Langsung ke konten utama

Rekomendasi Tempat Wisata Kota Tua Medan Yang Harus Dikunjungi

Wisata Kota Tua Medan. Tidak hanya kuliner lezat saja yang akan menjadi destinasi liburan saja, jangan salah sudah ada kompleks kota tua yang akan menjadi tujuan wisata lain yang akan menjadi itinarary pelajaran perjalanan sejarah kota ini dengan waktu liburan singkat nanti. Perjalanan panjang kota Medan menjadi kota besar di Pulau Sumatera telah berkiprah dalam ekonomi dan ada perkembangan sebuah kerajaan Melayu. Sebagai wisatawan perlu mengetahui lokasi tempat wisata kota tua yang harus dikunjungi apabila sudah berada di kota Medan, berikut rekomendasi kota tua yang harus anda kunjungi.

1. Gedung Balai Kota Lama.

Poto oleh: en.wikipedia.org

Gedung tua ini sudah berumur lebih dari seabad. Pada tahun 1900-an merupakan gedung penting yang bediri di kota Medan dengan berkantornya 12 orang walikota. Keindahan gedung yang dibangun pada zaman penjajahan kolonial Belanda ini sudah tidak bisa ditawar lagi karena perjalanan kokoh berdiri gedung ini hingga sekarang juga mengalamai pasang surut perhatian dari pemkot pada waktu itu. Dimulai tahun 1990 lah perawatan gedung ini mulai diperhatikan, sudah lama terbengkalai perlu beberapa waktu untuk perbaikan karena adanya unsur bisnis lain disekitar gedung tua ini. Aura kejayaan arsitektur masih terlihat sampai sekarang. Kunjungan setiap waktu baik pagi siang ataupun malam bisa anda nikmati sebagai wisata sejarah dengan gedung tua sebagai objeknya.

2. Gedung Kantor Pos Lama Medan.

Kantor Pos Medan Pada Tahun 1930 an. Poto oleh: kihm5.wordpress.com

Lokasi yang sangat strategis di Jl.Medan Merdeka Square ini sudah menjadi lokasi wajib bagi wisatawan untuk berkunjung ke kota Medan. Gedung tua dengan ciri khas atap kubah ini dibangun pada tahun 1909 di zaman penjajahan kolonial Belanda. Fungsinya tetap sama sebagai kantor pos masih berdiri megah ini telah menjadi agenda wajib wisata kota tua.

3. Jembatan Titi Gantung.

Jembatan Titi Gantung. Poto oleh: dimedan.co

Jembatan tua yang telah dibangun sejak tahun 1885 masih digunakan oleh masyarakat untuk titian jalan menuju seberang. Tetap cantik dan terawat terletak sangat dekat dengan Stasiun Kereta Api kota Medan. Awalnya digunakan khusus untuk pejalan kaki yang ingin menyeberang tanpa harus melewati jalur rel kereta diperuntukan untuk calon penumpang yang ingin menggunakan Kereta Api untuk transportasi. Jembatan ini juga mempunyai ketinggian yang cukup baik digunakan oleh para wisatawan untuk melihat pemandangan disekitar lokasi jembatan. Khusus pada malam hari, anda dapat menikmati suasana pasar malam yang berlokasi di Lapangan Merdeka.

4. Istana Maimun.

Istana Maimun Medan. Poto oleh: nfitriah.blogspot.co.id

Merupakan Istana peninggalan Kesultanan Deli dengan luas 2.772 m² memiliki 30 ruang. Bernama Istana Maimun mempunyai sejarah yang cukup panjang di Sumatera Utara dibangun pada tahun 1888, lebih dari seabad ini masih bisa kita lihat kemegahan Istana ini. Jika dilihat dari Arsitektur Istana adanya pengaruh berbagai kebudayaan pada saat itu seperti Islam, India, Italia, Melayu dan Spanyol menyatu keseluruhan bentuk eksterior dan interior. Sempat tidak terurus dengan kekurangan dana sudah menjadi kewajiban dari Pemerintah Kota untuk memberikan bantuan renovasi pada tahun 2012. Sudah terlihat aura sebuah Istana yang sebenarnya dan bisa anda nikmati sebagai objek wisata di kota Medan.

5. Gedung Lonsum atau London Sumatera.

Gedung London Sumatera. Poto oleh: rahmatramadhanritonga.blogspot.co.id

Berdiri sejak tahun 1906 terdiri dari lima lantai sudah memiliki lift penghubung setiap tingkat gedungnya. Sangat mewah sekali pada masa itu sebagai basis kantor perkebunan dan perdagangan di masa penjajahan kolonial Belanda. Tepat pada kelahiran Ratu Belanda di masa itu yaitu Ratu Juliana dengan berdirinya gedung ini masih digunakan sebagai aktifitas perkantoran hingga sekarang. Bernama London Sumatera karena sebagian orang berpendapat gedung ini mirip gedung di London yang berdiri di pulau Sumatera. Gedung tua ini harus anda kunjungi berlokasi di Jl.Ahmad Yani Medan.

6. Rumah Tjong A Fie.

Rumah Tjong A Fie. Poto oleh: dibsky.blogspot.co.id

Rumah tua lokasi di Jl.Ahmad Yani Medan adalah bangunan yang dimiliki oleh orang Cina yang hijrah ke kota ini untuk berniaga dan cukup berhasil. Dengan keberhasilan tata niaga yang dia lakukan pada waktu itu bisa anda lihat dari sebuah rumah yang dia bangun. Bernama Tjong A Fie ini dibangun pada tahun 1895 di masa penjajahan kolonial Belanda dengan gaya arsitektur campuran antara Cina, Melayu dan Eropa. Pengaruh di abad ke 19 cukup terlihat dengan gaya Cina juga terlihat pada eksterior dan interior rumah.

7. Menara Tempat Air Tirtanadi.

Menara Air Tirtanadi Medan. Poto oleh: instabrown.com

Termasuk bangunan yang menjadi ikon di kota Medan ini dibangun pada zaman kolonial Belanda pada tahun 1908. Kebutuhan akan air bersih pada saat itu dibangunlah menara ini untuk distribusi air ke penduduk sekitar tetapi khusus kaum bangsawan saja yang bisa menikmati fasilitas ini. Dengan letak yang cukup strategis dan bisa langsung terlihat keunikan bangunan di Jl.Sisingamangaraja I dari berbagi sisi. Jika dilihat dari tinggi bangunan sekitar 42 meter ini mampu memberikan nuansa baru menikmati bangunan tua bersejarah di kota Medan.

Wisata kota tua di Medan sudah bisa menjadi destinasi wisata pelengkap liburan singkat. Dengan berbagai kuliner halal dari keturunan Melayu, India, dan Aceh ini mampu menciptakan wisata di kota Medan menjadi berbeda. Jadi, masukan wisata bangunan tua ini dalam itinarary liburan mendatang untuk memberikan pengenalan sejarah panjang kota ini hingga sekarang ini.  

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.