Langsung ke konten utama

Coworking Space Di Indonesia Konsep Baru Untuk Bisnis Berlaku Semua Latar Belakang Bisnis Termasuk Seorang Digital Nomads

Sekarang ini sudah mulai bermuculan coworking space yang sudah mulai membius para digital nomads Indonesia sebagai tempat penting untuk membuat konten kreatif yang disenangi oleh para ilustrator atau creator yang butuh tempat untuk mewujudkannya. Sebenarnya tempat ini juga diperuntukan kepada seluruh kalangan termasuk para pebisnis yang ingin bertemu dengan client butuh tempat untuk bertemu, meeting, hingga mini conference untuk memenangkan kompetisi yang sedang mereka lakukan. Bahkan saat sekarang ini telah bermunculan tempat coworking yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, hingga sampai ke Bali.

Poto oleh: xwork.co

Perkembangan coworking ini tumbuh karena adanya peluang pasar yang diinginkan oleh konsumen yang butuh tempat yang cukup lengkap seperti kantor pada umumnya dimana mereka bisa menyewa tempat ini dalam waktu tertentu untuk bekerja saat waktu yang mereka miliki ada disekitar lokasi coworking ini berada. Tentu anda sangat membahami jika seorang pekerja kantoran yang banyak berhubungan dengan fasilitas pendukung untuk bekerja dan itu lah konsep asli dari coworking yang sudah menjamur saat ini.

APA ITU COWORKING SPACE?
Pertanyaan ini tentu banyak dicari oleh para konsumen lainnya bahkan menjadi trending topik di media sosial. Apa itu coworking space?. Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia merupakan ruang kerja bersama untuk melakukan aktifitas baik orang pribadi atau kantoran untuk bekerja dengan tujuan tertentu. Ruangan yang tersedia mirip dengan sebuah kantoran yang bisa menampung beberapa orang sehingga bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis, start up, freelancer, digital nomads, hingga strategic planner. Ketersedian luas memang tergantung dari kebutuhan masing-masing dimulai dari untuk satu orang hingga lebih dari 10 orang. Fasilitas pendukung untuk sebuah coworking ada tersedia pantry utuk melakukan aktifitas konsumsi saat istirahat berlangsung.

KONSEP COWORKING SPACE.
Konsepnya tentu harus disesuaikan dengan selera konsumen dengan kenyamanan yang sangat tinggi bahkan dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang mutakhir serta up-to-date. Ruang kerja yang sangat nyaman seperti di perkantoran pada umumnya bisa dinikmati saat anda yang ingin memulai suatu bisnis tetapi tidak memiliki kantor maka solusinya dapat memilih coworking space sebagai pilihan terbaik. Mungkin sebelumnya banyak menggunakan cafe atau resto sebagai tempat untuk meeting membicarakan bisnis tetapi sekarang sudah beralih ke kantor idaman yang didapat dari coworking space seperti ini.

Hampir sama dengan kantor tetapi coworking banyak dimanfaatkan oleh semua konsumen dengan beraneka ragam latar belakang. Banyak ditemukan di perkantoran sebagai pusat bisnis di Jakarta, Bandung, hingga Surabaya dimana gedung satu lantai di sulap menjadi beberapa bilik disesuaikan dengan kebutuhan kemudian di desain menarik ibarat sebuah ruangan khusus yang bisa digunakan sebagai tempat kerja, meeting, presentasi, hingga kegiatan perkantoran pada umumnya.

Fasilitas yang disediakan tentu harus disesuaikan dengan client yang akan menggunakan service ini apakah perusahaan, start up, atau seorang digital nomads. Dengan adanya pemilihan konsep ini akan berhubungan dengan fasilitas yang akan disiapkan oleh pengelola coworking space. Semua pilihan ini harus memberikan kesan bahwa tempat yang mereka tempati sementara ini nanti harus homy bahkan terkesan modern dengan desain minimalis dan elegan. Biasanya konsumen yang sudah banyak tinggal di kota metroplitan akan menyukai konsep selera urban yang dilengkapi dengan furniture tidak membosankan dan dapat memberikan mood kerja lebih semangat dengan pemilihan warna yang tepat. Pastinya, dengan fasilitas yang sudah up to day ini akan dilengkapi dengan jaringan internet super cepat, line telepon yang bisa conference call, hingga fasilitas vidio call yang menjadi pelengkap teknologi mutakhir.



SEJARAH MUNCULNYA COWORKING SPACE.
Ide pertama kali muncul coworking space ini sekitar tahun 1995 saat ini ad organisasi nirlaba C-Base yang berlokasi di Jernam yang ingin menggabungkan pola organisasi yang dimilikinya dengan teknologi komputer serta tempat untuk melakukan meeting pertemuan. Para peserta menyebutnya pada waktu ini menyebutnya Hackerspace. Dengan berjalannya waktu berubah nama menjadi coworker space, dengan penyebutan nama ini terjadi sekitar tahun 1999 oleh Bernard Brian De Koven. Konsep yang mereka lakukan dimana semua yang hadir tidak ada bawahan dan atasan berbeda dengan konsep kantoran yang sudah ada pada umumnya. 

Menjadi sebuah coworker space sebenarnya terwujud sekitar 9 Agustus 2005 di San Fransisco USA dimana banyak yang menyebut di tanggal ini lah lahirnya coworker space pertama dunia ada di sini didirikan oleh Brad Neuberg yang awalnya ruangan yang dilengkapi dengan meha spiral yang bisa digunakan sebagai tempat bekerja dan saat tersebut disediakan juga menu makan siang untuk para peserta yang hadir. 

Napak tilas di Indonesia coworking space yang awalnya ada di kawasan Sukaluyu Bandung ini muncul di kota lainnya seperti Jakarta, Surabaya, dan beberapa kota lainnya. Dengan berkembangnya dan bahkan cukup baik sambutan masyarakat maka puncaknya di bulan Februari tahun 2016 diadakan Konferensi Coworker Indonesia di Bali sebagai awal bertemunya coworking space Indonesia.

TANTANGAN COWORKING SPACE INDONESIA.
Memang konsep ini mirip kantor yang sangat banyak fasilitas pendukung yang mempunyai harga yang cukup mahal bahkan sebagian orang masih berfikir panjang dengan harga yang di publish. Tetapi jika melihat prospek ke depan bisnis ini bisa sangat berkembang saat start up atau digital nomads yang ingin tempat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisa bersaing dengan baik sehingga going concern bisnis coworking ini bisa berjalan semestinya. 

Khusus bagi developer atau owner pemilih gedung yang masih saja ada lantai yang kosong tanpa penyewa dapat membuat konsep coworking space ini untuk menarik para start up muda atau para penggila digital untuk datang dengan menyewa pastikan sesuai dengan kapasitas dompet hingga luasnya space yang disiapkan. 

SEGMENT PASAR.
Untuk memenangkan kompetisi memang harus terfokus pada segmen pasar yang akan dimasuki oleh pengelola coworking space. Lirik pasar yang memang potensial dan sesuaikan dengan lokasi tempat area yang akan dijadikan lahan untuk coworking ini. Misalnya, gedung yang menyediakan coworking space di sekitar pusat bisnis atau dekat dengan shopping mall fokus segmen pasar jatuh pada pebisnis profesional muda hingga strategic planner dari perusahaan yang sedang melayani investor yang akan melakukan go private untuk tujuan bisnis jangka panjang. Begitu juga dengan loksi dekat dengan sekolah, universitas, atau pusat pendidikan tentu coworking space yang disediakan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Meneliti segment pasar ini untuk meningkatkan konsumen yang akan melakukan penyewaan untuk waktu tertentu. Memang pengelola harus menyesuaikan dengan jenis fasilitas yang dibutuhkan oleh segemented pasar yang akan dimasuki untuk bisa memenangkan kompetisi di masa yang akan datang.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN COWORKING SPACE.
Jika bisnis anda sudah mulai berjalanan dan jumlah client anda yang ingin bekerjasama dengan anda sudah meningkat berarti anda butuh tempat yang cukup representatif agar meeting yang akan dilakukan tetap nyaman memang harus menggunakan coworking space untuk menunjang seluruh aktifitas bisnis. Merintis sebuah perusahaan tidak selalu harus memiliki kantor sendiri, anda bisa mengambil peluang dengan munculnya pilihan coworking space sebagai tempat terbaik dengan harga yang masih bisa terjangkau untuk kelas start up, digital nomads, hingga pelaku bisnis. Jika anda masih dalam tahap berkembang memang tidak harus selalu memiliki aset kantor dengan fasilitas yang cukup lengkap dari coworking space bisa diandalkan untuk sementara. Apabila seluruhnya sudah stabil maka anda bisa memikirkan membuat lokasi kantor yang sebenarnya untuk melakukan aktifitas bisnis anda.

PENUTUP.
Kapan anda membutuhkan coworking space untuk bekerja bisa diteliti dengan komprehensif agar peluang untuk mendapatkan client atau memenangkan kompetisi bisnis butuh tempat yang representatif. Peduli dengan bisnis memang harus anda pengorbanan untuk membayar sedikit lebih mahal tetapi effort strategis yang bisa anda dapatkan di jangka pendek atau jangka panjang sangat nyata di depan mata. Meneliti dengan teliti sebelum bertindak memang diharuskan agar efektifitas penggunaan cowroking space ini bisa lebih maksimal untuk kebutuhan bisnis anda di masa yang akan datang.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.