Langsung ke konten utama

Inilah Menu Buka Puasa Khas Orang Minang Selalu Dicari Perantau Anak Nagari Lokal Di Seluruh Dunia

Olahan menu orang Minang akan selalu terdepan karena banyaknya perantau anak nagari yang tersebar ke seluruh dunia, khusus pada saat buka puasa akan selalu melihat apakah menu ini tersedia di pasar untuk melengkapi keseruan berpuasa di bulan suci Ramadhan ini. Menu buka puasa ini sangat disenangi oleh penduduk lokal secara langsung akan menghipnotis perantau untuk mencari dimana penjual berada, walaupun terbatas di belahan negara tertentu terpaksa harus membuatnya sendiri demi memuaskan selera masakan bundo kanduang yang tidak akan pernah lekang dengan waktu. Apa saja menu buka puasa khas orang Minang yang selalu tersedia di kampung halaman sebagai surganya kuliner orang Padang yang menjadi pilihan terbaik untuk bersantap malam bersama keluarga, Plesirankotatua berasil menghimpunnya untuk sanak urang awak semuanya.

I. Menu Ringan Buka Puasa.
Biasanya menu ringan ini pada saat berbuka puasa setelah meneguk air hangat dalam bentuk air putih ataupun teh. Setelah ditambah dengan dua butir kurma sebagai awal berbuka dapat ditambah salah satu menu favorit lainnya orang Minang saat berbuka.

LAMANG TAPAI KHAS MINANG.
Poto oleh: kopisenja.com

Menu sangat trandisional sudah ada sejak dulu sebagai menu yang telah melegenda bahkan termasuk menu terbaik dipilih di bulan puasa ini. Rasa manis adanya sedikit asam dari tapai ini sangat segar jika kondisi dingin menambah suasana berbuka saat disantap menjadi berbeda. Bahan utama terbuat dari ketan hitam ini memang proses fermentasi secara alami menghasilkan kuah yang rasa khas bercampur dengan lamang yang telah dibuat bersama santan dimasak dalam bambu. Paduan yang sangat serasi ini menjadi destinasi kuliner bulan puasa dari generasi ke generasi sehingga akan selalu dicara walaupun dalam kondisi di perantauan. 



KOLAK PISANG BIJI SALAK.
Poto oleh: cookpad.com

Olahan pisang kepok atau penduduk lokal menyebutnya pisang batu menjadi pilihan terbaik bercampur dengan gula aren beraroma pandan. Biasanya tambahan pelengkap untuk satu porsi adalah bulatan dari jenis umbi putih atau orange yang disebut dengan biji salak menjadi paduan serasi untuk sebuah saajian panis saat berbuka puasa. Jangan sampai terlupakan jenis kolak khas Minang sebagai pelengkap buka puasa ini juga bisa dibuat dengan bahan sederhana seperti santan kental, daun pandan, kayu manis, gula aren, diaduk rata. Setelah merata dan matang siap disajikan.

BUBUR KAMPIUN.
Poto oleh: winnetnews.com

Jajanan olahan anak nagari asli Minang ini tersaji dengan campuran kolak pisang, bubur beras putih, ketan putih atau ketan hitam, disiram kembali dengan gula aren cair tersaji satu porsi bubur kampiun. Penjual makanan ini setiap hari memang tidak terlalu banyak karena masalah harga tetapi di bulan puasa Ramadhan ini banyak hadir penjual yang menjual sebagai menu berbuka. Rasa manis dan gurih legit akan membasahi lidah dan kerongkongan cocok untuk memulai aktifitas berbuka anda hari ini.

SARABI KHAS MINANG.
Poto oleh: kompasiana.com

Olahan dari tepung beras dengan santan ini mampu memberikan menu pilihan buka puasa dengan rasa manis dan gurih. Mirip dengan serabi Solo, Yogyakarta, ataupun Bandung hanya mirip bentuk Sarabi tetapi beda dengan tambahan siraman kuah santan dengan gula aren. Sebutan penduduk lokal Minang Sarabi ini telah hadir dari ide bundo kanduang zaman dulu membuat menu yang murah dibuat dan lezat rasanya. Di luar bulan puasa cocok sebagai menu sarapan pagi dan cocok pula untuk menu berbuka puasa. 

GORENGAN KHAS MINANG.
Poto oleh: zonasedap.blogspot.co.id

Urang awak Minang juga dikenal gorengan khas nya yaitu perkedel kentang, perkedel jagung, pisang goreng, hingga olahan tepung terigu lainnya seperti bakwan, dan tahu tepung serta tahu berontak. Cocok sekali untuk menu buka puasa rasa pedas guring siraman saus sambal tentu pas sekali. Gurih dari bumbu dan krispi dari tepung ini telah menjadi pilihan terbanyak karena harganya terjangkau dan cukup banyak penjual yang menyediakan panganan ini.

JAJANAN KUE BASAH PASAR.
Poto oleh: kidalnarsis.blogspot.co.id

Jajanan pasar yang khas Minang yang diburu oleh perantauan adalah Lapek Sagan yang berbahan dasar pisang batu atau kepok bercampur dengan beras ketan, potongan kelapa muda, garam, dan bumbu rahasia lainnya dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus sampai matang. Di bulan puasa Ramadhan ini tentu bermunculan menu tradisional ini dengan banyaknya permintaan terutama untuk acara berbuka bersama. Ada juga jajanan pasar terkenal di Miang: lapek bugih, sala laluak, risoles, kue mangkuak manis, dan lainnya.

SEGARNYA MINUMAN AIA AKA.
Poto oleh: saribundo.biz

Sudah sangat dikenal bahkan banyak digunakan sebagai cara untuk menyingkirkan panas dalam selama berpuasa minum Aia Aka. Minuman segar yang khas Minang ini terbuat dari bahan dasar cincau yang dibuat secara tradisional ini dicampur dengan kuah santan serta perasa jeruk nipis siap memanjakan menu buka puasa anda di bulan Ramadhan ini. Walupun tidak banyak penjual Aia Aka ini di kota Padang tetapi penjual yang terkenal berlokasi di pertigaan Jalan Andaleh dan Jalan ke Kampus Unand Limau Manih. 

ES BUAH SEGAR.
Poto oleh: pojokbisnis.com

Setiap daerah sudah tentu pasti ada menu es buah segar yang terdiri dari nanas, bengkoang, pepaya, kolang kaling, hingga tambahan potongan nangka tentu segar menyehatkan saat berbuka puasa. Menu seperti ini sudah pasti kesegarannya bahkan ada penjual di kota Padang memberikan tambahan sirup merek terkenal dengan rasa melon, cocopandan, hingga jeruk. Sajian ini pasti diincar sangat praktis serta harga sangat terjangkau untuk seluruh keluarga.

II. Menu Berat Makan Malam.
Menu berat khas Minang ini tentu tidak terlepas dari olahan santan dan hebatnya bumbu dapur untuk olahan masakan kampung halaman. Bumbu dapaur yang dipersiapkan ini bisa menjadi olahan masakan tumisan, balado, hingga gulai yang akan menggoyang lidah anda. Jenis masakan ini telah ada dari setiap generasi bahkan wajib terhidang di meja makan.

GULAI TAMBUSU.
Poto oleh: cookpad.com

Nama lain dari usus sapi yang dimasak dengan bumbu khas Padang terisi dengan kocokan telur bebek atau telur ayam yang telah dibumbui pula seperti bawang, kemiri, garam, serta santan. Setelah bahan ini siap maka usus sapi tersebut diisi dengan kocokan telur dan masing-masing ujung usus diikat dengan benang. Saat olahan ini lengkap siap dimasak dengan merebus terlebih dahulu agar usus dan telur menjadi matang. Setelah matang sempurna kemudian diceburkan ke kuah santan yang telah dimasak terpisah mirip gulai ini menjadi menu buka puasa yang gurih lezat dan bergizi tinggi. 

GULAI GAJEBOH.
Poto oleh: saribundo.biz

Masakan ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinga urang awak Minang, berbahan dasar daging sapi dan lemaknya ini tersaji berminyak memang lezat menyapu seluruh permukaan nasi panas. Daging sapi yang dipilih banyak lemak sebagai ciri khas bahkan perbandingan lemak lebih banyak daripada daging. Hasil olahan menu ini bisa tercipta dua variasi jenis seperti asam padeh gajeboh atau gulai gajeboh. Sama-sama lezat ingat jangan terlalu banyak santap jenis masakan ini karena kandungan lemak sangat tinggi, memang sangat lezat tetap akan mempercepat tingginya kolesterol dalam darah.

KALIO DAGIANG.
Poto oleh: selerasa.com

Penduduk lokal Minang membuat rendang yang masih dalam keadaan kecoklatan disebut dengan Kalio. Apabila Kalio ini dimasak terus sampai berubah warna agak kehitaman akan menjadi Rendang. Kalio masih terlihat seperti gulai yang mengental dan adanya sajian bumbu rempah yang masih basah telah bisa dinikmati dengan rasa yang khas. Tetapi di Pulau Jawa jenis menu Kalio ini juga disebut dengan rendang karena kesamaan bentuk tetapi sebernanya ada perbedaan dalam olahan masakan. Kalio tidak butuh waktu yang terlalu lama untuk tersaji sebagai menu berbuka puasa, beda dengan Rendang yang harus dimasak sampai bumbu dan santan mengering sehingga tidak ada lagi bumbu basah pada saat tersaji di meja makan.

SOTO PADANG.
Poto oleh: masakandapurku.com

Jenis menu ini juga telah hadir sebagai menu yang diburu untuk dinikmati pada saat buka puasa Ramadhan. Cocok di daerah yang berhawa sejuk ditambah dengan makanan panas tersaji dengan isian potongan daging sapi ataupun daging dendeng kering, perkedel kentang, bihun, serta diguyur dengan kuah kaldu sapi kaya rempah. Seporsi soto ini akan ditaburi dengan bawang goreng serta sambal balado merah sebagai toping pedas yang siang disantap.

SATE PADANG.
Poto oleh: foody.id

Siapa sangka menu yang sangat melegenda ini juga termasuk menu untuk berbuka puasa pasti menjadi masakan yang digemari berbagai usia. Tidak hanya di hari biasa sate dinikmati, di bulan yang penuh hikmah ini juga pas sebagai santapan buka puasa dengan jenis potongan daging sapi, jeroan, lidah, hingga kerang disiram kuah berbumbu tentu siap menggoyang lidah anda. Jenis sate Padang ini setiap daerah di Sumatera Barat tentu berbeda dalam kuah sate yang tersaji seperti kuahnya warna kuning dari kunyit, warna merah dari cabe dan kacang, serta warna kuah kehijauan dari rempah daun. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.