Langsung ke konten utama

Begini Tips Cara Aman Saat Traveling Ke Luar Negeri Terhindar Dari Pencopet Pencurian Perampokan

Banyaknya traveler yang melakukan perjalanan ke luar negeri untuk berbagai keperluan tentu ada ancaman pencuri atau pencopet yang mencoba mengambil barang berharga anda dengan berbagai cara. Tentu dengan fenomena hilangnya barang penting tentu membuat waktu yang telah anda sediakan saat perjalanan di negara tujuan menjadi tidak nyaman bahkan menyita kesebelan yang akan mempengaruhi suasa hati. Selama melakukan perjalanan ke luar negeri untuk menikmati waktu traveling kami waktu itu memang harus ada perhatian tinggi terhadap barang bawaan yang akan selalu diincar oleh tangan jahil saat anda lengah mereka akan bekerja untuk mendapatkannya apapun caranya.

Terjadinya kasus seperti ini setiap orang berbeda lokasinya dan bahkan di tempat keramaian, nongkrong, hingga tempat kongkow pun bisa terjadi. Untuk menghindari situasi yang sangat merugikan anda ini harus memperhatikan dengan cermat supaya barang berharga yang dibawa nanti tetap terselamatan dan dapat meminimalisir tidak terjadi pada anda, ada beberapa tips cara aman melakukan perjalanan ke luar negeria apa pun tema trip anda nanti apakah liburan, duty traveling, dan lain sebagainya terhindar dari tangan jahil mencobat atau pencuri barang penting traveler. Berikut penjelasannya:

#1. Saat anda melakukan kegiatan outdoor berjalan menikmati perjalanan melihat suasana kota bahkan tempat wisata sekalipun pastikan anda tetap waspada dengan adanya gerombolan yang mengikuti anda di belakang. Setiap langkah anda akan diawasi bahkan mengincar barang pribadi berharga yang akan menjadi objek tujuan mereka. Modus seperti ini banyak sekali dirasakan oleh para traveler disaat tidak menyadari bahwa dia diikuti oleh gerombolan yang mencoba mencuri barang berharga, saat lengah mereka bekerja dan pastinya disaat itulah mereka langsung mengambil barang tersebut dengan melibatkan anggota lain untuk mengalihkan perhatian anda saat itu.



TIPS: saat anda mulai menyadari situasi seperti ini segara selamatkan barang bawaan anda, jika membawa tas ransel segera alihkan posisi tas ke depan lebih mudah diawasi. Segerakan ke tempat lebih ramai atau ke pos polisi terdekat agar anda bisa terbantu dengan suasana tidak nyaman diikuti oleh gerombolan ini. Secara tidak langsung mereka akan membubarkan diri mereka sendiri.

#2. Benda yang sangat diincar oleh para pencuri adalah dompet dan smartphone. Kalau kamera mereka masih berfikir karena ukurannya cukup besar dan akan terlihat jelas sekali jika terjadi pindah tangan. Kalau smartphone dan dompet dapat secepat kilat mereka akan memindahkan ke tempat yang bisa disembunyikan segera. Kelengahan traveler saat duduk atau kongkow pun menjadi cara terbaik untuk mencari kesempatan saat suasana rileks. Moment dimana traveler saat lengah dan mereka bekerja juga berkelompok minimal dua orang, satu orang bekerja untuk mengalihkan perhatiaan dan lainnya melakukan eksekusi pengambilan barang.

TIPS: walaupun anda berada di tempat yang nyaman sekalipun para pengincar benda berharga akan selalu ada, dimana ada kesempatan dan kelengahan pasti akan terjadi fenomena seperti ini. Apabila anda di tempat tertentu untuk menikmati suasana apapun pastikan lokasinya terbebas dari oknum pencuri, misalnya anda berada di cafe ambil posisi di pojok dan terlihat jelas ke seluruh sudut ruangan. Pastikan anda melihat tempat kongkow tersebut memiliki CCTV untuk memberikan kenyamanan dan keamanan. Rata-rata sekarang ini CCTV telah banyak dipasang untuk aspek keamanan dari pencurian dan lainnya.

#3. Untuk memberikan diversifikasi resiko sebaiknya anda memisahkan antara uang tunai dan sumber uang tunai seperti ATM atau kartu perbankan lainnya. Apabila uang tunai anda telah diambil oleh pencuri anda masih mempunyai sumber uang untuk ditarik kembali. Cara ampuh seperti ini untuk meringankan resiko kehilangan lebih besar dan masalah pasca terjadinya pencurian. Dengan adanya pemisahan seperti ini tentu memberikan solusi terbaik kenyamanan anda selama traveling nanti, jumlah uang tunai yang anda siapkan usahakan jumlahnya jangan terlalu besar sesuaikan dengan keadaan perjalanan anda pada saat itu. Jika jumlahnya berlebih anda simpan di dompet lainnya untuk nominal besar bersama dengan ATM dan kartu perbankan lainnya. 

TIPS: saat sekarang ini sudah tersedia beberapa pilihan dompet untuk memisahkan uang yang digunakan keseharian saat perjalanan nanti. Pemisahan ini sangat penting saat perjalanan anda yang memang massive di outdoor apalagi pekerjaan yang berhubungan dengan keramaian pastikan pemisahan ini harus dilakukan karena memberikan efek keamanan seluruh barang penting anda ini selama melakukan trip nanti.

#4. Memperhatikan dokumen penting perjalanan anda jika berada di negara tujuan. Hal yang paling penting adalah saat anda melakukan aktifitas pekerjaan bahkan traveling sekalipun. Jika anda banyak melakukan aktifitas perjalanan menggunakan kendaraan sehingga driving license atau SIM menjadi dokumen penting yang harus dibawa, bagaimana jika dokumen ini hilang?. Antisipasinya adalah scan SIM tersebut sebelum anda berangkat dan langsung simpan di e-mail. Pengalaman sudah banyak dirasakan oleh rekan traveler saat dokumen ini hilang mereka mempunyai back-up data yang telah mereka scan sebelum traveling dimulai. Saat terjadi masalah di perjalanan dan anda berhubungan dengan pihak kepolisian SIM yang hilang tersebut masih ada scan yang dapat dijadikan sebagai bukti otentik yang sangat ampuh untuk menyatakan bahwa anda memiliki dokumen tersebut.

TIPS: tidak hanya scan SIM saja juga berlaku beberapa dokumen perjalanan anda lainnya seperti paspor, notifikasi pembelian online, voucher hotel, dan lain sebagainya. Lebih baik anda persiapkan apabila terjadi sesuatu yang tiba-tiba anda telah memiliki scan data yang telah dipersiapkan sebelum anda melakukan perjalanan traveling.

#5. Waspada dengan orang yang tidak dikenal langsung sangat baik memberikan pertolongan. Memang saat anda membutuhkan bantuan jika ada orang asing yang membantu tentu saja membuat sangat senang, tetapi anda harus berhati-hati karena adanya modus dimana kelompok tertentu memberikan pertolongan khusus pada turis yang sedang tersesat. Mereka menunjukan jalan yang salah dan mengarahkan ke lokai tempat markas tempat perkumpulan. Setelah anda masuk ke dalam maskas mereka akan memaksa anda untuk memberikan semua barang berharga bahkan termasuk pakaian yang anda pakai. 

TIPS: apabila anda tersesat pastikan anda berhati-hati kepada gerombolan yang memberikan pertolongan baik saat itu terjadi modus lain untuk mengambil barang berharga anda secara paksa. Jika anda membutuhkan pertolongan sebaiknya anda mencari tourism center atau orang yang terpercaya seperti polisi. Dan apabla disekitar disana tidak ada pihak yang tidak menyakinkan anda dapat menggunakan Google Map dan lainnya untuk menyadarkan anda bahwa perjalanan sedang salah. Rekomendasi lain adalah anda harus mempunyai itinerary perjalanan yang harus dipersiapkan sebelum melanjutkan perjalan wisata, bisa anda dapatkan dari tourism center berupa peta penunjuk jalan yang disediakan gratis.
Poto oleh: slate.com

#6. Memang menjadi seorang turis di negara tujuan sebagian orang bisa langsung mengenali bahkan dari pakaian saja bisa langsung ditebak. Dengan fenomena ini pastinya menjadi perhatian bagi anda karena mudah ditebaknya traveler sebagai turis tentu menjadi kewaspadaan untuk didatangi oleh orang asing yang tak dikenal akan menghampiri dengan berbagai cara untuk menarik perhatian. Setelah diuraikan diatas mereka akan membantu pertolongan saat anda tersesat atau butuh pertolongan lain.

TIPS: memang seorang turis mudah ditebak sebaiknya harus anda perhatikan dengan tingkat waspada. Karena perbedaan ini akan terlihat dengan penduduk lokal dimulai dari bahasa dan kostum dipakai serta barang yang dibawa. Memang begitu adanya, hanya saja anda harus tetap memakai pakaian yang tidak terlalu mencolok seorang yang turis sama sekali. Ya sesuaikan dengan kesempatan dan gaya seorang traveler yang sedang melakukan jelajah yang pasti anda tetap selalu waspada dengan orang asing yang tiba-tiba baik saat memberikan pertolongan tanpa anda minta.

#7. Memang anda telah mendapatkan informasi tempat wisata di negara tujuan dari internet, komunitas, atau dari blog. Untuk melengkapi informasi yang lebih lengkap anda dapat bercerita ke penduduk lokal agar mendapat keotentikan info yang lebih lengkap lagi dan lakukan wawancara dengan mereka bagaimanan situasi dan kondisi daerah disana. Hal ini sangat penting diketahui untuk memberikan kenyakinan mengenai keamanan, jalur transportasi, hingga kondisi daerah. Yang menjadi penting diperhatikan adalah masalah keamanan terhadap turis.

TIPS: mendapatkan informasi selengkapnya diharuskan untuk anda traveling ke daerah baru. Sebagai turis memang mendapatkan info ini dari pengalaman rekan yang telah menjalani dengan tulisan di blog. Bagaimana dengan perjalanan yang masih baru belum ada info apapun, ya harus mengandalkan penduduk lokal. Untuk memberikan kenyamanan selama perjalanan yang tidak diketahui informasi apapun sebaiknya anda menggunakan tour guide untuk memberikan petunjuk yang lebih kongkrit lagi. Cari tour guide yang terpercaya dengan rekomendasi dari komunitas atau rekan traveler.

#8. Ada beberapa perjalanan yang dilakukan secara ektrim dan banyak berhubungan dengan keramaian. Walaupun lokasi masih terjamin dengan keamanan ada beberapa negara tujuan yang mengharuskan traveler melengkapi travel insurance untuk mendapatkan visa. Peraturan ini mengharuskan untuk dilengkapi sebelum apply visa, tidak hanya cover kesehatan saja pastikan ada klausul yang memberikan tanggungan atas kecurian barang apapun yang hilang saat perjalanan nanti. 

TIPS: sekarang ini sudah ada paket asuransi perjalanan yang menyediakan tanggungan terhadap barang yang dibawa oleh traveler. Pastikan anda harus membaca klausul atau pasal yang menyediakan tanggungan barang traveler seperti kehilangan, tercuri, hingga terjadi keterlambatan. Hal ini sangat penting adanya kepastian barang bawaan dan akan memberikan kenyamanan selama perjalanan nanti.

#9. Khusus traveler backpacker wanita melakukan perjalanan sendirian tetap waspada dan memilih tempat wisata yang tidak membahayakan terhadap diri dan barang bawaan. Tidak semua tempat wisata untuk wanita melakukan trip sendirian bisa leluasa untuk bisa berjalan, karena sangat beresiko sekali terutama waktu dan lokasi sepi harus dihindari. Sudah banyak pengalaman backpacker wanita yang melakukan perjalanan sendiri mengalami fenomena yang tidak nyaman seperti perampokan hingga mengancam keselamatan.

TIPS: memang untuk wanita melakukan perjalanan sendiri pastikan anda harus memilih lokasi tempat wisata, transportasi yang digunakan, hingga keselamatan menjadi prioritas. Keselamatan dan keamanan menjadi prinsip karena tidak semua lokasi ramah dengan wanita yang berjalan sendirian.



#10. Memperhatikan saat berjalanan kaki di negara tujuan tepatnya di trotoar yang memberikan keselamatan dan terhindar dari pencurian, pencopet, hingga perampokan. Pengalaman yang telah dirasakan oleh para traveler yang pernah terjadi perampokan barang secara paksa saat berjalanan di trotoar yang sangat dekat dengan jalur lalu lintas. Pastikan posisi berjalanan anda nanti lebih dekat ke jalur toko atau jauh dari sisi lalu lintas. Untuk antisipasi hal yang membahayakan harus menjadi sangat awas diperhatikan.

TIPS: kejadian seperti ini banyak sekali terjadi pada wanita karena gender yang paling banyak diincar oleh oknum. Apabila anda melakukan perjalanan perpindahan ini tentu harus mewaspadai fenomena ini agar keselamatan bisa diwujudkan dengan baik. Harus tetap waspada dengan fenomena apapun dan harus tetap prioritaskan keselamatan apapun jalan yang harus dilakukan.

#11. Jangan terlalu banyak membawa barang berharga seperti perhiasan, atau barang berharga saat taveling. Jika anda membawa barang bawaan yang berharga lainnya seperti smartphone, kamera, hingga laptop pastikan penjagaan terhadap barang tersebut tetap dalam area yang mudah diawasi. Apabila diperlukan tas khusus penyimpanan anti maling sangat direkomendasikan untuk dibawa agar kenyamanan perjalanan tetap nyaman dan menyenangkan.

TIPS: memang ketertarikan pencurian untuk mengambil barang traveler terlihat mencolok barang bawaan ke tempat ramai. Jadi seorang traveler yang smart akan membatasi diri untuk tetap memikirkan barang penting yang dibawa jika mengharuskan membawa tambahan perlindungan sangat baik dilakukan agar tidak terjadi hal yang krusial di perjalanan nanti.

#12. Pemilihan tempat penginapan yang direkomendasikan yang memberikan keamanan terhadap barang bawaan dan keselamatan selama stay disana. Memang banyak sekali jenis tempat penginapan yang berada di negara tujuan pastikan anda memilih banyaknya rekomendasi dari tamu yang pernah menginap disana dengan rating yang sangat memuaskan. Sangat penting saat anda membawa barang berharga saat melakukan perjalanan tetap aman. Pastinya sekarang ini sudah tersedia tempat penginapan yang telah terkoneksi dengan CCTV yang memonitor seluruh tamu sehingga keamanan seluruh tamu bisa terjamin.

TIPS: apabila memerlukan harga lebih mahal sedikit dari tempat penginapan rata-rata dan membuat keamanan tingkat tinggi terhadap barang bawaan bisa menjadi rekomendasi. Ada harga dan hubungan keamanan memang ada harga, karena pengelola mempersiapkan beberapa alat atau tools tambahan agar keamanan yang anda inginkan bisa mereka persiapkan sehinggan kenyamanan selama traveling bisa diandalkan.

#13. Tetap berhati-hati saat pembayaran secara cash-less seperti menggunakan kartu debit atau kredit. Pemilihan lokasi yang terbaik dan merchan yang terpercaya harus anda lakukan. Karena tidak semua tempat baik untuk melakukan pembayaran secara online seperti ini adanya hubungan dengan keamanan dari cyber-crime yang sudah sangat marak di era milenial ini. Seluruh identitas penting anda tetap dijaga walaupun hanya berupa struk dari transaksi belanja seperti ini.

TIPS: jika rasanya anda harus melakukan pembayaran secara tunai ditempat tertentu pastinya banyak dilakukan oleh traveler lainnya seperti di pasar tradisional dan lainnya, tetapi pembayaran secara online harus berhati-hati dan pilih lokasi tempat transaksi yang anda pilih yaitu merchan terpercaya agar terhindar dari pencurian uang oleh hacker atau pencurian secara cyber yang tetap diwaspadai.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.