Langsung ke konten utama

Inilah Tips Cara Berhemat Agar Bisa Menabung Untuk Anda Seorang Karyawan Kantoran

Keinginan untu menabung memang sudah banyak diinginkan oleh seorang karyawan kantoran. Cara-berhemat-agar-bisa-menabung harus segera dilakukan karena jika tidak dilakukan semua uang yang di dapat secara bulanan akan cepat saja terkuras habis tanpa ada kontrol. Cara-berhemat-dan-menabung dua kata sebutan yang selalu bisa dilakukan apabila anda fokus dan tidak berleha-leha dan apabila ada selalu hidup gaya konsumtif dengan mengikuti gaya seorang eksekutif muda tabungan akan sulit sekali terpenuhi dengan baik. Lakukanlah hal yang sangat konsisten agar tujuan menabung harus bisa dilakukan secepatnya.

Poto oleh: devenews.com

Semoga artikel ini bisa menolong anda yang butuh bantuan bagaimana-cara-berhemat dan agar-bisa-menabung impian setiap orang ternyata caranya sangat mudah dan bisa anda lakukan sekarang juga.

1. Selalu Catat Seluruh Pengeluaranmu.
Apabila anda yang telah punya keluarga sudah terbiasa dengan cara ini. Selalu memberikan waktu untuk mencatat seluruh pengeluaran agar anda bisa mengetahui sampai dimana anda menggunakan keuangan dan berapa jumlahnya. Mungkin anda yang belum berkeluarga agak luput dari cara ini, dari pagi berangkat kerja sampai ke rumah lagi sudah berapa uang yang telah dibelanjakan. Dimulai dari sarapan pagi, ongkos, makan siang, ngopi siang atau sore, ngemil, makan malam, ongkos lagi, hingga sampai ke rumah. Total biaya ini tentu tergantung dari anda apakah anda cermat smart atau sangat boros. Apalagi makan tentu harga akan menyertai, apakah makan di restoran atau kantin kantor. 

TIPS: dengan cara ini anda bisa mengukur pola hidup atau gaya hidup yang anda lakukan selama beraktifitas kerja. Apakah dengan pengeluaran seperti itu cocok dengan penghasilan yang anda dapatkan satu bulan seorang karyawan kantoran. Jika anda merasa hidup yang sangat tidak masuk akal tersebut maka keuangan anda sudah sangat mengkhawatirkan segera rubah dan lakukan hal yang normal saja untuk menjalani aktiftas keseharian.

2. Buat Anggaran Belanja Bulanan.
Untuk memprediksikan pengeluaran anda buatlah anggaran belanja bulanan. Cara ini sangat ampuh bagi anda seorang karyawan kantoran yang tentu memiliki pemasukan yang sangat terbatas. Anggaran ini fungsinya untuk alokasi dana masuk ke beberapa pos penting yang akan anda belanjakan. Pengeluaran ini sudah tentu yang sangat penting dan prioritas seperti cicilan rumah, cicilan tanah, atau lainnya. Skala prioritas ini penting untuk membentuk pola pikir anda lebih fokus tidak menghamburkan uang yang di dapat dengan kegiatan yang tidak perlu bahkan sia-sia.

TIPS: sebagai karyawan kantoran tentu membuat anggaran ini tidak sulit hanya buat sebuah proyeksi pengeluran yang tentu sangat penting dan urgent untuk dikeluarkan. Anggaran yang dibuat ini berupa biaya yang sudah pasti akan keluarkan setiap bulan yang akan digunakan setiap hari seperti biaya makan, biaya listrik, biaya service kendaraan, biaya kebutuhan rumah tangga, dan lainnya. 

Pada poin anggaran ini akan berlaku mana keinginan dan mana kebutuhan prioritas akan di uji. Apabila pengeluaran penting telah menjadi sebuah kebutuhan penting sudah tentu pasti akan diprioritaskan. Keinginan untuk nongkrong di cafe dan makan di tempat yang mahal hanya sebuah keinginan saja tidak dijalankan tidak ada masalah. Apabila biaya utama yang akan selalu dibayarkan akan pasti diprioritas untuk dikeluarkan terlebih dahulu. Pemikiran seperti ini harus selalu ada agar uang yang ada ditabungan memang diperuntukan untuk hal yang penting saja. Inilah yang kadang anak muda lupa banyak pengeluaran yang tak terduga habis begitu saja sehingga cara-berhemat-dan-menabung dengan cara seperti ini tentu sangat sulit dan hanya satu harus merubah secepatnya.

3. Siapkan Dana Sekitar 20% Untuk Tabungan.
Setelah anda mendapatkan gaji bulanan hal yang pertama kali dilakukan adalah sisihkan maksimal 20% dari gaji kantoran tersebut langsung di tabung. Sisanya akan dibagi ke pos penting pengeluaran utama. Pola ini setiap orang tentu berbeda tetapi persentase ini bisa saja beubah atau bahkan naik sesuai dengan berapa jumlah total biaya pengeluaran yang akan terjadi di lingkup rumah tangga. 

TIPS: apabila anda sudah melakukan pola ini tidak ada masalah. Tetapi anda yang masih belum melakukannya agak sedikit rumit karena sifat konsumtif tadi. Tidak ada rencana bahkan hanya mengikuti arus saja tentu akan menyebabkan hidup boros untuk berhemat sudah tentu akan tidak bisa terwujud. Lakukan secara per lahan dan anda harus ada komitmen dan fokus dengan platform yang telah menjadi prioritas yaitu cara-berhemat-agar-bisa-menabung.

4. Anda Harus Punya Mimpi Besar.
Anda harus punya tujuan hidup dan memiliki mimpi di masa yang akan datang. Tentu mimpi ini harus anda barengi dan harus diwujudkan dalam jangka waktu 5-10 tahun ke depan. Seorang terpelajar harus memiliki tujuan hidup dan cita-cita segera direalisaikan dengan sumber daya gaji seorang kantoran. Ilustrasinya seperti ini, anda tidak mungkin akan selalu tinggal di kontrakan atau kos dan harus memiliki sebuah rumah. Untuk mendapatkan rumah harus ada pengorbanan dan kerja keras untuk berhemat. Dengan adanya tujuan seperti ini cara-berhemat-dan-menabung bisa cepat terlaksana dan cara-mengatur-uang-agar-tidak-boros begitu saja juga akan segera terwujud.

TIPS: memang dengan adanya tujuan dan cita-cita anda telah mampu mengerem keinginan yang tidak pasti dan hura-hura. Dengan pekerjaan sekarang yang mungkin anda mendapatkan secara sulit dan persaingan yang sangat tinggi jangan sia-sia kan begitu saja dengan menghamburkan uang tanpa tujuan. Rubah pola pikir dengan kehidupan sekarang harus ditopang dengan keinginan masa depan yang akan anda lalui sehingga jerih payah anda akan berbuah manis dalam jangka 10 tahun yang akan datang.

5. Realisasikan Salah Satu Tujuan Segera.
Setelah anda membuat tujuan hidup segera realisasikan, misalnya anda sudah memiliki sebuah keinginan memiliki rumah dan dana yang tersedia telah cukup untuk melakukan transaksi jangan pernah ditunda. Jangan permasalahkan luas tanah yang hanya kecil dan luas bangunan hanya cukup untuk keluarga kecil tidak akan menjadi sebuah permasalahan yang besar. Anda yang menjalankan kehidupan ini dan harus berbahagia apa yang akan dicapai nanti.

TIPS: semua penduduk kota sudah tentu pasti akan mempunyai cita-cita untuk memiliki rumah. Kemampuan untuk memiliki memang disesuaikan dengan kapasitas keuangan yang dimiliki serta lokasi dimana rumah tersebut berada. Dengan cara seperti ini anda sudah mulai berfikir cara-mengatur-uang-agar-tidak-boros memang harus ada ikatan untuk harus mau melakukannya. Dengan adanya kewajiban anda seperti ini untuk mewujudkan tujuan tersebut secara otomatis akan bisa terwujud dan tujuan cita-cita lainnya di masa yang akan datang.

6. Pilih Instrumen Investasi Lembaga Keuangan.
Apabila anda memiliki uang menganggur di tabungan segera pilih instrumen keuangan yang ada di lembaga keuangan. Pilihan juga banyak dimulai bentuk tabungan, reksadana, atau pengelolan dana pensiun lembaga keuangan atau DPLK. Apapun jenis dan bentuknya tentu sesuai dengan jangka waktu kesepakatan antara anda dan lembaga keuangan tersebut. Dengan investasi seperti ini anda sudah mulai melakukan cara-berhemat-agar-bisa-menabung yang akan secara rutin dialokasikan setiap bulannya sehingga beginilah cara-mengatur-uang-agar-tidak-boros sudah terlaksana dengan sendirinya.

TIPS: pilihan lembaga keuangan ini tentu jangan asal, pilih lembaga keuangan yang telah mendapat izin dari istitusi Pemerintah Indonesia seperti perbankan konvensional dan perbankan syariah. Pemilihan ini sangat penting agar dana yang anda putarkan terjamin dan punya payung hukum yang jelas terhadap nasabah seperti anda.

7. Lakukan Alokasi Investasi Secara Debet Otomatis.
Saat sekarang ini lembaga keuangan yang telah membuka produk investasi sudah bisa dilakukan secara auto debet sehingga anda tidak perlu lagi secara manual melakukan transfer ke rekening tujuan. Proses seperti ini berarti anda harus memiliki rekening yang memiliki saldo cukup untuk di debet langsung oleh sistem perbankan. Pastikan ketersedian uang yang cukup sudah anda hitung sebelum tanggal jatuh tempo tiba.

TIPS: pilih produk investasi yang bisa melakukan debet langsung dengan rekening bank anda. Produk investasi ini sudah tentu pasti di kelola oleh lembaga keuangan seperti perbankan nasional terkemuka seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BTN. Bank pemerintah ini telah memiliki produk investasi yang bisa anda andalkan dengan keuntungan yang telah mereka sediakan untuk nasabah yang ingin bergabung di produk investasi.

8. Selalu Monitor Jumlah Saldo Tabungan Setiap Bulan.
Dengan melakukan pengecekan atau monitor berapa jumlah saldo di rekening tabungan akan memberikan sebuah cambuk kepada anda kapan segera dilakukan pengisian. Berapaun jumlah uang yang akan anda tabung sudah tentu pasti akan tetap menambah saldo setiap bulan. Memang anda telah melakukan alokasi dana di poin penjelasan di atas tetapi dengan melihat selalu jumlah uang yang ada ditabungan berarti anda akan selalu ingat cara-mengatur-uang-agar-tidak-boros selalu akan dilakukan. 

TIPS: monitor saldo ini hanya sebagai motivasi bagi anda agar selalu bijak menggunakan uang yang ada di rekening sesuai dengan prioritas terhadap kehidupan anda. Jangan sia-sia kan uang yang telah susah payah di dapat dengan bekerja terbuang percuma tanpa ada prioritas dan harus dikurangi sekarang juga. Dengan jumlah yang cukup berarti anda telah mampu mengangkat diri anda dan mampu hidup lebih layak lagi.

9. Lakukan Bisnis Sampingan.
Saat sekarang ini anda juga bisa mencoba bisnis sampingan untuk produktivitas uang yang menganggur di rekening. Bisnis sampingan ini bisa bermacam-macam sesuai dengan keahlian anda seperti anda menjual makanan ke kantor, atau menjual beberapa kebutuhan pakaian dengan sistem pembayaran setelah gajian. Atau pola lain yang bisa anda kembangkan, khususnya bagi anda yang telah berumah tangga mungkin bisa membuka bisnis tempat makan skala rumahan yang tentu mempunyai nilai lebih daripada uang mengendap di tabungan.

TIPS: pilih bisnis sampingan sesuai dengan keahlian, bakat, dan minat anda. Anda juga tekuni bersamaan dengan pekerjaan pokok yang penting tidak mengganggu sama sekali sehingga kedua platform ini bisa saling subsidi hasil. Banyak sekali anak muda yang telah praktekan cara ini dan cukup berhasil. Bahkan bisnis sampingan ini bisa menjadi tumpuan hidup dan akhirnya karyawan kantoran mereka tinggalkan. 

10. Selalu Hindari Hidup Tidak Produktif.
Saat anda telah berkeluarga tentu tidak ada lagi kata main-main dalam pergaulan. Anda tentu akan selalu berfikir apa untung atau rugi jika anda melakukan pekerjaan seperti itu. Berfikirlah jauh ke depan dengan keluarga sehingga anda mampu membuat sesuatu lebih bermanfaat dan mendatangkan sebuah keberhasilan di masa yang akan datang.

TIPS: budaya konsumtif yang tidak sesuai dengan keadaan keuangan jangan anda lakukan tentu akan menguras seluruh uang tabungan anda. Cermat dan smart lah mengelola dan teliti uang yang akan dikeluarkan apakah memberikan faedah bagi keluarga atau tidak. Keluarga lah yang akan mengerem seluruh keinginan anda  dan siapkan rencana untuk mewujudkan kesejahteraan dimulai dari menghindari keinginan yang tidak produktif.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.