Langsung ke konten utama

Tips Cara Aman Beli Rumah Bekas Idaman

Mencari rumah bekas second idaman di perumahan ataupun tidak agar tidak tertipu harus memiliki sedikit tips cara aman untuk mewujudkannya. Kiat cara beli rumah bekas aman ini harus anda buru agar tidak akan menyesal setelah ditempati. Memang untuk mendapatkan itu semua harus ada hal yang sangat prinsip yang tidak boleh anda skip supaya rumah bekas idaman ini bisa terwujud dengan secepatnya termasuk yang harus diperhatikan saat membeli rumah second harus dilakukan. Rumah memang hal yang sangat penting untuk dimiliki karena sebagai tempat tinggal juga sebagai tempat bernaung dari hujan dan panas, tempat anda membina keluarga kecil serta tempat anda andalkan untuk mewujudkan semua cita-cita dalam kehidupan.

Poto oleh: pinterest.com/pin/333266441148530469/

Plesirankotatua ingin membagi pengalaman kepada rekan semua yang sudah lama berburu rumah impian tetapi masih saja belum ada jalan keluar. Mungkin saja ada beberapa tips ini bisa menjadi masukan bagi anda sebelum melakukan lagi pencarian rumah impian walaupun bekas tetapi untuk mendapatkannya anda sudah bersusah payah untuk menabung dan rela melepaskan keinginan lain yang mungkin sebagian orang sangat sulit untuk melakukannya.

1. Lakukanlah Survei Lingkungan Perumahan.
Anda harus berhati-hati dengan lingkungan perumahan karena lingkungan akan berdampak kepada suasana dan kenyamanan anda sekeluarga. Pastikan lingkungan sosial terbaik dan sesuai dengan karakter anda sekeluarga, jauh dari tempat maksiat, rumah kumuh, serta lokasinya sangat terbaik sebagai akses untuk masuk dan keluar rumah. Survei lingkungan ini memang butuh waktu dan jangan terburu-buru untuk menentukan pilihan.

2. Anggaran Pembelian Rumah.
Persiapan dana yang cukup tentu akan menjadi dasar untuk anda bergerak. Dana yang telah dipersiapkan katakanlah IDR300 juta sebagai anggaran rumah yang akan dibeli. Sudah pasti sekitar harga inilah anda bisa menentukan pilihan. Apakah bangunan yang besar ataupun rumah ukuran kecil tetapi luas tanah kosong masih banyak tersedia. Pilihan ini memang sesuaikan dengan kondisi anda agar tidak salah pilih dan tidak ada penyesalan setelah rumah bekas terbeli.

TIPS: sebaiknya membeli rumah secara tunai, karena akan lebih menentramkan. Tidak memikirkan cicilan tiap bulan membuat anda menjadi lebih tertekan dengan biaya yang harus disisihkan untuk jangka waktu yang cukup panjang.

3. Lihat Fisik Rumah Bekas.
Sangat prinsip dan harus pasti di lihat. Membeli rumah bekas anda harus melihat secara langsung kondisi fisik rumah yang akan dibidik. Jangan terpengaruh dengan gambar brosur ataupun iklan yang pernah anda lihat. Pastikan seluruh sudut rumah serta batas-batas jelas agar tidak ada kesimpang-siuran dikemudian hari.

Langsung ke kondisi dalam rumah: lihat kondisi dinding rumah yang masih kokoh tidak ada rembesan air atau jamur, lantai yang masih kuat dan tidak ada keretakan, saluran air yang lancar baik dari atap hingga ke polongan menuju keluar rumah, kuda-kuda rumah masih dalam kondisi baik jika perlu adanya besi baja ringan sebagai penguat, kusen jendela dan seluruh pintu yang berhubungan dengan bahan kayu masih kondis baik tidak dikuras oleh rayap, dan yang paling penting sirkulasi udara masuk keluar rumah juga diperhatikan.

Seluruh informasi rumah ini harus anda dapatkan termasuk usia bangunan. Apabila rumah sudah berusia diatas 30 tahun sudah pasti anda akan melakukan perombakan besar-besar an karena struktur bangunan sudah tidak kokoh lagi. Biasakan anda libatkan keluarga besar, rekan kerja, ataupun teman akrab anda untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai kandidat rumah yang akan menjadi aset anda nanti.

4. Sumber Air Utama Perumahan.
Sangat penting sekali karena air merupakan vital untuk kehidupan. Air sebagai kebutuhan pokok untuk hidup dan kebutuhannya sangat banyak pastikan kondisi bersih, rekomendasi terbaik adalah air bersih dari PDAM atau Pal Jaya [setiap daerah namanya berbeda]. Jika sumber air anda berasal dari sumur sudah tentu pasti cek apakah berbau ataupun tidak karena akan berpengaruh terhadap kenyamanan di kehidupan sehari-hari. Dan sumur ini harus jauh dari tempat pembuangan seperti safety tank karena akan berpengaruh terhadap kelayakan untuk konsumsi.

Direkomendasikan rumah bekas ini mempunyai jalur air bersih dari PDAM da telah masuk dalam rumah, poin ini sudah masuk dalam kenyamanan. Dan plusnya anda sudah tau pasti identitas pemilih rumah sudah pasti tertera di tagihan sehingga validatas data secara tidak langsung sudah anda dapatkan.

5. Aliran Listrik.
Rumah harus masuk listrik tidak ada alasanya. Seluruh kebutuhan anda keseharian sudah tidak bisa terlepaskan dari listrik. Apabila pemilih terdahulu memiliki kapasitas arus masih terbatas bisa anda upgrade ke tingkat yang lebih tinggi. Tetapi pastikan rumah bekas ini mendukung seluruh daya yang akan dipakai saat anda tempati nanti.

Jika anda memiliki pengetahuan cukup tentang perkabelan listrik lakukan lah cek ke atas loteng atau ke beberapa sirkuit listrik apakah kabel yang dipakai atau ditanam masih layak atau tidak. Karena pengalaman, semakin tua umur bangunan sudah pasti kondisi kabel ataupun kawat dikhawatirkan ada yang rusak ataupu kondisinya tidak sehat. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran sebelumnya anda sudah mengetahui dengan rinci dan jelas bagaimana kondisi kabel yang ada dirumah.

6. Dokumen Surat Penting.
Sudah pasti rumah bekas ini telah SHM {Sertifikat Hak Milik} dan sudah dilengkapi dengan IMB {Izin Mendirikan Bangunan}. Karena kedua dokumen ini adalah wajib dan harus dimiliki. Untuk surat lainnya seperti tagihan listrik, air, PBB juga diminta kepemilik saat serah terima kunci terlaksana. Jika lengkap anda bisa minta pembayaran dua tahun terakhir untuk PBB dan beberapa bulan terakhir untuk tagihan listri atau air. Jika ada telepon Telkom pastikan tidak ada tunggakan.

TIPS: jangan sampai dokumen penting ini dalam sengketa misal kredit macet sebuah bank, atau sengketa dari pihak lain. Apabila ada indikasi seperti ini rumah yang anda incar ini tidak layak untuk dibeli karena akan menyusahkan anda di kemudian hari.

7. Fasiltas Pendukung Lainnya.
Rumah sudah pasti akan terkoneksi dengan fasilitas pendukung lainnya seperti sekolah, pasar, rumah sakit, ataupun perbankan. Keseluruhan aspek ini akan menunjang seluruh aktifitas anda keseharian dan tidak terlalu jauh dari rumah. Karena anda hidup bersama keluarga sudah tentu pasti akan berhubungan aktifitas sosial.

Termasuk akses jalan yang cukup baik dan tidak rusak menjadi alasan penting sebuah rumah untuk masuk dan keluar. Jalan adalah pokok penunjang seluruh keinginan anda termasuk dalam poin kenyamanan bertempat tinggal.

8. Gunakan Jasa Agen Properti Jika Diperlukan.
Jasa agen properti ini bisa juga andalkan. Ada plus dan minusnya, khusus bagi anda yang tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk mendapatkan seluruh informasi lengkap terhadap rumah bekas. Agen properti sudah tentu memiliki informasi yang cukup lengkap termasuk surat dokumen penting perumahan valid dan bebas dari sengketa. Hanya saja biaya beli rumah akan menjadi sedikit lebih mahal jika anda membeli sendiri. 

Jasa agen properti ini biasanya akan terpajang di rumah incaran anda dengan ada nomer telepon sales penjual yang bisa hubungi langsung. Perlu dicermati, cari agen properti yang memiliki track record jujur dan amanah agar transaksi yang akan terjadi sesuai dengan keinginan anda. Lakukan penelitian terlebih dahulu dan mintak lah pendapat ke keluarga, teman, ataupun kerabat supaya anda mendapatkan informasi tambahan terhadap agen proeprti ini.

9. Ada Dana Cadangan Renovasi.
Memang rumah bekas akan ada perbaikan renovasi dikemudian hari. Misal atap yang bocor, ada pengecatan ulang, penggantian lantai, ataupun tambahan rumah untuk keperluan tertentu. Siapkan dana yang cukup untuk melakukan aktifitas ini agar tidak kecele saat anda telah tempati menjadi mimpi buruk sekeluarga.

10. Harus Bebas Banjir.
Kadang anda telah suka dengan rumah bekas tetapi lupa rumah tersebut banjir. Prinsip ini harus anda ingat karena rumah tempat tinggal harus bebas banjir apapun alasannya. Karena rumah sebagai tempat tinggal sudah pasti harus mempunyai kenyamanan tingkat tinggi, rumah harus lebih tinggi dari genangan air bahkan jauh dari rumah anda nanti. Memang harga rumah yang jauh dari genangan air dan lebih tinggi sudah pasti harganya lebih tinggi karena ada nilai plus yang sangat diinginkan oleh pencari rumah impian.

KESIMPULAN.
Rumah adalah aset penting yang harus dimiliki oleh setiap orang yang telah memiliki keluarga. Untuk mendapatkannya harus ada perjuangan tidak seperti membeli gorengan dibungkus langsung pilang. Tidak seperti itu, anda harus bersabar dan butuh waktu untuk mewujudkan itu semua. Tips yang kami sampaikan ini merupakan pengalaman sebagai petunjuk yang telah dilaksanakan oleh kami dan keluarga. Agar rumah bekas yang terletak di perumahakan, kaplengan, ataupun rumah penduduk biasa harus diteliti lebih rinci dan mendalam agar anda tidak tertipu atau rugi dikemudian hari. Kiat beli rumah bekas ini ada sedikit trik tambahan yaitu jangan percaya harga murah, tidak lewat calo harus ke tangan pertama. Berjalannya waktu anda akan mengetahui tetapi di awal anda harus bersiap diri. 

Di akhir tulisan ini: untuk mendapatkan informasi mengenai jenis dan tipe rumah yang akan dibeli bisa anda dapatkan dari media online ataupun secara offline dari teman atau keluarga. Semoga bermanfaat dan anda bisa mendapatkan rumah idaman untuk seluruh keluarga dan terbaik hendaknya.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.