Langsung ke konten utama

Tips Cara Menikmati Perjalanan Jauh Menggunakan Pesawat Lebih Dari 10-12 Jam

Penerbangan jarak jauh sudah mulai dilakukan oleh traveler Indonesia untuk bepergian ke negara tujuan. Trip traveling seperti ini sudah tentu ada menghabiskan waktu lebih dari 10-12 jam di atas pesawat tentu membuat kondisi tubuh menjadi lemah karena lama duduk. Sebagian orang mungkin sudah terbiasa tetapi bagai anda yang belum pernah melakukan penerbangan jauh seperti ini tentu akan menjadi sebuah permasalahan baru karena tubuh belum terbiasa menerima situasi dan kondisi selama perjalanan nanti. 

Poto oleh: idntimes.com

Keterbatasan ruangan tentu akan menjadi sebuah ketidaknyamanan apalagi tempat duduk di kelas ekonomi dengan space leg room nya sangat terbatas dan fasilitas tambahan yang standar untuk sebuah kelas penerbangan. Rasa lelah yang berkepanjangan, pegel-pegel, hingga keterbatasan ruang bergerak tentu akan menyiksa demi perjalanan jauh selama lebih daro 10 jam. Untuk antisipasi hal tidak nyaman tai tentu anda bisa mengikuti beberapa tips yang telah plesirankotatua siapkan sehingga anda bisa membuat sebuah solusi terbaik untuk perjalanan anda nanti. Inilah tips perjalanan jarak jauh menggunakan pesawat udara dengan waktu tempuh lebih dari 10 jam.

1. Tentukan Kursi Duduk Pada saat Check In Online.
Sebelum hari-h keberangkatan pastikan anda telah memilih tempat dimana anda akan duduk. Dengan mudahnya teknologi informasi hampir seluruh maskapai airline seluruh dunia telah bisa menyediakan self check in secara online dan langsung bisa memilih tempat dimana akan duduk. Lakukan hal ini agar anda bisa mendapatkan kenyamanan selama perjalanan jauh lebih dari 10 jam ini.

TIPS: ada pengalaman bisa anda ketahui bahwa jangan memilih tempat duduj di area bagian depan yang tentu memiliki leg room yang cukup luas yang tentu semua orang menginginkannya. Tetapi sebaiknya pilihan ini anda hindari karena akan banyak di isi oleh penumpang yang membawa bayi, balita, anak-anak, serta lansia. Kebutuhan khusus mereka lah yang akan memilih tempat duduk ini, apabila anda memilih juga lokasi tempat duduk ini sudah tentu akan terganggu dengan teriakan, tangisan, hingga bermain sana-sana yang tentu akan membuat anda tidak nyaman.

Sebaiknya anda memilih lokasi tempat duduk di jalur kursi emergency yang juga memiliki leg room yang cukup luas, saat terjadi goncangan atau turbulensi masih tidak terlalu kencang dan relatif aman dan goncangan yang cukup keras bisa terkurangi karena posisi sayap pesawat sebagai penyeimbang.

Hindari momer kursi dekat toilet karena akan merasa tidak nyaman karena banyaknya penumpang hilir mudik untuk antri menggunakan fasilitas umum ini. Tidak hanya itu saja, bau menyengat dari toilet tentu membuat anda tidak bisa tidur dengan nyenyak. Pilihan ini ditujukan bagi anda yang tidak selalu sering menggunakan fasilitas toilet selama perjalanan jadi pilih duduk paling pojok untuk mendapatkan situasi kenyamanan khusus untuk anda.

2. Pilih Menu Kesukaan Selera Anda.
Rute perjalanan jauh menggunakan pesawat udara tentu membuka peluang bagi seluruh penumpang untuk memilih menu makan yang akan disediakan nanti. Khusus bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit alergi atau tidak suka salah satu menu yang akan disajikan nanti bisa memilih menu kesukaan tentu berdasarkan daftar yang telah menjadi referensi dari kitchen airline. Pada saat anda telah duduk di kursi yang telah dipilih sudah pasti anda akan mendapatkan menu pilihan yang akan diantarkan terlebih dahulu dari penumpang lainnya. Sehingga kenyamanan perjalanan sudah bisa anda rasakan saat menyantap hidangan lezat dari airline pilihan.

3. Siapkan Perlengkapan Tidur Selama Perjalanan.
Perlengkapan tidur ini bukan spring bed atau lainnya tetapi penutup mata, penutup kuping, bantal leher serba guna, hingga masker. Sebagian dari anda mungkin tidak suka dengan kebisingan, cahaya terang, hingga saat tidur mulut terbuka. Nah untuk antisipasi itu semua maka anda harus membawa perlengkapan tidur pribadi khusus untuk penerbangan ekonomi. Kelas bisnis dan eksekutif biasanya disediakan oleh airline jadi tidak usah disiapkan.


4. Siapkan Air Minum Pribadi Selama Penerbangan.
Membawa air minum ke atas pesawat saat di darat memang tidak diperbolehkan tetapi bisa anda siasati dengan membawa botol minuman  kosong. Setelah scan barang terakhir saat anda duduk di pesawat bisa anda minta tolong ke pramugari untuk mengisi botol minuman anda tadi dengan air putih biasa. Karena selama perjalanan nanti sudah pasti banyak duduk dan membuat anda lebih cepat harus. Memang waktu tertentu akan disediakan minuman tetapi tidak penuh, jadi anda bisa bekal minum sendiri tidak perlu repot untuk meminta pramugri minuman saat anda lagi haus. Pengalaman seperti ini telah banyak dipraktekan oleh traveler backpacker yang menempuh perjalanan jauh.

5. Membawa Pakaian Nyaman Selama Penerbangan.
Selama perjalanan panjang dan melelahkan sudah tentu pasti anda harus membawa pakaian yang memberikan kenyamanan tingkat tinggi selama di pesawat nanti. Dengan kondisi di dalam kabin pesawat tentu udara terasa dingin akan membuat tubuh tidak akan mampu melawan secara penuh sehingga dengan waktu lama anda bisa hipothermia. Jadi untuk menghindari situasi ini anda harus membawa pakaian hangat nyaman selama pernerbangan jauh lebih dari sepuluh jam bahkan diatas 12 jam. Memang dari airline juga menyediakan beberapa perlengkapan tambahan selimut tetapi tidak cukup untuk menutup kedinginan yang harus ditambah dengan pakaian menghindari kedinginan selama di atas pesawat udara seperti jaket, sweater, atau baju berlapis.

6. Minuman Sehat Menyehatkan.
Pramugari akan menyediakan minuman yang disukai oleh penumpang. Tetapi sebaiknya anda memilih minuman sehat dan menyehatkan seperti jus atau susu. Selain minuman seperti kopi dan mengandung soda sebaiknya dihindari karena akan memberikan efek yang tidak baik. Apalagi kopi yang membuat mata anda tidak akan merasa ngantuk, jika terus berlanjut maka anda akan merasa kelelahan saat sampai di tujuan nanti. Minuman menyehatkan ini sangat baik karena akan memberikan nilai sehat dan kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh juga diperlukan saat anda traveling seperti ini.

7. Jangan Tidur Melulu Lakukan Aktifitas Lain Bermanfaat.
Untuk membuat penerbangan tetap nyaman tentu saja airline akan menyediakan beberapa fasilitas pendukung dengan adanya entertaiment system di masing-masing seat penumpang. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk memberikan kegiatan lain tidak hanya tidur saja. Apabila anda merasa bosan juga bisa melakukan kegiatan lain seperti membaca buku yang telah anda bawa, membuat artikel untuk blog, atau membuat vidio selama anda traveling di atas pesawat. Buat sebuah terobosan aktifitas yang bermanfaat agar waktu yang ada masih bisa memberikan sebuah manfaat untuk anda serta orang lain.

8. Kebersihan Juga Persiapkan.
Perlengkapan kebersihan pribadi sebaiknya anda siapkan terutama di kelas ekonomi yang fasilitas sangat minim sekali. Kebersihan ini dimulai dari sikat gigi dan sabun juga dipersiapkan. Perlengkapan baju pengganti sebaiknya dipisahkan dari koper dibawa bersama anda saat berada di kabin pesawat. Selama perjalanan harus menerapkan kebersihan baik tubuh, kulit, dan pakaian. Seluruh aspek kebersihan ini tentu akan memberikan kenyamanan bagi diri sendiri dan lingkungan anda duduk memberikan suasana aroma yang menyegarkan hidung.

9. Siapkan Obat Pribadi.
Selama perjalanan nanti tentu anda harus minum obat pribadi seperti sakit kepala, maag, obat sakit perut, hingga balsem atau minyak angin. Memang agak ndeso sekali tetapi pengalaman telah memberikan pelajaran saat di perjalanan nanti terjadi keadaan yang tidak terduga seperti ini siapa yang akan memberikan kenyamanan ya pasti obat pribadi anda. Obat pribadi ini sebainya dalam ukuran sachet sehingga tidak membutuhkan tempat bawa yang terlalu luas. Apabila nanti terjadi hal yang tidak memberikan kenyamanan anda bisa mengambil persedian obat yang telah ada di tas ransel anda.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.