Langsung ke konten utama

Kriteria Penting Hemat Biaya Perjalanan Saat Liburan Nanti

Perjalanan untuk sebuah liburan akan menentukan jumlah biaya yang akan distribusikan ke seluruh pos itinerary termasuk penginapan hostel sebagai tempat penting untuk istirahat. Setiap pilihan yang akan di eksekusi akan mempunyai nilai termasuk hostel. Bagaimana anda harus menentukan hostel sebagai tempat penting di negara tujuan untuk istirahat dan memang banyak pilihan yang akan dipilih oleh seorang backpacker karena hubungan dengan biaya perjalanan yang akan dipersiapkan jauh0jauh haru.

Liburan sangat penting khusus bagi anda yang telah bekerja siang malam bahkan setiap hari lembur terus butuh waktu untuk melepaskan seluruh capek dan lelah yang mungkin sudah sampai ke ubun-ubun ini. Nah, biaya yang telah dipersiapkan dan jumlah hari yang telah disetujui oleh pemimpin membuat perjalanan ini sudah siap dan rasanya waktu ingin cepat berjalan. Sangat penting untuk merencanakan seluruh perjalanan jauh-jauh hari karena akan berdampak pada jumlah biaya yang akan dipersiapkan.

Poto oleh: nandapipitn.com

Setelah semua sudah siap seperti tiket pesawat, transportasi selama disana, hingga jumlah waktu yang akan menjadi pertualangan saatnya anda akan menentukan pilihan hostel sebagai tempat penting yang akan dibutuhkan untuk istirahat. Apa saja kriterianya agar liburan bertema hemat murah meriah ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi anda yang ingin menghabiskan waktu cuti ini dengan semangat 45 dan tepat sasaran. Berikut penjelasannya.

PENTING!.
Perlu diketahui bahwa biaya yang paling banyak dikeluarkan saat liburan ke luar negeri adalah seluruh biaya akomodasi termasuk biaya penginapan. Dapat dikatakan sudah melebihi 50% dari biaya yang akan anda persiapkan sudah disedot oleh pos ini. Solusinya ya itu tadi harus mencari pos mana yang bisa dikurangi biayanya ya tertuju pada hostel atau tempat penginapan saat berlibur nanti.

1. Harus Tahu Diri.
Apabila biaya tidak mencukupi jangan memaksakan diri, hal ini sepertinya tega sekali memang harus. Karena untuk liburan ini anda tentu sudah sangat susah sekali menyiapkan biaya yang sangat besar ini dengan waktu yang cukup lama. Jadi untuk mendapatkan semua ini tentu tidak mudah dan harus ada rela berkorban. Untuk memilih hostel ini memang harus dipilih karena pos ini lah yang bisa mengurangi budget biaya anda selama traveling nanti. Memang ada keterbatasan dalam segi kenyamanan tetapi masih relatif dan  masih bisa diterima karena untuk tipe dan jenisnya sudah banyak pilihan dengan keunggulan masing-masing. Untuk mendapatkan seluruh hostel terbaik memang harus dari beberapa rekomendasi atau dari referensi dari berbagai websote atau komunitas yang telah anda ikuti. 

Atau bisa juga anda mendapatkan informasi lengkap ini dari provider online  pembelian tiket hostel yang sudah banyak tersedia. Pastikan lihat rekomendasi atau komentar terbaik untuk hostel yang anda pilih nanti.

2. Manfaat Diskon Apapun Situasinya.
Anda seorang karyawan kantoran atau enterpreneur sudah tentu pasti memiliki sebuah member atau ikut sebuah komunitas yang memberikan kemudahan dalam potongan harga atau diskon untuk pembelian kamar hotel atau hostel. Jika anda memilikinya manfaatkan dengan segera untuk dialokasikan ke liburan anda nanti. Jika dikonversikan dengan nilai uang cukup besar, jika anda menginap lebih dari 4 hari cukup lumayan besar uang yang bisa dihemat yang bisa anda alokasikan ke hal yang produktif lainnya di acara travelling nanti. Ada beberapa contoh seperti membership untuk hotel, membership club, atau membership dari produk keuangan. Promosi mereka cukup berguna jika anda memiliki untuk digunakan di liburan kali ini dan jangan sia-siakan.

3. Pilih Lokasi Terbaik.
Solusi terbaik untuk menghemat biaya lain adalah lokasi tempat hostel terbaik di tempat wisata atau negara tujuan. Dengan tempat yang sangat terbaik lokasinya tentu manfaatnya bisa menghemat biaya transportasi untuk menikmati suasana kota. Jika anda hitung dengan jumlah uang yang akan dikeluarkan apabila memilih lokasi hostel sedikit jauh dari lokasi terbaik ini tentu ada pertimbangan, pertimbangan transportasi lah yang akan membedakan harga yang akan ada pada hostel rujukan.

Lokasi terbaik ini juga ke lokasi tempat makan, pusat kota, hingga pusat nongkrong. Nah, ini lah poin penting yang harus anda teliti apakah lokasi terbaik ini mencakup seluruh aspek penting ini saat berada di negara tujuan nanti.

Memang perhitungan matang ini harus sangat cermat, jika hostel terbaik di kota untuk akses tertentu cukup jauh dari pusat wisata. Perhitungan seperti ini harus anda nilai lebih banyak nilai positif atau negatif. Maksudnya begini, jika anda suka di pusat kota dengan banyaknya akses fasilitas penting kota tersebut ya memilih lokasi terbaik dan tidak mempermasalahkan transportasi ke pusat wisata, begitu sebaliknya.

4. Kesesuaikan Fasilitas Hostel Menjadi Tujuan.
Anda bisa mengukur kebutuhan fasilitas tempat penginapan untuk menunjang seluruh aktifitas selama travelling liburan nanti. Sesuaikan dengan kebutuh adalah hal yang sangat direkomendasikan. Jika anda membayar tempat penginapan dengan harga mewah dan wah ternyata anda tidak membutuhkannya tentu sangat merugikan sekali, dan uang yang telah dibelanjakan terbuang percuma. Inilah yang menjadi penyebab lain membengkaknya biaya liburan salah dalam memilih tempat penginapan. 

Tidak hanya itu saja, waktu liburan travelling wisata ini juga harus dipertimbangkan apakan musim peak season atao low season. Apabila anda memulai perjalanan liburan di musim liburan anak sekolah atau musim liburan di negara tujuan tentu akan berdampak pada tingginya harga penginapan. Jadi poin ini juga harus anda teliti agar uang yang telah dipersiapkan ini memang sesuai peruntukannya.

5. Selalu Utamankan Kenyamanan.
Saat anda akan memilih tempat menginap di negara tujuan nanti pastikan anda selalu melihat sisi kenyamanan saat istirahat nanti. Memang kondisi seperti ini juga dipastikan baik dan lihatlah rekomendasi dari berbagai traveller yang telah memilih tempat ini untuk inap beberapa waktu. Begitu juga dengan fasilitas pendukung dan lokasi terbaik untuk sebuah pilihan. Informasi review lengkap seperti ini sudah sangat mudah diakses karena sudah mulai banyak provider penjualan tempat penginapan hotel atau hostel di internet dilengkapi dengan komentar positif, poto, hingga alamat lengkap.

Jadi, sebagai traveler yang cermat, smart, dan pintar harus memastikan informasi kenyamanan dan faktor lainnya ini harus didapatkan dengan lengkap supaya saat menginap nanti tidak kecewa dan baper. Inilah yang menjadi solusi bagi traveller seperti anda untuk tetap stand by pada rewiewer yang telah diberikan supaya kenyamanan yang akan anda dapatkan hendaknya sama dengan reviewer ini atau bahkan melebihi hendaknya.

6. Pakai Tour Agent Saat Diperlukan Saja.
Apabila anda memiliki jiwa petualang dan mampu melakukan perjalanan ini dengan sendirian tentu sangat diacungin jempol. Berapa banyak biaya yang bisa anda hemat jika melakukan perjalanan tanpa tour agent. Berangkat dari Indonesia anda bisa melakukan sendiri, memilih hostel atau hotel, hingga itinerary perjalanan. Seluruh aspek ini merupakan pedoman perjalanan yang harus terarah jangan sampai salah kaprah. 

Tidak semua kunjungan wisata bisa anda lakukan sendiri, jika lakukan sendiri membutuhkan biaya justru lebih besar di negara tujuan nanti. Apila anda menemukan situasi semacam ini anda harus memilih tour agent untuk membantu anda melakukan paket perjalanan tour liburan untuk spot tertentu. Untuk membandingkan harga coba ada teliti dua atau tiga tour agent dengan harga yang mereka tawarkan termasuk fasilitas tambahan yang akan menjadi daya tariknya.

Sebelum melakukan pilihan ini sebaiknya anda melakukan riset jauh-jauh hari untuk mendapatkan sebuah jawaban apakah membeli tour agent di online atau langsung [go show]. Ini juga penting, karena anda tidak pernah mengetahui apakah pada saat anda sampai di negara tujuan nanti ternyata tour yang mereka sediakan sold out atau habis terjual. Jika ada harganya pun sudah lagsung ke premium. Kasus seperti inilah yang membuat jumlah uang yang akan anda belanjakan menjadi membengkak dan besar sehingga over budget.

7. Jangan Remehkan dan Bosan Untuk Bandingkan Harga.
Karena ingin cepat dan praktis anda langsung melakukan transaksi. Hal seperti ini sebaiknya anda hindari sebaiknya bandingkan harga untuk beberapa pilihan. Karena anda tidak mengetahui harga pasar saat itu dengan cara bandingkan harga ini anda bisa paham dan bisa mendapatkan harga yang sangat murah jika rajin bertanya. 

Seperti sudah diulas di poin enam diatas, sudah banyak backpacker melakukan cara seperti ini untuk menghemat biaya perjalanan mereka. Karena ada trik khusus ini selalu diberlakukan agar uang yang telah dipersiapkan tidak sia-sia dan harus reasonable untuk dibelanjakan. Berlaku untuk semua saya rasa untuk pembelian hotel atau hostel, transportasi untuk berpindah negara, hingga membeli makanan pun bisa juga dilakukan. Memang sedikit ekstrim memang begitulah caranya anda ingin berhemat untuk travelling liburan. 

Jika harga yang anda dapatkan lebih murah di online ataupun secara langsung maka itu lah harga terbaik. Anda tentu akan menjadi lebih puas mendapatkan harga yang sangat kompetitif seperti ini dan cermat melakukan eksekusi pembayaran.

8. Beli Jauh-Jauh Hari.
Saat sekarang ini untuk melakukan transaksi perjalanan sudah bisa dilakukan jauh-jauh hari seperti pembelian tiket pesawat, hostel, hingga transportasi berpindah negara. Memang ada benarnya membeli jauh-jauh hari mendapatkan harga khusus bahkan diskon potongannya sangat menggiurkan. Apabila anda menemukan situasi seperti ini dan cocok dengan waktu keberangkatan anda kelak sebaiknya anda mencoba untuk melakukan pembelian. Harga yang mereka publish sudah sangat murah bahkan jauh melebihi dari harga pasar yang sebenarnya.

Untuk cara hemat seperti ini sudah menjadi pengalaman saya untuk melakukan perjalanan ke luar negeri dan memang harga yang mereka publish tersebut memang murah bahkan perbedaanya bisa mencapai 35% dari harga pasar. Jangan pernah anggap remeh membeli pada waktu jauh-jauh hari bisa juga anda berhemat walaupun perjalanan nanti di 6 bulan kedepan tidak menjadi masalah karena akan dibeli juga akhirnya.

9. Sharing Cost.
Jika anda melakukan perjalanan minimal berdua tentu bisa juga berhemat. Anda bisa sharing cost penginapan bahkan makanan dan minuman. Cara seperti ini sudah sangat biasa dilakukan untuk mendapatkan hemat dari pos penginapan karena teman bisa menjadi penyelamat biaya yang akan anda keluarkan. Biasanya perjalanan sharing cost ini banyak bertema backpacker dan kebetulan pada waktu yang sama teman anda juga melakukan perjalanan dengan rute yang sama, nah ini lah kesempatan yang sangat berharga sekali untuk berbagi biaya dimulai dari sharing cost.

Pastikan teman yang anda ikut berbarengan dengan anda ini karakternya sama , karena ada beberapa prinsip yang harus disamakan dahulu. Seperti apakah mau melakukan sharing cost untuk berbagai tema liburan ini. Harus ada kesepakatan agar hemat biaya perjalanan liburan ini bisa anda dapatkan segera.

PENTING!
Ada pengalaman para backpacker yang melakukan pembelian tempat penginapan hostel atau hotel saat di lokasi saja atau langsung [go show]. Memang ada resiko nantinya jika kondisi penginapan nanti full atau sold out dan akhirnya anda terpaksa memilih hotel yang lebih mahal untuk menginap. Jika anda suka cara seperti ini ada konsekwensinya dan merupakan pilihan untuk masing-masing para traveller.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.