Langsung ke konten utama

Cara Petunjuk Naik Bus Estafet Dari Singapore ke Kuala Lumpur Malaysia Lewat Johor Bahru

Mungkin anda ada berkeinginan untuk mencoba sensasi naik bus secara estafet dari Singapore| Johor Bahru| Kuala Lumpur Malaysia untuk liburan musim depan butuh petunjuk sebelum melakukan perjalan singkat disana. Koneksi antara dua negara ini cukup baik dengan membuat jalur khusus kedua negara dengan infrstruktur yang sangat nyaman. Perjalanan cukup singkat +/- 6 jam untuk sampai ke Kuala Lumpur Malaysia. 


Poto oleh: skyscrapercity.com
Para backpacker yang menyukai perjalanan darat menggunakan bis ini mereka dapat berhemat tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk penginapan, karena menggunakan bis secara otomatis bisa bermalam ditengah perjalanan untuk sampai ke Kuala Lumpur Malaysia.

Demand Menaiki Bus Cukup Tinggi.

Di dunia pariwisata seluruh konektifitas lewat udara juga diperhatikan. Dimulai dari kenyamanan bus juga diperhatikan. Kondisi sekrang sudah tersedia bus double decker atau bus biasa dengan berbagai merek yang bisa dipilih sesuai dengan pilihan. Rata-rata bus ini cukup representatif dengan kenyamanan tingkat tinggi dimulai dari kebersihan, kondisi tempat duduk yang empuk, AC, serta entertaiment juga disediakan untuk masing-masing kursi penumpang.

Harga Tiket Bus.

Rata-rata bus dengan rute Singapore ke Kuala Lumpur Malaysia mempunyai tarif yang cukup bervariasi sesuai dengan tingkat kenyamanannya. Harga dimulai dari Sin$28 - Sing$55. FYI, untuk keberangkatan paling akhir seperti tengah malam mempunyai harga lebih tinggi. Jadi untuk berhemat sebenarnya tergantung dengan kebutuhan anda pada saat melakukan perjalanan ini.

Lokasi Naik Bus di Singapore.

Apabila anda berada di negara Singapore tentu harus mengetahui dimana posisi naik dapat dikatakan pangkalan atau ngetemnya bus ini menunggu penumpang. Lokasi ini sangat familiar sekali oleh backpacker yang sering menggunakan bus di Queen Street Bugis menuju ke Johor Bahru Sentral. Menurut saya, inilah cara yang paling murah dengan menaiki bis Causeway Link dari Singapura dan setelah sampai di Johor Bahru Malaysia estafet menggunakan bis SBS 170 ke Terminal Larkin. Destinasi akhir dari Terminal Larkin ke TBS {Terminal Bersepadu Selatan} menaiki bis Transnasional sampai di KL. Kenapa di Bugis Street? Karena lokasi ini sangat stategis sekali dimana sangat dekat dengan pintu keluar MRT dan tempat penginapan hostel jika anda ingin mengembalikan kartu Tourist Pass bisa di stasiun MRT bugis sehingga bisa lumayan dapat uang penggantian sekitar SGD10. Keberangkatan bis bisa anda pilih dimulai dari hari dan tengah malam. Jika anda ingin melihat kota Johor Bahru sebelum ke KL sebaiknya berangkat pagi atau menjelang siang, jalan sebentar di dekat Terminal. Bis Transnasional yang banyak digunakan ini cukup nyaman dengan sistem bangku 2-1 dimana kondisi dalam kabin bis sudah tersedia pendingin udara AC dan tempat duduk cukup lega dan lumayan luas cukup. 

Ringkasan Penting Naik Bus Estafet Singapore ke Kuala Lumpur Malaysia: 




Pertama:
Queen Street Bugis -------> Woodland Check Point Imigrasi Singapore [dengan bus Causeway Link Sing$ 3,30 lama perjalanan 45 menit].

Kedua:
Woodland Checked Point --------> Johor Bahru Sentral Check Point Imigrasi Malaysia dengan bus yang sama tanpa bayar lagi.



Ketiga:
Johor Bahru Sentral ---------> Terminal Larkin [menaiki SBS 170 dengan ongkos RM 1,8].

Keempat:
Terminal Larkin Johor Bahru ------> Terminal Bersepadu Selatan Kuala Lumpur Malaysia dengan bus Transnasional atau anda juga bisa pesan bus secara online untuk naik dari Terminal Larkin Johor Bahru.


Melewati Check Point Imigrasi.

Jangan takut atau baper jika melewati check point imigrasi. Proses ini harus dilakukan jika anda masuk atau keluar suatu negara termasuk di Singapore. Siapkan seluruh pasport harus di stempel oleh petugas imigrasi. Rata-rata di lokasi ini banyak sekali wisatawan yang berlari untuk bisa cepat keluar dari gate imigrasi karena waktu tidak begitu banyak untuk mendapatkan bus. Pastikan seluruh barang bawaan anda harus bersama anda untuk proses scanning di check point.

Tips untuk anda menggunakan kendaraan umum dari Singapore ke Kuala Lumpur Malaysia lewat Johor Bahru tidaklah sulit. Hanya caranya saja yang harus diperhatikan. Persiapkan jumlah uang yang akan dibayarkan karena ada pengalaman dari teman kadang ada uang kembalian tidak dikembalikan oleh PO Bus karena alasan tidak ada uang pecahan kecil. Pastikan barang bawaan anda tidak terlalu banyak akan menyulitkan anda di perjalanan. Yang paling penting lebih baik berdua menikmati perjalanan ini supaya ada kepercayaan diri.

TIPS:

1. Sebenarnya untuk jenis bis cukup dari banyak pengelola otobus yang membuka rute, berikut rekomendasi dari rekan lainnya yang telah mencoba bis dari Singapura ke KL:
Grasslands Express: www.grassland.com.sg / +6563931166.
StarMart Express: www.busonlineticket.com / +6563965681.

2. Pada saat sekarang sudah banyak para backpacker yang memanfaatkan pembelian tiket bis secara online dan bisa diperlihatkan kepada petugas sebelum menaiki bis terutama bis yang kelasnya VVIP . Tetapi ini adalah pilihan dan ada rekan lain menggunakan jenis bis ini melakukan traveling dari Singapuran ke KL.

3. Untuk masalah harga memang disesuaikan dengan tingkat kenyamanan, jadi pastikan anda memilih di harga berapa perjalanan menggunakan bis ini sebagai transportasi koneksi antara Singapura dan KL Malaysia.

4.  Khusus bis dengan harga diatas SGD50 fasilitas yang anda dapatkan adalah jok kursi kulit, mendapatkan LCD personal, dan bisa memilih jenis film yang akan ditonton selama diperjalanan.

5. Perjalanan akan sampai di TBS {Terminal Bersepadu Selatan} sekitar pukul 04:00 pagi, jika dilihat sekilas terminal ini sangat luas dan cukup rapi, dan untuk ukuran terminal sangat lega dan cukup nyaman dengan papan petunjuk yang sangat memudahkan backpacker seperti saya ini. Perut sudah keroncongan dan badan rasanya ingin dibersihkan makan pertama harus dicari isi perut dulu dan lanjut cari tempat mushola dan melakukan sholat subuh.

6.  Menuju ke KL sentral sebagai destinasi akhir perjalanan ini harus menuju ke stasiun Bandar Tasik Selatan untuk menaiki KTM komuter dengan rute ke KL Sentral. FYI, terminal bis TBS ini saling berhungan dengan stasiun kereta hanya perlu menyeberangi jembatan penghubungn saja antara dua gedung yang berbeda ini. Cukup mudah, semua informasi ini ada di papan petunjuk, ikuti saja arah panahnya.

7. Setelah sampai di KL sentral hal yang kami cari adalah tempat mandi untuk membersihkan badan yang sudah lengket dan gerah. Bersih diri bisa dilakukan di KL Sentral dengan nama bilik mandi serta ada sewa loker per jalan untuk menitipkan barang juga ada. Jika bilik mandi di KL Sentral penuh dan mungkin ada perbaikan pada saat anda datangi ada alternatif lain di Mesjid Negara. Naik saja KTM komuter menuju ke stasiun Kuala Lumpur dan sudah terlihat mesjid ini dari kejauhan. Perlu mengikuti jalur saja menuju ke mesjid, apabila anda menggunakan fasilitas ini harus berpakaian sopan dan bawa pakaian ganti saat serta jagalah kebersihan untuk tidak membuang sampah didalam bilik mandi di mesjid

8.  Jika dihitung uang keluar selama melakukan perjalanan dari Singapuran sampai ke Terminal Bersepadu Selatan {TBS} KL Malaysia:

Singapura ke Johor Bahru: Causeway Link = SGD 3,3 sekitar IDR 40.000
Johor Bahru ke Terminal Larkin SBS 170 = RM 1,7 sekitar IDR 7000
Terminal Larkin ke TBS = RM 40 sekitar IDR 130.000

Total pengeluaran khusus transportasi bis saja sekitar IDR 180.000

Semoga tulisan ini cara menggunakan transportasi bis dari Singapura ke TBS KL Malaysia melewati Johor Bahru ini bisa memberikan informasi awal jika anda melakukan perjalanan seperti kami. Yang penting barang bawaan anda tidak terlalu banyak sekelas ransel untuk memudahkan perjalanan. Jangan lupa, dokumen perjalanan sudah siap termasuk kartu imigrasi keluar dari Singapura dan pengisian arrival card imigrasi Malaysia juga sudah tersedia alat tulis. Selamat liburan. 

Komentar

  1. Tp ttep bisa beli tiket on the spot kan? G harus online

    BalasHapus
  2. Ada tidak bus singapore-KL langsung yg ga perlu estafet johor baru? Utk jadwal keberangkatannya bs cek dimana ya? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena pada waktu itu kami melakukan perjalanan estafet seperti ini untuk merasakan suasana di JB sejenak. Untuk bus langsung ada, tapi kami tidak melakukan perjalanan langsung SG-KL.

      Hapus
  3. Untuk kartu imigrasi keluar dari singapura di dapat dr mana ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya di chcking point pintu imigrasi di Singaporenya. Ada meja khusus pengisian banyak terdapat kertas atau kartu Imigrasi disana.

      Hapus
  4. Apakah tiap jam bus tersebut ada jadwal jlnnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setiap jam. Rekomendasi waktu terbaik adalah pagi dan siang.

      Hapus
  5. Mas, perjalanannya berapa lama ya dari larkin ke tbs?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjalanan dari Larkin Johor Bahru ke Terminal Bersepadu Selatan Kuala Lumpur menggunakan bus umum sekitar +/- 6-7 jam.

      Hapus
  6. Tiket pesawat balik ke indo brrti dri KL ke jkt dong mas? Itu di imigrasi nya gmana mas dri indo ke Singapura tpi tiket plg dri Malaysia ke indo ? Krna saya juga mau trip ke 2 negara itu, bbrp hri di Singapura trs lanjut ke Malaysia .Mohon bantuannya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rute perjalanannya saat berangkat Jakarta-SG dan KL-Jakarta.
      Untuk imigrasi ya sudah tentu pasti akan ada pemeriksaan paspor, perjalanan estafet seperti ini sangat lumrah dilakukan. Siapkan kan saja dokumen paspor yang berlaku dengan masa waktu berlakunya sebaiknya diatas 6 bulan sebelum masa habis saat anda zona traveling, lebih baik diatas 12 bulan..

      Hapus
  7. Klo beli tiket bus on the spot yang langsung tnpa estafet dmna aja disin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung saja ke Golden Mile Complex

      Hapus
    2. Kalo beli tiket di golden mile complex itu apa bisa pake ringgit juga ? Atau cuma bisa pake sgd aja ?

      Hapus
  8. Dalam perjalan ke kl bus ada berhenti untuk isoma gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, sebaiknya sholatnya di jamak karena sudah masuk dalam zona musafir.

      Hapus
    2. Mas, kalau bus dari sin (diterminal mana naik nya) tujuan KL central ada? Dan berapa jam perjalanannya?
      Beli on the spot memungkinkan tidak untuk mudah mendapatkannya?
      Pemeriksaan imigrasi kalau lama, apa ada kemungkinan di tinggal bus nya?

      Hapus
    3. Ada di Golden Mile Complex, tidak jauh dari Little India dan dekat dari Arab Street Singapore.

      Hapus


  9. Kalau beli tiket on the spot pasti kebagian kan ya untuk yang langsung dari Singapore ke malaysia, soalnya klo estafet gt ribet juga ya, saya susah book online karena gak punya kartu kredit, tapi takutnya juga pas datang ke sana kehabisab tiket

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.