Langsung ke konten utama

Tips Mudah Cara Menghemat Uang Belanja Dapur

Ibu rumah tangga sudah pasti ingin cara-menghemat-uang-belanja-dapur yang bisa digunakan ke hal yang lebih produktif lagi. Dari dapur anda bisa menghemat belanja bulanan sehingga anda bisa menyelamatkan keuangan rumah tangga secara tidak langsung. Berbagai cara harus dilakukan agar uang belanja-dapur harus segera diselamatkan dengan kondisi anda selalu melakukan proses memasak di dapur untuk menyiapkan seluruh menu masakan yang dibuat ke seluruh keluarga. Seorang ibu tentu akan memikirkan semua kebutuhan dapur tetap bisa membuat jenis masakan yang disukai oleh keluarga tercinta. Kebiasaan makan di luar memang butuh biaya yang sangat besar jika dibandingkan anda memasak sendiri di rumah. 

Poto oleh: producebusiness.com

Memasak di dapur tentu sudah ada kemungkinan pemborosan apabila anda tidak jeli untuk menghitung kebutuhan saat proses pengolahan masakan. Pada artikel ini menjelaskan bagaimana cara-menghemat-uang-belanja-dapur yang bisa anda mulai sekarang juga.

1. Pastikan Anda Telah Buat Daftar Menu Makanan.
Setiap menu yang akan dibuat tentu butuh beberapa bahan pokok untuk menciptakan masakan yang lezat. Daftar menu akan menjelaskan belanja apa saja yang harus dipersiapkan oleh seorang ibu. Daftar ini sebagai petunjuk  dan panduan anda untuk lebih bijak memilih bahan makanan yang akan dibeli sehingga cukup untuk tersedia untuk beberapa hari kedepan minimal satu minggu masak.

TIPS: setiap menu yang dibuat pastikan ketersediakan bahan penting telah anda siapkan. Agar lengkap dan tidak ada yang terlupa sudah tentu pasti akan harus menyiapkan daftar menu dan belanjakan yang siap untuk dibeli.



2. Selalu Cek Stok Bahan Masakan Di Lemari.
Periksa kembali ketersedian stok bahan masakan yang tersimpan di lemari dapur apakah masih mencukupi atau tidak. Beli bahan yang tidak tersedia dan cukup untuk jangka waktu tertentu. Sehingga stok yang lama harus dihabis terlebih dahulu baru pembelian stok baru akan dilakukan.

TIPS: stok yang selalu banyak aalah bumbu masak dan produk makanan kering yang tahan lama. Pastikan anda tidak membeli terlalu banyak apalagi bumbu masak, karena bumbu masak diperlukan tidak terlalu banyak sekali pembelian saja sudah bisa hemat sampai dengan dua bulan ke depan.

3. Menu Masakan Sesuai Dengan Jumlah Anggota Keluarga.
Tentu masakan yang anda siapkan sesuai dengan jumlah anggota keluarga yang ada pada saat itu. Buat porsi yang cukup tidak ada lebih atau pun kurang. Pastikan tidak ada tersisa terbuang percuma yang tentu akan berdampak kepada jumlah uang yang telah anda keluarkan saat membeli bahan makanan.

TIPS: perhitungan yang cukup sudah tentu pasti akan anda teliti. Setiap anggota keluarga sudah tentu mempunyai porsi masing-masing. Sebagai ibu rumah tangga tentu akan menghitung kebutuhan bahan yang akan diperlukan dan sudah berada di lemari dapur untuk proses memasak menu lezat hari ini.

4. Simpan Langsung Dengan Rapi.
Setelah anda membeli bahan makanan dasar di pasar tradisional seperti buah, daging, sayuran, dan lainnya sudah tersimpan rapi di lemari pendingin. Pilah yang mana masuk freezer dan tempat pendinginan biasa seperti daging harus dimasukan ke dalam kantong plastik yang kedap udara agar saat masuk ke freezer bisa tetap baik kondisinya. Begitu juga dengan sayur dan buah pada lemari khusus yang ada di lemari pendingin kulkas.

TIPS: beli bahan baku makanan ini sesuai dengan porsinya. Jangan berlebih dan kurang, pada poin ini kadang kali kulkas sudah penuh tetapi tidak pernah dilakukan pengecekan sehingga sudah busuk dan akan mubazin terbuang percuama. Berapa banyak keluarga Indonesia yang luput dengan kondisi seperti ini yang seharusnya dimanfaatkan untuk membuat menu lezat tapi terbuang ke tempat sampah. 

5. Pahami Cara Memasak Yang Baik dan Benar.
Tentu anda harus pahami teknik memasak yang baik dan benar, bagaimana cara menggunakan alat dapur sebagaimana mestinya. Apabila anda mampu membuat masakan dalam waktu cepat dan bahan seadanya sudah pasti anda telah menghemat pemakaian gas akan mengurangi pengurangan biaya bulanan. Trik ini sudah banyak dipraktekan oleh ibu yang sudah memiliki trik khusus memasak sehingga ketersedian gas di dapur bisa bertahan lama. Selalu gali pengetahuan anda mengenai cara memasak yang simpel dan mudah tetapi rasa masakannya sangat lezat dan nikmat.

TIPS: untuk meningkatkan skil memasak sudah banyak tutorial memasak dalam bentuk buku atau vidio yang bisa anda prakteka di rumah. Memang pengetahuan yang cukup lah membuat cara-menghemat-uang-belaja-dapur ini bisa terlaksana dengan baik harus ada pastispasi dari anda.

6. Manfaatkan Sisa Makanan Berlebih Menjadi Menu Baru Keluarga.
Mungkin ada makanan yang berlebih bisa anda manfaatkan seperti nasi. Untuk keesokan harinya bisa dibuat menu nasi goreng dengan tambahan bahan masakan lain yang tentu akan memberikan sebuah solusi untuk cara-menghemat-uang-belanja-dapur. Cara seperti ini cukup ampuh dapat mengurangi biaya bahan pokok nasi serta tidak ada bahan makanan yang terbuang percuma, peduli smart dan cermat akan memberikan sebuah inovasi berkarya untuk tercipta menu lezat.

TIPS: pastikan beras yang anda gunakan tentu berkualitas tinggi. Untuk menu nasi goreng seperti ini tentu jenis pera. Apabila anda salah menggunakan beras tentu nasi goreng idaman tidak sesuai dengan selera dan akhirnya terbuang percuma. 

7. Bijak Berbelanja.
Dengan adanya program belanja murah yang ada di supermarket sudah tentu pasti menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan harga termurah untuk kebutuhan dapur. Program diskon atau potongan harga yang diadakan oleh supermarket atau minimarket bisa anda manfaatkan untuk memburu kebutuhan dapur yang sudah anda siapkan list apa saja yang akan di beli. Potongan harga bisa mencapai 25% dari harga normal sehingga selisih harga ini bisa anda gunakan untuk berhemat ke produk yang produktif lainnya.

TIPS: program ini tentu waktu tertentu seperti akhir pekan. Karena waktu ini sudah tentu pasti banyak keluarga memanfaatkan waktu belanja untuk kebutuhan dapur dan lainnya. Cermati dan jangan sampai salah beli barang yang dibutuhkan akan menjadi prioritas jangan tergoda dengan barang lainnya tidak dibutuhkan.

8. Selalu Bandingkan Harga.
Saat anda membeli barang kebutuhan dapur pastikan anda telah melakukan komparasi harga agar mendapatkan harga terbaik. Dengan cara ini anda sudah tentu pasti akan mendapatkan solusi terbaik untuk mengurangi biaya belanja yang bisa terwujud dari item barang yang akan dibeli. Biasanya produk sabun cuci piring atau produk dapur lainnya yang anda butuhkan. Harga ini akan selalu berubah sesuai dengan waktu ada belanja.

TIPS: pastikan harga yang di dapat ini saat ada wakti belanja ke supermarket. Saat ini lah anda bisa melakukan komparasi harga dengan produk sejenis secara bersamaan. Melihat langsung harga tertera di rak display dan pilih harga yang sangat kompetitif dan jenis yang sama dibutuhkan.

Tag keywords:
tips belanja hemat dapur, 
belanja kebutuhan rumah tangga,
tips belanja,
belanja mingguan,

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.