Langsung ke konten utama

Tips Mudah Melakukan Perjalanan ke Luar Negeri Bagi Pemula

Dengan mudahnya peluang untuk melakukan perjalanan ke luar negeri oleh pemula sudah menjadi hal yang tidak mustahil lagi dilakukan. Kemudahan dan akses informasi yang begitu mudah di dapat memuat seorang pemula memberanikan diri untuk melangkahkan kaki ini mencoba liburan ke negeri orang tanpa ada halangan lagi. Semua akses internet bisa memberikan kemudahan untuk anda melihat dan melakukan riset perjalanan yang akan dilakukan tentu harus disesuaikan dengan budget uang yang akan dipersiapkan. Untuk satu negara 3 hari saja sudah lebih dari cukup untuk menjawab keinginan yang selama ini masih terpendam ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Plesirankotatua ingin sharing tulisan artikel ini apa saja tips mudah ke luar negeri sendiri yang bisa anda lakukan untuk mewujudkan perjalanan ke luar negeri sebagai destinasi perjalanan untuk menghabiskan masa cuti liburan khusus bagi anda seorang pemula, berikut penjelasan lengkapnya.

Poto oleh: trivia.id

1. Lengkapi Seluruh Dokumen Identitas Anda.
Start awal anda harus melengkapi seluruh dokumen resmi dan penting dimulai dari Kartu Keluarga, Akter Kelahiran, Ijazah, KTP dan Paspor. Tentu membuat paspor anda harus memiliki memiliki semua dokumen ini sebagai syarat untuk membuat dokumen perjalanan penting ini. Jika memerlukan Visa anda harus mengurusnya setelah paspor hijau selesai. Dokumen penting untuk memasuki sebuah negara tujuan sudah tentu pasti Paspor dan Visa {jika diperlukan}. Jika anda sudah ada rencana untuk melakukan perjalnan ke luar negeri harus mempersiapkan semuanya agar rencana ini bisa terwujud dengan baik. Khusus untuk negara ASEAN tidak perlu pakai VISA untuk beberapa negara tujuan lainnya ada negara yang menyediakan VOA {Visa on Arrival} yang bisa langsung diurus saat anda memasuki pintu checking point di negara tujuan.

2. Selalu Pantau Harga Tiket Pesawat Murah Sedini Mungkin.
Sekarang ini sudah banyak maskapai penerbangan yang telah membuka pembelian tiket jauh-jauh hari, untuk jenis tipe penerbangan memang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Airline yang banyak sekali dipilih tentu bebasis biaya murah disebut juga dengan penerbangan LCC {Low Cost Carrier}. Harganya sangat terjangkau dan adanya beberapa promo yang bisa didapat saat pembelian tiket sedini mungkin dimulai dari 12 bulan samao 6 bulan keberangkatan sudah bisa anda lakukan pembelian. Selalu pantau harga setiap saat sehingga anda bisa mendapatkan harga tiket perjalanan yang sangat kompetitif sehingga bisa menghemat budget trip nanti.

3. Pelajari Negara Tujuan Buat Itineraty Daftar Perjalanan.
Traveler yang smart akan menggali seluruh informasi negara tujuan yang akan dijadikan tempat untuk melakukan perjalanan. Harus smart dan pro aktif bekerja setiap saat untuk mendapatkannya, sekarang ini suda sangat mudah melakukan akses via smartphone saja anda sudah bisa menggenggam dunia. Akses internet sangat mudah ini memberi banyak manfaat termasuk menyiapkan seluruh itinerary daftar perjalanan yang akan dilakukan sehingga saat anda sampai di negara tujuan sudah bisa langsung jalan tidak baper sana-sini. Penting dan harus anda lakukan sedini mungkin, lebih cepat lebih baik.



4. Siapkan Uang Tunai Negara Tujuan.
Persiapan uang sangat penting, uang tunai merupakan alat sah untuk melakukan transaksi di negara tujuan yang pastinya sesuai dengan mata uang negara tersebut. Anda juga bisa mempersiapkan dari dalam negeri secukupnya, jika diperlukan lebih anda bisa tarik ATM di negara tujuan pastikan ada logo kerjasama bank di Indonesia dengan negara tujuan seperti logo Visa, Mastercard, Cirrus, Maestro, dan lainnya. 

TIPS: jangan terlalu banyak menukarkan uang negara tujuan karena ada mata uang negara tertentu jika sudah ditukarkan apabila anda bawa kembali ke tanah air money changer akan menerima dengan harga murah. Seperti mata uang negara Indocina, Kamboja, dan Myanmar. Yang terbaik caranya adalah melakukan tarik tunai atau membawa mata uang negara lain seperti MYR, SGD, USD, EURO, dan lainnya. Jika butuh anda bisa menukarkan di money changer negara tujuan pilih tarif yang sangat kompetitif saat ditukarkan.

5. Mengerti Paham Bahasa Inggris.
Bahasa yang banyak digunakan saat komunikasi di dunia internasional memang bahasa Inggris. Minimal anda paham dan cukup mengerti lancar berucap untuk menyampaikan maksud yang akan disebut. Tidak perlu lancar khusus untuk pemula, yang penting lawan bicara anda mengerti tidak perlu fasih atau text book. 

TIPS: tidak semua penduduk negara tujuan cukup fasih dalam bahasa Inggris,  cukup pelajari bahasa keseharian dengan susunan kata yang sangat mudah diingat. Rangkai dengan baik sehingga ucapan anda bisa tetap dimengerti oleh penduduk lokal di negara tujuan.

6. Persiapkan Seluruh Akomodasi Sedini Mungkin.
Persiapan ini juga sudah bisa anda lakukan di Indonesia. Pembelian dengan provider aplikasi secara online tentu akan memudahkan anda, sudah dilengkapi dengan deskripsi tempat penginapan beserta foto. Komparasi harga memang sangat direkomendasikan untuk dilakukan agar harga yang pantas untuk dibeli bisa anda dapatkan dari Indonesia. Pembelian ini tentu memakai uang Rupiah yang tentu lebih banyak menguntungkan.

TIPS: dengan membeli sedini mungkin anda sudah mulai mencicil pembelian satu per satu jadi tidak terasa berat untuk mempersiapkan budget perjalanan nanti. Pastikan pilih tempat penginapan yang banyak direkomendasikan oleh para tamu yang telah memilih hostel atau hotel tersebut sebagai tempat stay sementara selama liburan di negara tujuan.

7. Jika Perlu Persiapan Bekal Aman Saat Selera Makan Tidak Bersahabat.
Tidak semua jenis makanan yang dipilih sesuai dengan selera, anda bisa mempersiapkan makanan yang bisa memberikan penyelamat rasa lapar saat berada di negeri orang. Jenis makanan yang sering dibawa untuk melengkapi menu makan nasi adalah abon sapi ataupun rendang daging Padang. Penyelamat dalam segala hal saat anda tidak menemukan jenis makanan halal di negara tujuan saatnya bekal yang telah anda persiapkan bisa membantu menanggulangi rasa lapar yang sudah mulai tidak bersahabat.

TIPS: tidak hanya abon sapi dan rendang daging Padang, untuk mi instant praktis juga bisa anda pertimbangkan untuk membawa. Bawa secukupnya sesuai kebutuhan anda saat berada di negara orang.

8. Bawa Perlengkapan Barang Penting Seperlunya.
Perlengkapan yang anda bawa memang harus disesuaikan dengan kebutuhan saat perjalanan nanti. Tidak perlu banyak tapi cukup itulah intinya agar barang bawaan anda tidak melebhi kuato bagase yang ditetapkan oleh airline nanti. Untuk airline LCC maksimal berat yang boleh dibawa ke kabn penumpang pesawat adalah 7 kg saja, jika lebih anda harus membayar ditempat dan harganya tentu sangat mahal. Antisipasi, jika anda ada kelebihan berat bagase saat pulang kembali ke Indonesia pastikan anda membeli bagase tambahan yang sudah bisa dibeli saat pembelian tiket pesawat.


9. Harus Paham Pengisian Kertas Kartu Imigrasi.
Setiap anda memasuki negara tujuan sudah tentu pasti harus mengisi kertas kartu Imigrasi sebagai kontrol masuk dan keluar penduduk yang harus anda lengkapi saat memasuki checking poin pintu Imigrasi harus diserahkan ke petugas. Anda harus mengisi dengan lengkap dan jujur mengenai data yang akan ditulis tentu akan dilakukan wawancara singkat jika diperlukan saat petugas imigrasi menanyakan informasi ini kepada anda. Jadi, buat dengan jujur agar pejalanan anda tetap nyaman dan menyenangkan.

Baca juga:
Cara Mengisi Kartu Kertas Imigrasi Singapore atau Singapura

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Jangan Lupakan Oleh Oleh Khas Turki Saat Kembali Pulang Ke Indonesia

Berkesempatan berkunjung ke negera Turki tentu menjadi idaman setiap orang karena negara ini mempunyai pesona tersendiri juga tersimpan oleh-oleh-khas-Turki yang unik dapat juga dijadikan souvenir dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu dengan liburan singkat ini harus ada kenangan tersendiri dengan membeli oleh-oleh-khas-unik-Turki ini bisa dijadikan sebagai koleksi pribadi, hadiah, bahkan untuk dijual kembali sampai di Jakarta tentu mempunyai keasyikan tersendiri. Negara yang terletak di dua benua ini di Asia dan Eropa termasuk dalam perkembangan sejarah Islam tentu akan memiliki perpaduan kebudayaan yang terlihat dalam keindahan kota dan srsitektur gedung yang mempesona. Untuk hidangan lezat juga tercipta olahan tangan terampil yang akan memanjakan lidah seluruh traveler Indonesia yang ingin menghabiskan masa liburannya di negera ini. Apa saja oleh-oleh-khas-Turki yang akan menjadi destinasi belanja anda selama disana berikut penjelasannya.