Langsung ke konten utama

Cara Mudah Liburan Ke Pulau Karimunjawa

Surga bahari ada di Pulau Karimun Jawa, cara perjalanan yang cukup mudah dari DKI Jakarta bisa estafet menggunakan Pesawat Udara, Kereta Api, dan Bus Malam. Pilihan yang cukup variatif ini bisa anda pilih sesuai dengan kocek dompet, bisa secara backpacker ataupun semi backpacker. Pulau Karimun Jawa sangat mudah sekali dikunjungi dimulai dari kota Jakarta, Surabaya, Jogjakarta, Bandung, bahkan dari kota lainnya sudah bisa dilakukan. Konektifitas transportasi sudah sangat memudahkan liburan ini menjadi nyaman dan tidak pernah anda lupakan selamanya.


Poto oleh: travelling-fun.blogspot.co.id

Saya ingin memberikan tulisan dapat dikatakan artikel untuk cara sampai ke wisata bahari laut di Pulau Karimunjawa yang sangat banyak dicari oleh para turis lokal atau internasional. Secara geografi Pulau Karimunjawa terletak di tengah laut Jawa termasuk wilayah tengah yang sudah menjadi destinasi favorit bagi backpacker. Cara sampai ke lokasi berikut penjelasannya.

PESAWAT UDARA.
Jakarta [Bandara Soekarno Hatta]- Semarang [Bandara Ahmad Yani] - Karimunjawa [Bandara Dewandaru].
Inilah rute perjalanan jika anda ingin sampai di Pulau Karimunjawa, apabila anda dari Jakarta dapat menggunakan armada penerbangan nasional dengan transit di Semarang yaitu Bandara Ahmad Yani. Kemudian penerbangan dari Semarang dilanjutkan dengan penerbangan lainnya menggunakan pesawat perintis Susi Air untuk sampai ke kepulauan Karimunjawa. Jika anda kembali pulang bisa menggunakan armada ini lagi. FYI, perhatikan jadwal penerbangannya termasuk jam dan hari keberangkatan. Sebaiknya anda telah membeli tiket pesawat PP dari Semarang-Karimunjawa-Semarang. Terkadang seat yang tersedia penuh atau ada acara khusus di sana. Untuk antisipasi tidak mendapatkan seat bisa anda beli di awal ya.

BUS MALAM UMUM.
Rute perjalanan bus | Jakarta-Semarang-Jepara- [Pelabuhan Kartini] - Pulau Karimunjawa
Bus: PO Bus Mujijaya, Shantika, Bejeu, Haryanto, dan Nusantara.
Harga tiket: IDR150.000 - IDR180.000

Dari Surabaya-Jepara: PO. Bus Indonesia Patas AC
Harga tiket: IDR85.000 - IDR150.000

Dari Bandung-Jepara: PO.Bus Shantika, Bandung Express, Kramat Djati.
Harga Tiket: IDR100.000 - IDR150.000

Perjalanan ini bisa anda tempuh dari Surabaya, Bandung, ataupun Bandung. Jurusan bus malam yang digunakan adalah rute Semarang dengan tujuan akhir Jepara. Apabila tidak ada bus langsung anda bisa estafet dari Terminal Terboyo Semarang. Jadi meeting poin awal adalah di terminal bus ini untuk sampai ke kota Jepara. Untuk harga ongkos tiket bervariasi disesuaikan dengan kocek dompet anda masing-masing. Di terminal ini cukup banyak bus menuju kota Jepara dengan jadwal keberangkatan dimulai dari jam 05:00 pagi hingga 19:00 WIB, harga pasar bus Semarang-Jepara IDR 20.000-an dengan lama perjalanan +/- 2 jam.

Setelah anda sampai di terminal Jepara [sebaiknya anda memberitahukan kondetur bus untuk turun di terminal bus Jepara], apabila anda sudah di terminal kemudian anda harus menuju ke Pelabuhan Kartini untuk menyeberang ke Pulau Karimunjawa, lokasi pelabuhan ini tidak terlalu jauh dari terminal hanya berjalan kaki 15 menit saja. Tips jika anda menggunakan bus secara estafet seperti ini adalah bahwa kapal ferry penyeberangan ini keberangkatannya jam 07:00 WIB pagi, jadi anda harus berada di pelabuhan sebelum jam ini minimal 1 jam sebelumnya. Apabila bus malam anda tidak bisa ontime bahkan ngaret sampai siang dan sore hari terpaksa anda harus mencari penginapan disekitar pelabuhan alias harus bermalam. Karena kapal ferry ini sebelum berangkat sudah sangat penuh oleh para penumpang yang ingin ke pulau Karimunjawa dengan berbagai barang bawaan.
Kapal ferry penyeberangan ini bernama KMP Siginjai dengan tarif IDR59.000 untuk kelas ekonomi dan VIP IDR96.000. Jadwal keberangkatan ferry dalam satu hari ada dua kali di Pelabuhan Kartini. Apabila anda sudah telat sampai di pelabuhan bisa menaiki kapal cepat yang berangkat sekitar jam 09:00 WIB nama kapal KC Express Bahari dengan jadwal keberangkatan setaiap hari kecuali hari Kamis dengan biaya IDR150.000 dengan lama perjalanan +/- 2 jam saja.

KERETA API.
Rute perjalanan Jakarta [Pasar Senen]-Semarang [Tawang]
Untuk kereta api bisa anda memilih dari kelas ekonomi sampai ke eksekutif. Setelah sampai di Stasiun Semarang Tawang anda bisa gunakan becak atau ojek menuju Terminal Terboyo dengan tarif antara IDR5000 - IDR15000. Setelah sampai terminal anda bisa langsung ikuti tahap seperti saya uraikan diatas.

Selamat Datang di Pulau Karimunjawa.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya: