Langsung ke konten utama

Wisata Kuliner Khas India Sangat Lezat Gurih: Makanan, Camilan, Minuman Dan Kue Kering

Ternyata wisata kuliner khas India yang cukup variatif seperti makanan, camilan, hingga kue kering telah menjadi destinasi terbaik untuk melengkapi traveling anda yang ingin melengkapi perjalanan nanti lebih menyenangkan bahkan tidak pernah terlupakan. Hampir semua bahan yang digunakan sangat sesuai dengan traveler halal sehingga tidak usah ragu pastikan menu ini masuk dalam kriteria terbaik sehingga selama ini anda susah mendapatkan kahs India ini bisa langsung di negaranya dan terjawab semua keinginan untuk mencicipinya dan bisa dibawa sebagai oleh-oleh dengan jumlah terbatas.

Plesirankotatua ingin membuat artikel penting ini khusus bagi anda dalam waktu dekat akan melakukan perjalanan ke negara India sebagai negara untuk menghabiskan masa liburan yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari ini menjadi lebh terfokus pada khas India sudah masuk dalam daftar itinerary perjalanan anda nanti.

1. NASI BIRYANI.
Poto oleh: steemkr.com

Hampir seluruh traveler bahkan bukan akan menyebut nasi biryani ini salah satu makanan khas India yang sudah melegenda dan sangat fenomenal. Penyebutannya tentu ada bervariasi dimulai dari briyani, biryani, atau biriani. Walaupun penyebutannya berbeda tetapi maksudnya tetap sama. Olahan masakan makanan khas India nasi briyani ini menggunakan cukup banyak rempah dan bumbu masak sehingga aroma dan rasa setelah saat disajikan sangat berbeda. Bumbu kari terasa keras dan aroma harum rempah menggoda selera. Saat ana berada di negara India harus mencoba makanan khas ini dan tentunya sudah banyak penjual makanan halal di sana.



2. AYAM MENTEGA atau BUTTER CHICKEN.
Poto oleh: archanaskitchen.com

Makanan India butter chicken ini sangat mendominasi rumah makan yang ada di India sehingga menjadi favorit bagi penduduk lokal maupun turis dari seluruh dunia. Banyak ditemukan dimana-mana berarti sudah sangat disukai, olahan daging ayam yang kaya bumbu kare dan rempah ini sangat lezat dan gurih sekali tersaj dengan nasi khas India yaitu basmati.

3. IDLI.
Poto oleh: thespruceeats.com

Makan ini banyak sekali disantap saat sarapan pagi, penduduk di India selatan membuatnya dan disajikan untuk para keluarga yang akan memulai aktifitas di pagi hari. Mirip sekali dengan pancake atau serabi khas Bandung. Sebagian orang menyebutnya makanan khas India yang terbuat dari bahan-bahan yang sangat sehat menyehatkan yaitu dari fermentasi lentil dan beras dimana proses pembuatannya harus dikukus terlebh dahulu. Penyajiannya bersama dengan kari sayuran pedas yang tentu menggoda selera.

4. GULAB JAMUN.
Poto oleh: recipetreasure.com

Camilan khas India ini sangat terkenal dengan rasa manis dan banyak dihidangkan saat selesai makan besar sebagai dessert atau pencuci mulut. Rasa manis ini dibuat dari bahan-bahan pilihan yaitu susu yang dibentuk bulat. Meningkatkan rasa lebih terasa manis lagi dapat ditambahan sirup manis sehingga camilan ini banyak disukai oleh anak-anak. 

5. KATHI ROLL.
Poto oleh: indiamarks.com

Mirip dengan kebab ternyata di India sangat populer bahkan banyak ditemukan di street food pusat kota yang sangat khas sekali. Kathi roll namanya dimana isiannya sangat sehat seperti kebab pada umumnya dan dibungkus dengan roti. Nama roti India adalah paratha atau flat breat sebagai pembungkus tentu memberikan keunikan tersendiri saat menyantapnya.

6. PAPDI CHAT.
Poto oleh: archanaskitchen.com

Jika anda menyukai camilan atau jenis snack khas India tertuju pada nama Papri Chat sebagai pilihan favorit yang disukai oleh penduduk lokal hingga turis seluruh dunia. Rasanya yang sangat unik dan tentu akan memberikan rasa yang fenomenal ini tentu memberikan rasa gurih nikmat saat perjalanan traveling di India. Resep pembuatannya sangat mudah sekali dimana adonan yang mirip seperti pangsit goreng ini kemudian diisi dengan potongan kentang rebus, kacang polong, dan kandungan air yang terkandung di Papri Chat ini adalah saus yougurt yang sangat segar rasanya.

7. PANI PURI.
Poto oleh: foodguruz.in

Anda yang suka jajan atau jenis camilan lainnya saat berada di India dengan kaki melangkah ke beberapa pusat wisata atau pusat kota coba lah Pani Puri yang tentu sangat khas sebagai camilan senggang anda uang banyak dijual di beberapa sudut kota. Ada rasa manis asam dan kress teksturnya ini mirip seperti makanan khas dari Indonesia yaitu bola ubi ada krispinya dan tentu rasanya sangat gurih lezat.

8. JALEBI.
Poto oleh: mapsofindia.com

Manisan khas India ini tentu selalu hadir setiap rumah penduduk lokal karena menu wajib saat ada di suasana keakraban hingga acara keluarga. Sajian ini memang sangat fenomenal sekali mirip jenis frtezel yang akan disiram dengan sirup gula yang sangat kental sekali dan bisa dinikmati baik terasa dingin atau pun hangat. Pastikan cemilan atau jajanan manisan khas India ini masuk dalam destinasi wisata kuliner nanti.

9. TANDOORI CHICKEN atau Ayam Tandoori.
Poto oleh: tastemade.com

Sangat terkenal dan hampir sama dengan nasi briyani tentu sangat lezat ini juga cocok disantap bersama dengan ayam tandoori. Proses memasaknya dengan cara dipanggang tentu memberikan nuansa warna merah karena adonan bumbu penting saat proses pengolahan ini tentu akan tercipta rasa gurih dan kaya bumbu cocok dijadikan menu makan siang saat anda berada di India nanti.



10. DOSA.
Poto oleh: hungryforever.com

Di India juga ada crepes yang sudah terkenal di Eropa, di India termasuk jenis makanan penting yang bisa dikombinasikan dengan beberapa toping yang disenangi oleh penduduk lokal hingga para turis seluruh dunia. Penduduk lokal biasanya disandingkan dengan toping manis atau es krim yang tentui memberikan rasa yang sangat fenomenal. Bahkan juga ada penduduk lokal makan bersama kuah kare atau makan begitu saja menjadi cemilan yang cukup kres krispi dan lezat.

11. ROGAN JOSH.
Poto oleh: harighotra.co.uk

Memang menu hidangan kare juga banyak jenisnya di India, anda bisa mencoba jenis Rogan Josh yang tentu memberikan rasa berbeda untuk hidangan makan siang atau makan malam anda. Isian menu ini sangat bervariasi dan banyak dijual oleh pedangan muslin di India yaitu daging sapi, daging kambing, atau daging ayam. Jadi menu halal saat berada di India bisa anda memasukan makanan ini dalam wisata kuliner nanti.

12. SAMOSA.
Poto oleh: cooktube.in

Camilan atau snack khas India lainnya bernama Samosa. Tersaji sebagai kudapan yang sangat lezat dan aneka isian seperti daging ayam, daging kambing, atau daging sapi yang dicampurkan dengan beberapa sayuran sehat bahkan terlihat ada isian potongan kentang sudah pasti sangat mirip dengan pastel di Indonesia banyak dijual di pusat kota bahkan tempat wisata. Memang lezat saat ganjel perut dengan kudapan cemilan sehat ini sebelum anda masuk ke menu makan siang atau makan malam yang sudah menanti untuk segera disantap.

13. NAAN.
Poto oleh: ethnicspoon.com

Bebas cara memakannya bisa disantap langsung atau dimakan bersama lauk lainnya di menu makan nanti. Namanya Naan sebagai sajian roti yang memberikan keunikan khas India yang banyak dijual oleh pedagang sebagai camilan yang bisa anda beli saat menjelajah di pusat kota di India. Dengan harga yang sangat terjangkau ini tentu menjadi daya tarik tersendiri sehingga ganjel perut tidak mau makan berat bisa mencoba Naan sebagai menu favorit penduduk lokal India.

14. TIKKA MASALA.
Poto oleh: finedininglovers.com

Makanan khas India sudah sangat terkenal bahkan sudah masuk dalam olahan dari chef skala internasional dengan membawa resep ini sangat lezat dan gurih untuk disantap. Proses pembuatannya sangat unik dengan tambahan yogurt membuat rasa ayam lebih lezat dan unik. Ditambah bahan lainnya seperti tomat, dan cream. Setelah bahan tercampur semuanya akan terlihat warna orang yang tentu ada tambahan bumbu kare yang menggugah selera dan memberikan aroma yang cukup keras saat disantap diatas meja makan.

15. VADA.
Poto oleh: udipi-restaurant.com

Di Indonesia namanaya gorengan di India tentu tertuju pada Vada. Makanan jenis street food ini banyak sekali dijual oleh penduduk lokal terutama di jalan utama penting di sebuah kompleks pusat kota dan siap dituju untuk segera dibeli. Ya ibarat cemilan atau snack yang khas India ini mirip donat yang rasanya sedikit asin dan terasa bakwan bala-bala goreng.

16. LADDU.
Poto oleh: melbourne.locanto.com.au

Hidangan yang wajib dihidangkan saat perayaan keagamaan di India ini mirip bola-bola ubi, sangat mirip dan tentu ada sedikit perbedaan. Olahan bahan yang digunakan untuk membuat Laddu ini terdiri dari campuaran gula, tepung, dan susu yang akan dibuat bentuk bola. Sebenarnya sekarang ini Laddu banyak dijual di pusat kota India dimana peminat camilan-snack-khas-India ini banyak sekali fansnya terutama para traveler dunia yang selalu datang ke negara ini untuk melakukan wisata.

17. PAPADDUM.
Poto oleh: tasteofindiastaustell.co.uk

Yang doyan kriuk kriuk saat mengunyah anda harus mencoba Papaddum sebagai cemilan snack di India. Ada mirip seperti kerupuk opak di Indonesia tetapi tentu ada perbedaan, jadikan snack anda saat melakukan perjalanan disana dan bisa menemani waktu senggang saat berada di pusat wisata di India.

18. KOFTA.
Poto oleh: qfoodtravel.com

Sangat lezat dan populer sekali di India, Kofta merupakan makanan atau masakan khas Indoa uang sudah teruji dan sangat fenomenal yang berbentuk bola-bola daging yang tentu menggunakan bumbu yang sangat lengkat dan terasa kaya rempah. Untuk daging yang digunakan adalah daging kambing, khusus anda vegetarian sudah tersedia pengganti daging dengan bahan yang tentu mirip dengan daging yang tentu dengan rasa yang lezat menggugah selera.

19. LASSI.
Poto oleh: lecker.de

Minuman khas India juga siap memanjakan wisata kuliner anda yaitu Lassi. Mirip milkshake tetapi bahan yang digunakan adalah jenis yogurt yang dicampur dengan rempah khas India yang memberikan rasa yang unik dan saat disajikan ada tambahan potongan buah topis seperti mangga yang diblender, jeruk, dan lainnya yang tentu menyegarkan sekali di cuaca terik di pusat kota India.

20. DHOKLA.
Poto oleh: en.wikipedia.org

Khusus pecinta makanan vegetarian harus mencoba Dhokla, sajian makanan khas India yang menggunakan jenis olahan beras dan kacang ini sudah menjadi pilihan terbaik yang menyenyangkan yang telah banyak dipilih sebagai menu sarapan pagi, makan siang, atau makan malam. Sudah banyak penjual Dhokla ini di pusat kota India yang bisa anda kunjungi untuk melengkapi wisata kuliner anda yang tentu akan berbeda saat mencoba Dhokla.

21. CHAI TEA.
Poto oleh: cookforyourlife.org

Tidak hanya makanan saja ada ada minuman khas India yang bisa anda coba bernama Chai Tea, mungkin sebagian dari traveler yang pernah mencoba agak terasa asing karena minuan ini terdiri dari campuran teh dengan rempah-rempah khusus pembuat minuman tetapi sangat sehat menyehatkan tubuh. Rasa berbeda tetapi ambil nilai sehatnya saat traveling nanti. Sudah tersedia di pusat kota India terutama tempat berkumpulnya penduduk lokal saat menikmati hidangan makan siang.

22. CHOLE BHATURE.
Poto oleh: zomato.com

Makanan khas India lainnya harus anda coba adalah Chloe Bhature termasuk masakan rumahan yang sangat terkenal di India telah menjadi destinasi kuloner penting yang harus dicoba. Mirip dengan  kacang-kacangan yang menjadi kuliner penting disana dan dihidangkan bersama roti yang tentu ada rasa krispi dan kres garing.

23. GAJAR HALWA.
Poto oleh: bikanervalaonline.co.nz

Makanan khas India Halwa ini tentu sangat populer, setelah menikmati seluruh hidangan yang bertema kare yang tentu di lidah terasa penuh bumbu butuh pencuci mulut atau desert yang bisa menetralkan rasa. Terbuat dari parutan wortel memberikan rasa sangat unik. Hidangan ini saat disajikan dibaluri dengan toping susu kental manis yang pasti terasa nikmat saat makan besar akan ditutup dengan yang manis-manis.

24. RAITA.
Poto oleh: mydietist.com

Mungkin dari traveler agak asing nama Raita sebagai makanan khas India yang banyak digunakan pada masakan India. Ya, sejenis saus putih yang sangat sebaga guna penggunaanya dipakai sebagai menu pendamping dengan jenis makanan utama. Terbuat dari bahan tentu yogurt tentu sangat menyehatkan dan cocok dengan jenis masakan India lainnya.

25. KULFI.
Poto oleh: foodnthought.com

Termasuk jajanan yang ada di India dan disukai oleh penduduk lokal dan turis adalah Kulfi, sejenis es krim yang sangat segar jika disantap saat siang haru. Tentu terbuat dari bahan susu dan campuran dengan kacang-kacangan ini sudah menjadi fenomenal bahkan banyak terdapat di sudut pusat kota. Anda harus mencoba camilan khas India ini karena terasa unik dan harganya sangat terjangkau sekali.

Sekarang anda sudah mengetahui makanan khas India baik dalam bentuk camilan khas, minuman khas, hingga makanan yang jenis makanan kering yang menjadi wisata kuliner penting di sana. Menyantap makanan adalah kegiatan pelengkap saat traveling karena dengan cara ini lah anda bisa mengetahui olahan makanan penduduk lokal yang selalu di konsumsi setiap hari yang akrab dengan keseharian mereka. Semoga bermanfaat dan siap melakukan kegiatan wisata kuliner dengan jenis makanan yang dipilih sesuai dengan selera anda nanti.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.