Langsung ke konten utama

Tips Aman Menyenangkan Saat Memilih Trip Liburan Travelling Ke Pulau Komodo

Destinasi wisata terbaru yang sudah mengguncang dunia adalah Pulau Komodo sudah masuk daftar perjalanan kelas internasional sudah menghipnotis para traveller dari Indonesia untuk melakukan eksplor pulau eksotis ini yang berada di NTT {Nusa Tenggara Timur}. Pulau Komodo dimana menjadi habitat asli komodo yang merupakan keajaiban dunia yang dilindungi ini segera menyambut para wisatawan yang akan transit bahkan menghabiskan masa liburan di sekitar lokasi ini. Tentunya untuk mengunjungi Pulau Komodo ini harus memahami beberapa tips aman saat anda sedang berada di sekitar habitat Komodo yang menjadi perhatian agar tidak terusik oleh binatang Komodo itu sendiri, walaupun anda ada disekitar mereka tetap nyaman untuk melihat mereka dari dekat dengan jarak yang telah ditentukan oleh pengelola.

Poto oleh: theanandic.com

Plesirankotatua ingin sharing saat anda melakukan perjalanan travelling trip liburan ke Pulau Komodo dalam waktu dekat karena ada beberapa tips penting yang menjadi atensi khusus saat anda berada di dekat mereka saat kehidupan liar mereka menjadi sebuah ancaman terhadap keselamatan semua wisatawan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Saat Berkunjung Harus Bersama Petugas Khusus.
Pulau Komodo sebagai habitat asli dari hewan kadal terbesar di dunia ini cukup luas dan tentu sangat banyak jumlah Komodo yang masih hidup liar. Sebagai pengelola habitat Komodo ini ada petugas khusus atau tour guide lapngan khusus disana yang akan memandu seluruh wisatawan yang ingin melihat hewan ini dari dekat. Untuk anda yang akan berkunjung pastikan harus tetap dalam rombongan jangan berpencar karena hewan ini tidak suka terusik dengan kegiatan yang membuat mereka tidak nyaman. Attitude penting saat berada disekitar mereka seluruh informasi yang disampaikan sebelum memasuki kawasan Komodo ini diperhatikan dengan sungguh-sungguh.

PENTING!
Kasus saat terjadi seorang turis luar negeri yang nekat berjalan sendirian di pagi hari dengan kameranya diserang oleh Komodo. Turis ini melanggar aturan yang telah ditetapkan untuk tidak boleh berjalan di Pulau Komodo sendirian karena harus didampingi oleh petugas khusus. Jangan sampai terulang lagi dan jaga adab saat berkunjung ke lokasi ini.

2. Selalu Santai Jangan Membuat Gerakan Tiba-Tiba Membuat Komodo Kaget.
Indera penglihatan Komodo memang tidak sempurna tetapi indera penciumannya sangat luar biasa sempurna. Sebagian traveller menyebutnya hewan ini jinak dan tidak responsif, jangan salah justru Komodo sangat agresif saat mereka terusik. Jangan membuat gerakan yang memberikan efek tiba-tiba yang tentu membuat Komodo menjadi agresif dan pastikan suara berisik dan teriak dihindari saat berada disekitar lokasi.

3. Wanita Menstruasi Dilarang Berkunjung.
Khusus bagi wanita yang sedang dalam masa datang bulan atau menstruasi dilarang mengunjungi lokasi. Karena Komodo sangat sensitif sekali bau darah, hewan purba ini bisa mencium aroma amis darah ini dengan jarak 5 km jauhnya dan bisa membuat mereka menjadi sangat agresif. Sudah saat wanita menstruasi sebenarnya dilarang tetapi tidak secara total. Sebelum adan berkunjung sebaiknya langsung memberi tahu petugas bahwa sikulus bulan anda sedang berlangsung.

4. Waspada! Jika Komodo Mengejar Segera Lari Metode Zig Zag Dan Menuju Ke Lokasi Tinggi.
Saat anda berada di sekitar lokasi mungkin ada situasi Komodo dalam suasana agresif. Komodo mempunyai tenaga yang besar dan dapat berlari dengan cepat, tetapi larinya posisi luruh. Apabila saat tersebut anda dikejar maka ambil posisi lari dengan metode zig zag karena penglihatan mereka tidak sempurna akan menjadi lemah saat anda lari dengan posisi seperti ini. Cari tempat yang cukup tinggi dan naik segera. Misal ke rumah panggung karena Komodo akan kesulitan menaiki tangga. Dan yang menjadi perhatian penuh adalah air liur dari komodo ini sangat banyak mengandung bakteri yang berbahaya bagi tubuh, jadi pastikan anda selalu waspada karena efeknya sangat mematikan.

5. Jauhkan Warna Merah Saat Berkunjung.
Sebagian rekomendasi menyebutkan jauhkan warna merah saat berkunjung termasuk pakaian dan celana yang berwarna ini. Karena sifat agresif ini banyak para wisatawan enggan memakainya karena tidak mau mengambil resiko. Sebaiknya anda memakai pakaian lain yang tentu lebih baik agar suasana nyaman saat berkunjung bisa anda dapatkan segera.

6. Tidak Boleh Nyalakan Api.
Pulau Komodo sangat tandus bahkan gersang, efek kebakaran sangat tinggi disekitar pulau. Selalu waspada bagi anda yang suka merokok untuk memperhartikan puntung rokok yang masih ada nyala api untuk tidak dibuang sembarang tempat akan menyebabkan kebakaran. Bahkan larangan untuk merokok sudah mulai gencar dilakukan untuk memberikan efek aman untuk Pulau Komodo yang eksotis ini.

7. Hindari Pemakaian Parfum Menyengat.
Sebaiknya anda berkunjung jangan menggunakan parfum yang sangat menyengat, karena penciuman Komodo sangat sempurna dan menghindari diri anda untuk tidak didatangi oleh hewan buas ini. Rekomendasi yang banyak disampaikan usahakan jangan pakai parfum saat berkunjung menjadi lebih baik.

8. Pahami Musim Larangan Berkunjung Ke Pulau Komodo.
Ada bulan tertentu wisatwan tidak boleh bekrkunjung pada saat Komodo dalam musim kawin dan Komodo betina bertelur. Bulan tersebut adalah bulan September. Di musim ini banyak sekali Komodo masuk keluar hutan dimana para Komodo Jantan akan bertarung untuk mendapatkan seekor betina di masa kawin tersebut. Jadi pastikan bulan ini menjadi atensi khusus agar kenyamanan anda selama travelling bisa didapatkan.

KESIMPULAN.
Setelah anda sampai di Pulau Komodo semua aturan yang telah ditetapkan wajib anda patuhi, jangan bandel dan enak sendiri yang akan memberikan efek fatal terhadap diri sendiri. Seluruh instruksi yang akan disampaikan oleh petugas khusus atau ranger yang akan memandu seluruh aktifitas wisata di Pulau Komodo. Instruksi yang dimaksud adalah ada hal yang diperbolehkan dan tidak boleh. Jadi seluruh pertualangan yang akan anda dapatkan untuk menghindari hal yang membuat resiko terhadap seluruh pengunjung dan harus anda patuhi.

Saat melakukan treking bersama ranger harus memperhatikan jarak yang harus diikuti oleh traveller, karena jalur yang akan dilewati sudah banyak dipahami oleh para petugas khusus ini maka anda jangan pernah berpisah dari rombongan. Karena waktu tiba-tiba bisa saja Komodo akan datang secara tiba-tiba yang tentu akan memberikan efek kaget kepada seluruh traveller wisatawan.

Semoga artikel ini bermanfat dan bisa memberikan sedikit sharing pengalaman kepada anda yang ingin berkunjung ke pulau yang sudah masuk keajaiban dunia yang dilindungi. Pastikan seluruh aktifitas anda wisata menyenangkan dan ikuti seluruh peraturan yang telah ditetapkan oleh pengelola Pulau Komodo demi keselamatan selama treking nanti. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.