Langsung ke konten utama

Misteri Petra Yordania Pesona Kota Batu Tua Destinasi Penting Sejarah Dunia Terungkap Pembelajaran Umat Manusia

Misteri kota Petra yang hilang ditemukan kembali bernama Petra Yordania telah dinobatkan sebagai situs bersejarah dunia sejak tahun 2007. Julukan The Lost City ini telah membelalakan mata seluruh dunia dengan keindahan kagum maha karya manusia bisa mewujudkan sebuah kota yang begitu indah dengan cara memahat sampai ke dalam perut gunung batu. Keahlian inilah yang membuat para traveler seluruh dunia ingin mengetahui sejarah Petra Yordania sebagai kota batu tua yang telah masuk dalam sejarah peradaban dunia yang harus diketahui sehingga mendapat pembelajaran apa yang sebenarnya terjadi sehingga ditemukan kembali seperti sekarang ini.

Poto oleh: commons.wikimedia.org
Poto oleh: alterra.cc


DIBALIK MEGAHNYA PAHATAN BATU PETRA YORDANIA
Petra yang terletak di wilayah Amman Yordania merupakan sebuah kota batu yang telah hilang dari permukaan bumi selama ratusan tahun ditemukan kembali dan bisa dilihat oleh traveler Indonesia dan seluruh dunia sampai saat ini. Memang takjub dengan pahatan batu seperti ini entah bagaimana cara mereka memahat gunung batu sebesar ini bisa terbuat sebuah kota yang begitu megah dengan ukuran sangat besar dengan arsitektur megah. Perjalanan untuk sampai ke Petra sekitar 5 jam perjalanan dari kota Amman Yordania merupakan rumpun bangsa Arab sebelum masuk bangsa Romawi.

Pada waktu itu Petra adalah sebuah kota yang makmur berbentuk sebuah Kerajaan yang bernama Nabatean yang didirikan oleh Raja Aretas IV pada masa sekitar 9 - 40 Sebelum Masehi dengan ibu kota dari Nabath. Sekarang telah menjadi simbol dari negara Yordania sebagai destinasi paling favorit disenangi oleh wisatawan seluruh dunia termasuk Indonesia. Julukan sebagai kota yang sangat baik berdirinya dan sangat sulit ditembus musuh bahkan lokasi Petra pada waktu itu terhindar dari badai pasir yang selalu muncul pada waktu tertentu. Dilihat dari geografinya Petra terletak di daratan rendah diapit oleh Gunung Hor membentuk sayap di timur Wadi Araba, sebuah lembah yang sangat luas di mulai dari Laut Mati hingga sampai ke Teluk Aqaba dengan ketinggian antara 800 - 1.396 dpl. 



Zaman pada waktu itu masih dalam serba keterbatasan sudah terwujud sebuah peradaban manusia memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi terlihat adanya peninggalan sebuah pengairan kota mengalirkan air bersih ke seluruh penduduk dengan sistem teknologi pompa hidrolik karena kota terletak di sebuah lembah makan pengariran bisa berjalan dengan baik.

Mengunjungi ke kota Petra ini sekitar 200 km arah selatan kota Amman Yordania yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat selama 5 jam perjalanan ini terhampar kota yang kering bebatuan yang merupakan nuansa sendiri menuju ke pusat situs yang akan anda kunjungi. 

PETRA SEBUAH KOTA PERDAGANGAN DUNIA.
Lokasi yang penuh dengan bebatuan tersembunyi dengan tebing yang sangat terjal ini sebagai lokasi yang sangat ideal untuk sebuah kota mandiri pada zaman itu. Tempat ini hanya bisa dilewati pada celah sempit pegunungan ke arah barat daya ataupun ke arah timur pada sebuah canyon yang terbentang sejauh +/- 1,5 km dengan kedalaman +/- 200 meter bernama Siq sebagai jalan utama dengan lebarnya hanya +/- 2 meter.

The Siq in Jordan. Poto oleh: internationaltraveller.com

Pertra berarti Batu berupa kota yang berisi dengan bebatuan besar yang dihuni oleh penduduk yang pandai memahat batu hingga menjadi sebuah bangunan megah yang luar biasa indah yang bisa menebus perut batu dengan cara memahat. Dari bangunan yang tersisa saat ini terlihatlah sebuah makam raja pada reruntuhan gedung theater yang bisa menampung sekitar 4000 penonton berikut dengan beberapa fasilitas yang ada seperti taman dan lainnya. Meskipun pada masa sekarang terlihat kuno tetapi pada masa itu penduduk Petra telah memiliki sebuah peradaban dan mempunyai teknologi yang sangat tinggi serta adanya ruangan khusus pertemuan seperti ini untuk sebuah sosialisi penduduk dan para saudagar. Ditambah lagi sebuah teknologi sistim pompa hidrolik untuk mengalirkan air sampai ke rumah penduduk sudah bisa tercipta dengan baik dan sempurna. Suku yang membangun kota Petra yang memahat batu ini bernama Suku Nabatean yang juga bisa mewujudkan teknologi terowongan air dengan sistem teknologi hidrolik ini untuk mengangkat air bisa berjalan dengan baik sehingga kota Petra menjadi sebuah kota mandiri.

Keahlian mereka telah bisa membuat saluran air di bawah tanah yang terbuat dari tanah dengan menggalinya dan ada pula yang terbuka serta bentuk pipa yang masih terlihat dengan baik walau sudah ada kerusakan karena berjalannya waktu.

ASAL MULA SEJARAH RUNTUHNYA PETRA
Sejarah menceritakan bahwa Petra sebagai ibu kota dari Nabath ini merupakan sebuah pusat kota perdagangan dengan menggunakan Karavan. Kota mandiri yang memiliki sistem pengairan yang baik yang dapat dijadikan sebagai sebuah benteng yang mengontrol lalu lintas rute perdagangan penting dari Gaza -> Bushra -> Damaskus Utara -> Aqaba di Laut Merah -> sepanjang gurun hingga sampai ke teluk Persia.

Asal mula suku Nabatean ini menurut para ahli belum diketahui dengan pasti dimana mereka terkenal dengan kelompok yang suka melakukan pengembara ke seluruh penjuru dengan membawa kawanan domba dan unta.

Pada waktu itu penduduk Petra menyembah berhala dengan kenyakinan mereka yang anut ini terlihat bekas di pahatan gedung batu yang mereka buat yang bisa anda lihat sampai sekarang ini sebagai bukti sejarah.

Pada akhir abad ke 5 SM ini dengan tingginya lalu lintas perdagangan melewati Petra ini maka Suku Nabatean sudah mulai melakukan kebijakan ekonomi yang harus mereka terapkan yaitu pajak atau fee bahkan pajak bea cukai khusus untuk memasuki kota ini. Petra kala itu merupakan rute perdagangan dunia yang sangat penting di bagian selatan Yordania dan Laut Mati. Tumbuh kegiatan ekonomi yang sangat mempengaruhi kehidupan kota termasuk masyarakat.  

Dengan kondisi ini Suku Nabatean yang awalnya pengembara sekarang menjadi seorang saudagar yang kaya sukses dengan perdangan barang-barang penting seperti rempah-rempah, dupa, gading, dan lainnya tentu berasal dari daerah tetangga seperti India bagian timur serta selatan Arab.

Sangat tingginya lalu lintas perdagangan ini kota Petra secara kontiniu mempertahankan kemakmuran mereka dengan sistem ekonomi yang mereka terapkan sehingga menjadi kota internasional yang berkembang pesat sangat unik dan mempunyai peradaban.

Pada awalnya sebuah kota batu sebagai kota pertahanan tetapi dengan berkembangnya waktu menjadi kota metropolitan dengan penduduk puluhan ribu yang menjadi sebuah kota perdanganan sangat penting untuk lalu lintas barang penting dari Timur Tengah ke Eropa harus melewati Petra.

Sekitar 106 SM kota Petra ini diserang oleh Romawi dengan mencaplok kota Petra sehingga menjadi lemah dan sistem perdagangan yang telah tercipta saat itu menjadi lumpuh hancur dan mulai pudar. Akhirnya Petra menjadi kota yang ditinggalkan. Romawi menguasai wilayah ini dan Petra pun dipengaruhi beberapa arsitektur yang ada disana.

PETRA DITEMUKAN KEMBALI.
Setelah terkubur sekian ribu tahun lamanya kemudian kota Petra ini ditemukan kembali dimulai pada waktu 1812 seorang petualangan dari Swiss melakukan misi untuk mencari keberadaan kota ini bernama Johann Ludwig Burckhardt. Dia mendapatkan informasi kota Petra ini dari suku Badui yang hidup di sekitar wilayah itu dengan menyamar untuk medapatkan informasi penting kota Petra ini dan akhirnya ditemukan dan diperkenalkan ke seluruh dunia, dan sampai sekarang telah dikunjungi lebih dari satu juta wisatawan per tahun untuk melihat keajaiban dunia sejak tahun 2007 ini.

KILAS SEJARAH ISLAM HADIR DI PETRA.
Sebagi kota yang telah disiarkan oleh BBC sebagai quotes mereka "Ini adalah satu dari 40 tempat yang harus anda lihat sebelum mati" telah membius seluruh traveler dunia dan Indonesia melihat keunikan kota ini masih tetap berlangsung sampai sekarang bahkan mencari informasi mengenai sejarah Petra untuk melengkapi pengetahuan sejarah kota mandiri seperti ini pada waktu itu begitu ramai sekarang hanya menjadi puing bebatuan kering dan tidak berdaya.

Data dari Republika yang berhasil dihimpun oleh Plesirankotatua catat bahwa Hadis tak menjelaskan secara langsung kota Petra, namun Bangsa Arab Kuno yang dinamai dengan Anbath Asy-Syam. Menurut kitab Al-Qamus al-Islami adalah sebuah kota yang sangat indah dan menakjubkan ini bangsa Arab kuno yang bermukim di Semenanjung Sinai dan Harun.

Menurut Dr Syauqi Abu Khalil kota Petra sempat hilang dari permukaan bumi dan peradaban manusia selama 500 tahun tepatnya berakhir Perang Salib pada abad ke 12 M.

Kota yang diyakini bahwa di puncak Jabal Harun disanalah Nabi Harun dimakamkan oleh Nabi Musa. Rasulullah SAW diduga juga pernah datang ke gunung tersebut bersama Paman beliau Abu Thalib pada saat melakukan perdagangan ke Syam [Suriah]. Serta tadisi Arab juga meyakini bahwa Petra sebuah tempat dimana Nabi Musa A.S memukulkan tongkatnya ke batu hingga keluarlah air dari batu tersebut, terlihatlah di kota itu ada nama sebuah tempat yang bernama Wadi Musa untuk menyebutkan lembah sempit tersebut.

Sekitar abad ke 14 dibangunlah sebuah masjid di tempat tersebut berkubah warna putih yang bisa dilihat di area Petra. Konon waktu itu Nabi Harun tiba di lokasi tersebut ketika Nabi Musa membawa umatnya keluar dari negara Mesir yang dikejar oleh kerajaan Firaun. Sampai sekarang mesjid ini banyak dikunjungi oleh traveler Muslim seluruh dunia.

PELAJARAN SEJARAH PETRA DARI SUDUT ISLAM.
Plesirankotatua menautkan sejarah Petra ini dari sudut Islam. Setiap kejadian ada pembelajaran bagi umat manusia, dengan diberi pengetahuan yang melebihi dan mempunyai kemampuan keahlian untuk membuat sebuah peradaban dengan membangun gedung dengan pahatan batu tidak ada manusia yang bisa menandinginya sampai sekarang tetapi hanya kepada Allah SWT lah zat yang menjadikan hal itu semua dengan kekuasaan-Nya. Teguran manusia ini sudah di firmankan di QS Al-Fajr 89: 6-9

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِعَادٍ - 89:6
إِرَمَ ذَاتِ الْعِمَادِ - 89:7
الَّتِي لَمْ يُخْلَقْ مِثْلُهَا فِي الْبِلَادِ - 89:8
وَثَمُودَ الَّذِينَ جَابُوا الصَّخْرَ بِالْوَادِ - 89:9

artinya: Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat kepada kaum 'Aad?. Yaitu penduduk Iram yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi yang belum pernah dibangun di sebuah kota seperti itu di negeri-negeri lain. Dan kaun Tsamud yng memotong batu-batu besar di lembah.

QS Al-A'raaf 7:74

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

وَاذْكُرُوا إِذْ جَعَلَكُمْ خُلَفَاءَ مِن بَعْدِ عَادٍ وَبَوَّأَكُمْ فِي الْأَرْضِ تَتَّخِذُونَ مِن سُهُولِهَا قُصُورًا وَتَنْحِتُونَ الْجِبَالَ بُيُوتًا ۖ فَاذْكُرُوا آلَاءَ اللَّهِ وَلَا تَعْثَوْا فِي الْأَرْضِ مُفْسِدِينَ - 7:74

Artinya: Dan ingatlah olehmu di waktu Tuhan menjadikam kamu pengganti-pengganti (yang berkuasa) sesudah kaum 'Aad dan memberikan tempat bagimu di bumi. Kamu dirikan istana-istana di tanah-tanahnya yang datar dan kamu pahat gunung-gunungnya untuk dijadikan rumah; maka ingatlah nikmat-nikmat Allah dan janganlah kamu merajalela di muka bumi membuat kerusakan.

Vidio dari "official RCTI' ini bisa menjadi ilustrasi singkat yang bisa anda saksikan misteri Petra di Yordania sebagai pembelajaran bagi kita semua.




BIAYA PERJALANAN KE SITUS PETRA YORDANIA.
Untuk mengunjungi objek wisata Petra sangat murah dan terjangkan, untuk masuk ke dalam situs bersejarah ini anda harus mempersiapkan sejumlah dana 90 JOD atau sekitar USD 130 untuk sekali masuk transit di Yordania tidak menginap. Tetapi hal ini bisa anda siasati menginap di kota Amman biaya bisa dipangkas setengahnya. 50 JOD untuk one day pass, 55 JOD untuk two days pass, serta 60 JOD untuk 3 days pass.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.