Langsung ke konten utama

Kenapa Saat Anda Melakukan Claim Asuransi Perjalanan Traveling Ditolak Oleh Insurance Company? Mungkin Ini Salah Satu Alasan Jawabannya

Melakukan perjalanan ke beberapa destinasi seperti negara Eropa mewajibkan para traveler mengikuti asuransi perjalanan atau travel insurance untuk melindungi beberapa problema trip tidak hanya kesehatan saja tetapi ada beberapa hal lain yang menyertai dimulai dari anda berangkat, saat terbang, hingga medarat kembali. Proses ini berlaku lamanya waktu perjalanan yang akan anda lakukan disitulah asuransi akan melindungi anda secara maksimal. Apabila terjadi hal yang tidak beres selama trip perjalanan nanti tentu akan melakukan claim asuransi perjalanan. Proses tentu membutuhkan waktu dan perasaan stress melanda dan anda harus mengikuti seluruh tahap-tahap yang harus dilalui sesuai dengan prosedur baku dari provider asuransi yang anda tunjuk.

Poto oleh: theexpeditioner.com


Setelah proses anda ikuti dan seluruh dokumen dilengkapi ternyata claim asuransi anda di tolak bahkan provider tidak mau membayar seluruh kerugian yang telah anda bayar saat itu. Tentu anda sebagai traveler ingin mengetahui kenapa claim asuransi ditolak, dan ada alasan jawaban yang menyebabkan kenapa provider asuransi ini tidak mau membayar dan anda sebagai user harus mengetahui dengan seksama agar tidak terjadi pada musim perjalanan liburan nanti. Berikut penjelasannya.

1. Traveler Tidak Deklarasikan Kondisi Medis Sebenarnya.
Saat anda traveling nanti misalnya ke negara Eropa proses mendapatkan Visa kunjungan harus disertakan travel insurance untuk melengkapi syarat disetujui sebuah aplikasi untuk traveler. Alasan yang paling berharga adalah melindungi tema perjalanan anda nanti termasuk situasi gawat darurat atau emergency pada kejadian yang tidak bisa anda duga waktunya. Traveler harus taat aturan saat penyedia asuransi ini menyuruh untuk deklarasikan semua riwayat penyakit yang telah anda lalui dan sebutkan dengan rinci, apabila anda menyembunyikan dan dapat dikatakan tidak valid maka jika saat di negara tujuan nanti penyakit bawaan anda kambuh dan perlu mendapat pertolongan tetapi saat proses anda tidak deklarasikan sebagai riwayat penyakit yang di derita sudah dipastikan claim asuransi anda akan di tolok dan tidak di bayar.

Maka, traveling yang mengharuskan menggunakan asuransi sebagai syarat utama untuk mendapatkan sebuah dokumen perjalanan pastikan anda harus mendapatkan saran dan pendapat dari dokter ahli. Apakah perjalanan anda nanti berbahaya atau tidak karena ujung-ujungnya asuransi yang telah anda bayar preminya ditolak pembayaran. Perlu dipahami bahwa, asuransi perjalanan ini melindungi penyakit yang tiba-tiba menyerang anda saat traveling dan cedera langsung di negara tujuan. 

2. Kegiatan Traveling Olah Raga Berbahaya Dan Aktifitas Pegunungan.
Saat sekarang ini untuk setiap provider atau perusahaan asuransi yang menyediakan paket perlindungan untuk traveler berlibur memang ada perbedaan perlakuan khususnya untuk kegiatan olah raga atau pertualangan berbahaya. Perlindungan yang mereka sediakan standar saja tidak sangat ekstrim dan membahayakan. Tetapi, dengan banyaknya peminat untuk traveler tertentu yang melakukan kegiatan olah raga ekstrim tentu memiliki premi yang berbeda dan jauh lebih mahal seperti kegiatan paralayang, treking, pertualangan di objek tinggi, bahkan bungee jumping juga bisa di cover. Jadi, sebelum anda mengikuti program asuransi saat perjalanan ini harus memeriksa apakah perlindungan yang akan anda dapatkan nanti tertulis di klausul atau tidak. Apabila tidak berarti perlindungan yang akan anda dapatkan jika melakukan kegiatan olah raga ekstrim jika terjadi kecelakaan dan bahaya lainnya seperti contoh olah raga ini tentu claim asuransi anda tidak akan dibayar bahkan di tolak.

3. Kadar Alkohol Tinggi Dan Anda Sebagai Pengguna Obat Terlarang.
Kegiatan seperti ini tentu sangat berbahaya dan tentu akan di tolak saat anda melakukan claim asuransi. Efeknya ya tidak jauh-jauh dari pelanggaran  atau kecelakaan akibat kedua benda merusak ini. Klausul sudah jelas tertera dan tentu akan bisa anda baca dengan rinci bahwa jelas akan merusak karena efek yang ditimbulkan justru memberikan efek berbahaya hingga mematikan. Apabila saat anda traveling dan terdeteksi oleh dokter di pemeriksaan laboratorium pastinya seluruh claim asuransi anda sudah dipastikan akan ditolak dan jumlah biaya yang telah anda keluarkan untuk berobat tidak akan dibayar sama sekali. Jadi pastikan anda harus menjaga seluruh kegiatan traveling tetap nyaman hindari hal yang merusak diri sendiri dan seluruh rencana perjalanan anda karena habis waktu di rumah sakit dan anda tentu memiliki kerugian tidak akan di bayar biaya yang anda keluarkan selama berobat disana. 

4. Barang Bawaan Anda Tanpa Pengawasan Berikut Barang Pribadi Lainnya.
Telah tertulis jelas di klausul bahwa penanggung jawab asuransi di perjalanan anda nanti tidak melindungi item barang yang tidak diawasi oleh anda sendiri kecuali barang yang telah anda letakan di kamar hotel sudah terkunci rapi dan sudah ada pengamanan begitu juga barang yang diletakan di mobil sudah dalam keadaan terkunci dan hilang tercuri atau digondol maling maka situasi seperti ini masih tercover dalam asuransi. Berbeda dengan kasus anda sedang berenang di kolam renang atau pantai anda meletakan barang berharga sembarangan di bawah kursi duduk atau dibalik handuk. Saat anda kembali barang berharga tersebut hilang. Itu kasus yang mengabaikan seperti ini akan di tolak oleh provider asuransi karena termasuk dalam kelalaian anda yang tidak menjaga barang berharga dengan pengawasan penuh saat itu. Jika anda melakukan claim asuransi semua berkas anda akan di tolak dan kerugian yang anda derita tidak akan diganti oleh pihak asuransi.   

5. Berkas Claim Asuransi Anda Tidak Lengkap.
Bukti pendukung sangat dibutuhkan oleh provider asuransi untuk memberikan pendapat apakah semua claim yang anda masukan sesuai dengan standar yang telah mereka tetapkan. Bukti pendukung ini harus lengkap dan memadaai sehingga petugas akan menilai kasus kejadian yang anda alami ini memang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya akan segera langsung ditangani dan diganti sesuai dengan formula yang telah provider asuransi tetapkan. Apabila dokumen pendukung ini tidak anda lengkapi bahkan kurang memberikan pendapat menyakinkan pihak asuransi walaupun kejadiannya bisa dilindungi tetap saja berkas anda akan ditolak bahkan uang tanggungan tidak akan dibayarkan. Pastikan seluruh dokumen penting ini harus anda lengkapi saat terjadi kasus saat itu dan semuanya anda lengkapi maka berkas anda akan segera di proses oleh petugas asuransi dan claim yang anda sampaikan tentu akan mereka ganti sesuai dengan standar yang berlaku.

6. Anda Melakukan Perjalanan Ke Negara Yang Dilarang Oleh Badan Kesehatan Dunia {WHO} atau FCO {Foreign and Commonwealth Office}.
Ada beberapa klausul yang selalu menjadi rujukan bagi provider asuransi adalah WHO dan ada juga FCO. Rujukan negara yang dilarang untuk traveling sudah tentu pasti semua aplikasi claim asuransi akan di tolak dan tidak akan dibayarkan. Pastikan anda mengunjungi negara yang tidak dilarang oleh WHO dan atau FCO karena pertimbangan kesehatan sehingga claim asuransi anda saat berkunjung bisa cair dan sesuai dengan standar yang telah mereka tetapkan. Update selalu informasi ini negara mana saja yang menjadi perhatian WHO dan FCO ini terhadap wabah penyakit yang tentu harus anda hindari.

7. Attitude Yang Dilarang Serta Sembrono.
Seluruh kegiatan claim asuransi memang harus dari keadaan yang sebenarnya bukan perlakuan yang dilarang, berbohong, curang, hingga tidak jujur. Traveling insurance akan selalu melakukan kerjasama bagi seluruh pihak apabila kasus ini mencurigakan dan butuh pendapat ahli bahkan ada barometer khusus formula untuk mendeteksi kecurangan ini. Klaim yang yang sudah menjurus ke lingkup seperti ini sudah dipastikan tidak akan dibayar jumlah claim yang anda minta karena klausul dan ukuran aturan yang relevan juga melarang dan and sebagai traveler harus memiliki attitude mematuhi dan melaksanakannya sesuai dengan kaidah yang berlaku

8. Kasus Terjadi Tidak Masuk Dalam Periode Perjalanan.
Saat anda melakukan perjalanan sudah tentu periode traveling nanti masuk dalam periode tanggungan asuransi. Kejadian yang telah berlalu tidak masuk dalam periode perjalanan tentu tidak menjadi tanggungan dari pihak asuransi pula. Claim asuransi yang telah berlalu tentu tidak dianggap sebagai awal untuk proses pembayaran dan akan di tolak akhirnya menjurus pada penipuan. Pastikan seluruh kejadian yang anda rasakan saat traveling nanti tercover oleh asuransi dan masukan ke formulir claim yang telah mereka sediakan.

Sebagai traveler dan konsumen anda harus mengetahui setiap detil yang ada di kalusul asuransi saat traveling berlangsung nanti masih dalam lingkup pertanggungan dari provider asuransi. Semua kejadiaan yang dilindungi ini sudah pasti sesuai dengan formula yang telah mereka tetapkan sebagai standar untuk proses claim asuransi. Ada jumlah nilai yang dilindungi hampir 100% bahkan setengahnya. Pastikan anda harus memiliki pengetahuan yang sangat cukup dan hubungi sales officer yang menjual produk traveling insurance sebagai syarat untuk mendapatkan visa kunjungan sehingga anda bisa mengetahui kejadian mana saja kejadian yang dilindungi dan tidak. 

Jika claim asuransi anda sesuai dengan kebijakan mereka dan seluruh proses yang anda ikuti lengkap maka percayalah jumlah nilai yang anda sebutkan tersebut akan mereka proses dan bisa segera cair sesuai dengan waktu yang mereka siapkan. Semua proses ini harus anda pahami dan lengkapi semua dokumen pendukung saat di kejadian nanti kemudian sertakan di penyerahan dokumen kepada petugas asuransi dimana anda ikut serta. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa membuka cakrawala pemikiran anda sehingga jawaban yang anda cari ada di tulisan kami ini. 

Tag:
claim asuransi traveling
asuransi claim di tolak
alasan claim asuransi di tolak
kenapa claim asuransi saya di tolak
kenapa claim asuransi saya tidak dibayarkan

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.