Langsung ke konten utama

Panduan Lengkap Menggunakan Kendaraan Umum PO Bus dari Kota Padang ke Tujuan Antar Kabupaten Kota di Sumatera Barat

Rasanya saya perlu membuat sebuah ilustrasi lengkap mengenai panduan lengkap menggunakan kendaraan umum dari kota Padang ke berbagai tujuan di provinsi ini. Pencarian populer di search engine seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Batusangkar, Pasaman, Pariaman, Air Haji, Painan, Solok, Sawahlunto, Painan, dsb hanya diperlukan petunjuk jelas dan tepat. Setelah saya melihat keyword ini sangat banyak dicari para turis yang ingin berkunjung ke Ranah Minang ini ingin rasanya saya membantu walau hanya berupa tulisan artikel seperti ini. Besar harapan semoga tulisan ini bisa sedikit membantu, dan apabila bermanfaat dapat sharing ke rekan lainnya yang butuh bantuan saat sampai di kota Padang.

Di kota Padang untuk terminal bus antar kota yang representatif belum tersedia di satu kompleks, sehinga beberapa tujuan harus terpisah. Tetapi hal ini tidak menyurutkan saya ingin memandu beberapa rekan yang ingin berwisata di Sumatera Barat hanya bermodalkan kendaraan umum untuk sampai ke lokasi tujuan. Kota tujuan merupakan tujuan yang paling banyak dicari, jika lokasi terdekat atau satu jalur dengan tujuan akhir anda bisa menaiki bus antar kota ini sebagai cara awal untuk sampai walau harus estafet sampai ke tujuan akhir.

Trans Padang Transportasi Publik di Ranah Minang. Poto oleh: skyscrapercity.com

1. Tujuan Akhir dari Padang ke: Padang Pariaman, Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Lubuk Basung, Pasaman, Air Haji, dan Batusangkar.

Semua tujuan akhir pada poin 1 diatas PO Bus ngetem atau menunggu penumpang di Plaza Basko Mall atau sekitaran Universitas Negeri Padang [UNP]. Dapat dikatakan lokasi ini adalah terminal bayangan PO Bus untuk menanti penumpang dengan jurusan yang sebutkan pada judul ini. Jangan kawatir, untuk bus cukup tersedia walau tidak setiap jam tetapi mereka tetap setia menunggu penumpang di lokasi ini.


Bagaimana cara sampai ke Plaza Basko Mall atau Universitas Negeri Padang [UNP]

a. Dari Bandara Internasional Minangkabau [BIM] Padang Sumatera Barat.

Seorang turis ala backpacker akan memasuki kota Padang lewat Bandara BIM sebagai awal pintu masuk. Sangat mudah sekali setelah mengambil seluruh barang bawaan menuju ke parkiran bus Damri dan Tranek dengan cara mengambil jalur kiri di pintu keluar kedatangan, berjalan sekitar 3-5 menit berjarak sekitar 100 meter. Posisi parkir kedua bus ini ada diujung dengan posisi bus yang saling berdampingan. Anda naik saja salah satu bus Damri atau Tranek karena lokasi ke Plaza Basko Mall atau UNP yang akan dilewati oleh kedua bus ini. Jangan khawatir dengan tarif, kedua merek bus ini mempunyai tarif yang sama, ongkos yang akan anda bayar kurang dari IDR 25rb saja.

2. Dari pusat kota Padang.

Jangan kawatir untuk turis atau rekan backpacker yang telah beribur di kota Padang dan telah menginap di hotel tidak saya lupakan. Apabila lokasi hotel anda berada disekitar Lapangan Imam Bonjol dapat menggunakan Trans-Padang menuju ke Basko Mall atau UNP dengan tarif IDR 3500. Dan jika hotel anda berlokasi di Jl Bundo Kanduang, Jl Gereja, Sekitar Museum Adityawarman, Jl Hangtuah, Jl Samudera, Jl Damar, Jl Veteran, atau Jl Letj.S Parman harus menggunakan angkutan kota dengan jurusan air tawar, tabing, atau batas kota. Ketiga angkutan kota ini melewati Basko Mall dan UNP dengan tarif IDR 4000 saja.  

Jika anda ragu dan masih tidak pede alias baper diperjalanan dengan kondisi yang agak rumit anda bisa menggunakan taksi atau gojek yang telah hadir di kota Padang. Dengan syarat anda mempunyai badget lebih untuk sampai ke lokasi yang saya maksud.


2. Tujuan akhir dari Padang ke: Alahan Panjang, Solok, Sawahlunto, Sijunjung, Sungai Rumbai.

Tujuan akhir untuk poin 2 ini PO Bus akan ngetem atau berhenti di daerah Kubu atau Lakuak di Padang Timur. Semua tujuan di poin 2 ini ada di lokasi sini. Memang tidak setiap jam PO Bus tujuan anda ada tetapi hanya menunggu beberapa saat sudah tersedia. Menurut pendapat saya, bus tujuan akhir Solok mendominasi di tempat ini.

Bagaimana cara sampai ke Kubu atau Lakuak.

a. Dari Bandara Internasional Minangkabau [BIM] Padang Sumatera Barat.

Setelah barang bawaan dibawa menuju ke lokasi parkir bus Tranek. Jangan salah naiki bus, bus bandara yang melewati Kubu atau Lakuak adalah bus dengan merek Tranek. Di BIM anda ambil posisi kiri menuju pintu keluar kedatangan, berjalan sekitar 3-5 menit atau berjarak 100 meter anda akan menuju ke lokasi parkir bus Tranek. Ongkos transportasi sampai ke tujuan yang saya maksud kurang dari IDR 25rb saja.

b. Dari pusat kota Padang.

Mungkin saja turis atau backpacker telah menginap di pusat kota Padang ingin menuju ke lokasi poin 2 ini. Sangat mudah sekali, jika anda ingin naik angkutan kota dari pusat kota seperti Mesjid Taqwa Muhammadiah atau Lapangan Imam Bonjol, anda harus menaiki angkutan kota jurusan Pegambiran, Gadut, atau Indarung. Dengan cat mobil berwarna merah atau biru. Tetapi untuk warna biru harus waspada karena jurusannya ada ke Aur Duri. Pastikan dengan cermat masalah warna cat mobil untuk angkutan umum ini dan label tujuan akhir pada stiker kaca mobil. Tarif ongkos IDR 4000 saja. Atau anda merasa kurang pede dapat menggunakan taksi atau gojek untuk sampai ke Lakuak atau Kubu tempat ngetem bus yang saya maksud.

3. Ke kota Painan.

Khusus untuk kota Painan sudah saya jabarkan dalam satu sesi khusus dalam artikel tersendiri anda bisa membaca dengan link yang saya berikan ini [baca: link].

Inilah panduan lengkap jika anda ingin mengunjungi beberapa tujuan akhir dari kota Padang ke Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Batusangkar, Pasaman, Pariaman, Air Haji, Painan, Solok, Sawahlunto, atau Painan. Apabila kota lain yang masih satu jurusan dengan tujuan akhir bus antar kota ini bisa anda naiki walau nanti akan estafet menggunakan kendaraan lain sampai tujuan. Apabila anda menggunakan pesawat udara sebaiknya mendarat di kota Padang di BIM pagi hari sekitar jam 08:00 WIB. Anda masih banyak waktu di perjalanan dan tidak baper diperjalanan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur di Ranah Minang serta selamat sampai ke tujuan masing-masing. Semoga bermanfaat. 

Komentar

  1. Kak mau nanya .. kalau mau ke alahan panjang .. lewat mana ya kak. Trus di mana ambil mobilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke Alahan Panjang bus ngetem di sekitar Kubu atau Lakuak di Jl Dr Soetomo. Kalau dari Pasar Raya naik mobil angkutan kota warna merah tujuan Indarung atau mobi angkutan kota warna biru tujuan Lubuak Bagaluang.

      Hapus
  2. Kalau mau ke Sijunjung dari mana ya sayang naik angkutannya? Mengingat perjalanannya sangat jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bus nya ngetem di daerah Kubu atau Lakuak sama dengan jurusan ke Solok, tetapi sekarang ini banyak penumpang menggunakan travel dengan jurusan ke Darmasraya yang melewati Sijunjung. Tergantung selera suka bus atau travel untuk sampai kesana. Untuk sampai ke Kubu atau Lakuak menggunakan angkutan kota dari Pasar Raya atau Masjid Taqwa Muhamadiah jurusan ke Lubeg atau Indarung.

      Hapus
  3. Saya pernah menggunakan travel dari Bandara Minangkabau, tetapi sangat mengecewakan..berangkat pukul 10 sampai Sijunjung pukul 6 sore..sangat lama karena supirnya selalu berhenti setiap ada posisi pemberhentian. Makannya dari pengalaman itu saya cari alternatif lain selain pakai travel. Berarti jika dari bandara Minangkabau...saya ke mana dulu untuk ke kuburan atau lakuak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan Kuburan tetapi daerah Kubu atau Lakuak. Untuk sampai ke lokasi ini jangan sampai salah naik bus, bus yang dinaiki dari BIM ke Kubu atau Lakuak adalah bus Tranex. Lokasi kedua tempat ini sebenarnya sangat berdekatan, pastikan sebutkan daerah ini ke sopir bus Tranex saya berhenti di Kubu atau Lakuak tempat bus ngetem.

      Ada solusi lain:
      Jika seandainya bus Sijunjung tidak tersedia bisa estafet, Seperti jurusan ke Sawahlunto atau naik dari Solok. Mungkin sebagian dari rekan anda melakukan perjalanan estafet seperti ini karena diburu waktu untuk sampai ke lokasi tujuan.

      Semoga bisa menjawab pertanyaannya.

      Hapus
  4. Terimakasih banyak atas sharing nya...sangat bermanfaat untuk saya yang melakukan dinas ke daerah Sijunjung.

    BalasHapus
  5. saya mau ke pasaman naik umum bukan travel routenya bagaimana..katanya berhenti di bukit tinggi naik lagi ke pasaman...benar ga sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah bedanya dengan travel bisa langsung ke Pasaman, jika naik umum terkadang bus yang ditumpangi akan singgah di terminal Bukittinggi dan sudah dipastikan akan memuat penumpang lainya untuk menuju ke tujuan akhir Pasaman. Proses menunggu sampai bus penuh tentu harus dimaklumi, jika anda ingin melihat situasi dan kondisi daerah selama perjalanan dengan biaya terjangkau ya pasti pilihannya ke bus umum. Apabila ingin cepat sampai ke Pasaman sebaiknya pilih travel. Selisih harga ini lah sebagai kopensasi dari kecepatan sampai dan kenyamanan selama perjalanan.

      Hapus
  6. Kl dari bandara menuju padang panjang jenis transportasinya apa saja ya? Kemudian izin info biayanya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dua jenis:
      1. Travel langsung dari Bandara BIM: karena rute ke Padang Panjang dapat menggunakan tavel jurusan ke Bukittinggi. Harga dimulai dari Rp30.000
      2. Transportasi umum seperti yang kami jelaskan di artikel ini dengan rute dari UNP ke Padang Panjang: Rp 20.000 {jika tidak terjadi kenaikan}

      Hapus
  7. Maaf, saya ingin bertanya. Adakah travel dr bukittinggi ke sawahlunto yg antar jemput alamat? Soal nya saya hanya menemukan rute travel yg padang-sawahlunto.. mohon bantuan nya, kalo bisa sertakan nama travel dan no hp nya, saya butuh sekali. Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kalau untuk travel dari rute yang disebutkan saya belum pernah mencoba tetapi saya dapat memberikan link ini saja dan dapat menjadi referensi bagi anda Nama Travel

      Atau solusi lain jika anda dalam zona traveling rombongan dan menginap di hotel di Bukittinggi untuk memberikan kenyamanan penuh pilihan lain adalah rental mobil yang banyak sekali di kota Bukittinggi dapat pula meminta bantuan dari petugas hotel karena rental mobil banyak sekali kerjasama dengan mereka untuk membantu turis yang membutuhkan kendaraan seperti ini.

      Semoga membantu.

      Hapus
  8. Saya mau bertanya adakah angkutan umun dari pariaman tujuan padang panjang ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika saya salah dapat dikoreksi, setau saya untuk rute pendek seperti ini biasanya traveler dari kota Padang Pariaman akan melakukan perjalanan estafet dan akan berhenti dulu di Pasar Lubuk Alung, kemudian naik lagi salah satu tujuan akhir bus umum tujuan ke Bukittinggi, Payakumbuh, atau Batusangkar. Untuk setiap jam bus yang melewati Pasar Lubuk Alung ini tujuan yang saya maksud diatas selalu lewat dimulai dari pukul 07:00 dan akhir 18:00. Pilih salah satu tujuan bus ini akan melewati Padang Panjang sebelum sampai ke tujuan akhir bus yang anda pilih tadi.

      Hapus
  9. Saya mau tanya apakah tujuan Dari BIM ke aur gading tanjung ampalu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koreksi kalau saya salah: Tanjung Ampalu dekat Sijunjung, jika rute ini harus estafet terlebih dahulu. Tujuan ke Sawahlunto dengan mengikuti alur dari BIM ke Kubu atau Lakuak. Setelah sampai Muaro Kalaban tepatnya di simpang tiga harus berhenti disana dan estafet menggunakan bis lainnya menuju ke Sijunjung.

      Alternatif lainnya:
      1. Anda harus mengetahui travel langsung ke Aur Gading Tanjung Ampalu dari kota Padang.
      2. Estafet naik dari Solok tepatnya Terminal Bareh Solok menuju ke Sijunjung atau dapat naik di simpang tiga dekat pom bensin dekat Mitsubishi Solok, Disana ada bus ngetem jurusan ke Sijunjung.

      Setelah mendekati Sijunjung maka anda harus menggunakan transportasi lainnya menuju ke tujuan akhir yaitu ke Aur Gading Tanjung Ampalu.

      Semoga terjawab.

      Hapus
  10. Sy dr dinas pendidikan sumatera barat ke kab dharmasraya naik apa y ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika lebih cepat memang naik travel, untuk bus umum sebaiknya anda naik bus antar kota antar provinsi seperti jurusan ke Jakarta, sebagai contoh NPM, ANS, dan sejenisnya. Perjalanan anda relatif lebih cepat.

      Hapus
  11. Kak saya mau ke bukit tinggi jam gadang. Saya berposisi dibalai diklat bbppks pauh.. Apa saja yg harus sayavtrmpuh.. Mksi

    BalasHapus
  12. Kalau dari padang k pariaman trus k toboh itu naik apa ya kak?
    Terimakasih😊

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Bulan Terbaik Liburan Singapore: Peak Season atau Low Season

Sebagai negara tetangga Singapore mempunyai bulan terbaik untuk berkunjung dan kapan anda mau berkunjung bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagian orang menyebutnya kapan waktu peak season atau kapan pula waktu low season. Sebagai traveler yang smart dan cerdas harus memperhatikan musim liburan seperti ini akan berhubungan dengan persiapan budget sehingga uang anda akan dihabiskan tergantung dari waktu tersebut. Banyak sekali para traveler dari Indonesia masih kurang paham kapan waktu terbaik untuk menghabiskan waktu liburan di Singapore sehingga ada yang mengira liburan disana sangat mahal. Sebenarnya tidak juga hanya waktu saja yang kurang tepat mungkin pada waktu itu anda berada di peak season semuanya mahal, dimulai dari tiket pesawat, hotel, dan tempat wisata.

Belanja Beli Elektronik Di Singapore: Alasan Kenapa Dan Tips Agar Tidak Tertipu

Fenomena membeli elektronik, hp, laptop, dan sejenisnya di Singapore menjelma menjadi sebuah rekomendasi yang wara-wiri di media sosial tentu perlu disikapi lebih teliti kembali. Tentu sebagian orang menganggap ini sebagai cara untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan harga yang masih terjangkau pasti ada komparasi harga baik dari Singapura sendiri dan Indonesia. Dengan adanya komparasi harga tentu saja konsumen seperti anda mendapatkan harga pembanding dimana sebuah produk yang telah mereka inginkan diteliti spesifikasinya dan melihat penjual yang menyediakan barang yang sama mencantumkan harga terbaik mereka yang akan konsumen beli. Adanya pembebasan pajak khusus para turis dengan istilah GST tentu menjadi lebih menarik dari kebijakan seperti ini, alasannya disenangi karena harga yang anda bayar tentu sedikit lebih murah sehingga daya tarik ini lah yang menjadi senjata membius para traveler agar berbelanja di Singapura.