Langsung ke konten utama

Gudeg Pawon: Legendaris Kuliner Penyelamat Saat Tengah Malam Di Yogyakarta Tapi Antrinya Selalu Panjang

Saat lapar ingin menikmati Gudeg-Pawon memang pilihan yang tepat tapi untuk mendapatkan hidangan lezat ini sudah tentu pasti anda akan menghadapi rintangan baru yaitu siap antri untuk mendapatkan satu porsi gudeg lezat legendaris yang ada di kota Yogyakarta. Memang penjual gudeg yang ada di kota ini sangat banyak sekali bahkan setiap sudut kota siap menyambut pengunjung tetapi kenapa Gudeg Pawon ini selalu saja menjadi pilihan terbaik para pemburu kuliner malam saat perut keroncongan dan rela antri panjang demi memuaskan selera yang sudah ingin menikmati kuliner fenomenal. Kenapa Gudeg Pawon ini selalu ramai, apa sih rahasianya? Bahkan melihat antrian yang begitu panjang masih saja pengunjung rela untuk berdiri rapi memanjang sampai keluar. Berikut penjelasannya lengkapnya:

Poto oleh: andikahermawan.wordpress.com

SEJARAH GUDEG PAWON.
Sang legend ini telah memulai bisnisnya semenjak tahun 1958, sajian gurih lezat ini lokasi pertama ada di Pasar Sentul Yogyakarta jam buka pada waktu ini dimulai dari pukul 03:00 pagi. Dimulai waktu yang sangat pagi ini tentu pembeli sudah berdatangan di sekitar pasar terutama para pedagang yang butuh sarapan pagi sebelum memulai aktifitas. Dengan rasa yang sangat khas memang menjadi pilihan bagi pecinta kuliner sehingga setiap banyaknya porsi yang dijual pada waktu itu selalu habis. Berjalannya waktu dan bertambahnya konsumen setiap hari maka tahun 2000 pemilik Gudeg Pawon bernama Prapto Widarso memutuskan untuk memindahkan tempat jualan mereka di Pasar Sentul Yogyakarka pindah ke rumah. Jam buka operasional mereka menjadi berubah dimulai dari pukul 22:30 malam.

Saat pindahnya tempat jualan ke alamat baru sekarang di Jl.Prof.Dr.Soepomo Janturan Umbulharjo Yogyakarta ini daerah sekitar menjadi berubah seketika dan memberikan dampak ekonomi untuk penduduk sekitar dengan menjadi tenaga keamanan parkir untuk para pembeli.



KEUNIKAN GUDEG PAWON TERBONGKAR RAHASIANYA.
Memang untuk bumbu olahannya masih sama dengan penjual gudeg lainnya yang menjadi berbeda adalah proses pembuatannya menggunakan bahan yang berkualitas tinggi dan bumbu lengkap. Saat memasak menggunakan kayu bakar sebagai rahasia penting untuk memasak gudeg menjadi lebih istimewa, gurih, dan lezat. Ini lah rahasia Gudeg Pawon yang legend tersebut berada di proses masak menggunakan kayu bakar sebagai cara terbaik untuk mendapatkan kuliner lezat sampai sekarang ini secara tradisional.

Tidak hanya itu saja, dengan terkenalnya gudeg ini proses pengambilan tempat masakan memasuki area dapur sehingga memberikan keunikan tersendiri. Para pecinta kuliner gudeg ini akan memasuki lajur dapur sebagai awal antrian sehingga bisa melihat langsung dari sinilah awal pembuatan gudeg lezat yang disukai oleh para pecinta kuliner dari Yogyakarta dan seluruh dunia. Jangan khawatir, pengunjung yang ingin menikmati gudeg dapat dinikamti di lokasi langsung atau dibawa pulang.

GUDEG PAWON SEKARANG.
Sudah tentu pasti sebuah legend sudah akan dipilih dan terpilih untuk dinikmati termasuk Gudeg Pawon. Dengan banyaknya penggemar masakan ini tentu mereka akan rela berkorban menunggu untuk antri, bahkan sebelum jam buka saja pengunjung sudah duduk manis menunggu sang legend menggelar dagangannya. Walaupun jam baru menunjukan pukul 19:00 dan 20:00 para pembeli sudah mulai datang antri untuk menunggu giliran pertama mendapatkan seporsi hidangan lezat ini. Jika anda datang telat saja datang maka antrian anda sudah bisa puluhan, pastikan jangan sampai saat antrian anda hidangan gudeg telah habis tentu menjadi mimpi buruk saat perut sudah keroncongan. 

JENIS LAUK PENDAMPING GUDEG PAWON.
Untuk melengkapi sajian hidangan gudeg ada beberapa lauk pendamping sajian lezat ini seperti ayam, tahun, tempe, ceker ayam, dan sayur krecek. Tentu pilihan ini sudah menjadi standar tetapi rasa gurih dan lezat ini bisa membius anda untuk akan terus menikmati hidangan fenomenal hadir di kota Yogyakarta.

TIPS.
Dengan banyaknya pengunjung yang datang membeli demi seporsi gudeg akan merasakan sedikit ketidaknyamanan, keterbatasan tempat dan penuhnya pembeli. Memang begitulah keunikannya, anda harus rela menerima keadaan sebuah hidangan lezat dengan harga yang sangat terjangkau ini dengan lingkungan tempat makan yang terbatas sehingga anda harus rela duduk diseluruh tempat tetangga sekitar untuk mencicipi nikmatnya Gudeg Pawon yang legend ini sambil duduk bersila. Dengan harga seporsi Gudeg Pawon lengkap dengan lauknya dimulai dari harga IDR25.000 anda sudah bisa menikmatinya gurihnya seporsi besar dan terbayarkan antri yang sangat panjang di tempat yang sangat terbatas akan tetap maklum bagi konsumen yang sudah tertambat hatinya dengan kuliner sang legend. Apabila anda seorang yang sabar, rela antri panjang, dan bisa menerima ketagihan akut terhadap kuliner ini maka Gudeg Pawon adalah jawabannya saat berada di Yogyakarta.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Bulan Terbaik Liburan Singapore: Peak Season atau Low Season

Sebagai negara tetangga Singapore mempunyai bulan terbaik untuk berkunjung dan kapan anda mau berkunjung bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagian orang menyebutnya kapan waktu peak season atau kapan pula waktu low season. Sebagai traveler yang smart dan cerdas harus memperhatikan musim liburan seperti ini akan berhubungan dengan persiapan budget sehingga uang anda akan dihabiskan tergantung dari waktu tersebut. Banyak sekali para traveler dari Indonesia masih kurang paham kapan waktu terbaik untuk menghabiskan waktu liburan di Singapore sehingga ada yang mengira liburan disana sangat mahal. Sebenarnya tidak juga hanya waktu saja yang kurang tepat mungkin pada waktu itu anda berada di peak season semuanya mahal, dimulai dari tiket pesawat, hotel, dan tempat wisata.

Panduan Lengkap Menggunakan Kendaraan Umum PO Bus dari Kota Padang ke Tujuan Antar Kabupaten Kota di Sumatera Barat

Rasanya saya perlu membuat sebuah ilustrasi lengkap mengenai panduan lengkap menggunakan kendaraan umum dari kota Padang ke berbagai tujuan di provinsi ini. Pencarian populer di search engine seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Batusangkar, Pasaman, Pariaman, Air Haji, Painan, Solok, Sawahlunto, Painan, dsb hanya diperlukan petunjuk jelas dan tepat. Setelah saya melihat keyword ini sangat banyak dicari para turis yang ingin berkunjung ke Ranah Minang ini ingin rasanya saya membantu walau hanya berupa tulisan artikel seperti ini. Besar harapan semoga tulisan ini bisa sedikit membantu, dan apabila bermanfaat dapat sharing ke rekan lainnya yang butuh bantuan saat sampai di kota Padang. Di kota Padang untuk terminal bus antar kota yang representatif belum tersedia di satu kompleks, sehinga beberapa tujuan harus terpisah. Tetapi hal ini tidak menyurutkan saya ingin memandu beberapa rekan yang ingin berwisata di Sumatera Barat hanya bermodalkan kendaraan umum untuk sampai k

Belanja Beli Elektronik Di Singapore: Alasan Kenapa Dan Tips Agar Tidak Tertipu

Fenomena membeli elektronik, hp, laptop, dan sejenisnya di Singapore menjelma menjadi sebuah rekomendasi yang wara-wiri di media sosial tentu perlu disikapi lebih teliti kembali. Tentu sebagian orang menganggap ini sebagai cara untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan harga yang masih terjangkau pasti ada komparasi harga baik dari Singapura sendiri dan Indonesia. Dengan adanya komparasi harga tentu saja konsumen seperti anda mendapatkan harga pembanding dimana sebuah produk yang telah mereka inginkan diteliti spesifikasinya dan melihat penjual yang menyediakan barang yang sama mencantumkan harga terbaik mereka yang akan konsumen beli. Adanya pembebasan pajak khusus para turis dengan istilah GST tentu menjadi lebih menarik dari kebijakan seperti ini, alasannya disenangi karena harga yang anda bayar tentu sedikit lebih murah sehingga daya tarik ini lah yang menjadi senjata membius para traveler agar berbelanja di Singapura.