Langsung ke konten utama

Tips Bagaimana Cara Membuat Itinerary Liburan Perjalanan Traveling Ke Sumatera Barat

Pesona Ranah Minang Sumatera Barat telah membius aura magis traveler seluruh dunia untuk datang dan melihat keindahan alam yang paling lengkap bahkan menjadi pilihan pertama untuk melakukan wisata. Nagari yang elok dikelilingi oleh alam yang masih terjaga keasriannya membuat Sumatera Barat menjadi lokasi paling tepat untuk menghabiskan masa liburan apapun temanya. Seluruh jenis wisata yang ada di Sumbar ini seperti wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata kuliner bisa anda jelajahi untuk beberapa waktu. Tetapi ingin mengunjungi keseluruhan tempat wisata ini harus butuh waktu lebih dari 2 minggu. Rasanya pilihan waktu liburan sepanjang itu rasanya tidak mungkin karena anda juga melakukan aktifitas keseharian bekerja tentu tidak mungkin libur cuti akan disetujui oleh pimpinan.

Poto oleh: pesonavitalis.com

Kali ini Plesirankotatua ingin membagikan sedikit sharing pengalaman bagaimana cara membuat rencana perjalanan itinerary singkat padat dan menyeluruh untuk melakukan traveling perjalanan liburan ke Sumatera Barat agar pilihan yang tepat ini bisa anda nikmati serta pengalaman yang sangat berbekas sepanjang masa.

1. Persiapan Budget.
Sebelum anda melakukan perjalanan tentu harus mempersiapkan sejumlah uang budget yang telah siap di rekening tabungan. Untuk jumlah memang sangat relatif tetapi cukup untuk melakukan perjalanan selama traveling. Budget ini di mulai dari biaya tiket pesawat, penginapan, transportasi, logistik, hingga jasa sewa tour guide jika diperlukan. Keseluruhan aspek ini akan mempengaruhi perjalanan anda karena tempat wisata penting di Sumatera Barat letaknya terpencar dari timur ke barat serta utara ke selatan. 

2. Pilih Waktu Tepat Untuk Traveling.
Untuk waktu yang paling tepat memang di musim panas atau kemarau karena perjalanan anda akan tentu lebih menyenangkan untuk mengunjungi hampir keseluruhan tempat wisata. Waktu peak seasonnya musim kemarau sekitar bulan April hingga bulan Oktober setiap tahun. Selain dari bulan ini anda juga dipersilahkan traveling tetapi langkah anda akan terhambat dengan sedikitnya kunjungan tempat wisata seperti anda tidak bisa leluasa untuk melakukan wisata bahari, wisata mendaki gunung karena musim hujan, kunjungi danau, dan lainnya. Pilihannya lebih banyak ke wisata indoor seperti museum di Padang, Sawahlunto, Bukittinggi serta Istana Pagaruyuang dan Lobang Jepang. Waktu taveling akan menentukan jenis wisata yang akan masuk dalam itinerary anda nanti. Untuk menghemat biaya perjalanan hindari traveling di akhir pekan, libur terjepit, ataupun libur nasional karena waktu ini rata-rata harga komponen wisata anda sudah mulai merangkak naik.

Waktu libur secara serentak ini sudah pasti seluruh wisatawan yang ingin menghabiskan masa cuti mereka memilih wisata ke Sumatera Barat tentu akan melonjak drastik akibatnya perjalanan ke tempat wisata tersebut akan penuh dan menghabiskan waktu percuma. Jalan akan macet dan biaya yang telah anda persiapkan tentu terbuang begitu saja sedangkan tempat objek wisata yang dikunjungi hanya dapat beberapa jam saja. Jadi hindari pilihan seperti ini.

3. Buat Itinerary Menyeluruh, Rinci, dan Terstruktur.
Sebuah rencana perjalanan anda harus membuat itinerary secara terstruktur, lengkap, dan terinci. Inilah pedoman perjalanan anda untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera Barat dimulai dari anda turun pesawat sampai anda naik pesawat kembali. Degan membuat itinerary yang baik anda bisa memprediksikan berapa jumlah uang yang akan dipersiapkan dan berapa banyak objek wisata yang akan dikunjungi. Pastikan rute yang anda pilih untuk perjalanan harus satu arah dan tidak bolak-balik karena akan mempengaruhi jumlah biaya transportasi yang akan terbentuk.

4. Kegiatan Traveling Mulai Pagi Hari.
Setiap langkah memang harus siap bangun pagi sekali dan berangkat setelah itu. Semua aktifitas yang akan anda lakukan untuk traveling waktu terbaik adalah pada pagi hari karena perjalanan akan terasa semangat, segar, dan cepat sampai ke pusat wisata. Waktu anda menuju ke pusat wisata akan bisa melihat pemandangan alam yang masih sejuk, tidak banyak kendaraan, serta bisa berhenti untuk melihat sejenak keindahannya. Misalnya anda melakukan perjalanan dari Padang ke Painan akan melihat pemandangan laut persis ditepi jalan utama serta bisa berhenti di Bukit Lampu untuk melihat pemandagan pulau sekitar yang mempesonakan mata anda. Berangkat lebih awal adalah solusi terbaik untuk meraih kesempatan menikmati tempat wisata se-efisien mungkin.

5. Sebaiknya Rombongan atau Anggota Tim.
Perjalanan memang sebaiknya dilakukan bersama-sama karena ada efek hemat dibalik kebersamaan. Tidak hanya itu saja, perjalanan anda akan terasa menyenangkan bahkan terasa berbeda ada kekompakan untuk menikmati berbagai jenis tempat wisata yang butuh teman seperti contoh wisata bahari ke pulau, mendaki gunung, ataupun eksplor alam menuju air terjun. Begitu juga untuk biaya transportasi dan biaya penginapan tentu anda akan bisa sharing biaya yang akan dibayarkan menjadikan liburan tetap terjangkau dan hemat. Seperti contoh saja penginapan hotel untuk bintang dua saja tarif per malam tarifnya IDR 400.000 anda bisa sharing cost menjadi IDR 200.000 saja. Begitu juga dengan transportasi rental mobil, jika anda berangkat sampai 5 orang dengan tarif IDR 500.000 termasuk bensin anda hanya mengeluarkan uang IDR 100.000 saja.

6. Transaksilah Kepada Pihak Ketiga Jujur Amanah.
Apabila anda membutuhkan service atau jasa dari pihak ketiga seperti tour, guide, atau rental sewa kendaraan pilih yang jujur dan terpercaya. Anda bisa mendapatkan informasi ini dari berbagai pihak seperti keluarga, teman, ataupun rekomendasi dari beberapa forum traveler yang memberikan informasi bisa anda terapkan. Seperti sewa kendaraan, sebaiknya kendaraan yang anda pilih jenis minibus terbaru serta sehat untuk dibawa beberapa medan perjalanan. Sekarang ini telah banyak perusahaan yang menyediakan service atau jasa seperti ini dalam bentuk blog, website, bahkan vlog. Lihat track record nya serta komentar dari beberapa konsumen yang telah memakai jasa mereka untuk traveling seperti anda.

7. Pahami Medan Perjalanan Serta BBM Penuh Terisi.
Jika anda mengetahui medan perjalanan untuk menuju tempat wisata yang akan dituju sebaiknya kendaraan bisa anda bawa tanpa sopir pada saat sewa rental kendaraan. Setelah kendaraan sudah ditangan anda jangan lupa BBM harus terisi penuh karena perjalanan ke pusat wisata terkadang sangat jauh dari SPBU bahkan terdekat dari objek wisata bisa mencapai 20 km. Jangan sampai kehabisan BBM akan merusak jadwal perjalanan anda, jika anda menemukan Pertamini di pelosok daerah itupun cukup untuk skala kendaraan bermotor dan harganya jauh diatas dari harga pasar Pertamina di SPBU besar. Selalu kalkulasikan perjalanan anda sehingga konsumsi bahan bakar cukup dan tepat.

8. Selalu Terkoneksi Internet Sinyal Stabil.
Smartphone akan terkoneksi dengan sinyal kuat dan stabil selama perjalanan nanti. Di Sumatera Barat sinyal yang cukup stabil dan dapat diterima dengan baik yaitu Telkomsel. Walaupun tidak 100% bisa 4G tetapi untuk koneksi telepon sudah sangat lebih dari cukup jika anda di pelosok daerah pusat wisata. Pengalaman yang banyak kami rasakan adalah berada di puncak gunung serta di kaki lembah provider ini masih bisa diterima oleh smartphone, sudah pasti bisa terkoneksi dengan media sosial populer.

9. Pilih Pilah Menu Makanan.
Kelezatan masakan Minang tentu tidak keseluruhannya cocok dengan lidah dan pencernaan anda. Pilih pilah menu yang lezat tersebut sesuai dengan kondisi tubuh seperti bagi yang tidak cocok pedas jangan pilih menu makanan yang banyak mengandung cabe ataupun merica. Ada masakan yang sejenis tetapi tidak pedas dapat anda pilih sebagai menu makan siang ataupun makan malam. 

10. Belajar Bahasa Minang Percakapan Umum.
Belajar bahasa lokal penduduk sebagai jurus jitu untuk mendapatkan informasi akurat mengenai tempat wisata tambahan disekitar objek wisata utama. Penduduk lokal yang menentap tinggal di sekitar objek wisata tentu memiliki informasi penting lainnya mengenai objek wisata tambahan yang mungkin pemandangannya jauh lebih baik dari tujuan anda ini. Cengkrama dengan mereka pada saat anda singgah untuk makan di warung mereka ataupun membeli bahan logistik tertentu di toko dan lakukan komunikasi dengan sedikit Bahasa Minang. Anda tentu akan merasakan dampak manfaatnya dalam perjalanan traveling anda kali ini.

11. Tawar Harga Sewajarnya.
Saat anda masuk ke pusat pasar oleh oleh untuk membeli tawar lah harga sewajarnya. Wisata belanja sudah sangat dimaklumi apabila anda membeli dalam jumlah banyak sudah tentu pasti penjual akan memberikan diskon tambahan agar barang yang mereka punya bisa laris manis. Biasanya tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan adalah di Pasar Ateh dan Pasar Bawah di Bukittinggi. Lokasi favorit ini akan selalu penuh dengan para wisatawan yang ingin membeli aneka jenis makanan khas serta suvenir cantik dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong. Dapat kan barang yang berkualitas dengan harga yang wajar untuk di tawar sehingga proses anda untuk mendapatkan jenis belanjaan yang dicari didapatkan dengan mudah.

12. Pakaian Sopan Untuk Berwisata.
Cerminan seorang traveling mengunjungi suatu daerah di Indonesia berpakaian yang sopan dengan budaya timur. Dengan pakaian sopan berarti anda telah menghargai diri sendiri serta Minang sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi kesopanan dalam tata krama tradisi lokal dan agama Islam. Penduduk lokal Minang akan sangat menyukai wisatawan yang berpakaian sopan dan akan menghargai anda, dengan sopannya anda tidak menutup kemungkinan di perjalanan anda membutuhkan petunjuk kepada mereka untuk menuju ke pusat wisata yang akan dituju. 

13. Berpindah Hotel.
Jika anda memiliki waktu yang cukup lama melakukan eksplor tempat Wisata di Sumatera Barat sebaiknya anda berpindah hotel jika suatu daerah telah selesai semua untuk dikunjungi. Dengan berpindah hotel anda ikut mengemat biaya transportasi dan BBM karena tidak bolak-balik ke tujuan. Misalnya, anda menginap di Padang tetapi tujuan wisata anda telah memasuki ke kota Batusangka, Payakumbuh, dan Bukittinggi. Waktu tempuh ke kota Padang untuk menginap dari sekitar lokasi ini bisa mencapai 2-3 jam, sebaiknya anda memilih hotel di Bukittinggi sebagai lokasi di tengah pada daerah tersebut. 

Itulah rangkuman tips bagaimana cara anda membuat sebuah itinerary liburan untuk perjalanan singkat ke Sumatera Barat sebagai destinasi wisata yang sangat disukai karena lengkap menyeluruh semuanya ada. Pastikan anda berkunjung di waktu yang sangat tepat agar biaya akomodasi yang dipersiapkan masih sangat terjangkau apalagi anda datang bersama rombongan tim agar biaya yang dikeluarkan bisa dihemat lagi. Semoga bermanfaat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.