Langsung ke konten utama

Mengisi Angin Ban Dengan Nitrogen atau Angin Biasa: Pilihan Mana Lebih Baik

Sebagian dari anda mungkin bertanya sekarang ini ada pilihan untuk mengisi angin ban dengan nitrogen atau angin biasa, mana yang lebih baik?. Pilihan ini sudah pasti terlintas di pikiran saat anda berada di bengkel atau di salon mobil yang menawarkan pilihan untuk anda sebagai konsumen berharga mereka. Pilihan ini sudah tentu pasti telah banyak direkomendasikan tetapi anda harus mengetahui apa saja keuntungan dan kelebihan masing-masing agar tidak terjadi salah paham setelah angin ban di isi. 

Poto oleh: otomotif.babe.news

Plesirankotatua ingin membagi pengalaman pada artikel ini agar pemahanan yang cukup memadai sehingga anda mengerti dan paham dan bisa menentukan pilihan untuk ban mobil nanti. Pemilihan ini bisa untuk ban motor atau mobil serta kondisi tubeless atau tidak. 

BAN ISI ANGIN NITROGEN.
A. KEUNTUNGAN.
1. Nitrogen akan memberikan nilai lebih bagus karena tidak mudah keluar dari karet ban mobil. Alasannya: udara bebas yang ada di alam bebas juga mengandung nitrogen. 
2. Pengisian angin nitrogen bisa ditemukan di beberapa bengkel besar dan SPBU besar yang memiliki fasiitas perbaikan mobil. 
3. Nitrogen memiliki keunikan yaitu tingkat kebocorannya sangat rendh sehingga untuk perjalanan jauh sangat direkomendasikan. 
4. Angin nitrogen di dalam ban saat berkendara jauh juga dapat menjaga suhu temperatur ban dengan sendirinya. Seperti anda berkendara dalam kecepatan tinggi dan suhu angin di dalam ban tidak akan menyebabkan panas malah sebaliknya justru ban menjadi dingin. Sehingga ban untuk jangka waktu tertentu bisa lebih hemat dan awet.
5. Pengalaman menggunakan ban yang telah isi angin nitrogen ini pada saat mengendari mobil terasa empuk dan ada penghematan bahan bakar saat berkendara. Menurut teori gas nitrogen yang telah di isi tersebut merupakan jenis partiker gas nitrogen [lambang kimianya N2] lebih besar dari partikel O2 makan N2 mampu mencegah terjadinya kebocoran atau hembusan angin di sela-sela ban dan velg sehingga tekanan ban masih dalam keadaan stabil.
6. Angin ban yang mengandung nitrogen ini mempunyai tekanan yang cukup stabil dan terjaga kondisinya dengan waktu yang lama dengan pengisian atau pengecekan berikutnya. Kestabilan ini tentu akan memberikan kinerja ban dan performa baik terhadap keselamatan berkendara.
7. Menurut pengalaman dengan kondisi ban yang padat dan stabil ini maka daya cangkram dan kinerja dari ke empat ban yang melekat memberikan pola kerja yang cukup baik sehingga grip maksimal memberikan akselarasinya. 
8. Memberikan waktu yang cukup panjang saat pemakaian ban untuk berkendara. Ban yang telah di isi dengan nitrogen ini telah memiliki tekanan ban yang cukup stabil di keempat ban akibatnya kondisi ban habis pada ragi menyeluruh tidak sebelah.


B. KELEMAHAN.
1. Anda mendapatkan harga yang sangat tinggi untuk pengisian ke empat ban saat berkendara. Harga angin nitrogen untuk satu ban berharga dimulai dari IDR20.000, ada diberikan tambahan biaya jika sebelumnya ban yang anda miliki di isi dengan angin biasa harus dilakukan pengurasan total sebelum di isi dengan nitrogen. Tambahan biaya untuk pengurasan ini akan dikenakan dimulai dari harga IDR5.000 - IDR10.000
2. Untuk tetap menjaga performa ban makan anda harus secara berkesinambungan harus mengisi tetap dengan gas nitrogen dan mengecek ketekanan ban motor atau mobil yang direkomendasikan oleh ATPM. 
3. Tidak semua tempat tersedia pengisian angin ban nitrogen, keterbatasan ini hanya ada di pom bensin besar yang menyediakan fasilitas bengkel express serta beberapa tempat salon untuk perawatan mobil. Bahkan di pusat perbelanjaan yang memberik konsep perawatan mobil express sudah mulai tersedia itupun hanya di kota besar seperti DKI Jakarta.

PENTING! untuk memperhatikan bahwa saat anda perjalanan jauh memang harus sedikit ekstra untuk selalu memperhatikan tekanan ban yang direkomendasikan oleh ATPM untuk seluruh ban. Dengan ukuran tekanan yang disarankan ini akan memberikan efek stabil dan performa berkendara dan anda merasa nyaman. Apabila terasa kekurangan angin ban di perjalanan tidak menemukan tempat pengisian angin nitrogen N2 ini maka anda bisa dicampur dengan angin biasa sampai menemukan bengkel terdekat yang menyediakan pengisian angin nitrogen. Memang sedikit merepotkan tetapi manfaat banyak bisa anda dapatkan untuk performan yang diinginkan. Pastikan setelah sampai di bengkel yang memiliki pengisian angin nitrogen N2 harus kembali di isi semua dengan nitrogen.

BAN ISI ANGIN BIASA.
A. KEUNTUNGAN.
1. Dengan harga yang sangat terjangkau untuk pengisian angin ban mobil sudah sangat dinikmati dan harga dimulai dari IDR2.000 per ban menjadi pilihan terbanyak dari pemilik kendaraan.
2. Tersedia di banyak tempat dan sangat mudah ditemukan hampir di jalan utama kota dan perjalanan jauh sehingga anda tidak khawatir untuk mengisi kembali jika tekanan udara merasa kurang. Tempat yang bisa anda pilih bisa di bengkel motor atau tempat tambal ban yang juga menyediakan jasa untuk memperbaiki ban kendaraan bocor.

B. KELEMAHAN.
1. Untuk tingkat kebocoran relatif cukup besar jika dibandingkan dengan ban angin nitrogen. Karena status oksigen yang ada di dalam ban saat bocor bisa langsung menyatu dengan oksigen yang ada di alam bebas sehingga proses pengempesan bisa cepat berlangsung. Jadi pada saat berkendara jika terjadi ban bocor potensi untuk cepat kempes bisa terasa dengan cepat terkadang pada saat kendaraan di pacu dalam kecepatan tinggi akan mempengaruhi keselamatan anda dan kendaraan.
2. Perbedaan konsumsi bahan bakar untuk angin biasa dan angin nitrogen memang ada sedikit perbedaan. Untuk angin biasa konsumsi bahan bakar lebih banyak walaupun secara persentase belum ada penelitian menjauh dari pengamatan memang ada perbedaan.
3. Apabila tekanan angin berkuarang makan cengkraman ban dan grip standar saja jika dibandingkan dengan angin ban nitrogen.
4. Daya tahan ban relatif pendek jika dibandingkan dengan nitrogen. Karena jika berkurang saja posisi tegak ban sudah bisa melemah dan motif ban bisa  habis sebelah.
5. Temperatur suhu ban lebih panas dari ban isi nitrogen jadi potensi pecah ban lebih besar di saat perjalanan cuaca terik terutama di jalan tol bebas hambatan.

Semoga artikel ini bermanfaat sehingga anda bisa menentukan posisi perjalanan bagaimana yang harus menggunakan angin biasa atau angin nitrogen. Sesuaikan dengan kondisi perjalanan jika diperlukan karena ada pengaruh terhadap keselamatan, hemat, hingga performa mesin. Semua tergantung dari pemilik kendaraan yang ingin memperoleh hal yang lebih baik untuk sebuah harga yang dibayar. Kedua pilihan ini memang bisa diterapkan pada ban motor atau mobil Selamat traveling.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.