Langsung ke konten utama

Cara Panduan Paling Lengkap Wisata ke Dieng Wonosobo Jawa Tengah Menggunakan Bus | Kereta Api | Pesawat Udara

Memang keindahan alam di Dieng Wonosobo sudah terkenal sampai ke punjuru dunia untuk menikmati dan berlibur sesaat harus dilakukan. Khusus untuk traveler lokal juga bisa datang tentu dengan budget yang sesuai dengan kantong. Cara panduan lengkap wisata ke Dieng Wonosobo ini sudah masuk ke dalam pencarian beberapa backpacker center memberikan petunjuk wisata, tour, bahkan tata cara menggunakan transportasi baik udara, kereta api, bahkan bus malam. Semua informasi ini wajib anda ketahui bahkan menjadi standar informasi yang harus dimiliki agar panduan lebih terarah dan kenyamanan liburan bisa tercipta.

Selamat Datang di Dieng. Poto oleh: anakbackpacker.wordpress.com


PERJALANAN DIMULAI
Perjalanan ini saya mulai dari DKI Jakarta sebagai standar untuk bagi rekan yang berasal dari ibu kota negara ini menggunakan beberapa transportasi pilihan, berikut penjelasannya.

1. Naik Kereta Api.
Saya merekomendasikan naik kereta api sebagai moda transportasi yang sangat populer di Pulau Jawa untuk konektifitas seluruh tempat ataupun kota. Karena alasan lain lebih ringkes, tidak macet, serta cukup dekat dengan kota Dieng atau Wonosobo. Banyak sekali tulisan atau review yang dilakukan oleh beberapa traveler menginstruksikan ini lah cara yang paling hemat. Tetapi untuk anda yang menyukai bus umum, dan pesawat udara nanti saya ulas di poin berikutnya.
Tipe jenis kelas kereta api bisa anda sesuaikan tingkat kenyamanannya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas eksekutif. Tentu beda kelas beda harga dimulai dari harga IDR100.000 - IDR 400.000 per orang serta tergantung dari meeting poin tempat turunnya atau kedatangan penumpang. FYI, sekarang traveler juga banyak mencoba kelas ekonomi yang sudah cukup nyaman yang sudah berbeda dengan kelas ekonomi jaman old, jika dilihat jaman now sudah bisa diandalkan loh. Jadi anda yang agak baper untuk menggunakan kelas ekonomi jangan khawatir.

CARA MEMILIH STASIUN KEDATANGAN BAGI TRAVELER.
Dari DKI Jakarta meeting point untuk keberangkatan naik kereta api di Stasiun Senen untuk kelas ekonomi dan bisnis dan Stasiun Gambir untuk kelas eksekutif untuk tujuan Dieng Wonosobo. Ada meeting point stasiun terdekat dari kota Dieng Wonosobo yang menjadi perhatian anda sebelum menentukan step berikutnya. Stasiun yang paling dekat ada 5 stasiun yaitu Stasiun Purwokerto, Kutoarjo, Semarang Tawang dan Poncol, Stasiun Tugu Yogyakarta dan Lempunyangan, Serta Stasiun Solo Balapan. Kelima ini harus menjadi fokus anda akan menyesuaikan harga yang akan anda bayar.
Tetapi rekomendasi yang paling terbaik adalah STASIUN PURWOKERTO dan STASIUN YOGYAKARTA. Jika anda naik dari Stasiun Pasar Senen dengan harga tiket sekali mulai dari IDR125.000. Jadi sesuaikan dengan tingkat kenyamanan ya. Untuk naik di Stasiun Gambir kelas Eksekutif.

SETELAH SAMPAI STASIUN TUJUAN.
1. STASIUN PURWOKERTO.
Setelah anda sampai di Stasiun ini anda harus estafet menggunakan bus . Formula traveling: Stasiun Purwokerto -> Terminal Purwokerto -> Terminal Mendolo Wonosobo -> Dieng Plateu.
Anda harus perhatikan formula ini sebagai dasar untuk sampai ke tujuan. Berikut penjelasannya.

Dari Stasiun Purwokerto menuju Dieng menggunakan Bus, dan anda harus menuju ke Terminal Purwokerto sekitar 15 menit. Setelah sampai terminal cari Bus Medium atau Micro Bus dengan jurusan Purwokerto ke Terminal Wonosobo dengan biaya IDR45.000 dengan 3 jam perjalanan. Setelah sampai Terminal Wonosobo Mendolo harus estafet lagi menggunakan bus lain menuju Dieng dengan biaya IDR30.000.

Rincian biaya.
Stasiun ke Terminal Purwokerto: IDR10.000
Terminal Purwokerto ke Terminal Wonosobo Mendolo: IDR45.000
Terminal Wonosobo ke Dieng: IDR20.000 - IDR30.000 

Sekarang sudah ada juga travel langsung dari Stasiun Kereta Api Purwokerto dengan tujuan Wonosobo dan Dieng. Jika anda mempunyai minat menggunakan jasa travel untuk sampai ke lokasi silahkan, sesuaikan dengan tingkat selera dan kenyamanan anda.

2. STASIUN TUGU YOGYAKARTA.
Setelah anda sampai tujuan Yogyakarta harus estafet lagi menggunakan bus untuk sampai ke Dieng. Perjalanan secara Backpacker memang punya jiwa adventure siap anda mulai.
Formula perjalanan: Terminal Yogyakarta Jombor - Terminal Wonosobo Mendolo - Dieng Plateu.
Setelah sampai stasiun tugu anda harus menuju ke Stasiun Jombor menggunakan Trans Yogja di halte terdekat di Jl.Malioboro. Anda bisa langsung melihat rutenya yang akan dilewati oleh moda transportasi publik di Yogyakarta.
Sampai di Terminal Jombor Yogyakarta harus estafet menggunakan bus jurusan ke Terminal Wonosobo. Dan dilanjutkan dengan Ojek atau bus umum lainnya sampai ke Dieng.

Rincian Biaya:
Stasiun Tugu Yogyakarta - Terminal Yogyakarta Jombor: IDR3500
Terminal Yogyakarta - Terminal Wonosobo: IDR30.000 - IDR40.000
Terminal Wonosobo - Dieng: IDR20.000 - IDR30.000

Sekarang juga sudah ada travel yang membuka rute perjalanan dari Yogyakarta sampai ke Wonosobo dan Dieng. Apabila anda ingin sampai dengan cepat sampai ke lokasi bisa anda coba.

2. Naik Bus Langsung dari DKI Jakarta - Terminal Wonosobo.
Karena sebagian reader saya juga ada yang suka menggunakan bus umum untuk sampai ke Wonosobo dan estafet ke Dieng harus saya buat juga ilustasi arikel nya.
Meeting point nasik bus di Bantar Gebang Bekasi. Untuk jenis bus banyak sekali tergantung dari tingkat kenyamanan untuk anda masing-masing. Bus yang berangkat dari Jakarta ke Terminal Wonosobo adalah: Sinar Jaya, Malino Putra Kencana, Rosalia Indah, Pahala Kencana, Dieng Indah, dsb. 

Rincina biaya:
Menggunakan bus rute Jakarta - Terminal Wonosobo: mulai dari IDR100.000 - IDR400.000.
Terminal Wonosono - Dieng: IDR20.000 - IDR30.000

3. Naik Pesawat Udara dari Cengkareng Soekarno Hatta - Adi Sucipto Yogyakarta.
Sekarang sudah banyak tiket promo pesawat yang bisa anda dapatkan dari provider penjualan tiket online dimana proses ini harus anda lakukan sendiri via smartphone. Dengan banyaknya jenis maskapai penerbangan yang akan anda pilih bisa terseleksi dari harga yang ditawarkan. Harga promo tiket pesawat udara dimulai dari harga IDR350.000. Jadi sesuaikan dengan selera yang akan anda pilih. Jika anda yang berada di Kuala Lumpur juga bisa langsung ke Yogyakarta.
Setelah mendarat di Yogyakarta Adi Sucipto gunakan Trans Yogya menuju ke Terminal Bus Yogyakarta Jombor untuk estafet ke Wonosobo Dieng. Caranya bisa anda ikuti pada poin menggunakan bus diatas.

PENGINAPAN HOTEL DI WONOSOBO DIENG.
Penginapan hotel yang ada disekitar Wonosobo atau Dieng sudah mulai banyak pilihan dimulai dari guess house sampai ke hotel berbintang. Khusus untuk ala backpacker mulai dari range harga IDR100.000 - IDR250.000. Lokasinya tersebar diseluruh kota Wonosobo atau Dieng.
FASILITAS UMUM.
Segala kebutuhan para turis traveler dimulai dari ATM sudah tersedia bank nasional untuk membantu transaksi banking anda. Jadi jangan khawatir untuk kekurangan uang tunai dan transaksi lainnya bisa dilakukan di sekitar Wonosobo Dieng.

WISATA KULINER WONOSBO DIENG.
Berwisata ke Wonosobo Dieng tidak terlepas dari makanan asli yang harus anda cicipi selama liburan disana. Masakan yang kudu harus anda coba adalah: Mie Onklok, Sagon, Tempe Kemul, Opak Singkong, KAcang Dieng, Keripik Jamur, Dendeng Gepuk, Nasi Megono, Geblek, dsb. Kuliner ini sudah banyak direkomendasikan untuk dicicipi sebagai wisata kuliner penting. Jadi anda jangan sampai terlewetkan ya. Lokasi pembelian bisa anda dapatkan di pasar tradisional bahkan di toko oleh-oleh.

TIPS.
Apabila anda ingin mengunjungi wisata di Wonosobo dan Dieng tidak pada musim hujan atau pada saat bencana alam. Karena geografi mayoritas di tempat wisata ini berbukitan dan banyaknya spot yang berhubungan dengan alam dan panas bumi yang akan mengganggu aktifitas anda berlibur disana. Jadi, selalu pantau semua informasi dari BMKG untuk menentukan pilihan liburan ke sana.
Saya selalu menghimbau kepada seluruh traveler untuk selalu menjaga kebersihan dengan buang sampah pada tempatnya. Hindari corat-coret apapun bentuknya yang akan merusak keindahan alam wisata yang harus kita jaga bersama-sama. Semoga bermanfaat tulisan saya ini dan selamat berlibur.

Tag:
dari jakarta ke dieng naik kereta
backpacker ke dieng dari jakarta
backpacker ke dieng
backpacker ke dieng dari jakarta 
rute jakarta dieng dengan bus umum
rute jakarta dieng dengan kereta api
rute jakarta dieng dengan pesawat udara

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.