Langsung ke konten utama

Cara Jitu Kapan Waktu Terbaik Beli Tiket Pesawat Murah

Sebagian turis menginginkan tiket pesawat yang mereka beli murah bahkan sangat murah berbasis kelas promo untuk pergi liburan. Pada zaman now sudah mulai bermunculan penerbangan bertema Low-Cost-Airline berlomba-lomba untuk memberikan harga terbaik mereka kepada seluruh traveler backpacker yang menginginkan penerbangan yang sesuai dengan kocek dompet mereka. Seorang backpacker tidak butuh harga mahal dengan fasilitas kenyamanan diatas pesawat, untuk sampai ke wisata yang mereka tuju sudah sangat bersyukur sekali dengan mengabaikan kenyamanan tadi.

Tidak hanya di Indonesia dan regional saja, diseluruh duni maskapai penerbangan berbasis biaya rendah ini sudah menjadi trending sahabat dekat bagi traveler yang butuh liburan tetapi biaya yang mereka siapkan tidak terlalu banyak. FYI, untuk membutuat itinarary perjalanan liburan biaya yang paling banyak dikeluarkan adalah biaya transportasi menuju ke lokasi wisata termasuk tiket pesawat ini. Beginilah cara jitu kapan beli tiket pesat murah untuk liburan anda nanti, berikut penjelasannya.


Poto oleh: expertvagabond.com


1. Teliti Destinasi Liburan Anda.
Pembelian tiket untuk liburan tergantung dari destinasi yang akan anda pilih. Apabila anda memilih lokasi tujuan wisata dengan banyaknya maskapai penerbangan berbasis biaya murah atau low cost maka anda berkesempatan untuk mendapatkan harga promo yang cukup besar. Biasanya destinasi yang paling favorit untuk liburan oleh orang Indonesia adalah Bali, Singapura, Malaysia, Bangkok Thailand, Yogyakarta, Surabaya, Vietnam, Hongkong, dsb. Lokasi favorit ini akan tersedia beberapa maskapai penerbangan murah dengan konsekwensi fluktuatif harga setiap waktu akan terlihat sangat jauh berbeda. Jadi anda harus bisa membaca kapan waktu terbaik untuk membeli adalah jangan terburu-buru dulu melakukan issued tiket, persiapkan pembelian tiket harus jauh-jauh hari supaya waktu anda cukup banyak untuk melakukan go-show tiket. Setelah anda mengetahui harga pasar tiket untuk beberapa saat dan pada saat anda melakukan issued tiket merupakan harga paling terbaik dan murah setelah anda go show sebelumnya maka sebaiknya langsung issued, jika anda menunda maka harga akan langsung berubah cepat dalam hitungan waktu. 

Bagaimana dengan rute yang tidak banyak dilayani oleh maskapai penerbangan murah?. Banyak sekali yang bertanya seperti ini, solusinya sudah saya singgung sedikit diatas yaitu membeli tiket pada jauh-jauh hari seperti tiga bulan sebelum keberangkatan. Harga tiket yang di publish oleh maskapai penerbangan ini tidak terlalu berbeda jauh karena jalur ini tidak terlalu banyak penumpang untuk satu tahun berjalan alias konstan, maskapai penerbangan menerapkan sistem year round tiket untuk rute ini. Rata-rata sama tetapi harga tiket akan meningkat jika adanya permintaan tinggi apabila ada acara tahunan yang akan dilaksanakan di daerah tujuan tersebut seperti program pemerintah provinsi untuk meningkatkan kunjungan wisata.

2. Tentukan Maskapainya.
Tahap selanjutnya adalah memilih maskapai penerbangan yang akan membawa anda ke tujuan lokasi wisata. Pilihan yang sangat besar khusus untuk para backpacker adalah maskapai penerbangan biaya murah atau LCC [Low Cost Carrier]. Prinsip yang diterapkan oleh penerbangan ini adalah akan memberikan diskon jor-joran pada satu tahun sebelumnya dan akan sangat mahal pada hari-h nya. Jadi, anda jangan senang dulu apabila mendengar tiket pesawatnya murah. Iya murah jika dibeli jauh-jauh hari tetapi pada waktu dekat keberangkatan akan berlipat-lipat harganya dari harga satu tahun sebelumnya.
FYI, dengan mahalnya tiket pesawat pada LCC pada waktu dekat keberangkatan jika anda bandingkan dengan pesawat yang menerapkan full service akan lebih murah. Anda bisa lihat sendiri karena pesawat yang full service juga menerapkan year round tiket. Jadi jika dimasa yang akan datang anda bertemu kasus seperti ini maka sebaiknya anda melakukan go-show untuk pesawat full service sebagai pilihan.
Pengalaman saja untuk reader saya, untuk maskapai tertentu akan melakukan perubahan harga sedikitnya tiga kali dalam satu hari. Waktu perubahan ini mereka lakukan pada pagi, siang, tengah malam. Para backpacker sudah sangat paham dan bisa membaca cara mereka merubah harga ini karena go show tiket murah sudah sering mereka lakukan. Sebagai traveler seperti anda harus bisa menahan diri dulu jangan terbuai dengan harga yang tertera dilayar karena masih ada kesempatan lagi untuk mendapatkan harga yang paling minimal. Traveler akan mempersiapkan tiket jauh-jauh hari dengan melakukan cross-check harga  sebelum melakukan pembelian dengan melihat harga pada pesawat full service dan kompetitor dari LCC.

3. Teliti Periode Waktu Liburan Berangkat dan Pulang.
Maskapai penerbangan LCC sudah memperhatikan waktu pada akhir pekan, musim liburan di Indonesia. Sebaiknya anda menghindari periode ini karena harga tiket sangat mahal. Coba pada musim low season seperti pada bulan September-Oktober-November serta Februari-Maret-April. Inilah periode yang banyak direkomendasikan oleh para expert dan traveler yang telah mengikutinya untuk medapatkan tiket pesawat murah.
Bagaimana cara menentukan hari keberangkatan dan hari kepulangan?. Kebijakan inilah yang perlu anda ketahui, karena waktu ini juga mempengaruhi harga yang akan anda bayar. Kombinasi hari yang sangat mahal harga tiketnya adalah seperti pilihan berikut: Jumat dan Minggu, Jumat dan Senin, Sabtu dan Minggu, Sabtu dan Senin. Rekomendasi kombinasi hari yang sebaiknya anda teliti harganya adalah Selasa dan Kamis, Rabu dan Jumat, Sabtu dan Selasa, atau Minggu dan Rabu. Untuk ritme selera pembelian ini bisa saja berubah untuk airline tertentu tetapi tidak begitu signifikan.

4. Harus Pastikan Tanggal Kalender Keberangkatan.
Memang benar adanya pada tanggal muda harga tiket pesawat cenderung mahal, menurut pendapat saya pada tanggal itulah traveler membelanjakan uangnya untuk pembelian tiket untk bepergian karena kondisi keuangan cukup likuid. Tanggal muda saya maksud adalah dari tanggal 1-20, sebaiknya tanggal ini diabaikan untuk bepergian kecuali pada tanggal ini ada promosi dari airline dengan istilah buy 1 get 1 free atau diskon 30%, bahkan kursi gratis. Para traveler ada juga membeli tiket setelah tanggal 20 untuk melakukan bepergian. Mindset tanggal tua inilah sebaiknya anda memilih waktu berangkat karena harga tiket sangat kompetitif bahkan jauh lebih murah dari harga normal, karena airline LCC akan berupaya seluruh kursi yang tersedia tetap terisi agar mereka tidak rugi. Posisi tawar penumpang yang cukup tinggi pada tanggal 20-an ini saat yang tepat untuk traveling.

5. Baca Habit Promo Maskapai LCC.
Sebagai seseorang pecinta liburan tentu anda akan selalu mengikuti informasi newsletter dari maskapi LCC. Anda selalu terhubung seluruh media sosial yang mereka miliki agar tiket murah yang anda inginkan bisa anda dapat. Mereka akan memberikan kemudahan dengan harga murah pada saat low season yang saya jelaskan diatas, tidak hanya tiket ada tambahan gratis bagase pada saat bepergian. Jadi gunakan smartphone anda sebagai media menjadi smart untuk kebutuhan traveling dengan memperhatikan habit promosi dari maskapai penerbangan LCC.

6. Pantau Terus Kompetitor LCC Untuk Harga Tiket.
Perlu anda ketahui penerbangan LCC mempunyai harga batas bawah menjadi biaya yang mereka terapkan untuk suatu rute perjalanan. Untuk informasi ini anda harus mengetahuinya dengan cara mempelajari harga dari kompetitor bandingkan harga tersebut baru anda pilih. Istilahnya anda tidak merasa dibohongi dengan harga yang tertera dilayar dan memang harga tersebut memang sangat murah setelah anda telisik serta teliti. Untuk mendapatkan harga tersebut anda harus ada andil tinggi untuk sering melakukan corss check harga bukan hanya pada masa promosi saja tetapi juga di hari lain.

7. Teliti Jadwal Cuti Bersama Dari Pemerintah.
Inilah jadwal yang dinantikan oleh seorang backpacker yang bekerja sebagai karyawan kantoran. Jadwal cuti bersama sebagai cara untuk melaksanakan liburan. Maskapai LCC akan selalu memantau kalender cuti bersama ini sebagai dasar harga tiket yang akan mereka terapkan. Jadi pastikan cuti bersama ini perlu anda teliti dengan harga tiket yang telah dipublish oleh maskapai LCC supaya biaya perjalanan anda tetap murah bahkan sangat murah. Biasanya jadwal cuti bersama ini sudah disosialisakan oleh pemerintah di akhir tahun. Jangan terlewatkan informasi ini ya supaya jadwal liburan anda tetap bisa di manage lebih baik.

8. Dapatkan Voucher Diskon Dari Online Tiket.
Sekarang provider online tiket sudah terhubung secara online dengan jaringan maskapai LCC walau belum 100% tetapi masih bisa anda siasati dengan mendapatkan kode voucher diskon dari mereka. Biasanya voucher diskon ini mereka beri kepada pelanggan mereka yang telah setia menggunakan provider mereka untuk pembelian tiket. Jadi, cara ini juga merupakan alternatif lain untuk mendapatkan harga tiket murah untuk maskapai penerbangan. Apabila anda mendapatkan voucher diskon ini pertimbangkan untuk memilih ailine full service untuk salah satu pilihan berangkat atau pulang. Lumayankan bisa merasa kan airline full service pada traveling.

9. Kunjungi Pameran Travel Fair.
Sekarang sudah ada masa untuk pameran travel fair di DKI Jakarta sebagai alternatif cara untuk menentukan waktu liburan anda. Harga yang mereka tawarkan cukup fantastis bahkan bisa mendapatkan potongan harga sampai dengan 50% untuk rute tertentu. Anda harus mengunjungi travel fair ini untuk bisa langsung melihat trend harga yang mereka tawarkan setelah anda membandingkan harga dari kompetitor airline ini. Biasanya yang mengikuti travel fair ini adalah airline full service dan sebagian LCC. Tidak salahnya anda juga menjadi andil untuk liburan anda sendiri dengan mendatangai pameran seperti ini dengan membandingkan harga tiket pesawat yang promo atau murah.

10. Jangan Terpukau Pada Satu Airline LCC Saja.
Seorang backpacker yang smart tidak selalu terpaku untuk satu maskapai LCC saja, seperti liburan di luar negeri mereka juga memantau kompetitor LCC untuk mendapatkan tiket termurah sejagad. Tidak semua maskapai penerbangan LCC paham dengan kondisi libur orang Indonesia bahkan mereka masih perlu mempelajari. Jadi, apabila anda ingin berlibur di luar negeri jangan terpaku pada satu airline saja. Lihat teliti dan telisik harga yang mereka tawarkan sehingga anda benar-benar mendapat tiket yang diinginkan. 

Inilah tahap yang harus anda ketahui untuk mendapatkan tiket pesawat dengan waktu yang terbaik untuk medapatkan harga murah. Raih cara smart yang harus anda pahami agar biaya perjalanan anda bisa terorganisir secara baik dan bisa anda kendalikan. Perbaiki sistim liburan dengan beralih ke musim sepi karena di masa inilah harga tiket sangat jatuh alias banting harga oleh maskapai LCC. Jangan terburu-buru untuk melakukan pembelian beri sedikit ruang untuk anda meneliti dan mempelajari harga yang masih akan berubah bahkan adanya promosi dari maskapai LCC yang tidak anda duga-duga. Hargai setiap uang yang anda keluarkan digunakan ke hal yang jauh lebih bermanfaat sehingga uang yang anda keluarkan benar-benar sangat diperlukan. Semoga cara yang saya sampaikan bisa menjadi informasi yang anda cari selama ini dan share ke teman anda yang membutuhkan agar bisa melakukan liburan dengan harga yang sangat kompetitif dan murah untuk musim liburan nanti. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.