Langsung ke konten utama

Tips Sangat Mudah Sekali Persiapan Penting Perjalanan Liburan Cara Backpacker Ke Korea Selatan

Fenomena negara Korea Selatan telah menghipnotis para traveler seluruh dunia tidak hanya backpacker tetapi hampir seluruh wisatawan ingin merencanakan perjalanan liburan untuk menghabiskan musim cuti yang di dapat dari kantor tentu harus berbeda dan bermakna. Destinasi negara Korea Selatan menjadi salah satu negara yang sangat digemari gencarnya promosi dimulai dari kekaguman indahnya negara tersebut dari serial film yang tentu menjadi daya tarik utama penonton. Banyak alasan lain yang tentu setiap traveler memiliki tujuan masing-masing yang akan menghadirkan perjalanan ini sebagai keinginan yang terpendam selama ini harus diwujudkan segera di waktu tertentu.

Poto oleh: onebigphoto.com

Sangat mudah sekali persiapan penting untuk melakukan perjalanan liburan secara backpacker Korea Selatan harus menjadi atensi penting supaya rencana yang akan dibuat bisa berjalanan dengan baik dan lancar. Plesirankotatua menulis artikel ini agar anda yang ada rencana memilih negara ginseng Korea Selatan ini sebagai tujuan liburan di musim nanti berikut penjelasannya:

1. Paspor.
Dokumen resmi sebagai identitas sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri harus anda buat sedini mungkin. Ikuti proses yang telah ditetapkan oleh Dirjen Imigrasi di masing-masing kota dengan syarat lengkap agar proses pembuatannya bisa cepat terlaksana dan cepat. Jika anda telah memiliki paspor setidaknya masa berlaku saat melakukan perjalanan minimal 6 bulan dan lebih baik 12 bulan. Karena jangka waktu ini sudah menjadi sebuah rekomendasi terbaik agar kenyamanan selama anda melakukan traveling bisa didapatkan tanpa ada rasa was-was.

2. Ajukan Visa Korea Selatan.
Setelah paspor selesai lengkap dan sesuai dengan rekomendasi maka untuk permit masuk anda harus apply Visa ke duta besar Korea Selatan yang ada di Jakarta. Tentu mengajukan visa ini ada persyaratan yang harus anda ikuti dan pastikan syarat yang telah ditetapkan harus lengkap dengan proses waktu yang dibutuhkan +/- 14 hari kerja. Untuk jenis visa yang tersedia bervariasi dimulai dari harga IDR600.000 - IDR800.000. Sebaiknya anda mengurus langsung ke Kedutaan Besar Korea Selatan langsung untuk membuat Visa dan harganya tentu tidak ada jasa pembuatan jika anda menggunakan pihak lain untuk membantu.

Kedutaan Besar Korea Selatan Jakarta Indonesia.
Alamat: Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 57. RT/RW 001/004. Kuningan Timur, Kecamatan Setia Budi. Jakarta Selatan 12950 | P.O. Box 4187, Jakarta
Indonesia.
TELEPHONE: +622129672555
WEBSITE: idn.mofa.go.kr
Jam Buka Operasional: 08:30-12:00 dan 13:30-16:30

3. Persiapkan Uang Cukup.
Uang adalah hal yang sangat diperhatikan saat melakukan traveling perjalanan ke Korea Selatan. Wisata selama disana tentu harus membayar dengan mata uang Korea Selatan yaitu Won atau disingkat dengan KRW. Persiapan yang cukup bisa dilakukan di Indonesia dan jika anda butuh jumlah lebih sebaiknya anda melakukan tarik di ATM bank disana dengan logo kerjasama dengan bank lokal Indonesia seperti Visa, Mastercard, Cirrus, Maestro, dan lainnya.

4. Pahami Peta Transportasi Publik Korea Selatan.
Transportasi publik yang ada di Korea Selatan sudah terintegrasi dan terkoneksi dengan jalur tempat wisata penting disana. Pelajari dengan cermat sistemnya yang tentu sudah tertata dengan baik. Tidak hanya MRT atau sebutan Subway saja bahkan bus sekalian harus paham agar kenyamanan perjalanan anda nanti bisa terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Pastikan jalur-jalur penting perjalanan perjalanan wisata nanti harus paham dan tidak nyasar salah arah untuk menaiki atau turun di stasiun yang terdekat dari tempat wisata yang akan anda tuju.

5. Fisik Sehat Harus Dipersiapkan.
Tentu saat berlibur di Korea Selatan nanti anda harus mempersiapkan fisik dan kesehatan harus prima. Sedini mungkin harus dijaga dengan melakukan kegiatan sehat dimulai dari konsumsi makanan bergizi dan olah raga yang cukup. Karena sudah pasti saat anda melakukan traveling nanti akan banyak melakukan aktifitas berjalanan kaki untuk menempuh perjalanan ke berbagai tempat wisata yang tentu sangat berbeda sekali saat anda berada di Indonesia. Biaya hemat yang akan anda inginkan harus dibarengi dengan kedua kaki yang kokoh tidak mudah capek dan pegal agar seluruh tema perjalanan bisa anda selesaikan dengan waktu yang telah ditetapkan.

6. Traveling Sesuai Musim.
Pastinya negara Korea Selatan termasuk dalam negara empat musim. Anda harus memahami karakter trip traveling nanti sesuai dengan minat dan waktu yang akan dipilih. Semakin ekstrim musim yang anda pilih seperti musim salju atau musim dingin maka biaya yang akan anda persiapkan tentu akan menjadi lebih tinggi. Rekomendasi terbaik memang diluar musim yang memberikan efek biaya tinggi dan pastinya perlengkapan yang akan anda bawa juga berpengaruh pada musim yang berlangsung di negara Korea Selatan.

Formula Musim Korea Selatan:
Musim Dingin: mulai Desember s/d Februari.
Musim Semi: mulai Maret s/d Mei.
Musim Panas: mulai Juni s/d September.
Musim Gugur: mulai September s/d November.

7. Makanan Halal Korea Selatan.
Khusus bagi anda traveler muslim tentu akan memperhatikan konsumsi makanan halal saat melakukan traveling nanti. Setiap perjalanan ke negara yang mayoritas non muslim harus ada strategi tambahan yang bisa anda lakukan yaitu membawa bekal khusus dari Indonesia seperti makanan kering instant atau jenis makanan yang tahan lama selama anda melakukan traveling seperti rendang daging Padang, abon sapi, sambal sacher, dan sejenisnya. Atau kunjungi lokasi perkumpulan masyarakat muslim yang ada di Korea Selatan atau komunitas berkumpulnya orang Indonesia untuk mendapatkan makanan dan minuman yang halal disana.

8. Suka Ngemil Hemat Bawa Dari Indonesia.
Khusus anda yang suka kudapan atau cemilan saat melakukan traveling sebaiknya anda bawa dari Indonesia jumlah cukup. Jika anda membeli cemilan Korea Selatan harganya tentu lebih mahal dan kebanyakan belum ada logo Halal nya. Pastikan cemilan yang anda sukai masuk dalam tas ransel atau koper agar nuansa perjalanan anda selama traveling nanti bisa menjadi nyaman dan menyenangkan.

9. Obat Pribadi Khusus.
Memang tidak semua traveler cukup sehat selama melakukan perjalanan liburan ke negara empat musim seperti Korea Selatan ini. Persiapan obat pribadi khusus tentu juga harus anda bawa agar saat melakukan perjalanan nanti bisa mendapatkan pertolongan pertama sehingga rasa kurang nyaman karena masalah kesehatan bisa ditanggulangi seketika dengan persiapan obat yang telah anda bawa sebelum berangkat. Sesuaikan dengan kebutuhan nanti jika anda ada membawa beberapa obat khusus dari dokter untuk meningkatkan stamina sangat direkomendasikan karena dokter ahli anda telah memberikan solusi terbaik agar perjalanan yang akan anda lakukan butuh suplemen atau obat tertentu agar kondisi tubuh tetap stabil.



10. Siapkan Tiket Perjalanan Pesawat Sedini Mungkin.
Termasuk negara pariwisata kelas dunia dan disenangi oleh traveler seluruh negara pastikan anda sudah memiliki tiket perjalanan sedini mungkin. Mendapatkan tiket perjalanan sekarang ini sudah sangat mudah dengan smartphone anda saja sudah bisa mendapatkan harga yang kompetitif tetapi anda harus hati-hati karena semakin dekat waktu keberangkatan haraga tiket tentu akan bertambah mahal apalagi di musim peak season.

11. Komparasi Harga Penginapan Selama di Korea Selatan.
Memilih penginapan memang harus dilakukan sebagai tempat anda istirahat setelah seharian melakukan perjalanan wisata. Untuk komparasi harga sekarang ini sudah tersedia berbagai aplikasi yang menyediakan pembelian penginapan hotel dengan harga real time. Unduh sekarang atau langsung masuk ke website mereka agar kepastian harga yang sangat kompetitif bisa anda dapatkan segera.

12. Selalu Buat Daftar Itinerary Perjalanan Korea Selatan.
Poin ini sangat penting, daftar utinerary sebagai petunjuk agar perjalanan anda tetap fokus dan tidak asal-asalan. Memang perjalanan butuh daftar seperti karena arahan kemana perjalanan yang akan anda tempuh sudah tertulis rinci hanya mengikuti saja. Well-organized-traveler memang terlihat dari cara mereka memperlakukan waktu yang telah mereka siapkan semaksimal mungkin agar waktu yang sudah dipersiapkan secara penuh untuk trip ke Korea Selatan bisa maksimal dan efisien.

13. Perlengkapan Bawaan Sesuai Musim Liburan Nanti.
Barang bawaan dan perlengkapan tentu harus disesuaikan dengan musim di negara Korea Selatan. Jika anda ingin berkunjung di musim dingin maka perlengkapan yang akan dibawa harus sesuai dengan musim juga, begitu seterusnya. Dengan perlengkapan barang bawaan anda ini disesuaikan pula dengan lamanya waktu liburan anda, hitung kebutuhan perlengkapan penting saja yang akan dibawa. Jangan perlengkapan yang tidak penting anda bawa sehingga berat koper yang telah ditetapkan oleh airline sudah over maka anda akan membayar sisanya.

14. Beli Sim Card Korea Selatan Terkoneksi Internet.
Memang ada spot WIFI gratis banyak di pusat kota, tetapi kendalanya adalah kecepatan yang anda inginkan tidak sesuai dengan kenyataan. Sebaiknya anda membeli Sim Card provider Korea Selatan sudah bisa anda dapatkan di Bandara Incheon atau di pusat kota Seoul. Jika anda memakai provider dari Indonesia di Korea Selatan sebaiknya dihindari karena anda tidak mengetahui jika byte yang telah ditetapkan sudah habis makan akan terjadi biaya akses internet roaming yang jauh lebih besar. Rekomendasi terbaik memang harus membeli Sim Card Korea Selatan untuk mendapat penghematan saat anda terkoneksi dengan internet.

15. Pilih Pilah Tempat Wisata Gratis dan Tiket Diskon.
Anda harus mengetahui tempat wisata gratis tanpa bayar jika ada bayar anda mendapat potongan khusus. Biasanya cara seperti ini sangat disukai oleh traveler yang ingin mengunjungi tempat wisata tetapi budget yang dipersiapkan terbatas. Nah, saatnya anda investigasi tempat wisata gratis di Korea Selatan yang bisa menjadi tujuan utama agar perjalanan nanti bisa berhemat.

16. Siapkan Aplikasi Penting Selama Trip Korea Selatan.
Dengan mudahnya perjalanan terkoneksi dengan internet ini bisa anda donlot beberapa aplikasi penting yang berhubungan dengan negara Korea Selatan. Seperti translator, map, hingga cuaca. Banyak sekali nama aplikasinya tentu anda bisa memilih aplikasi yang mana yang sesuai dengan kebutuhan anda selama traveling nanti.

17. Paking Baju Serapi Mungkin.
Seluruh barang bawaan dan perlengkapan tersusun rapi di satu tas backpacke atau koper. Anda bisa menyususn dengan teknik yang sudah dimengerti agar maksimal tempat penyimpanan ini bisa anda dapatkan dengan meletakan posisi tempat masing-masing perlengkapan sesuai dengan urgenitas penggunaan selama perjalan nanti. Untuk dokumen perjalanan sebaiknya terpisah dimasukan dalam tas khusus dokumen agar tidak terjadi kepanikan saat dibutuhkan. Rapi adalah keutamaan kenyamanan seorang backpacker untuk menempuh perjalanan tetap dalam zona menyenangkan.

18. Hitung Budget Perjalanana.
Budget perjalanan ini memang tergantung dari traveler ybs, setiap perjalanan yang akan dilakukan ada harga nilainya. Pastikan perjalanan yang anda lakukan ini memang sesuai dengan tema liburan yang akan dilakukan. Budget sangat relatif jumlahnya dan hubungan lurus dengan itinerary perjalanan yang telah anda buat.

19. Sharing Cost Sangat Direkomendasikan.
Jika anda melakukan perjalanan bersama teman yang kebetulan mempunyai ide yang sama akan melakukan perjalanan ke Korea Selatan sangat direkomendasikan. Anda bisa sharing cost biaya penginapan hingga biaya makan selama traveling nanti. Tentu harus anda kesepakatan di awal sebelum keberangkatan agar tidak terjadi salah paham dalam pembagian agar perjalanan nanti tetap berjalan dengan nyaman. Pastikan teman satu tujuan ini sesuai karakternya dengan anda dan memang bisa diajak susah seperti backpacker.

20. Jika Perlu Nginap Gratis.
Sekarang ini sudah ada solusi terbaik bagi traveler backpacker yang ingin mendapatkan tempat penginapan gratis yang sudah tersedia. Anda cukup bergabung di www.couchsurfing.com sebagai platform dimana traveler menyediakan rumah mereka untuk tinggal sementara selama anda melakukan traveling. Cara ini sudah banyak dilakukan karena gratis anda bisa menghemat biaya penginapan selama di Korea Selatan. Ikuti seluruh prosedur yang ditetapkan dan raih menginap gratis yang bisa anda nikmati.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.