Langsung ke konten utama

Jangan Abaikan Hal Penting Ini Sebelum Memutuskan Travelling Ke Singapore-Malaysia-Thailand: Tips Bagi Para Pemula Newbie

Singapore-Malaysia-Thailand tiga negara ASEAN yang banyak dipilih oleh traveller backpacker newbie atau pemula melakukan perjalanan travelling trip perjalanan untuk menghabiskan masa cuti kantor dengan biaya yang relatif terjangkau. Dengan banyaknya pengalaman yang di sharing pada media sosial hingga blog pribadi seorang traveller membuat sebuah petunjuk bagi anda yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri tidak jauh-jauh dari Indonesia. Pilihan terbaik memang ke tiga negara ini karena lokasinya juga tidak berjauhan bahkan berdampingan letaknya membuat destinasi yang sangat menarik dan sangat mudah diikuti dengan pertimbangan lainnya cuaca dan suasananya mirip dengan negara sendiri.

Poto oleh: intrepidtravel.com

Plesirankotatua ingin membagikan sedikit sharing pengalaman jika anda ingin melakukan perjalanan ke tiga negara Singapore-Malaysia-Thailand ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar terlaksananya trip sesuai dengan keinginan bahkan rencana yang telah anda buat memang inilah lokasi negara yang akan merubah pengetahuan anda untuk sebuah keputusan berlibur. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Paspor Berlaku Sudah Lengkap.
Melakukan perjalanan ini sudah dilengkapi dengan paspor hijau sebagai dokumen penting untuk travelling ke tiga negara ini. Paspor hijau ini sudah berlaku sebagai identitas internasional yang legal dan anda harus memilikinya. Persiapan pembuatan paspor ini dilakukan di Imigrasi setempat , ikuti semua syarat yang telah ditetapkan. Proses pembuatan paspor +/- 2 minggu sejak berkas anda masuk dan proses photo dilakiukan oleh pegawai Imigrasi. Apabila anda memiliki paspor sebaiknya jangka waktu habis +/- 6 -12 bulan untuk melakukan travelling ke luar negeri untuk menjaga posisi aman.

2. Tentukan Lokasi Negara Awal Memulai Perjalanan.
Sangat penting menentukan negara pertama untuk mulai melangkah apakah di Singapore atau Thailand. Jika anda mendarat di Malaysia tidak direkomendasikan karena negara ini terletak di tengah antara Thailand dan Singapore. Khusus anda banyak melakukan perjalanan darat menggunakan bus atau kereta api sebaiknya anda mendarat di Thailand atau Singapore sebagai start awal perjalanan. Karena transportasi darat ini sebaiknya sejalur untuk meminimalisir jalur perjalanan ganda yang seharusnya dihindari. Karena anda menempuh perjalanan yang sama berarti anda sudah membuang uang, energi, dan waktu. Usahakan perjalanan yang akan dilakukan menyeluruh tidak bolah-balik, setelah anda sampai di negara tujuan usahakan seluruh tempat wisata sudah dijelajahi dan siap menuju ke negara berikutnya.

3. Pahami Mengisi Kartu Imigrasi.
Untuk traveller pemula newbie harus paham tata cara mengisi kartu atau kertas Imigrasi saat masuk dan keluar. Kartu Imigrasi ini merupakan isian wajib dari masing-masing negara yang digunakan sebagai kontrol masuk dan keluar untuk seluruh imigran yang akan memasuki negara tujuan. Pastikan seluruh informasi yang anda buat jujur dan benar apa adanya jangan sampai anda berbohong akan berdampak pada penolakan bahkan bisa diportasi bahkan di black list oleh negara tujuan wisata. 

Baca juga:

4. Hemat Uang Siapkan Sedini Mungkin.
Membuat perjalanan ini lancar dan sesuai rencana harus direncanakan jauh-jauh hari atau sedini mungkin. Dimulai dari tiket pesawat, itinerary perjalanan, tempat penginapan, transportasi, hingga tempat wisata yang akan dikunjungi. Seluruh aspek ini merupakan urat nadi anda melakukan ritual travelling yang harus terarah dan tentunya punya aturan tujuan yang akan dilalui. Akhirnya rencana yang akan dibuat akan berdampak kepada jumlah uang yang akan dipersiapkan supaya cukup tidak over budget.

5. Eksekusi Pembelian Item Pos Penting Perjalanan.
Seperti poin empat diatas komponen travelling tiket pesawat dan seterusnya ini harus anda mulai cicil untuk menentukan penerbangan airline yang akan membawa anda ke tujuan start awal travelling. Sekarang ini pilihan cukup banyak dan menjadi rekomendasi memang airline LCC {Low Cost Airline} seperti Air Asia, Scoot, Jet Star, Lior Air, dan lainnya. Tidak menutup kemungkian airline full service ada kursi promo dengan harga tidak terlalu jauh dari airline LCC. Pembelian jauh-jauh hari sangat direkomendasikan agar anda mendapat harga yang sangat kompetitif bahkan cenderung murah. Khusus untuk pos lain seperti tempat penginapan bisa menjadi pilihan hostel di kawasan backpacker. Untuk transportasi perpindahan bisa anda gunakan kereta api atau bus untuk sampai ke negara tujuan.

Formula: 
Singapore -> Johor Bahru -> Kuala Lumpur: Menggunakan bus.




Formula:
Kuala Lumpur -> Bangkok: Mengggunakan kereta api.

6. Daftar Perjalanan atau Itinerary.
Membuat perjalanan menjadi lebih terarah dan mempunyai tujuan jelas anda harus membuat itinerary rinci untuk masing-masing negara tujuan. Banyak sekali informasi yang sangat bermanfaat yang bisa anda dapatkan dan gali informasi tersebut dan susun di daftar perjalanan anda nanti. Itinerary ini sangat penting ibarat petunjuk mau ngapain aja di negara orang nanti. Apabila tidak ada anda bisa jadi bingung dan baper sehingga waktu yang telah dipersiapkan jadi terbuang percuma. Cicil dari sekarang jika mau membuat daftar perjalanan anda menjadi terarah dan punya destinasi wisata yang akan anda kunkingi.

7. Hitung Waktu Travelling Secara Keseluruhan.
Anda harus menghitung waktu yang akan dihabiskan selama travelling ke tiga negara ini dimulai dari Singapore-Malaysia-Thailand. Setiap hari yang anda habiskan harus efektif dan efisien untuk dilalui jangan ada tersisa sedikitpun dengan terlewatnya tempat wisata yang sudah masuk dalam daftar itinerary. Alasannya, setiap waktu yang telah disepakati untuk dihadirkan di negara tujuan merupakan jumlah uang yang telah anda siapkan jika tersia begitu saja anda telah menyiakan waktu dan tenaga dari persiapan yang sudah jauh hari dipersiapkan. Kesempatan ini mungkin sangat susah payah anda wujudkan dengan proses menabung hingga eksekusi perjalanan yang akan dilakukan saat ini.

8. Paking Barang Baik Sempurna.
Anda jangan sampai salah membawa barang bawaan selama travelling nanti. Seluruh barang bawaan nanti sudah tentu pasti akan dipakai dan akan mendukung seluruh tipe travelling anda di negara tujuan. Untuk skala backpacker sebaiknya membawa backpack atau ransel karena lebih efektif untuk dibawa. Susunan paking barang harus berurutan dimulai dari barang yang akan dipakai keseharian sampai dengan barang yang sering dipakai saat bepergian.

Baca juga:

9. Liburan Di Musim Low Season.
Hal yang sangat prinsipal untuk menghemat biaya perjalanan adalah melakukan travelling di musim low season. Ini lah waktu paling tepat dimana harga semua pos penting trip liburan sangat murah dan membuat perjalanan anda semakin menyenangkan. Musim low season ini sudah terlepas dari liburan anak sekolah dalam negeri dan luar negeri, akhir pekan, cuti bersama, liburan akhir tahun, acara tahunan negara tujuan, dan seterusnya. Pada waktu ini lah anda memilih untuk melakukan perjalanan karena tentu sambil menghemat biaya dan pastinya lebih nyaman tidak ramainya perjalanan  saat berpindah nanti.

10. Jangan Lupa Membawa Adaptor Universal.
Tools ini sangat penting bahkan menjadi penyelamat gadget anda saat berada di titik nadir. Low bat berkepanjangan membuat anda sudah mati gaya dan harus melakukan charging agar bisa kembali on lagi. Semua negara mempunyai kebijakan standar untuk colokan listrik dan harus disesuaikan dengan circuit yang ada di negara tujuan. Jadi pastikan anda membeli adaptor universal agar bisa melakukan charging apapun jenis gadget, elektronik, hingga laptop anda saat berada disana.

Baca juga:
Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Panduan Lengkap Menggunakan Kendaraan Umum PO Bus dari Kota Padang ke Tujuan Antar Kabupaten Kota di Sumatera Barat

Rasanya saya perlu membuat sebuah ilustrasi lengkap mengenai panduan lengkap menggunakan kendaraan umum dari kota Padang ke berbagai tujuan di provinsi ini. Pencarian populer di search engine seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Batusangkar, Pasaman, Pariaman, Air Haji, Painan, Solok, Sawahlunto, Painan, dsb hanya diperlukan petunjuk jelas dan tepat. Setelah saya melihat keyword ini sangat banyak dicari para turis yang ingin berkunjung ke Ranah Minang ini ingin rasanya saya membantu walau hanya berupa tulisan artikel seperti ini. Besar harapan semoga tulisan ini bisa sedikit membantu, dan apabila bermanfaat dapat sharing ke rekan lainnya yang butuh bantuan saat sampai di kota Padang. Di kota Padang untuk terminal bus antar kota yang representatif belum tersedia di satu kompleks, sehinga beberapa tujuan harus terpisah. Tetapi hal ini tidak menyurutkan saya ingin memandu beberapa rekan yang ingin berwisata di Sumatera Barat hanya bermodalkan kendaraan umum untuk sampai k

Bulan Terbaik Liburan Singapore: Peak Season atau Low Season

Sebagai negara tetangga Singapore mempunyai bulan terbaik untuk berkunjung dan kapan anda mau berkunjung bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagian orang menyebutnya kapan waktu peak season atau kapan pula waktu low season. Sebagai traveler yang smart dan cerdas harus memperhatikan musim liburan seperti ini akan berhubungan dengan persiapan budget sehingga uang anda akan dihabiskan tergantung dari waktu tersebut. Banyak sekali para traveler dari Indonesia masih kurang paham kapan waktu terbaik untuk menghabiskan waktu liburan di Singapore sehingga ada yang mengira liburan disana sangat mahal. Sebenarnya tidak juga hanya waktu saja yang kurang tepat mungkin pada waktu itu anda berada di peak season semuanya mahal, dimulai dari tiket pesawat, hotel, dan tempat wisata.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.