Langsung ke konten utama

Tips Mudah Rencana Untuk Melakukan Trip Perjalanan Liburan dari Singapore-Malaysia-Thailand-Kamboja-Laos-Vietnam

Rute perjalanan seperti ini sudah menjadi idaman seluruh traveler dari Indonesia untuk menikmati seluruh perjalanan liburan dengan rute Singapore-Malaysia-Thailand-Kamboja-Laos-Vietnam sebagai destinasi yang bisa dilakukan bagi anda yang ingin mengasah jiwa pertualangan atau backpacker. Untuk mempersiapkan rencana yang sangat spektakuler ini khusus bagi anda ingin melangkah ke depan dengan tema estafet dari negara ke negara lain dalam satu jalur perjalanan bisa menjadi sebuah pengalaman untuk bisa menerapkan ke rute estafet negara lainnya seperti di Eropa. Pengalaman untuk wilayah ASEAN ini sebagai pemanasan agar semua negara yang telah anda kunjungi ini bisa menjadi sebuah pengalaman yang bisa anda sharing ke rekan lainnya untuk melakukan perjalanan yang sama. 






Plesirankotatua ingin memberikan tulisan artikel yang cukup lengkap bagaimana Tips Mudah Rencana Untuk Melakukan Trip Perjalanan Liburan dari Singapore-Malaysia-Thailand-Kamboja-Laos-Vietnam dengan nyaman dan menyenangkan. Berikut penjelasannya,

1. Persiapkan Paspor.
Untuk memasuki negara ASEAN anda harus mempersiapkan paspor sebagai dokumen resmi, penting, dan wajib. Hanya membutuhkan paspor hijau saja anda sudah mempunyai akses untuk masuk dan melakukan perjalanan seperti ini sudah bisa dilakukan. Apabila anda telah memiliki paspor sebaiknya masa berlakuknya masih dalam waktu +/- 12 bulan atau minimal +/- 6 bulan saat traveling ini berlangsung. Ini lah langkah pertama yang harus anda persiapkan dokumen resmi paspor sebagai identitas perjalanan untuk memasuki negara seluruh dunia termasuk ASEAN. Hal yang sangat menyenangkan adalah pemegang paspor Indonesia tidak memerlukan Visa masuk ke negara ASEAN, rata-rata waktu yang disetujui dimulai dari 15 hari sampai dengan 30 hari.

2. Persiapkan Budget Biaya Selama Traveling.
Melakukan sebuah perjalanan akan berhubungan dengan jumlah uang yang akan dipersiapkan. Seluruh aktifitas yang akan anda lakukan di negara orang sudag pasti nilai sejumlah uang yang akan dipersiapkan dimulai dari makan, minum, naik transportasi, tempat penginapan, dan lainnya. Maka, pertimbangan secara backpacker lah cara yang terbaik untuk menghemat selama melakukan perjalanan trip di negara ini. 

3. Pilih Waktu Terbaik.
Memilih waktu terbaik melakukan perjalanan sudah pasti berhubungan dengan jumlah uang. Maksudnya begini, apabila anda memilih waktu di low season dimana wisatawan berkurang melakukan perjalanan makan harga yang di publish oleh para pelaku pariwisata akan memberikan harga murah. Tidak tanggung-tanggung dimulai dari harga tiket pesawat dan tempat penginapan memberikan diskon besar-besaran. Momen ini lah yang dinanti oleh para traveler seluruh dunia untuk memanfaatkan momen ini melakukan trip ke beberapa tujuan negara seperti rute ini.

4. Siapkan Daftar Perjalanan atau Itinerary Aktifitas Selama Traveling.
Jangan anggap remeh itinerary perjalanan, ini lah panduan anda dan petunjuk perjalanan lebih fokus dan terarah. Dengan adanya daftar yang telah anda susun berarti anda sudah mulai berfikir untuk menghitung berapa jumlah uang yang akan dihabiskan untuk setiap kali berkunjung ke tempat wisata. Pedoman itinerary perjalanan merupakan cara untuk menghargai liburan anda lebih terkonsep tidak semraut bahkan ugal-ugalan sehingga budget yang telah anda persiapkan menjadi membengkak alias over budget. Buat secara rinci dan pastikan seluruh tempat wisata, jenis transportasi, hingga seluruh aktifitas per hari anda buat sehingga nilai per hari biaya hidup disana bisa anda prediksikan jumlahnya berapa.

5. Pilih Akomodasi Terbaik, Termurah, dan Terjangkau Sedini Mungkin.
Saat anda melakukan perjalanan nanti sudah dipersiapkan seluruh komponen penting trip traveling ini sedini mungkin. Dengan pola ini anda sudah mulai memperhitungkan jumlah budget untuk satu pos seminimal mungkin bahkan se kompetitif mungkin. Untuk mendapatkan harga ini sudah banyak sekali provider bahkan aplikasi yang sudah ada di Google Play atau AppStore yanh menyediakan jasa pembelian untuk traveling. Jika anda ingin membandingkan beberapa kompetitor pos traveling ini sangat direkomendasikan berarti harga yang tertera di layar merupakan harga terbaik bahkan sudah sangat disenangi pasar yang paling banyak yaitu para backpacker.

6. Hindari Perjalanan Rute Berulang-Ulang.
Melakukan perjalanan ke beberapa rute secara estafer sebaiknya jangan menempuh rute yang berulang-ulang atau repeat step karena akan membuang-buang uang, tenaga, waktu, dan membuat anda stress. Pilih negara pertama sebagai starting point untuk perjalanan dan siap melakukan estafet ke negara berikutnya setelah melakukan eksplor seluruh spot yang dibuat di itinerary. Setelah lengkap dan selesai persiapan perjalanan harus sudah selesai dan tidak kembali lagi ke negara tersebut karena tentu akan mempersiapkan sejumlah budget tambahan yang sebaiknya di gunakan ke hal yang lebih baik.

7. Pilih Perjalanan Malam Saat Estafet Hemat Biaya Penginapan.
Ini lah cara terbaik yang dipilih saat melakukan perjalanan estafet di malam hari sudah pasti anda sudah mulai berhemat. Anda tidak perlu membayar tempat penginapan lagi untuk istirahat karena perjalanan malam anda secara langsung sudah istirahat bersama dengan transportasi publik yang telah dipilih seperti kereta api atau bis malam. Poin ini sudah banyak dipilih oleh para backpacker yang suka melakukan pertualangan rute estafet ke beberapa negara agar budget yang mereka keluarkan lebih produktif dan tepat sasaran.

8. Jika Perlu Dapatkan Penginapan Gratis.
Sekarang ini sudah ada platform www.couchsurfing.com yang menyediakan penginapan gratis dan anda harus mendaftar disana. Pastikan rute perjalanan anda seperti ini ada beberapa rumah yang siap memberikan tumpangan tempat tinggal saat traveling anda berlangsung. Ikuti prosesnya dan nikmati fasilitas yang diberikan oleh partnership traveler yang ikut dalam wadah platform ini yang sangat bermanfaat sekali bagi traveler seperti anda. FYI, anda harus mengikuti seluruh ketentuan yang ada dan jaga attitude dan kebiasaan di lingkungan yang terstandar di couchsurfing ini. Rekomendasi ini banyak dipilih karena gratis dan tentu sangat disukai oleh backpacker seperti anda. 

9. Sharing Cost Jika Diperlukan.
Untuk melakukan penghematan memang sharing cost bisa dilakukan. Treveling bareng sangat banyak dipilih khususnya di komunitas traveling untuk sharing cost apapun bentuk jenis pengeluaran seperti makanan, minuman, hingga penginapan. Sebaiknya jika kesempatan perjalanan ini apabila ada rekan anda bisa diajak trip bareng dan memang sesuai karakternya dengan anda bisa melakukan sharing cost sangat direkomendasikan demi trip ini berlanjut dengan biaya yang bisa ditanggung bersama untuk pos tertentu. Persiapan sedini mungkin dan komitmen untuk melakukan perjalanan menjadi hal yang cukup prinsip sehingga kenyamanan dan kesenangan trip ini tetap dirasakan kedua belah pihak.

10. Siapkan Kokoh Kedua Kali Saat Melangkah.
Modal utama untuk berpindah tempat jarak dekat memang harus menggunakan kedua kaki. Anda harus persiapkan kedua kaki dan mulai latih untuk tidak cepat lelah dengan melakukan olah raga sebelum traveling dimulai. Cara yang sangat konvensional dan masih banyak digunakan oleh traveler untuk menikmati perjalanan tidak selalu menggunakan transportasi bergerak beroda. Pilih tempat wisata yang cukup dekat dan bisa diakses dengan berjalan sehingga anda bisa menghemat biaya saat melakukan trip estafet seperti ini.

11. Selalu Jaga Kondisi Kesehatan.
Sebelum anda melakukan perjalanan sudah mempersiapkan fisik dan kesehatan untuk menjaga ketahanan tubuh tetap terjaga saat eksplor jelajah bisa anda andalkan. Kesehatan adalah mutlak karena dengan kondisi sehat anda bisa melakukan banyak aktifitas apapun bentuknya. Mulai lah konsumsi makanan bergizi, hindari merokok, tidur cukup, olah raga, hingga kegiatan positif lainnya sehingga kondisi tubuh yang sangat sehat saat melakukan traveling bisa menjadi penentu indahnya perjalanan. 

12. Selalu Pantau Kondisi Cuaca, Politik, Hingga Keamanan Negara Tujuan.
Memang untuk poin ini tidak bisa mengira-ngira apakah situasi keamanan politik negara tujuan bisa diprediksi. Seperti terjadi kasusu politik keamanan di Thailand banyak sekali traveler yang membatalkan perjalanan trip kesana sehingga kerugian yang diterima cukup besar. Sebelum anda memutuskan estafet perjalanan ke beberapa negara harus sedini mungkin memantau kondisi seperti ini agar tidak terjadi kerugian atau salah arah perjalanan trip nanti. Khusus untuk cuaca bisa dipantau dari beberapa aplikasi bahkan dari media yang khusus menyampaikan prakiran selama sepekan bahkan dua minggu sebelum berangkat sudah bisa anda dapatkan dengan mudah dari smartphone.

13. Jangan Terlalu Banyak Bawa Uang Tunai.
Menjadi perhatian bagi seluruh traveler jangan terlalu banyak membawa uang tunai saat traveling. Bawa secukupnya jika berkurang baru anda gunakan ATM atau uang USD sebagai cadangan. Antisipasi untuk kecurian atau rampok di perjalanan perlu dicermati oleh seluruh traveler agar keselamatan jiwa menjadi atensi penuh. Trik untuk menyimpan uang tunai sediakan tempat yang tersembunyi di celana saku di dalam yang bisa menyimpan ekstra uang tunai jika kebutuhan bisa anda jangkau dengan mudah. Sekarang ini sudah banyak jenis celana khusus traveler seperti ini yang menyediakan saku rahasia sehingga meletakan benda berharga ini bisa terjaga dengan aman.

14. Jangan Memakai Perhiasan dan Asesoris Mahal.
Perlu diperhatikan banyak sekali traveler tidak menggunakan perhiasan dan aksesoris mahal saat melakukan perjalanan. Tidak usah nyentrik atau show off saat estafet perjalanan ke beberapa negara seperti ini. Anda harus menjaga diri dimulai dari penampilan dengan tidak memakai apapun bentuk perhiasan atau aksesoris terlalu mahal. Pilih yang standar dan memang anda butuhkan khusus untuk wanita tidak memakai benda berharga seperti emas berjalanan sebaiknya saat traveling ini harus tidak dipakai.

15. Bawa Barang Penting Saja.
Membawa barang perlengkapan hanya yang penting saja. Jangan terlalu banyak membawa barang di tas backpack yang tentu akan memberikan beban berat saat dibawa nanti. Anda bisa pilih perlengkapan apa saja yang harus dipersiapkan agar saat traveling nanti bisa membantu anda dalam suasana apapun bentuknya. Barang yang simpel tetapi sangat rekomendasi ini memang disesuaikan dengan tema perjalanan nanti, jadi harus diteliti secara dini jenis traveling yang akan dilakukan. Kalau untuk pria tidak terlalu sulit untuk pilih pilah barang yang akan dibawa, khusus wanita harus meneliti lebih rinci mana yang paling penting akan dibawa dengan pertimbangan lebih . Perhatikan musim perjalanan nanti memang ada hubungannya termasuk sepatu, sendal, pakaian, dan lainnya harus anda teliti sebelu dibawa. 

16. Pahami Mengisi Isi Kartu Imigrasi Seluruh Negara Tujuan.
Saat memasuki negara tujuan sudah tentu pasti mengetahui isian di kerta imigrasi. Satu kartu ada dua bagian yang isiannya sama yang digunakan sebagai kontrol dari negara tujuan saat anda masuk dan keluar. Setelah anda isi lengkap di pintu masuk imigrasi akan diberikan potongan yang harus anda simpan dan akan dikembalikan lagi di pintu keluar negara tujuan. Pastikan isian harus lengkap, jujur, dan sampaikan jawaban benar saat ditanya oleh petugas imigrasi. Jika keterangan anda tidak jujur dan tidak sesuai keadaan sebenarnya bisa saja anda akan di deportasi atau di black list tidak boleh masuk negara tersebut secara permanen. Harus berhati-hati dan ikuti keadaan yang sebenarnya.

17. Universal Travel Adaptor.
Penggunaan smartphone tentu sangat tinggi saat berada di negara tujuan. Tentu anda butuh informasi tambahan dengan adanya WIFI gratis tentu baterai yang ada di hape menjadi habis. Untuk negara tujuan tidak semuanya sama untuk colokan listriknya. Untuk antisipasi anda tidak mati gaya saat melakukan traveling nanti bawa universal travel adaptor untuk membantu sambungan listrik ke gadget atau barang elektronik anda lainnya. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.