Langsung ke konten utama

Wisata Sindang Barang Bogor: Dekat Dari Jakarta Liburan Tema Budaya Sunda

Saat anda ingin mencari liburan yang tema untuk melestarikan budaya pilih wisata Sindang Barang Bogor adalah jawabannya. Sangat dekat dengan DKI Jakarta tentu sangat mudah dijangkau dan tidak perlu jauh-jauh dari rumah. Jenis wisata seperti ini sangat diminati oleh turis lokal dan luar negeri dimana budaya Sunda yang sudah mengakar di penduduk lokal disana masih kental dan bahkan masih terjaga keasrian dan keasliannya. Kampung Budaya Sindang Barang Bogor ini sebagai tempat percontohan sebuah kawasan yang sudah terintegrasi dengan beberapa fasilitas yang dibuat sehingga turis bisa merasakan bagaimanan suasan desa Sunda dan dilengkapi dengan beberapa kegiatan lain termasuk seluk beluk kehidupan sunda dimulai dari rumah, adat istiadat, hingga bermain alat musik asli angklung. 

Potensi wisata ini sudah mulai dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi bagi anak sekolah SD, SMP ataupun SMU yang ingin melihat secara langsung sekaligus mempraktekan teori yang didapat disekolah bisa terlihat dan langsung dipraktekan. Tidak hanya itu saja, para turis yang ingin melihat dari dekat bagaimana budaya sunda yang ada di Kampung Budaya Sindang Barang ini berikut informasi lengkapnya.

KAMPUNG BUDAYA SUNDA SINDANG BARANG BOGOR.
Alamat: Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Pasireurih, Bogor, Jawa Barat 16631.
Telepon: Hp: +6281318187573 | Whatsapp +6287770302144



#1. KAMPUNG TERTUA DI SELURUH BOGOR YAITU SINDANG BARANG.
Sebagai kampung tertua di Bogor Raya menjadikan Sindang Barang sebagai kampung yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Sunda sekitar abad ke 12. Disinilah lokasi awal para jawara atau satria di tanah Pasundan menuntut ilmu khusus kerajaan pada waktu dan juga sebagai pengembangan kebudayaan di tanah Sunda yang masih terjaga sampai sekarang. Jadi, apabila anda membawa keluarga untuk melakukan perjalanan wisata tentu menjadi pilihan terbaik sekaligus memperkenalkan budaya yang masih terjaga sampai sekarang dalam sebuah kompleks yang sangat asri dan terawat rapi. Jadi wisata tapak tilas sejarah bisa dilihat beginilah sejarah di tanah Sunda ada di Sindang Barang.

Poto oleh: bisniswisata.co.id

#2. SANGAT KHAS ASRINYA TATARAN WILAYAH PARAHYANGAN.
Saat berada di Sindang Barang ini terlihad landscape tata ruang sangat khas dan pastinya terlihat seperti tataran daerah Parahyangan tentu menjadi sangat unik. Terdengar suara angklung yang dimainkan orang para ibu yang mereka mainkan khas sekali unik di budaya Sunda. Terlihat sanung yang sangat terawat ini merupakan tempat lumbung tempat meletakan padi secara tradisional. Jadi ini lah pemandangan yang sangat asri khas yang tentu hanya ada di perkampungan Sindang Barang.

#3. RASAKAN NUANSA BARU TINGGAL BERSAMA KOKOLOT KAMPUNG.
Pengelola Kampung Budaya Sindang Barang menyediakan kesempatan kepada pengunjung atau turis yang ingin tinggal bersama kokolot kampung. Kokolot maksudnya adalah orang yang dituakan atau sesepuh kampung yang tentu sangat unik dan disenangi oleh para turis. Konsep ini memang masuk dalam destinasi wisata yang disukai oleh turis luar negeri sehingga bisa merasakan hidup bersama penduduk lokal. Tidak hanya itu saja, proses memasak secara tradisional juga menjadi daya tarik tersendiri menggunakan hawu atau kompor tradisional dengan kayu bakar tentu sangat fenomenal sekali di masa modern yang sudah mulai terlupakan.

#4. RASAKAN MENGINAP DI KAMAR UNIK PENDUDUK LOKAL SUNDA TEMPO DULU.
Saat anda ingin menginap di Kampung Budaya Sindang Barang tersedia kamar atau bilik yang sangat tradisional dengan dinding dan loteng yang terbuat dari anyaman bambu. Tentu konsep tradisional seperti ini sangat disukai oleh turis luar negeri yang memang ingin merasakan bangaimana rasanya menginap di kamar tradisional tempo dulu yang memberikan suasana fenomenal di zaman modern saat ini. Konsep tradisional dengan anyaman bambu ini ingin membdik turis manca negara supaya bisa menghabiskan waktu liburannya lebh lama lagi sehingga mendapat nuansa tinggal di zaman dulu yang hanya ada di Kampung Budaya Sindang Barang. 

#5. SARANA MENJAGA BUDAYA SUNDA TETAP TERJAGA.
Kompleks yang masih terjaga ini sudah pasti sebagai tempat yang masih bisa menjaga budaya Sunda yang akan tetap bisa dilihat sampai kapan pun dan menjadikan objek wisata yang akan selalu dikunjungi oleh para turis lokal dan mancanegara. Dengan menjaga sejarah budaya Sunda tidak hanya dengan suasana penduduk lokal tetapi hal lain seperti beberapa kegiatan yang selalu dilakukan penduduk lokal lainnya yang bisa diikuti oleh para turis yang ingin mengetahui lebih dekat. Pastikan jadwal dan waktu yang telah ditetapkan bisa masuk dalam tanggal wisata anda di Kampung Budaya Sunda Sindang Barang.

Seluruh fakta pengalaman yang telah banyak dirasakan oleh para turis ini tentu hanya bisa anda dapatkan di Kampung Budaya Sunda Sindang Barang hanya 5 km dari pusat kota Bogor. Lokasi yang sangat memadaai sebagai tempat untuk menghabiskan masa liburan singkat anda bersama keluarga ini tentu bisa masuk dalam daftar pilihan untuk musim cuti bersama di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur di Sindang Barang.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Bulan Terbaik Liburan Singapore: Peak Season atau Low Season

Sebagai negara tetangga Singapore mempunyai bulan terbaik untuk berkunjung dan kapan anda mau berkunjung bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagian orang menyebutnya kapan waktu peak season atau kapan pula waktu low season. Sebagai traveler yang smart dan cerdas harus memperhatikan musim liburan seperti ini akan berhubungan dengan persiapan budget sehingga uang anda akan dihabiskan tergantung dari waktu tersebut. Banyak sekali para traveler dari Indonesia masih kurang paham kapan waktu terbaik untuk menghabiskan waktu liburan di Singapore sehingga ada yang mengira liburan disana sangat mahal. Sebenarnya tidak juga hanya waktu saja yang kurang tepat mungkin pada waktu itu anda berada di peak season semuanya mahal, dimulai dari tiket pesawat, hotel, dan tempat wisata.

Panduan Lengkap Menggunakan Kendaraan Umum PO Bus dari Kota Padang ke Tujuan Antar Kabupaten Kota di Sumatera Barat

Rasanya saya perlu membuat sebuah ilustrasi lengkap mengenai panduan lengkap menggunakan kendaraan umum dari kota Padang ke berbagai tujuan di provinsi ini. Pencarian populer di search engine seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Batusangkar, Pasaman, Pariaman, Air Haji, Painan, Solok, Sawahlunto, Painan, dsb hanya diperlukan petunjuk jelas dan tepat. Setelah saya melihat keyword ini sangat banyak dicari para turis yang ingin berkunjung ke Ranah Minang ini ingin rasanya saya membantu walau hanya berupa tulisan artikel seperti ini. Besar harapan semoga tulisan ini bisa sedikit membantu, dan apabila bermanfaat dapat sharing ke rekan lainnya yang butuh bantuan saat sampai di kota Padang. Di kota Padang untuk terminal bus antar kota yang representatif belum tersedia di satu kompleks, sehinga beberapa tujuan harus terpisah. Tetapi hal ini tidak menyurutkan saya ingin memandu beberapa rekan yang ingin berwisata di Sumatera Barat hanya bermodalkan kendaraan umum untuk sampai k

Belanja Beli Elektronik Di Singapore: Alasan Kenapa Dan Tips Agar Tidak Tertipu

Fenomena membeli elektronik, hp, laptop, dan sejenisnya di Singapore menjelma menjadi sebuah rekomendasi yang wara-wiri di media sosial tentu perlu disikapi lebih teliti kembali. Tentu sebagian orang menganggap ini sebagai cara untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan harga yang masih terjangkau pasti ada komparasi harga baik dari Singapura sendiri dan Indonesia. Dengan adanya komparasi harga tentu saja konsumen seperti anda mendapatkan harga pembanding dimana sebuah produk yang telah mereka inginkan diteliti spesifikasinya dan melihat penjual yang menyediakan barang yang sama mencantumkan harga terbaik mereka yang akan konsumen beli. Adanya pembebasan pajak khusus para turis dengan istilah GST tentu menjadi lebih menarik dari kebijakan seperti ini, alasannya disenangi karena harga yang anda bayar tentu sedikit lebih murah sehingga daya tarik ini lah yang menjadi senjata membius para traveler agar berbelanja di Singapura.