Langsung ke konten utama

Perjalanan Darat Bis Dari Luang Prabang Laos Ke Phnom Penh Kamboja Combodia Pulang-Pergi Serta Siem Reap

Perjalanan darat menggunakan bis dari Luang Prabang Laos menuju ke Phnom Penh Kamboja Combodia telah menjadi pilihan yang sangat tepat oleh para backpacker yang ingin melanjutkan destinasi liburan di negara yang mempunyai pesona di dunia ini. Perjalanan menggunakan bis ini sedikit tricky dan harus diperhatikan alur yang akan dilalui oleh bis untuk sampai ke destinasi akhir. Tidak hanya ke Phnom Penh tetapi juga bisa ke rute lain seperti ke Seam Reap bahkan sampai ke Bagkok Thailnad serta ke Ho Chi Minh City. Apapun tujuan anda semoga tulisan ini sangat bermanfaat untuk berpindah dari Laos ke Kampoja Combodia dengan harga yang sangat murah meriah dan ramah sekali dengan budget sebuah liburan.

Poto oleh: gadventures.com




Laos --> Kamboja [dioperasikan oleh pengelola bis dari Combodia].

Untuk mencari informasi bis dari Laos - Combodia untuk pulang pergi memang sangat dicari untuk melengkapi tujuan yang hendak di pilih oleh seorang backpacker. Ada beberapa bis terkoneksi dengan rute Laos dan Kamboja ini dimulai dari Vientiane, Pakse, 4000 island [Don Det] ke Phnom Penh dan tujuan akhir ke Siem Reap yang melewati beberapa rute seperti Stung Treng, Kratie, dan Kampong Cham. Seluruh bis yang beroperasi dikelola oleh perusahaan bis dari Laos dan perusahaan bis dari Kamboja dengan sistim rotasi.

Vientiane Laos --> [Via Pakse] --> Phnom Penh Combodia. 
Rute perjalanan dari Laos ke Kamboja menggunakan bus [atau rute Phnom Penh dan Siem Reap] akan berangkat dari Viantiane tepat di selatan stasiun bis (sekarang sudah di terminal baru sekitar 700 meter dari gedung lama di Dong Dok] sekitar pukul 20:30 malam waktu setempat. Jadwal kedatangan sekitar pukul 06:00 pagi keesokan harinya. Anda harus ganti bis di Pakse tepatnya di terminal bis KM2. Bis yang akan anda tumpangi menuju ke Kamboja akan berangkat dari Pakse atau Terminal Bis KM2 ini sekitar pukul 07:30 pagi dan akan sampai di terminal bis Sorya Phnom Penh sekitar pukul 20:30 lokasinya bersebelan dengan Phsar Thmey atau Central Market.

Note: Untuk rute dari Pakse ke Phnom Penh ini bisa saja bus dari Laos atau Kamboja tergantung dari rute yang pada saat itu tersedia di terminal bis. Untuk rute bis dari Laos-Kamboja atau mobil minibus dalam bentuk minivan akan berhenti di beberapa kota seperti  Stung Treng, Katie, dan Kampong Cham untuk menurunkan dan menaikan penumpang.

Phnom Penh Kamboja --> [Via Pakse] --> Laos Vientiane  
Bis akan berangkat dari terminal bis Phnom Penh sekitar pukul 07:00 pagi dan akan sampai dari Pakse atau terminal KM2 sekitar pukul 19:00. Pertukaran bis berada di terminal ini, harus estafet di terminal bis inilah tempat pertukaran bis yang dimaksud dengan rute Pakse ke Viantiane jumlah bis cukup tersedia. Bahkan sebagian solo backpacker juga mengambil rute Phnom Penh-Pakse. Harus anda perhatikan adalah untuk selalu berhati-hati dengan seluruh barang bawaan, setiap bongkar muat barang anda harus anda teliti agar tidak terjadi kehilangan atau tertukar. Bus yang akan berangkat sekitar pukul 20:00 dan akan sampai di Vientiane Laos sekitar 06:00 pagi keesokan harinya.

FYI, jenis bis yang tersedia Vientiane --> Pakes cukup nyaman dan ada jenis kelas yang bisa anda pilih sesuai dengan tingkat kenyamanan selama perjalanan.

Vientiane Laos --> [Via Pakse] --> Siem Reap.
Anda jangan khawatir jika menggunakan bis dari Vientiane Laos menuju Siem Reap melewati Pakse juga tersedia. Bis yang tersedia ini juga berasal dari Phnom Penh dan akan melakukan transfer ke jenis bis lain di Kampong Cham. Jika anda ingin berlibur sesuai dengan jalur dari Vientiane Laos menuju ke Siem Reap para backpaceker harus mengganti jenis bis sebanyak dua kali: bis yang pertama berlokasi di Pakse dan bis yang kedia berlokasi di Kampong Cham. Biasanya para solo traveler juga menggunakan rute dari Kampong Cham menuju Siem Reap juga tersedia dengan jenis bis dan mobil minibus minivan. Jadwal bus akan sampai di terminal sentral di Siem Reap atau stasiun Chong Kov Sou jaraknya sekitar 7 km dari pusat kota dan sangat dekat dengan Phsar Leu. Disinilah semua bis kedatangan dan berangkat bermuara di terminal ini.

Rute: Vientiane Laos --> Kamboja [menggunakan bis dari negara Combodia].
Jenis bis ini akan berangkat dari Siem Reap sekitar pukul 05:30 pagi dan sampai ke Kampong Cham untuk terkoneksi dengan bus dari kota Phnom Penh. Di tempat inilah anda akan di transfer ke bis atau minivan lain yang dikelola dari negara Kamboja. Beberapa pengalaman dari para backpacker lainnya, ada bis dan minivan yang akan membawa para penumpang ke perbatasan kedua negara dan akan di transfer ke pengelola bis dari negara Laos untuk mengantarkan anda sampai ke tujuan akhir. Bagaimana cara membeli tiket bis ini: anda jangan khawatir untuk tidak mendapatkan tiket bis ini banyak sekali travel agent yang menyediakan jasa untuk membantu anda ataupun secara go show. Pembelian tiket secara online kadang kala tidak berfungsi bahkan tidak ada dalam list. Jadi sebaiknya anda melakukan pembelian secara langsung di terminal bis.

Kondisi bis rute Vientiane Laos --> Kamboja [dioperasikan oleh pengelola dari Cambodia] : Ada beberapa jenis tipe bis yang tersedia dimulai dari VIP atau sleeper bus yang sangat diminati oleh para traveler. Tingkat kenyamanan AC juga tersedia termasuk toilet dan complimentary lain seperti air botol mineral dan sebuag handuk pada saat anda membeli tiket.

Tips: Untuk memberi tingkat kenyamanan anda pada saat melakukan perjalanan ke perbatasan kedua negara agar formulir isian kertas kartu imigrasi ini dilengkapi pengisiannya sebelum memasuki checking point. Khusus anda menggunakan minivan yang terkoneksi dengan Pakse serta Siem Reap, dan Don Det serta Siem Reap. Minivan ini berangkat dari Pakse dan Don Det sekitar pukul 08:00 pagi kemudian melakukan perjalanan lintas perbatasan sekitar siang hari. Minivan akan berhenti di Strung Treng untuk istirahat makan siang, sampai di Siem Reap sekitar sore pukul 19:00 malam pada hari yang sama.



Rekomendasi dari para backpacker lainnya yaitu jika anda menggunakan minivan dari Pakse dan atau dari Don Det yang membawa anda sampai ke lintas perbatasan kemudian terjadi transfer ke minivan lain untuk sampai ke tujuan, agar dipastikan tempat kursi duduk anda yang telah anda dapatkan apakah tetap sama pada saat bis yang akan ditransfer kepada petugas bis agar tidak terjadi kesalahpahaman antara perpindahan bis awal dengan bis yang akan diganti nanti karena perubahan pengelolaan. Untuk menjaga tingkat kenyamanan ini pastinya perlu menjadi perhatian anda karena sebelumnya anda menggunakan bis yang biaya mahal dengan tingkat nyaman yang tinggi tetapi pada saat transfer mendapatkan bis yang tidak nyaman sedangkan anda telah mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk mendapatkannya. Pengalaman lain dari backpacker adalah, pada saat transfer mendapatkan nyaman tetapi waktu diperjalanan dilakukan transfer lagi ke bis yang tidak nyaman. Hal ini mungkin bisa terjadi, tetapi hal ini harus disampaikan agar anda tidak kaget jika terjadi dilapangan pada saat anda melakukan traveling menggunakan bis yang sedikit rumit ini. Selalu berhati-hati.

Sebagai akhir dari tulisan ini adalah berupa rangkuma harga tiket untuk berbagai destinasi tujuan yang berhasil kami dapatkan informasinya:

Vientiane --> Phnom Penh : USD53
Vientiane --> Siem Reap : USD56
Pakse --> Phnom Penh : USD32
Pakse --> Siem Reap : USD30
Pakse --> Kampong Cham : USD20
Pakse --> Kratie : USD22
Pakse --> Strung Treng : USD17

Note: Harga ini sebagai dasar anda untuk mendapatkan informasi awal biaya perjalanan, untuk kenaikan harga tidak begitu tinggi. Jika perlu anda bisa melakukan negosiasi harga jika anda berangkat rombongan.


KONDISI JALAN.
Informasi jalan kedua negara dimulai dari Laos menuju Kamboja berada di rute jalan nasional Kamboja No 7 dengan tujuan Stung Treng dan Kratie yang sudah selesai dibangun oleh pemerintah setempat dengan baik dan perjalanan darat menggunakan bis lebih cepat. Perjalanan menggunakan bis dari kota Phnom Penh menuju Dong Kralor akan berhadapan dengan perbatasan kedua negara jika tidak ada hambatan di perjalan akan menempuh waktu sekitar 8 jam.

Dilihat dari sisi negar Laos, jalan perbatasan dari kota Pakse menuju Vientiane telah dilakukan perbaikan dan sudah diaspal. Jika dilihat dari sisi geografi jalan di arah selatan Laos relatif datar sehingga perjalanan menggunakan bis ini menjadi lebih nyaman dan lebih santai.

Sebagian backpacker dari luar negara ASEAN tentu akan menggunakan visa kunjungan atau VOA [Visa on Arrival] di perbatasan kedua negara baik di Laos ataupun di Kamboja. Lokasi gedung checking point ini berada ditengah hutan tidak serta merta sangat tidak representatif malah lebih baik untuk menunjang segala aktifitas visa pada saat kedatangan di kedua negara. Kebanyakan pengelola bis akan membantu untuk membantu visa pada saat checking poin di imigrasi, tetapi jika anda melakukan sendiri tidak akan menjadi masalah tetapi kebanyakan backpacker mempecayakan proses pengecekan paspor ini oleh kru bis yang anda tumpangi.

Kesimpulan.
Perjalanan dari Laos menuju ke Kamboja ini ada sedikit perbedaan dalam pengelolaan bis di masing-masing negara oleh pengelola. Memang masuk dalam logika karena berada di negara yang berbeda dan berbeda pengelolaannya. Memang begini alur penggunaan bis atau minivan yang selalu terkoneksi bersama untuk sampai ke tujuan akhir anda. Jika anda seorang backpacker inilah tantangan yang harus anda lakukan untuk menciptakan liburan yang perlu perjuangan dengan mempertahankan harga yang dibayar seminimal mungkin. 

Persiapakan uang yang cukup selama di perjalanan baik USD atau beberapa uang negara tujuan. Tetapi rata-rata mereka menerima USD sebagai pembayaran yang sah untuk pembelian tiket. FYI, sebaiknya anda memegang USD lebih banyak karena mata uang lokal jika ditukarkan kembali ke USD harganya akan jauh lebih murah, jadi seperlunya saja.

Semoga tulisan ini menjadi sangat bermafaat dan semua rute perjalanan anda secara estafet ke beberapa kota atau negara berdampingan seperti Bangkok Thailand, Ho Chi Minh City dan Hanoi di Vietnam terlaksana dengan baik. Tidak terlupa perjalanan estafet lainnya menggunakan bis dari Vientiane Laos ke Phnom Penh serta Siem Reap di Kamboja secara PP [Pulang Pergi] juga sangat mudah. Selamat traveling.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.