Langsung ke konten utama

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Sebagian dari kita masih mencari ilustrasi artikel yang menjelaskan cara lengkap menggunakan kereta dari kota Kuala Lumpur Malaysia menuju kota Bangkok Thailand yang butuh petunjuk agar tidak tersesat. Supaya liburan ini tetap sesuai dengan jadwal bahkan menjadi liburan yang mempunyai pengalaman berbeda dengan sebelumnya. Berikut cara lengkap naik kereta dari Kuala Lumpur Malaysia.

KTMG Platinum Class

KL Sentral -----> Butterworth

Perjalanan ini dimulai dari KL Sentral di kota Kuala Lumpur. Titik awal untuk menaiki kereta dimulai dari stasiun ini. Setelah anda berlibur di kota Kuala Lumpur dan ingin ke kota Bangkok Thailand dapat menggunakan perjalanan darat seperti kereta.

Perjalanan ini dimulai dari KL Sentral menuju Butterworth karena jalur ini terbagi menjadi dua wilayah antara Malaysia dan Thailand. Kedua negara ini bersepakat untuk menyediakan jalur di negara masing-masing untuk membawa wisatawan yang ingin berlibur di kedua negara menggunakan moda transportasi darat yaitu kereta.

Rute ini tersedia ETS Platinum dan Gold Train. Untuk tiket bisa anda dapatkan di KL Sentral Station atau secara online dengan harga masing-masing RM 79 untuk Platinum dengan waktu tempuh 3 Jam 45 Menit serta RM 59 untuk Gold dengan waktu tempuh 4 jam. Kedua jenis kereta ini masing-masing mempunyai tingkat kenyaman yang memadai tergantung dari anda memilh yang mana.


SRT Butterworth to Bangkok

Butterworth -----> Bangkok Thailand.

Setelah sampe ke Butterworth dilanjutkan menaiki Kereta Ekspress Antarbangasa no 36 menuju kota Bangkok. Sebaiknya anda membeli tiket di KL Sentral Station pada saat beli tiket ETS dengan alasan terbatasnya waktu untuk antri, jika di Butterworth untuk antisipasi tidak memperoleh tiket kereta cukup besar. Kecuali anda mempunyai jadwal untuk liburan di Penang dan melakukan perjalanan di lusa nya dapat dibeli di Butterworth.



Kereta Antarbangsa inilah merupakan kereta kerjasama kedua negara antara KTMB dari Malaysia dan SRT dari Thailand. Ada dua jenis kelas yang bisa anda pilih kelas sesuai dengan selera seperti Lower Bed sekitar harga RM 120 [+/- IDR420.000]. Dari Butterworth jumlah dua gerbong saja setelah sampai di kota Hatyai jumlah gerbong akan bertambah.

Total biaya:
KL Sentral - Butterworth: RM 59
Butterworth - Bangkok : RM 120
Total biaya perjalanan dari KL Sentral - Bangkok : +/- RM 180 [ konversi ke IDR630.000]

Imigrasi Check Point.

Setelah gerbong kereta sampai di Stasiun Padang Besar seluruh penumpang wajib turun untuk proses pemeriksaan imigrasi dari Negara Malaysia untuk permit keluar dan sekaligus permit masuk di imigrasi Negara Thailand. Dan disinilah penambahan gerbong dimulai antara dua negara. Dimulai dari Stasiun Padang Besar ini kereta berganti dari KTMB menjadi SRT dengan lamanya perjalanan 22 jam, cukup jauh memang tetapi anda bisa menikmati pemandangan alam dan bisa tidur pulas selama diperjalanan.

Jadi dapat disimpulkan perjalanan kereta secara estafet:

KL Sentral -----> Butterworth [Imigrasi Check Point Padang Besar] --------> Hatyai -----> Bangkok Thailand.

Tips Bagi Pengguna Kereta dari Kuala Lumpur ke Bangkok.

Ada beberapa tips bagi anda yang ingin menggunakan transportasi ini untuk sampai ketujuan kota Bangkok Thailand.

1. Tiket kereta ini dapat anda beli secara online dari rute KL Sentral menuju Butterworth, buka link ini untuk medapat jadwal lengkapnya www.ktmb.com.my.
2. Perjalanan dari Butterworth menuju Bangkok bisa melewati callcenter@ktmb.com.my setelah di sampai di KL Sentral dibayar lunas pada loket sebelum jam 12:00 siang. Pemesanan bisa dilakukan 30 hari sebelum hari keberangkatan.
3. Keberangkatan dari Butterworth pada pukul 14:20 sampai di kota Bangkok tepatnya di stasiun Hualamphong pada pagi menjelang siang pukul 10:20.
4. Pada peak season kereta ini sangat diminati, apabila anda tidak mendapatkan tiket kereta dapat menggunakan minivan dengan rute Butterworth menuju kota Hatyai secara estafet dan menggunakan sleeper bus dengan rute Hatyai menuju kota Mochit Bangkok.
5. Pastikan barang bawaan anda dalam pengawasan agar tidak tertinggal atau tertukar di perjalanan.

Cara estafet seperti ini banyak sekali para backpacker atau wisatawan seperti anda mencari tata cara menggunakan transportasi kereta untuk sampai ke lokasi. Kereta dari Kuala Lumpur Malaysia ke kota Bangkok Thailand merupakan alternatif cara lain untuk menikmati liburan dengan biaya yang cukup murah. Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Terimakasih infonya. Sangat bermanfaat. Sukses terus ya buat anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mba Julie. Selama berlibur dan semoga perjalanan selamat sampai tujuan.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Untuk harga tergantung dari masing-masing jenis yang disediakan oleh pengelola kereta. Apakah menggunakan kelas ekonomi atau eksekutif. Untuk harga tiket masing-masing kelas tentu berbeda, jadi anda bisa sesuaikan budgetnya mau diarahkan kemana. Untuk harga tiket sudah kita jelaskan tinggal eksekusi dari teman semua yang akan memilih. Semoga terjawab.

      Hapus
  3. Coba tulisannya, harganya udah dikonversikan ke rupiah :( biar ga mumet :((

    BalasHapus
  4. Jika di konversikan I RM sekitar = Rp 3400 - 3500.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin ke thailand. Tapi sayatidak ada permit. Tolong saya

      Hapus
    2. Kalau mau permit masuk ke Thailand untuk liburan ya harus pakai paspor hijau Indonesia yang berlaku. Anda sudah bisa masuk dan hanya cap saja di pintu imigrasi. Kalau permit lain seperti menetap sementara di Thailand ya harus ada urus dokumen di Imigrasi mereka, kalau di Indonesia ya harus datang ke Kedutaan Besar Thailand. Semoga terjawab.

      Hapus
  5. Klo tiket kereta tipe ekonomi si kalo di rupiahkan 250k

    BalasHapus
  6. Saya berencana me hua hin dari KL..
    Apakah ada rute langsung ke hua hin, atau hanya hatyai ya?
    Thx buat infonya :)

    BalasHapus
  7. Dari Hatyai ada dan dari Bangkok juga ada menuju ke Hua Hin. Tergantung posisi Mba Anna berada.

    BalasHapus
  8. Mbak, saya Masi bingung dengan rute Butterworth - Bangkok. Itu kita booking dl ya di call center ktmb ? Lalu bayarnya nanti pas di KL sentral? Begitukah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koreksi Mba Novita. Saya seorang laki-laki, hehe. Sebaiknya langsung booking dan issued, sangat direkomendasikan serta terbaik. Ada sebagian teman booking karena mungkin tentatif KL, jika Mba Novita sudah pasti jadwal berangkatnya dan tidak ada perubahan jadwal sebaiknya langsung beli supaya langsung jalan.

      Hapus
  9. Aduh maaf mas, saya salah lihat profil 🙇🙇🙇 yang saya tanyakan, bookingnya by email kah ke call center ktmb nya? Soalnya kmrn saya krm email blm ada balasan smp sekarang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. It's ok Mba Novita. Waktu itu pembelian tiketnya cepat responnya dan bisa langsung issued. Saran saja nih mba, sekarang ini kan sudah ada aplikasinya di android KTMB MobTicket Mobile Application bisa di google play dan Appstrore, siapa tahu lewat aplikasi ini bisa cepat respon dan tiketnya bisa langsung issued. Tetapi saya belum pernah mencobanya karena waktu itu belum ada aplikasi ini. Semoga terjawab.

      Hapus
    2. Mas saya kan rencananya mau dari bangkok-kl by train karna terlanjur beli flight untuk kl-bangkok.
      Nah saya baru beli tiket padang besar-kl. Selanjutnya bagaimana ya saya bisa dapat tiket bangkok-hatyai? Mohon infonya mas, terima kasih

      Hapus
    3. Saya tangkap pertanyaan Fadilah Assegaff adalah begini [CMIIW}
      Rencana ke Bangkok ke KL naik train karena telah memiliki tiket pesawat rute KL ke Bangkok ...> jadi rute perjalanannya akhir ke Bangkok {done}.

      Sekarang telah beli tiket kereta Padang Besar menuju ke KL --> tujuan akhir ke KL {done}.

      Bagaimana cara beli Tiket Bangkok ke Hatyai? Jawabannya adalah: Mba Fadilla harus berada di Bangkok dulu untuk menuju Hatyai. Sekarang banyak kok transportasi menuju Hatyai dari Bangkok. Ada pesawat udara, kereta, ataupun bis. Tinggal pilih saja mba mau naik apa sampai ke Hatyai. Karena mba telah menggunakan pesawat dan kereta api, sebaiknya naik bis. Bisa merasakan bagaimana perjalanan darat dari Bangkok ke Hatyai pasti ada nuansa lain.

      Hapus
  10. Mas, saya ada rencana mau ke Hua hin dr KL sentral dengan train..apakab rutenya juga sama seperti yg maa jelaskan di atas?
    Jadinya kalau ke bangkok itu memang berhenti di hua hin jg, apakah begitu mas? Thx mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya belum pernah ke Hua Hin jadi saya belum bisa sharing pengalamannya. Jika ada kesempatan ke Hua Hin nantinya bisa berbagi pengalaman. O iya Mba Anna Maria, jika sudah melakukan perjalanan tersebut dapat sharing pengalamannya di kolom komentar ini ya hehehe. Semoga sharingnya bisa bermanfaat bagi seluruh rekan lainnya. Terima Kasih.

      Hapus
    2. Siap mas, nnti sy share jika adh berhasil sampai sana..hehe..

      Mas, mau tanya lagi nih
      Saya sudah sampai install ktmb dan segala macamnya..saya cari tiket ke butterworth kok ga ada ya? Apakah mmg tdk bisa digunakan atau mmg habis ya?
      Karena saya jalan kesana saat liburan tahun ajaran sekolah, sy jd takut, jangan jangan memang sudah habis

      Apakah ada kemungkinan bisa habis mas?
      Jika saya langsung beli di tempat?

      Soalnya saya berangkat ke KL pulang dr Bangkok mas..sdh booked bbrp hotel juga..
      Jadi takut kalau sampai kehabisan sleeper train ke thailannya..hehe..

      Maaf ya mas..banyak tanya..
      Terimakasih..

      Hapus
    3. Baik mba Anna ditunggu ya sharing. Terima Kasih.
      Kalau kemungkinan habis dan bertepatan dengan liburan sekolah bisa saja terjadi. Coba opsi lain: Kenapa tidak coba naik bis dari TBS {Terminal Bersepadu Selatan} menuju ke Hatyai dan estafet menggunakan kereta atau bis lagi dari Hatyai. Untuk jenis bis nya sangat nyaman dan bagus. Setelah mba Anna sudah sampai di kota Hatyai untuk estafet lagi menggunakan bis bisa saja atau kereta jika memungkinkan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Hatyai, numpang tuk-tuk saja untuk sampai ke terminal bis atau ke stasiun kereta. Biaya +/- THB 30-40 tergantung nego sama sopir tuk tuk.

      Hapus
  11. Maaf mas, ternyata mas nya sdh jawab..tak kira belum..hehe..thx mas

    BalasHapus
  12. Untuk perjalanan darat seperti ini menjadi pengalaman tersendiri. Masalah bagus disini saya tangkap pemandangan ya bukan kelas kereta. Kalau pemandangan ya relatif, karena tidak fokus kesana sebab banyak istirahat tidur. Hehehe.

    BalasHapus
  13. mau tanya donk mz..
    Liburan Lebaran besok rencananya saya mau ajak keluarga dari KL ke Bangkok.
    Kalau dilihat Routenya (CMIIW):
    - KL Sentral -> Butterworth Jam 09:00 - 13:02
    - Butterworth - Bangkok Jam 14:20 - 10:20 (H+1)
    Untuk urusan imigrasi cuma ada waktu 1 jam lebih (13:02 - 14:20)
    kalau prosesnya antri & lama bahaya juga kalau sampai tertinggal kereta ya?
    tiketnya bisa hangus mz?
    thx


    BalasHapus
    Balasan
    1. Prinsip perjalanan sebaiknya memudahkan anda dalam traveling, minimalkan resiko apabila rasanya terjadi keterlambatan untuk menaiki transportasi untuk estafet ke tujuan sebaiknya dihindari termasuk dalam checking poin di imigrasi. Prinsip saya seperti itu. Kalau untuk hangus tiket atau tidaknya saya belum pernah ada pengalaman seperti itu, jadi saya tidak bisa sharing. Saya cuma beri opsi saja: Cari alternatif lain untuk bisa melakukan estafet perjalanan yang memudahkan anda dan keluarga.

      Hapus
  14. 3 april : PKU - KUL
    4 april : KUL - CNX
    5-6 april : belajar
    6 april : malam brgkat ke DMK (rencana menggunakan bus atau train)
    7 april : halan-halan dibangkok. Malam nya kembali lagi ke chiangmai (rencana menggunakan train)
    9-10 : april belajar
    11 april : pagi CNX-KUL-PKU

    Mau minta saran,sebaiknya saya dari KUL ke bangkok dulu menggunakan bus dan melanjutkan rute perjalanan ke chiangmai. Atau seperti jadwal yang saya tulis
    Maaf ya bang. Minta sarnnya dadakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ringkasan itinerary diatas {CMIIW}

      CNX: Chiang Mai dan DMK: Dong Mueang International Airport.
      PKU-KUL: 4 April
      KUL-CNX: 5-6 April
      CNX-DMK: 6 April
      BKK-CNX: 7 April {naik train}
      CNX-KUL-PKU: 11 April

      jika tiket pesawatnya belum di issued dan masih memungkinkan waktunya menjadi:

      PKU-KUL: 4 April
      KUL-BKK: 5-6 April {naik train atau bis}
      Jalan-jalan di BKK {1 hari penuh} sekitar tanggal 7.
      BKK-CNX: 8 Apri: Naik train
      CNX-BKK-KUL: 9 April {jalan-jalan di KL}
      KUL-PKU: 10 April

      Opsi lain:
      PKU-KUL: 4 April
      KUL-CNX: 4-5 April
      CNX-BKK: 5-7 April
      BKK-KUL: 8-9 April
      KUL-PKU: 10 April

      TIPS: Sebaiknya rutenya jangan bolak-balik karena akan menghabiskan waktu dan tenaga apalagi uang. Sebaiknya satu rute dan setelah objek wisata yang dikunjungi sudah komplit semua tidak perlu balik lagi kesana karena rugi rasanya {jika tidak ada urusan lain yang urgent itu hal lain}. Lebih baik menuju ke kota lain bisa mendapatkan pengalaman baru. Prinsipnya: Anda melakukan perjalanan sebaiknya menyeluruh dan dapat semua dengan biaya murah. Maksimalkan waktu cuti liburan yang berharga dan jangan sampai waktu yang telah dipersiapkan hilang percuma hanya dengan salah rute perjalanan.

      Hapus
  15. Kak, saya berencana berlibur ke Bangkok lanjut ke Penang lewat jalur darat (kereta) dan kembali ke kota asal melalui KL. Tiket SUB-DMK & KUL-SUB sudah ada. Apa ada saran untuk pesan tiket online kereta Hua Lampong-Butterworth dimana? Mengingat tiket yang sangat diminati, saya takut kehabisan tiket..
    Terima kasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya lebih prefer membeli secara langsung tidak secara online, untuk rekomendasi yang banyak dilakukan oleh traveler seluruh dunia dan Indonesia mereka membeli tiket secara online di https://12go.asia/en untuk perjalanan darat menggunakan kereta seperti itinerary diatas. Semoga terjawab.

      Hapus
  16. Boleh di infokan untuk jadwal kereta api bangkok ke Kl ?
    Atau jadwal bis bangkok ke Kl
    Terima kasih

    BalasHapus
  17. Malamm , boleh tolong di bantu untuk jadwal kereta api , atau bis untuk keberangkatan bangkok -Kuala lumpur ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jadwal bisa langsung cek ke link ini:
      http://www.railway.co.th/checktime/checktime.asp?lenguage=Eng

      Untuk keberangkatan bis dari Bangkok ke Kuala Lumpur harus melewati Hatyai. Keberangkatan sebaiknya dipilih perjalanan bis malam.

      Hapus
  18. Selamat malam saya mau bertanya, kalau saya dari Bangkok ingin menuju Kuala lumpur.
    1. bisa langsung naik kereta gak ya?
    2. Naik dari stasiun apa?
    3. Harganya berapa?

    Ini baru pertama kali mohon bisa dijelaskan secara detail. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Bisa.
      2. Stasiun Hua Lamphong.
      3. Harga tiketnya tidak terlalu jauh perbedaannya dengan rute KL-Bangkok.

      Hapus
  19. Hi Mas, thanks untuk sharing pengalamannya...
    Bulan September tahun ini Insya Alloh saya mau tiga negara (KL-Bangkok-Singapore) dan saya hanya punya waktu 6 hari.
    Kebetulan saya dapat tiket JKT-KL (PP). Yang ingin saya tanyakan;
    1) Saya akan sampai di KL jam 5 sore, nah dlm hal ini apakah baiknya saya ke Bangkok dulu via darat atau ke singapore?
    2) Ini itinerary saya, mohon masukkannya:
    06 Sept : JKT-KL (jam 5 sore sampai)
    06 Sept : KL-Bangkok (naik kereta)
    10 Sept : Bangkok - Singapore (naik pesawat)
    10 Sept : Singapore - KL (naik kereta di malam hari)
    11-12 Sept : di KL
    12 Sept : KL - JKT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah direncanakan dengan itinerary serta tiket yang dibeli sudah lengkap di tangan serta siap dieksekusi silahkan diikuti. Saya hanya bisa memberikan tips saja:

      1. Jika menggunakan transportasi darat seperti kereta atau bis pastikan tiket keberangkatan sudah ditangan atau mungkin membeli secara online jika diperlukan [untuk antisipasi lonjakan traveler lain yang sama menggunakan transportasi ini untuk berpindah].

      Apabila tiket kereta pada waktu keberangkatan tersebut sold out maka cari alternatif lain seperti menaiki bis, khusus untuk rute KL - Bangkok, Mba Kartini harus estafet di Hatyai untuk melakukan perjalanan lagi menuju ke tujuan akhir Bangkok.

      Kasus seperti ini juga sama dari SG ke KL. Jadi istilahnya Mba Kartini harus ada solusi lain jika jalur yang ditempuh ada kendala sudah dipersiapkan rencana lain untuk sampai ke tujuan. Karena situasi perjalanan kadang tidak kita ketahui pada hari-h bisa saja terjadi perubahaan yang mendadak. Persiapkan harus dilakukan sejak dini. Agar tiket pesawat yang telah menjadi patokan untuk berpindah tidak hangus akibatnya membeli tiket baru jika terjadi extend [jangan sampai terjadi].

      2. Pastikan seluruh dokumen perjalanan paspor dan lainnya sudah dipersiapkan dengan baik dan masa berlakunya masih panjang.

      3. Yang paling penting perhatian kepada barang bawaan, karena dari itinerary nya saya lihat wara-wiri kesana-kesini jadi pastikan beratnya masih bisa Mba Kartini cover dan jika naik pesawat tidak melebihi kuota yang ditetapkan. Jika rasanya ada lebih kuota maka sebaiknya membeli extend bagasi untuk antisipasi berat berlebih pada saat menggunakan pesawat. Seperti rute BKK - SG dan KL - JKT. Alasanya adalah pembelian belanja shopping dan oleh-oleh lah yang akan memenuhi ransel pada saat kembali. Dari pengalaman, untuk pembelian bagasi pada waktu akan berangkat jauh lebih mahal jika dibeli di awal.

      4. Semoga perjalanan selalu dalam keselamatan.

      Hapus
    2. Hi....mas sepertinya saya sma kaya mba Kartini tpi klo sy kl- Bangkok (train), Bangkok - KL (train), KL- Singapura (train), Singapura-(train) lastday kl- jkrt.mohon bantuannya untuk intenerinya mas apakah cukup dg waktu 6 hri dg jalur darat dan menurut mas bagude lumayan gk sih ...thank lot buat sharing nya

      Hapus

    3. Hi Titi,

      Kalau itinerary akan selalu berhubungan dengan ketepatan untuk memilih rute pertama sampai ke rute akhir. Misalnya untuk itinerary ini sebaiknya [bukan untuk menggurui] dimulai dari Bangkok sampai ke Singapore atau dari Singapore sampai ke Bangkok. Menurut saya, traveling yang dilakukan secara matang memang harus menentukan rute perjalanan karena akan berdampak kepada biaya yang dikeluarkan. Jadi masalah biaya ini merupakan hal yang sangat sensitif karena anda mempersiapkan dana ini tentu butuh waktu untuk menabung dengan waktu yang cukup lama dan jangan sia-sia kan untuk kegiatan yang tidak bermanfaat untuk traveling singkat ini. Untuk masalah waktu akan habis banyak diperjalanan tentu menjadi pertimbangan, tidak mungkin menghabiskan uang yang telah dipersiapkan hanya habis waktu diperjalanan tentu sangat merugikan sekali. Saya hanya bisa memberikan tips saja karena setiap traveler tentu punya pertimbangan masing-masing dengan pilihan yang telah dipilih, menurut pengalaman saya sebagai berikut.

      1. Rute perjalanan ini menjadi satu arah sebaiknya tidak bolak baik karena jalur yang telah ditempuh sebaiknya jangan diulangi. Pertimbangannya adalah menghemat biaya dan anda tentu akan mendapatkan situasi dan pemandangan yang sama akan membosankan. Jadi dapatkan liburan ini banyak mengunjungi objek wisata yang penting di negara tujuan yang tentunya bisa menambah pengalaman lain pada liburan kali ini.

      2. Perjalanan darat sangat direkomendasikan karena anda akan menghemat biaya penginapan hotel jika perjalanan trip pada malam hari. Anda bisa istirahat langsung berpindah ke negara tujuan.

      3. Sebaiknya anda kombinasi naik kereta dan bus. Karena situasi akan berbeda dan pengalaman yang di dapat tentu akan lebih menyenangkan. Bus di ketiga negara ini cukup bagus pelayanannya dan tersedia kelas ekonomi hingga eksekutif tergantung pilihan. Kalau pilihan ini tentu optional karena ada sebagian traveler tidak menyukai naik bus lebih prefer naik kereta api.

      4. Khusus untuk perjalanan darat sebaiknya anda membawa barang tidak banyak, saran saya bawa backpack satu saja lebih praktis dan tidak membutuhkan tempat yang terlalu banyak. Jangan membawa barang yang tidak dibutuhkan, pilih barang yang benar-benar PENTING! dipakai selama perjalanan untuk rute ini.

      5. Untuk dokumen penting serta uang sebaiknya diletakan di tempat tersendiri untuk menjaga agar tidak tercampur dengan barang bawaan. Misalnya tas kecil yang bisa memuat seluruh kebutuhan dokuen yang dimaksud seperti paspor, tiket, uang, dan lainnya. Dari pengalaman dengan adanya pemisahan ini anda bisa menjaga barang secara maksimal selama perjalanan ini.

      Menurut saya rute yang Titi buat ini telah melakukan analisa dan pertimbangan lain jadi silahkan saja. Karena alasannya mungkin semua akomodasi, tiket perjalanan sudah fixed dan tidak dapat di majukan atau dimundurkan. Jadi saya hanya bisa saran maksimalkan seluruh waktu yang tersedia dan jangan sia-sia kan uang yang telah dipersiapkan se-efisien mungkin untuk menikmati liburan ini. Semoga bermanfaat, dan selamat selama melakukan perjalanan sampai kembali ke Indonesia dengan selamat tidak ada kurang satu apapun.

      Hapus
    4. Mohon bantuanya donk aku tanggal 28 mei dari Pekanbaru-kuala lumpur naik pesawat dan mau ke bangkok setelah bangkok balik lagi ke kuala lumpur menuju singapore.bagiman ya routenya dan jam berapa saja kereta berangkat dan dari mana harusnya saya naik?Terima kasih ya

      Hapus
    5. Coba cek link ini:
      di Malaysia: http://www.ktmb.com.my/ktmb_ui
      di Thailand: http://www.railway.co.th/checktime/checktime.asp?lenguage=Eng

      Untuk pengalamanya sudah tertera di tulisan serta pertanyaan ini juga sudah diulas dari pertanyaan teman-teman lainnya di atas. Semoga terjawab.

      Hapus

  20. Hai, mas.. thankyou yah buat sharingnya..

    tahun lalu aku sudah mencoba Singapore to KL (via darat). dan rencananya mau mengulang lagi Singapore to KL hanya mampir ke Melaka dulu..

    karena saya baca artikel ini, saya agak tergelitik. untuk mengubah plan saya..

    KL to Bangkok..

    pertanyaan ku;

    Harga pesawat JKT - BKKA sangat mahal..

    nah dengan kita ke Bangkok via darat dari KL , lbh mahal atau sama saja??

    dan bagaimana dengan komunikasi / bahasa ketika kita sudah masuk ke wilayah Bangkok?? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan

    1. Hai juga,
      Memang untuk mengubah rute tidak mudah, karena perjalanan ini tentu sudah dipersiapkan jauh-jauh hari dengan rencana yang sangat matang dan persiapan biaya yang tidak sedikit. Jika dibandingkan harga perjalanan dari CGK-BKK memang sangat mahal apalagi satu hari keberangkatan. Jika dibandingkan dengan darat memang jauh sekali perbedaanya dan lebih murah dengan komparasi harga yang tertera di online tiket pada saat itu. Kalau beli jauh-jauh hari saya rasa tidak terlalu jauh perbedaan, tetap perjalanan darat lebih murah dengan konsekwensi waktu lebih lama. Sangat maklum dengan situasi seperti ini.

      Langsung ke pertanyaan ke Bangkok naik darat, untuk komunikasi dengan penduduk lokal hampir sama dengan Indonesia memang tidak semua bisa bahasa Inggris lancar tetapi untuk penyampaian cukup mereka bisa mengerti saja sudah lebih dari cukup. Kalau untuk membeli bisa menggunakan angka atau pakai kalkulator sudah sangat membantu sekali. Tidak usah khawatir dengan hal tersebut. Tentu Mas/Mba Sukova sudah pengalaman untuk situasi seperti karena sudah pasti telah pernah berlibur di negara orang.

      Tips saja: kalau sudah membuat itinerary perjalanan yang telah sepakat tidak perlu diubah karena rencana ini telah jauh hari dipersiapkan. Dan tentu dengan perjalanan darat memberikan pesona tersendiri apalagi ingin merasakan situasi perjalanan di negara orang.

      Tergantung dari teman-teman yang lain, jika ingin fokus liburan di BKK tentu harus cepat sampai disana. Jika waktunya cukup panjang ingin menikmati perjalanan darat bisa singgah dulu ke SG, Melaka, dan KL baru lanjut sampai ke BKK juga dipersilhakan tergantung dari tema perjalanan yang akan di liburan nanti.

      Sesuaikan dengan tema liburannya ingin tiga negara sekaligus dalam satu trip perjalanan alangkah lebih baik lagi. Jadi anda telah seluruh persiapan yang akan dilakukan selama tema liburan nanti pastikan waktunya sangat cukup untuk melakukan perjalanan darat nanti.

      Hapus
  21. Hallo kak salam kenal ☺. Saya memiliki rencana untuk ke bangkok karena libur panjang, dan ada rencana 3hr cukup di KL.

    5 des : 06:25 CGK - KL
    11 des : 22:30 KL - CGK

    Tgl 5-8 : KL - BKK
    Tgl 9-11 : saya ingin di KL.

    Saya ingin naik kereta dan tidak begitu paham dari bandara itu harus kemana melanjuti perjalanan ke bangkoknya. Mohon penjelasannya kak, dan biaya yang dikeluarkan kaka berapa ya perkiraannya saja? Btw kaka hotelnya apa di bkk. Ingin minim budget juga hehe. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Juga:

      Dari itinerary perjalanan saya lihat banyak menggunakan pesawat udara untuk melakukan trip kali ini. Dan memang untuk melakukan perjalanan darat ini harus memiliki waktu yang harus cukup jika tidak akan keteteraan untuk menyusun itinerary. Ingin berlibur malah habis waktu diperjalanan, jangan sampai terjadi seperti ini. Jika waktu terbatas dan ingin melaukan perjalanan liburan seperti ini solusi sangat terbaik.

      Saat Sampai di Bandara Suvarnabhumi.

      Yang paling penting dahulu adalah dimana akan menginap dan lokasinya. Poin ini harus diperjelas dahulu, apabila ingin di lokasi tempat berkumpul para backpacker seluruh dunia dan harganya cukup murah tertuju ke kawasan Khaosan Road. Di sekitar lokasi ini banyak sekali penginapan murah dimulai dari harga THB 250 atau sekitar IDR100.000 an. Bisa pilih lokasi hostel atau hotel, jika anda menggunakan provider pembelian tiket hotel online sebaiknya dilakukan agar anda bisa mengetahui harga terbaik, rekomendasi, dan pastinya alamat lengkapnya dimana. Kalau langsung atau go show kadang harganya tidak karuan dan terpaksa harus check in karena situasi tubuh sudah capek, dan seterusnya.

      Apabila ingin di Khaosan Road ini tujuannya tempat menginap transportasi dari Bandara Suvarnabhumi berikut penjelasannya:

      Setelah turun dari pesawat dan keluar dari pintu kedatangan menuju ke Airport Link tujuan ke Phaya Tai yang merupakan stasiun pemberhentian terakhir transportasi ini. Dan kemudian estafet menggunakan bus kota umum dengan nomer 59 atau nomer 79 dengan tujuan Rachadamnoen Klang Road ya setelah melewati Democracy Monument tidak terlalu jauh berjalan menuju ke Khaosan Road. Untuk bus ini memang agak sedikit lama, namanya angkutan umum yang harus sabar menunggu.

      Apabila malas naik bus lagi ada solusinya, naik tuk tuk saja dar Phaya Thai menuju ke Khaosan Road dengan biaya 120 THB atau sekitar IDR 50.000 an. Jika naik bus tarif sekitar 15THB atau sekitar IDR6.000 an.

      Karena saya tidak pernah menggunakan taksi jadi saya tidak bisa memberikan jumlah biayanya berapa.

      TIPS: tahun 2010 kalau tidak salah ada Airport Express Bus nomor 2 atau AE2 dengan jurusan Bandara Suvarnabhumi menuju ke Khaosan Road, tetapi sejak itu tidak beroprasi lagi. Sempat disenangi oleh para backpacker seluruh dunia. Saya tidak dapat informasi lagi sekarang ini apakah bus ini masih ada atau tidak. Jika ada anda sebaiknya naik bis ini saja, dan tidak beroperasi lagi ya harus pakai alternatif diatas.

      Jika travelling secara rombongan atau beberapa orang malah lebih baik lagi, biaya bisa di share dimulai transportasi hingga tempat penginapan.

      Perlu berhati-hati juga untuk naik taksi karena pengalaman dari teman saya yang naik taksi harganya sangat mahal, setelah di lihat jaraknya sangat dekat. Menjadi pelajaran saja buat rekan lain untuk tetap waspada. O-iya, jika sekarang ini sudah bisa menggunakan aplikasi taksi online disana bisa menjadi alternatif pilihan juga dari stasiun Thaya Thai ke Khaosan Road.

      Semoga terjawab.

      Hapus
  22. Mas mau nanya nih..
    1. kalau reservasi online via aplikasi pembayarannya transfer dr bank indonesia bisa kah?
    2. Utk kereta butterworth-bangkok nya reservasi di tkp langsung atau bs online juga? Sy g nemu destinasi bangkok di aplikasinya.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai,
      1. Untuk pembelian secara online secara otomatis pembayaran langsung secara online pula. Biasanya pembayaran memakai logo Visa atau Mastercard paling banyak dilakukan.
      2. Bisa dua-duanya. Untuk link nya sudah saya sertakan di jawaban teman-teman lainnya di atas. Coba lihat histori jawaban diatas dengan lengkap.

      Terima Kasih.

      Hapus
  23. Mas mau nanya lagi nih..
    Itu butterworth ada di penang kah? Jd kalo sy mau mampir explore penang dulu bisa yaa sebelum lanjut ke bangkok.
    Jd lanjutannya train butterworth-bangkok (hualampong) betul kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat betul sekali. Tidak terlalu jauh dari pelabuhan Ferry penyeberangan dan bisa wara-wiri Penang sejenak dan setelah itu langsung ke Bangkok naik kereta di stasiun Butterworth.

      Hapus
  24. kak mau tanya waktu ke bangkok naik kereta itu ada perbedaan harga engga bila kita beli go show sama lewat internet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau waktu itu saya tidak memperhatikannya, jadi saya tidak bisa sharing pengalamannya.

      Hapus
  25. Adakah yg mau pergi tuk akhir bulan ni....kalau ada...sy mau join...tuk area KL sy tau...tapi untuk pergi ke thailand....blom tau ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada teman lain yang bisa jalan bareng untuk liburan nanti.

      Hapus
  26. Gan, mw tanya. Klo dri butterworth ke hat yai dan pulangnya dri hatyai ke kuala lumpur naik apa ya? Krn di 12go hanya ad bus/van. Mohon pencerahannya. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pendapat saya: dari KL sudah naik kereta api dan kembali balik ke KL naik bus. Jadi rute perjalanan sebaiknya berbeda transportasi jauh lebih baik. Bisa mendapatkan pengalaman baru. Lagian terminal busnya di KL yaitu TBS {Terminal Bersepadu Selatan} juga di pusat kota KL

      Hapus
    2. Karena ane awalnya g ad rencana ke Thai hanya ke Padang besar aja, bgitu liat blog ente ane jdi tertarik hehe.

      Soalnya Itenerary bgini:
      Day0
      Jkt21.00-KL23.45
      Day1
      Explore KL
      KL18.00-Genting19.00
      Day2
      Genting9.00-TBS14.00-Georgetown19.00
      Day3
      Butterworth13.38-Hat Yai16.00 via kereta(di google ad schedule kereta tpi di 12go.asia g ada). Kenapa ya tiket keretanya g ad?
      Day4
      Hat Yai18.30-KL5.30 via van (12go. ada schedule van tpi prefer kereta)
      Day5
      KL8.30-Jkt10.40

      Hapus
    3. CMIIW: mungkin alasan bisnis mereka saja.

      Hapus
  27. Blognya sangat membantu mas. Bahkan saya akan mengadakan first solo backpacker CGK-SG (pesawat), SG-KL (bus/train), KL- BKK (bus/train) , BKK-CGK (pesawat)di akhr November dan sudah banyak bookmark blog masnya buat panduan saya nanti. Mas, apa saya bisa melihat itinerary mas nya ? Untuk gambaran saya. Dan blog masnya sudah membahas soal penukaran uang, rekomendasi bawa mata uang apa/CC/debit, terus menukarnya lebih baik saat di indo atau di negara yg kita tuju, dll hal-hal semcam itu belum ya? Terimakash

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berharap begitu tulisan yang kami hadirkan di blog ini bisa bermanfaat bagi rekan yang akan melakukan perjalanan seperti solo backpacker. Saya mencoba memberikan itinerary perjalanan sesuai dengan rute perjalanan yang mas lakukan nanti.

      CGK-SG:
      Setelah memilih tempat menginap lakukan jelajah wisata seperti Merlion Park dan Rafless Place, Esplanade, Garden by the Bay, China Town, Bugis, Little India, Pulau Sentosa atau Orchard. Jangan lupa ke Hj. Lane dan arab street untuk melihat kehidupan penduduk Melayu disana. Untuk wisata kuliner bisa anda jelajahi di sana dan kami juga sudah menulis artikel dan bisa searching di blog ini termasuk destinasi wisata lengkap lainnya yang gratis tidak berbayar juga telah kami tulis juga, dan juga tempat membeli oleh-oleh.

      Selama melakukan perpindahan menggunakan transportasi publik seperti MRT lebih baik karena lebih mudah dan murah bagi turis. Gunakan Singapore Tourist Pass {STP} agar anda mendapatkan biaya termurah untuk bepergian bisa pilih duntuk 1,2, atau 3 hari sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk informasi kartu ini juga sudah kami ulas di artikel terpisah.

      SG-KL:
      Untuk perjalanan antar negara seperti ini juga telah kami ulas pula cukup lengkap dan searching saja di blog kami ini. Estafet menggunakan bus menjadi pengalaman terbaik.

      KUALA LUMPUR.
      Sampai di KL dan perjalanan ini juga sudah kami ulas di tulisan terpisah dan bisa juga di searching kembali. Intisari untuk tempat wisata juga sudah tersedia lengkap dan bisa di searching kembali di blog kami ini, termasuk rincian lain sampai dengan tempat wisata wajib serta wista kuliner disana.

      Pentingnya saja: KLCC, Dataran Merdeka, Bukit Bintang, jika berminat ke Batu Cave silahkan saja, atau mau ke Genting juga bisa anda eksplore. Tetapi jika anda ada waktu lebih banyak di Malaysia coba singgah juga ke Malaka apabila perjalanan anda dari SG-Johor Bahru-Malaka-KL. Jika anda singgah ke Johor Bahru dan Malaka bisa menjadi lengkap wisata ke KL. Untuk wisata Johordan Melaka juga sudah kami ulas di artikel terpisah silahkan searching di blog kami.

      KL-BANGKOK.
      Perjalanan ini bisa menggunakan kereta api. Kalau di pusat kota Bangkok seperti Grand Palace, Wat Arun, Wat Pho, Asiatique, Sungai Chao Praya, MBK, Prathunam, Pasar Chatuchak, dan lainnya Jika ada waktu ke pasar terapung seperti Damnoen Saduak Floating Market. Untuk wisata belanja sudah juga kami ulas di artikel terpisah dan bisa di searching saja di blog kami.

      Untuk membawa uang memang tergantung dari mas nya, jika menukarkan langsung di Indonesia sebelum berangkat jg baik dan pastikan jumlahnya cukup di masing-masing negara tidak berlebih jumlahnya. Persiapan kartu lainnya bisa disesuaikan kebutuhan apabila ada hal yang mendadak bisa antisipasi penggunaanya. Untuk penarikan uang di ATM di bank tujuan masing-masing negara pastikan adanya logo kerjasamanya seperti Maestro, Cirrus, Visa, atau Mastercard.

      TIPS: sebaiknya untuk penginapan sebaiknya langsung dibeli secara online karena anda tidak perlu repot go show dan tentu pastinya dengan membeli secara online bisa menentukan tempat menginap seperti apa yang diinginkan dan pastikan pilih sesuai dengan budgetnya. Jadi fokus hanya perjalanan wisata saja di masing-masing negara tujuan nanti.

      Semoga terjawab pertanyaanya.

      Hapus
  28. Mas voleh minta masukannya. Saya mahasisiwi tingkat akhir yang akan melaksanakan magang di KBRI Bangkok tahun depan, saya dari Pontianak. Bisa share atau beri saya masukan mas untuk rute perjalanan jika saya ambil pesawat dr PTK-KL internasional airport trus kalau dari bandaranya itu untuk bisa langsung menuju ke Bangkok jika saya sampai di bangkok sekitar jam 9 malam/10 malam,saya harus menggunakan alat transportasi apa mas?? Apakah bisa malam itu juga saya dr bandara menuju ke bangkok dengan transportasi darat??
    Mohon jawaban dan masukannya mas, trima kasih 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau langsung ke Bangkok lebih cepat sampai ya naik pesawat udara. Untuk jadwal keberangkatan langsung lihat schedulenya dari maskapai airline yang akan dipilih. Kalau naik transportasi darat harus ada waktu lebih banyak 2-3 hari untuk sampai ke Bangkok. Untuk jadwalnya saya sudah ulas dan jawab dari pertanyaan teman lainnya dan anda bisa baca history percakapan e-mail ini.

      Terima Kasih

      Hapus
  29. Mau tanya dtanya donk, saya cek di kmtb.my dan easybook untuk jalur darat KL - BKK di bulan lebaran 2019 gak ada transporttasi ya.. itu sold out atau blm dijual y? Rencana mau cb jalur darat kl - bangkok pas lebaran 2019.. mohon infonya, trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek selalu secara berkala mas, kemungkinan bisa saja terjadi apakah belum di jual atau tidak tergantung dari operatornya. Terima Kasih.

      Hapus
  30. BLOG YANG SANGAT BAGUS DAN MEMBANTU SEKALI MAS !!!

    BalasHapus
  31. kira2 rincian biaya dari Singapore-bangkok + makan , berapa yah kak (include tiket ) apakah 5 juta cukup ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah budget memang disesuaikan dengan tipe perjalanan nanti dan lamanya waktu traveling, jika uang budget Rp 5 juta untuk backpacker sudah sangat cukup. Pastikan anda teliti itinerary perjalanan nanti dan rinci semua perjalanan nanti. Karena perjalanan yang kami ulas secara backpacker dengan budget ini sangat melebihi dari cukup.

      Hapus
  32. salam. bang, kalau dari KL ke hatyai aja, berpa jam, kmudian apa jalur beli tiketnya sama dengan mau ke bangkok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Total waktu perjalanan dari KL ke Hatyai adalah +/- 11 jam.
      Jika anda sudah berada di Hatyai estafet ke Bangkok Thailand ya beli tiket kereta apinya di kota Hatyai.

      Hapus
  33. Salam kenal , mas mau tanya rencana sy mau liburan ke KL dan Bangkok, ini pertama kali sy keluar negri :) , untuk urusan imigrasi via darat naik kereta atau bus dari KL ke Bangkok susah engk sih ? Apa ada random check juga?
    Lalu untuk pembelian tiket kereta/bus kalau on the spot bisa terjamin dapat engk ya?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, kalau pemeriksaan di imigrasi pengalaman kami biasa saja antri sesuai jalur dan diperiksa satu per satu penumpang di gatenya dan selesai. Bus menanti di parkir di sekitar imigrasi setelah melakukan check point. Kalau random check bisa saja terjadi karena merupakan prosedur yang ada di Imigrasi, kalau waktunya tidak bisa diprediksi kapan. Tapi jika semua dokumen perjalanan lengkap dan tidak ada masalah dengan negara ybs menurut saja tidak ada masalah. Untuk tiket bus dan kereta api menurut saya on the spot masih dapat diandalkan, tetapi jika anda mampu membeli secara online kenapa tidak dilakukan.

      Hapus
  34. Mas mau tanya, saya sudah pernah ke KL tapi itu pakai travel, jadi sy belum mengerti klu backpacker, apakah klu keluar negeri kita harus izin dulu ke kedutaan masing2 negara yg kita tuju di Indonesia? atau tidak perlu, kita cukup melakukan check poin di imigrasi negara yg dituju?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Backpacker itu adalah turis yang melakukan perjalanan tanpa menggunakan travel. Semua aktifitas perjalanan liburan ke negara tujuan dikerjakan sendiri dimulai dari checking point imigrasi, transportasi, hingga penginapan. Jadi istilahnya seorang backpacker ini adalah turis mandiri, semua hal yang berhubungan dengan traveling harus mampu dihadapi. Dan pastinya harga atau budget liburan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan travel.

      Memang untuk masuk ke negara tujuan ini harus cek paspor {visa jika ada} di imigrasi. Jadi, setelah paspor di cek dan di stempel oleh petugas imigrasi anda sudah mendapatkan akses liburan ke negera tujuan nanti seperti Malaysia ini. Tidak ada lapor ke kedutaan saat traveling di negara tujuan tetapi anda harus mencatat nomer kedutaan besar Indonesia disana jika terjadi hal yang diluar dugaan anda sudah ada nomer kontak yang akan dihubungi.

      Semoga terjawab.

      Hapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Tempat Belanja Murah Di Kuala Lumpur Malaysia Penggila Shopping Harus Kenal Daerah Ini

Mencari tempat belanja murah di Kuala Lumpur Malaysia sebagai destinasi yang selalu akan dicari oleh traveler Indonesia untuk melakukan shopping belanja untuk melengkapi destinasi wisata liburan di negara ini. Tempat ini cukup bisa diakses seluruh transportasi publik penting di Malaysia. Kalau dilihat jenis barang tertentu yang akan dicari memang tergantung dari budget yang dipersiapkan apakah cukup untuk sekali perjalanan shopping sebelum pulang ke Indonesia. Pecinta shopping harus sudah pasti tau disinilah tempat yang sangat pas untuk wara-wiri bakudapa dengan seluruh jenis benda yang akan dicari.