi kartu tol anda, tetapi ingat ya jika tidak seluruh gardu menyediakan fasilitas ini.

b. Sekarang ini juga bisa melakukan top up di semua pintu masuk halte bis transjakarta bagi anda menggunakan beberapa kartu dari Bank penerbit kartu e-tol. Anda cukup datang ke loket tersebut untuk melakukan top up dan siapkan sejumlah uang yang akan dilakukan pengisian ulang kepada petugas loket. Biaya administrasi yang akan dikenakan per transaksi top up adalah Rp 2.000

c. Di stasiun KRL Commuter Line juga bisa melakukan top up dengan syarat dari kartu dari Bank penerbit. Anda bisa mendatangi loket pembelian tiket di pintu masuk untuk melakukan penambahan saldo kartu e tol dengan jumlah yang uang yang telah anda persiapkan. 

TOP UP gratis di ATM Bank penerbit kartu tidak dikenakan biaya administrasi sangat direkomendasikan. Jadi, anda juga manfaatkan jaringan ATM untuk mengisi kartu e-tol anda di seluruh Indonesia.

PERHATIAN PENTING.
Selalu memperhatikan jumlah saldo yang ada di kartu tol selalu menjadi perhatian penting sebelum memasuki tol. Jika saldo anda tidak cukup berarti perjalanan anda akan terhambat dan pada saat taping kartu di mesin tidak bisa dilakukan karna saldo anda tidak cukup. Situasi konyol seperti ini apabila terjadi dan antrian dibelakang sudah panjang tentu akan menjadi mimpi buruk yang akan anda alami. Jangan sampai kebodohan ini terjadi dan harus anda hindari.

KESIMPULAN: penggunaan kartu e-money-tol ini telah menjadi pilihan dengan berbagai keuntungan yang bisa anda nikmati. Memang untuk sebagian masyarakat masih melakukan pembayaran secara tunai tetapi beralihnya ke katu tol ini memang butuh waktu dan harus adanya edukasi dan promosi dari pihak terkait kepada masyarakat. Keuntungan ini tidak hanya dalam masalah waktu saja tetapi kemudahaan dalam pembayaran yang cepat serta tersedianya jalur khusus pembayaran secara cashless ini. Jadi, masyarakat bisa memahami dengan berjalannya waktu sehingga kepraktisan akan menjadi hal yang diutamakan untuk melakukan pembayaran tol dimasa yang akan datang.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.