Langsung ke konten utama

Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Anda sudah berada di kota Padang saatnya mengunjungi air-terjun-sarasah-banyak-gariang yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Tidak terlalu jauh dari pusat kota Padang ini menjadi destinasi terbaik bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan hanya di sekitar kota saja. Mungkin dana terbatas bisa membawa seluruh keluarga kesini dan tentunya tidak banyak pula biaya yang akan anda belanjakan. 

Poto oleh: wisatakotapadang.wordpress.com

GEOGRAFI AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG.
Air terjun ini mempunyai ketinggian +/- 40 meter yang sudah pasti terletak di dalam hutan Bukit-Sarasah tepat di kaki Bukit-Barisan-Sumatera. Jika dilihat dari jumlah pengunjung memang air terjun ini lebih disenangi karena tadi jaraknya sudah sangat dekat dari LIK Gaduik sekitar 2 km saja. Jadi akses cukup mudah dan tidak repot untuk sampai ke lokasi air terjun.

Menurut cerita penduduk lokal disana, air terjun ini dulunya kolam air sangat banyak Ikan Gariangnya, jadi makanya dengan nama ini langsung melekat ke AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG. Dari struktur air terjun dengan banyak batu alam yang bertumpuk sehingga mirip seperti piramida. Setelah anda sampai ke lokasi sudah tentu akan disambut dengan air terjun yang terpecah oleh bebatuan tentu akan mengarah ke anda jika sangat dekat dengan hempasan air tadi.

Sangat indah memang dan air yang berjatuhan ini melewati struktur bebatuan yang menumpuk ini memberikan pesona lain indah dan asri. Sebagian wisatawan menyebutnya AIR-TERJUN-SARASAH-ULU-GADUIK, walau sebutan agak sedikit berbeda tetapi maknanya tetap sama. Untuk tingkat pertama mempunyai ketinggian +/- 8 meter.

Jika dihitung dari bawah air terjun ini terlihat ada tujuh tingkat dimana masing-masing tingkat memiliki jalur air. Dari tingkat pertama air mengalir hampir tegak lurus dn akan jatuh ke tingkat yang kedua. Menaiki untuk ke tingkat pertama cukup mudah dan harus menaiki batuan, kalau dihitung ketinggian +/- 15 meter dari kolam.

Apabila anda sudah sampai ke lokasi memang harus memperhatikan langkah, karena bebatuan yang akan anda injak ada yang sudah berlumut tentu akan menghambat langkah anda licin. Para wisatawan rata-rata mampu sampai ke tingkat pertama dan kedua saja karena masalah keselamatan saja. Untuk sampai ke tingkat tertinggi ke level tujuh memang harus melalui jalur yang cukup terjal dan sulit karena kemiringannya hampir mendekati 50 derajat, itupun harus memiliki keahlian panjat tebing untuk melakukan hal yang ekstrim dan uji adrenalin ini.

ALAMAT AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG.
Lokasi air terjun berada di Nagari Koto Baru Gaduik, Keluruhan Limau Manih Selatan, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat.

BAGAIMANA CARA KE AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG.
Cara ke air-terjun-sarasah-banyak-gariang ini tidak sulit hanya berjarak 2 km dari posisi LIK Gaduik hanya 40 menit perjalanan dari kota Padang. Mayoritas penduduk lokal banyak menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua untuk sampai ke lokasi.

Tetapi jika anda seorang backpacker yang ingin menjajal diri menggunakan kendaraan angkutan kota juga bisa dengan menaiki angkutan kota jurusan Ulu-Gaduik. Setelah anda sampai ke LIK Gaduik ini harus menaiki kembali angkutan kota lainnya warna kuning menuju ke Koto Baru. Anda turun di sampai rute angkot ini berakhir dan harus estafet lagi sampai ke posko mirip rumah sebelum ada jembatan kayu dengan jalan kaki. Di sekitar posko inilah anda bisa melihat banyak sekali kendaraan bermotor parkir dan harus menggunakan kedua kaki untuk melangkah sampai ke lokasi tujuan. Yang sangat menarik adalah, berjalan kaki harus melewati aliran sungai. Ikuti sampai ke hulu akan terlihat air terjun langsung saat anda sudah mendekati lokasi. Perjalanan kaki ini cukup panjang membutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan atau jarak tempuh +/- 6 km.

BIAYA-BIAYA.
Tentu memasuki lokasi air terjun akan dikenakan tarif IDR3.000 dan parkir IDR2.000 per motor.

TIPS:
Ada beberapa tips yang menjadi perhatian anda ingin mengunjungi air terjun  yang sangat menarik dan dekat dari kota Padang. Tips ini tentu berhubungan dengan kenyamanan selama melakukan treking hingga tetap betah berlama-lama di lokasi air terjun. Berikut diantaranya:

1. Kunci terbaik untuk samapi ke lokasi adalah menyelusuri aliran sungai sampai ke hulu pada saat cuaca baik atau musim kemarau. Tidak direkomendasikan pada musim hujan karena masalah keamanan dan situasi kondisi di perjalanan karena anda berada di sungai.
2. Perhatikan waktu perjalanan sudah masuk dalam musim kemarau karena waktu ini sangat terbaik. Jika di hari biasa yang masih ada musim hujan sebaiknya diundur sampai waktu yang direkomendasikan ini.
3. Tentu perjalanan ini akan melakukan tracking sedikit dan bawalah barang seperlunya agar perjalanan anda tetap nyaman saat tas backpack dibawa.
4. Lokasi terbaik bagi anda yang memiliki budget murah untuk medatangi lokasi air terjun ini, sudah tentu pasti di akhir pekan sangat ramai pengunjung. Apabila anda ingin agak sepi sebaiknya berkunjung di hari biasa saja.
5. Selalu jaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya. Jika anda dalam perjalanan harus membawa kantong plastik dan akan dibuang saat anda masuk di pintu gerbang tadi. Lokasi air terjun bukan tempat sampah, lokasi ini tempat wisata untuk kenyamanan bersama.
6. Tetap beradat untuk memakai pakaian yang sopan. Anda harus mengedepankan kesponan atas norma agar kenyamanan seluruh wisatawan bisa terwujud dengan baik.
7. Pesan terakhir adalah adanya tangan jahil yang akan selalu mencari kesempatan untuk melakukan corat-coret atau vandalisme objek datar yang tentu akan merusak pemandangan dan merusak keadaan air terjun. Jadi, sebagai waisatawan yang berkunjung saling pantau adanya fenomena seperti ini. Mari jaga alam ini tetap nyaman karena tentu akan berdampak kepada anda yang menikmati treking perjalanan ini.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.