Langsung ke konten utama

Waspada Tindakan Tidak Wajar Yang Banyak Dialami Oleh Turis Saat Traveling Ke Luar Negeri: Anda Harus Hati-Hati

Saat diputuskan liburan ke luar negeri tentu semua traveler sangat menyenangi bahkan sangat antusias karena sudah menjadi cita-cita sejak lama untuk melakukan perjalanan seperti ini. Tentu saat melakukan traveling ke luar negeri ada beberapa dampak resiko yang harus dipahami agar anda tidak tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung-jawab di negara tujuan yang tentu akan mengambil segala kesempatan saat anda terlengah. Sebelum anda melakukan perjalanan ini tentu banyak sekali modus yang banyak dilakukan untuk mengalihkan perhatian para turis termasuk anda sehingga uang yang akan anda bayarkan tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya sehingga terjadi over budget yang seharusnya tidak harus anda bayar. 

Poto oleh: trackthattravel.com

Apa saja tindakan yang tidak wajar atau sebutan lainnya travel scam seperti copet, maling, hingga tindakan kriminal lainnya yang sering dialami oleh para traveler dari seluruh negara saat berada di luar negeri mengalami kerugian yang cukup besar dari pihak lain yang mencoba menipu dalam modus yang kadang kala kita lupa atau lengah. Berikut penjelasannya.

#1. BARANG DICURI DENGAN ANEKA MODUS.
Banyak sekali barang bawaan dicuri oleh oknum penduduk lokal negara tujuan untuk mengambil barang dengan modus pura-pura menabrakan diri atau berbicara dengan bahasa yang tidak anda paham ternyata barang anda menjadi objek yang dicari diambil oleh rekan dia lainnya. Modus seperti ini sudah banyak terjadi sehingga barang bawaan yang luput dari pandangan anda seperti smartphone, laptop, bahkan dompet bisa berpindah tangan dalam waktu sekejap. 

TIPS: ada berjalan harus fokus dengan rute yang akan dilalai, dan pastikan seluruh barang bawaan sudah dalam pengawasan anda walaupun terjadi hal orang lain yang ingin mencoba melakukan hal menabrakan diri atau lain sebagainya supaya anda tidak terkecoh. Biasanya oknum ini mengincar traveler yang berjalan sendirian sehingga kemungkina terjadi modus seperti bisa saja terjadi.

#2. SALAH BELI TIKET TERNYATA PALSU.
Penjualan tiket untuk tempat wisata atau di tempat mengadakan acara tertentu kemungkinan calo berkeliaran bisa saja terjadi. Tidak hanya di Indonesia saja di luar negeri juga ada. Anda harus waspada karena calo yang menawarkan tiket palsu ini bisa saja sangat lancar Bahasa Inggris sehingga anda menjadi lengah dan percaya apa yang dia ucapkan. Hindari pembelian tiket pada pihak yang tidak dipercaya sehingga rencana anda untuk menikmati liburan ke tempat wisata yang dituju bisa berubah menjadi mimpi buruk dengan membeli tiket palsu.

TIPS: sebaiknya anda membeli tiket apapun bentuk jenis tempat wisata yang akan anda lakukan di tempat resmi dan mempunyai kredibilitas sebagai pihak yang menjual tiket resmi. Sekarang ini memang banyak sekali provider online menyediakan atau membantu mendapatkan tiket dan membayar beberapa fee tertentu, jika dibutuhkan dan rasanya sangat perlu maka anda bisa mempertimbangkannya. Lebih baik langsung membeli ke website mereka langsung supaya kenyakinan untuk mendapatkan tiket tersebut bisa diandalkan.



#3. SAAT MENUKARKAN UANG DI MONEY CHANGER.
Modus seperti sudah banyak dirasakan oleh para traveler saat mereka menukarkan uang kepad petugas. Saat anda menukarkan uang tentu saja mata uang asing yang akan ditukarkan dengan mata uang lokal yang harus sesuai dengan jumlah hasil kali dengan rate pada saat itu. Jika waktu tertentu anda harus mencari money changer untuk menukarkan uang dengan jumlah tertentu pastikan jumlah hasil perkalian dengan rate yang telah disepakati harus sesuai dan tidak ada kurang. Ada oknum yang nakal saat melakukan konversi mata uang mereka selipkan atau jatuhkan di meja saat proses penghitungan dimulai.

TIPS: sebagai konsumen anda harus melakukan hitung ulang kembali di depan petugas tersebut agar terjadi kebenaran jumlah penukaran uang sebelum anda meninggalkan tempat. Jika anda sudah berjalan memalingkan wajah saja mereka akan tidak bertanggung jawab lagi dengan jumlah uang yang telah anda terima. Pastika ricek uang lembaran uang sesuai dengan jumlah kesepakatan anda pada waktu itu.

#4. HARGA TIBA-TIBA NAIK MENDADAK.
Saking senangnya dan nikmatnya makan makanan lezat di negara tujuan anda jadi lupa harga saat wisata kuliner. Khususnya yang gemar street food yang tidak memiliki harga menu. Banyak sekali traveler terjebak dengan harga yang tidak masuk akal sampai menguras kantong bahkan menjadi mimpi buruk saat membayar. Sebagat traveler smart dan cerdas harus melakukan riset terlebih dahulu di street food di negara tujuan. Karena banyak dalam situasi seperti ini traveler sedikit lengah dan masuk dalam perangkap oknum yang tidak bertanggung-jawab.

TIPS: tidak hanya satu penjual saja yang menyediakan menu yang lezat di tempat wisata. Anda harus memastikan harga harus diketahui dan ada dafatr menu yang mempunyai nilai nominal untuk setiap jenis masakan yang disediakan. Untuk membayar sebaiknya hitungan jelas tidak ada dispute harga sehingga kenyamanan anda selama traveling tetapi bisa dilakukan dengan baik.

#5. MANIPULASI HARGA TAKSI METER.
Mungkin untuk hal ini sudah mulai terkurangi karena sudah mulai adanya taksi online di beberapa negara tujuan wisata. Walaupun belum keseluruhan negara tujuan wisata memiliki taksi online tentu anda tetap waspada pada situasi tertentu anda harus menumpang taksi secara konvensional untuk sampai ke tujuan tertentu. Dengan argo meter taksi yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga harga yang akan tertera dilayar seperti argo kuda. 

TIPS: sebelum anda menggunakan taksi meter dengan argo terpercaya selalu membaca rekomendasi dari beberapa traveler atau komunitas yang memberikan nama taksi yang direkomendasikan untuk dinaiki di beberapa negara wisata. Harus dilakukan untuk diantisipasi agar kerugian dengan oknum nakal bisa terhindar dan menempuh perjalanan lebih jauh dari seharusnya membuat turis terpaksa membayar lebih mahal dari seharusnya.

#6. SALAH BERTANYA KEPADA OKNUM PENJAHAT.
Hal yang sangat berbahaya adalah bertanya kepada oknum yang ternyata teman komplotan penjahat yang mangsanya para turis. Pada saat tersesat biasanya turis akan bertanya kepada penduduk lokal untuk menentukan arah perjalanan yang seharusnya ditempuh agar tujuan yang akan dipilih bisa lebih cepat sampai. Pada situasi ini tentu menjadi sebuah bencana bagi seorang traveler yang berjalan sendiri agar selalu waspada modus seperti ini agar terhindar dari perampokan yang mungkin saja terjadi.

TIPS: jika saat tertentu anda sebagai traveler membutuhkan seorang navigator petunjuk perjalanan yang memang diharuskan untuk dilakukan sebaiknya pilih seorang tour guide yang dipercaya agar perjalanan nanti sesuai dengan tujuan. Pola traveling eksplor sebuah daerah wisata baru yang tentu mempunyai akses yang terbatas dan perlu penduduk lokal untuk membantu anda. Pastikan tour guide yang akan anda pilih nanti memang mempunyai track record baik dan background yang jelas supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

#7. WASPADA NITIP BAYAR SAAT MAKAN MINUM DI CAFE.
Mungkin ini jarang untuk traveler Indonesia tetapi pernah terjadi pada rekan traveler lainnya. Saat berkunjung dan menikmati suasana cafe yang sangat nyaman tiba-tiba anda penduduk lokal atau traveler lainnya ingin bergabung makan bersama anda, menikmati suasana, hingga akhirnya ngobrol bareng. Akhirnya ybs nitip bayar ke anda sebagai traveler yang sebenarnya modus untuk menghindari biaya makan dia untuk hari ini. Modus ini harus diwaspai saat traveling ke suatu negara yang menyajikan hidangan lezat.

TIPS: jika seandainya situasi ini bisa saja terjadi di masa tertentu pastikan anda harus mempunyai sifat tegas saat melakukan pembayaran. Jika seandainya ybs nimbrung makan bareng dan biasalah anda sebagai orang yang ingin selalu mempunyai teman dari negara lain untuk berkenalan tetapi untuk masalah pembayaran sebaiknya bill terpisah supaya tidak terjadi salah paham di pembayaran di kasir. 

PENUTUP.
Untuk modus travel scam ini memang sangat banyak ragam dan jenisnya yang penting anda tetap berhati-hati selalu tetap waspada terhadap keselamatan diri terutama saat anda berjalan sendiri. Peluang anda lengah menjadi cara bagi oknum tertentu melakukan tindakan kejahatan baik copet, maling, dan lain sebagainya. Memang target mereka turis yang lengah akan mereka jadikan mangsa untuk berbuat jahat. Jangan lengah dan jangan beri peluang kepada mereka untuk menjadikan anda sebagai objek ATM mereka. Selalu tetap waspada jangan memberikan peluang mereka untuk mengambil secara paksa semua barang penting bawaan anda dan yang paling penting anda jangan terlalu mencolok membawa barang mewah seperti jam tangan mewah, emas perhiasan, hingga aksesoris mahal lainnya. Traveling seorang yang sederhana saja untuk menghabiskan masa liburan singkat menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.