Langsung ke konten utama

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Poto oleh: klia2.info


Memang menggunakan airline berbasis LCC ini butuh pengorbanan lain yang harus anda bayar disamping harga tiket yang cukup terjangkau membuat hal lain untuk menunggu jadwal keberangkan berikutnya harus transit sampai dengan 3-12 jam tentu akan membuat hari membosankan bahkan mau ngapain di sana sampai menunggu 12 jam segala. Nah, pada tulisan ini anda akan terkesima apa saja fasilitas yang bisa anda gunakan dimulai dari gratis tanpa bayar hingga berbayar untuk memenuhi kebutuhan menunggu transit selama di KLIA 2. Berikit penjelasannya.



Sekilas KLIA 2.
Bandara ini disebut juga LCCT [Low Cost Carrier Terminal] yang di dominasi oleh Air Asia sebagai maskapai yang banyak membuka rute yang disenangi oleh para backpacker dengan biaya tiket perjalanan yang cukup terjangkau. Walaupun sebagian menyebutnya LCCT terbaru tetapi nama utamanya KLIA 2 menjadikan sebuah terminal yang mempunyai segudang fasilitas seluruh penunmpang yang bisa anda gunakan selama transit dimulai dari kegiatan tidur sampai dengan mandi gratis juga ada disini.

Rata-rata penerbangan yang banyak digunakan oleh traveler Indonesia untuk berlibur ya diatas pulang jam kerja kantor sekitar jam 21:00 melakukan penerbangan dari CGK Soekarno Hatta ke KLIA 2 Malaysia. Sudah larut memang setelah sampai disana menjelang tengah malam dan tidak mungkin langsung ke pusat kota Kuala Lumpur mau ngapain coba. Nah untuk menunggu pagi anda sebaiknya menunggu di bandara ini sebelum melakukan jelajah liburan atau untuk menunggu penerbangan berikutnya.

TRANSIT KURANG DARI 6 JAM.
Apabila perjalanan anda harus transit kurang dari 6 jam sebaiknya anda tetap di bandara karena dengan waktu segitu tidak mungkin rasanya untuk cek in hotel kasian duitnya cuma sebentar lebih baik melihat situasi bandara yang cukup luas ini untuk window shopping.

Yang harus anda lakukan adalah anda harus masuk langsung ke jalur transfer penerbangan, traveler menyebutnya lokasi Satelit. Setelah anda keluar dari pesawat anda tidak perlu keluar di checking poin di pintu Imigrasi tetapi mengambil jalur transfer yang terlihat sign bord pada saat anda melangkah. So far, tidak ada biaya tiket untuk flight Through langsung masuk saja asalkan anda tidak membawa banyak barang ya kalau backpacker cuma ransel saja yang tidak terlalu besar serta tas tenteng khusus untuk barang-barang yang sering digunakan.

Kegiatan yang bisa anda lakukan disini selama kurang dari 6 jam adalah ya mulai ganjel perut dulu. Setelah anda membawa mie dalam mangkok instant beraneka merek dan rasa serta gelas serbaguna untuk nyeduh kopi atau teh, maka anda harus mencari fasilitas minum gratis dengan air panas untuk keperluan ini. Lokasinya sangat mudah sekali anda harus menuju ke Gate Q dan siap untuk menikmati suasana KLIA 2 ini dengan sangu tang telah anda bawa dari Indonesia. Lokasi strategis ini berdekatan dengan Mushola atau Surau dan kamar mandi yang bisa anda gunakan untuk menunaikan ibadah jika telah masuk waktu Subuh.

Tidak hanya itu saja, di sekitar area Satelit ini juga sudah berjejer beberapa spot tempat makan alternatif lain yang cepat saji seperti Popeye, Burger King, ataupun McD juga ada disekitar lokasi ini. Lokasinya cukup nyaman dan bahkan anda juga bisa duduk dengan menu tambahan lain dari tempat makan ini walaupun tambahan segelas milo hangat atau teh tarik hangat menikmati pagi yang akan segera menjelang.

Ada lagi spot lain lagi untuk menambah waktu nunggu transit anda lebih beda yaitu adanya movie lounge ataupun sport lounge untuk cek dan ricek empuknya kursi duduk sambil nonton jadwal acara di  tv layar datar untuk menikmati dan menghabiskan waktu yang masih tersisa dengan kegiatan ini. Tidak cukup itu saja, pandangan yang cukup lepas dengan kaca yang besar anda juga bisa melihat kumpulan pesawat yang parkir dan take off bisa menjadi spot asyik untuk menunggu di area ini. FYI, lokasi ini juga sangat dekat dengan Mushola, Toilet serta fasilitas air minum gratis.

Apabila area ini sudah penuh dengan para traveler backpacker anda coba ke area dekat eskalator disina juga ada spot kursi empuk yang cukup panjang yang bisa anda gunakan untuk leyeh-leyeh dan selonjoran.

TRANSIT DIATAS 6 JAM.
Apabila pesawat yang akan tumpangi nanti mengharuskan anda transit diatas 6 jam menjadi hal yang harus anda pikirkan, apakah tetap stay di bandara atau ke pusat kota Kuala Lumpur. Jika anda stay dibandara anda bisa ikuti alur untuk transit dibawah 6 jam, apabial sampai transit 12 jam berikut rekomendasinya.

Jika anda akan melakukan jelajah ke pusat kota Kuala Lumpur ya harus berbayar tidak mungkin gratis. Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah harus keluar dulu di pintu Imigrasi untuk cap paspor, setelah itu anda harus menggunakan moda transportasi publik seperti bus khusus, taksi, atau KLIA Espress. Biasanya para traveler akan menuju ke Bukit Bintang untuk menghabiskan waktu senggang mereka selama transit sekitar 12 jam.

Akses kesana akan terangkum pada rincian berikut:
Akses ke bukit bintang dari KLIA 2 sangat mudah, tidak perlu baper ikuti saja sign board yang tertulis di bandara ini dan pasti menemukan jenis transportasi apa yang akan anda lakukan.

1. Taksi.
Menggunakan taksi tentu sangat mudah sekali menuju Bukit Bintang, tinggal keluar dari pintu kedatangan dan langsung ke stand taxi untuk mendapatkan kupon taxi, langsung ke tujuang taksi yang telah ngetem untuk mengantarkan anda ke tujuan. Tentu pilihan ini khusus bagi anda yang memiliki budget lebih dan biayanya yang akan dikeluarkan sangat mahal sekali. Dengan modal kupon ini anda akan berikan kepada supir untuk mengantar ke bukit bintang.

FYI, taksi yang tersedia di KLIA 2 ada dua jenis, taksi dengan budget dan taksi eksekutif. Khusus untuk budget taksi biaya yang dikeluarkan sekitar RM80 untuk sekali jalan, apabila anda ingin ke pusat kota lebih dari 3 orang sebaiknya pakai taksi karena biayanya jauh lebih hemat karena bisa patungan. Kalau sendiri sebaiknya jangan, anda bisa menggunakan transportasi publik saja jauh lebih hemat.

2. Gabungan Bis dan Monorail.
Setelah anda keluar dari bandara menuju ke tempat bis yang ngetem menuju ke KL Sentral. Tujuan koneksi bandara adalah seluruh bis yang terkoneksi dengan KLIA 2 akan berhenti di tempat ini dengan tarif RM11. Setelah sampai di KL Sentral estafet lagi menggunakan MRT atau monorail ke bukit bintang. Opsi lain anda bisa menggunakan KLIA Ekspress transit di KL Sentral kemudian menggunakan monorail ke bukit bintang.

Berikut rincian lebih komprehensif jika anda sampai di KL Sentral supaya tidak baper menuju ke Bukit Bintang.

a. Menggunakan Monorail.
Cara yang sangat disenangi oleh backpacker karena sangat praktis dan mudah diikuti. Setelah anda sampai di KL Sentral estafet lagi menggunakan monorail ke bukit bintang yang letaknya bersebelahan dengan Shopping NU Mall. Cukup masuk ke mall ini kemudian lihat sign board menuju ke arah jalur monorail, ikuti saja alurnya. Setelah anda sampai ke terminalnya beli token tiket di mesin dengan rute ke Bukit Bintang  hanya 5 stasiun saja dari KL Sentral.

b. Coba Bus Go KL Gratis.
Sekarang ini pemerintah Malaysia menyiapkan transportasi Go KL untuk para turis. Memang agak baru tetapi perlu anda coba, anda bisa menikmati perjalanan gratis ini melihat sudut kota Kuala Lumpur lebih dekat. Bus Go KL ini memiliki beberapa rute atau line, jika menuju ke bukit bintang dari KL Sentral anda harus dua kali naik bisnya: pertama dari KL Sentral menuju ke pasar seni menggunakan LRT, setelah turun di pasar seni kemudian menunggu bis lain Go KL menuju ke bukit bintang. Alurnya tetap sama setelah anda sampai di Bukit Bintang naik lagi bis ini untuk estafet kembali ke KL Sentral.

c. Gabungan.
Untuk pilihan ini anda bisa menggabungkan keseluruhan moda transportasi ini dimulai dari KLIA 2. Anda bisa mengggunakan transportasi bis menuju ke KL Sentral atau menggunakan taksi online seperti uber menuju ke KL Sentral kemudian menggunakan bis GO KL. Cara gabungan seperti ini bisa saja anda lakukan untuk menghemat biaya. Jadi pastikan anda mempunyai keinginan untuk mendapatkan harga murah dengan cara gabungan untuk poin ini.

Rasanya anda tidak memelukan perjalanan ke pusat kota Kuala Lumpur anda bisa stay di hotel untuk menyimpan tenaga mempersiapkan perjalanan ke jelajah negara tujuan nanti. Hotel dekat dari KLIA 2 ada Tune Hotel atau Capsule Hotel.

Baca juga:
Tips Panduan Cara Liburan Traveling Ke London Inggris Pertama Kali

Tips: Perjalanan ini harus bisa anda menghitung waktu selama perjalanan untuk kembali lagi ke KLIA 2 tepat pada waktunya. Jangan sampai anda berleha-leha sampai lupa bahwa pesawat udara anda telah hampir tiba waktu cek ini. Jika anda melakukan short trip seperti ini sebaiknya barang bawaan anda di titipkan di bandara KLIA 2 di counter L2-136A level 2. Siapkan RM secukupnya agar perjalanan anda tetap nyaman dan menyenangkan.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan anda untuk melakukan beranekaragam waktu transit. Semoga bermanfaat dan happy travelling.

Komentar

  1. "Jika anda melakukan short trip seperti ini sebaiknya barang bawaan anda di titipkan di bandara KLIA 2 di counter L2-136A level 2." ini biayanya berapa yah?

    BalasHapus
  2. klo transit 5 jam...brarti hanya bisa nunggu di bandara donk ya....kg bisa keluar bandara

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisaa saja, dari KLIA bisa menuju ke KL Sentral untuk berselfie di Menara kembar petronas dan yang pasti agar bisa santai dan ga merasa keburu dari KRL EXPRES dengan tarip pp RM 88 round trip ato RM 47 single trip, bisa beli di web airasia atu langsung masuk ke KLIA Express, 3 jam cukup dan sudah puas menikmati areal petronas, pastikan 2 jam sebelum berangkat harus sudah kembali ke KLIA2 agar tidak telat. kalau naik bus menuju KL Central bisa dan murah hanya memakan waktu karena waktu tempuh 30 menit bisa sampai 1 jam

      Hapus
    2. Thanks Tom atas tambahan komentarnya..

      Hapus
  3. klo kluar dr bandara trus cap imigrasi ttp boleh masuk lg kan tanpa beli tiket pesawat lg .. Thanks info ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah cap imigrasi kalau keluar tidak masalah, jadwal terbang kan masih ada. Jika imigrasi bertanya tunjukan saja tiket tersebut bahwa anda akan terbang pada jam yang telah tertera di tiket.

      Hapus
  4. Mohon infonya :
    1. Sy tiba d KLIA2 itu jam 12 siang, trs mau k langkawi tp mlm jm 19. Apakah penggunaan internetnya bebas ? Tdk ada batasan wkt ?

    2. Apakah lebh baik sy explore KLIA2 drpd spend wkt d bandara domestik ? Sy lewat imigrasi trs sktr situ bnyk spot2 mkn dsbnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk koneksi internet coba
      Cek Link

      Kalau untuk eksplore KLIA atau KLIA2 tergantung dari kebutuhan serta keinginan, jika rasanya mba ingin kedua terminal silahkan saja tidak ada masalah yang penting siapkan waktu cukup saat sampai berada di terminal keberangkatan. Untuk transfer ada free shuttle bus.

      Kalau untuk spot makan cukup banyak pilihan di kedua terminal dan jangan khawatir.

      Hapus
  5. Saya mau nertanya... Saya transit 6 jam di klia 14:20 sampai di malaysia lalu berangkat ke jakarta 20:30 .. apakah saya bisa pergi menuju ke menara petronas utk sekedar swa photo?? Lalu setelah itu saya harus keluar ke imigrasi utk menggunakan lrt atau bagaimana? Mohon arahannya.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, kalau menurut saya dengan waktu 6 jam ini cukup sempit jika hanya untuk berfoto saja tidak ada hal lainnya siapkan waktu di tempat objek wisata ini 20-30 menit saja. Apabila anda ingin juga pergi ke Twin Tower Petronas bisa saja dilakukan dengan menggunakan transportasi publik yang ada di KLIA menuju ke objek wisata ini. Ada beberapa pilihan yang anda pilih:

      1. Cara terbaik untuk sampai ke sana menggunakan KLIA Express dengan lama waktu waktu +/- 30 menit menuju ke KL Sentral dan estafet menggunakan lRT kesana dengan waktu tempuh +/- 15 menit.

      2. Alternatif lainnya, dari KLIA juga bisa menggunakan bus menuju ke KL Sentral dan estafet menggunakan LRT menuju kesana.

      Untuk menghindari macet di sore hari di kota KL menggunakan taksi atau taksi online menurut saya harus dihindari karena masalah macet di akses nanti. Sebagai akhir saya ingin memberikan rinci waktu yang akan dihabiskan untuk melakukan aktifitas ini:

      KLIA -> Twin Tower Petronas: 45 menit
      Kegiatan poto-poto: 30 menit.
      Twin tower Petronas -> KLIA: 45 menit
      Total : 120 menit berarti sekitar 2 jam.
      Sisa waktu anda: 4 jam itupun harus anda bagi lagi meletakan tas atau bagase di tempat penitipan di KLIA, berjalanan ke terminal, hingga menunggu LRT dan train untuk melakukan perpindahan.

      TIPS! seperti saya sebutkan waktunya sangat sempit tetapi masih bisa dan masih ada peluang untuk mengunjungi tempat wisata ini. Tapi anda harus pastikan semua aktifitas ini hanya untuk satu kegiatan saja tidak ada kegiatan lainnya disekitar Menara Kembar Petronans. Alasannya anda harus sudah berada di KLIA kembali minimal 2 jam sebelum keberangkatan. Pastikan langkah anda gerak cetat untuk cepat sampai di bandara sebelum pulang ke Jakarta.

      Hapus


  6. Hai kak klo utk transfer ke klia itu apa hrs bawa koper kita yg ada dibagasi atau tdk usah kak mohon pencerahanna kak krn sy br pertama naik pesawat transit utk menuju ke phuket

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau transfer menggunakan nama airline yang sama tidak usah bawa koper yang telah dimasukan ke bagase pesawat karena mereka yang akan mengurus sampai dimasukan ke bagase pesawat tujuan akhir. Khusus barang yang dibawa ke kabin penumpang harus dibawa semua. Perhatikan saat transfer apakah berbeda terminal atau tidak, jika ada perbedaan terminal pastikan waktu yang cukup saat menuju terminal pesawat tujuan Phuket sesuai dengan tujuan perjalanan.

      Hapus
  7. Kalau sudah tiba di bandara KL langsung beli kartu atau gmn biar bisa terkoneksi ke internet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja dilakukan jika memang dibutuhkan. Jika hanya transit beberapa jam saja menurut saya nikmati saja WIFI gratis di KLIA, kalau traveling ke kota KL beberapa hari dan memang diperlukan harus membeli kartu GSM dipersilahkan saja. Kalau menurut kami "Kalau ada gratis kenapa harus bayar" saat traveling sangat kudu wajib dilakukan, bisa hemat dapat tambahan beli oleh-oleh kan lebih baik.

      Hapus
  8. Halo..saya mau tanya, saya brgkt dr BTJ- KL, lalu Sy mau lanjut lagi ke KL-DMK, tapi dengan kode booking berbeda bukan via fly thru, mesti imigrasi dl cap baru check-in lagi, ato gimana? Sy tiba jam 11:10, brgkt lagi jam 17:10, terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menangkap pertanyaanya beda kode booking bukan fly thru bisa saja beda nama airline atau nama airline yang sama. Jika airline yang sama anda tidak perlu keluar imigrasi karena transit dan jika membawa barang masuk ke bagase pesawat dari BTJ-KL saat perpindahan di KLIA anda tidak perlu mengurusnya karena petugas dari airline tersebut yang akan melakukannya, jika berbeda nama airline anda harus keluar dan check paspor di Imigrasi dan mengambil bagase kembali semua apabila masuk ke bagase pesawat, kemudian lakukan proses check in di konter airline lainnya untuk penerbangan berikutnya,

      Hapus
  9. Tanya donk. Sy landing dr jkt di KL jam 11 mlm nih.. transit buat ljt ke medan nya jam 8.30 pagi. Nah klo sy mlm nya gt landing di KL ljt dr bandara pake bus ke KL sentral aman ga yaa buat muter2 di twin tower trus mkn.. ntar jam 5 pagi balik ke KLIA2 lg.. hehehhe mlm nii transit nya. Sbnrnya seru sih.. ga macet so pasti. Heheheh.. bantu donk kasi komen 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak merekomendasikan untuk ke kota pada jam segitu karena sudah terlalu malam dan pastinya jika ada turis malam begitu jalan-jalan nanti akan memberikan rasa curiga bagi security atau polisi disana. Sangat tidak baik untuk memberikan citra yang tidak bagus.

      Hapus
  10. Gan saya mau tanya. Tiket saya dari Medan - Jakarta transit di Malaysia selama 4 jam apakah memerlukan Passport atau Visa transit? Saya belum pernah keluar negeri sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paspor hijau Indonesia tidak butuh visa masuk ke KL Malaysia termasuk posisi transit. Walaupun posisi transit pun anda memang langsung diarahkan ke ruang tunggu melanjutkan ke penerbangan berikutnya tidak membutuhkan pengecekan lagi di Imigrasi. Kalaupun mau keluar melihat suasana di luar bandara hanya pengecekan stempel paspor saja.

      Hapus
    2. Berarti fix tidak perlu membuat visa kan yah? Soalnya klo keterangan di traveloka ada"mungkin perlu dibutuhkan visa" ... Gimana dong?

      Hapus
    3. Ibu Martha Tamaulina kalau pemegang paspor hijau Indonesia sudah tentu tidak perlu visa karena Indonesia mempunyai kerjasama sesama anggota ASEAN. Kalau bukan coba pastikan negara tersebut bagaimana kerjasama diplomatiknya.

      Hapus
  11. Gan saya ma7 nanya,,saya berangkat dari jakarta ke banda aceh dan transit di malaysia,,sekitar 8 jam,,apakah cukup waktu jalan sebentar ke bukit bintang,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Menurut saya bisa saja anda lakukan asalkan harus disiplin. Saya memberikan ilustrasi waktu yang akan dihabiskan.

      Misalnya anda landing Pukul 10:00 pagi
      Cek imigrasi: 30 menit.
      Perjalanan ke Bukit Bintang: 1,5 jam.
      Belanja Bukit Bintang: 2 jam.
      Bukit Bintang ke Bandara: 1,5 jam

      Proses ini anda telah menghabiskan waktu: +/- 6 jam. Pertanyaannya: apakah anda bisa disiplin dengan melakukannya dengan waktu singkat ini, apabila mampu anda harus memperhatikannya dimana waktu yang disiapkan sampai ke bandara kembali minimal 2 jam sebelum keberangkatan antisipasi antrian di imigrasi yang tidak dapat diprediksi ramai atau tidaknya.

      Hapus
  12. Selamat siang kak, rencana saya dr btj ke cgk via kuala lumpur tapi dr btj ke kul dengan maskapai air asia dan kul ke cgk dengan lion dengan transit 4 jam.
    Apakah saya harus membayar visa transit saat di kul? Ada tips g kak untuk saya yg pertama kali melakukan perjalanan tranait internasional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemegang paspor hijau Indonesia tidak ada visa karena pemerintah Malaysia telah memberikan kemudahan sesama negara ASEAN ada kerjasama dengan memberikan waktu khusus untuk turis, apalagi transit seperti ini. Jadi, kalau ingin liburan ke Malaysia anda hanya menunjukan paspor hijau saja ke petugas saat pemeriksaan.

      Karena berbeda maskapai penerbangan maka seluruh barang bawaan yang masuk ke bagasi saat landing di KLIA harus diambil semua. Dan estafet penerbangan berikutnya harus check in kembali dari awal dan barang yang akan masuk ke bagase masuk dalam tahap ini.

      Semoga terjawab.

      Hapus
  13. Saya rencananya dari jakarta menuju padang dan transit di KLIA2 pertanyaan saya adalah: apakah ada visa transit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada visa transit ke Malaysia. Cukup paspor hijau saja tunjukan ke petugas imigrasi saat checking point gate dan langsung di cap stempel sudah selesai, jika ingin ke pusat kota sentral sudah bisa juga menikmati liburan disana.

      Hapus
    2. Halo kak, saya melakukan perjalanan dr cgk ke kno dengan penerbangan transit di kl. Apakah membutuhkan pasport?

      Hapus
  14. Halo, dalam perjalanan saya dr cgk ke kno saya ambil penerbangan transit di kl. Apakah membutuhkan pasport? Transitnya membutuhkan waktu 9jam perjalanan. Mohon bantuannya, terimakasih

    BalasHapus
  15. Selamat sore saya dari korea terbang ke jakarta jam 23.25 sampai di KL jam 04.55, akan transit 17 jam 15 menit. penerbangan dari KL ke CGK jam 22.10 menggunakan AIRASIA.
    pertanyaan saya
    1. apakah saya harus mengambil bagasi yang dari penerbangan korea saya sebelum saya keluar dari imigrasi cap passport? mohon bantuannya, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika nama airline nya sama anda tidak perlu mengambil barang yang masuk bagase pesawat karena petugas ground staf dari airline tersebut yang melakukan proses pemindahan bagase anda. Apabila pesawat dari Korea-KL dan KL-Jakarta berbeda nama airline-nya maka anda harus mengambil semua barang bawaan yang masuk bagase pesawat. Jika beda pesawat otomatis anda harus cek imigrasi bandara KLIA terlebih dahulu untuk mengambil bagase.

      Hapus
  16. mau nanya dong kak, saya kan mau ke medan tapi transit di Penang dulu. nah kalau keluar bandara gitu mau liat2 penang boleh ga ya? tapi ga punya pasport. hohoho soalnya belum pernah keluar negeri sebelumnya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat paspor dulu ya baru ke Penang untuk liat-liat.

      Hapus
  17. Gan, kalau ane veli tiketnya pisah.. ..
    Kotakinabalu(BKI)-KUL terus KUL-JOG.. ...
    Berarti setelah ane sampe KUL ke imigrasi trs keluar bandara baru cek in lagi kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, setelah dari BKI-KUL semua barang bawaan diambil semua. Perjalanan dari KUL-JOG akan melakukan proses check in kembali. Kasus seperti ini ada rekan lain melakukannya ingin menginap satu malam di KL ingin melihat suasana kota.

      Hapus
  18. Kak saya ingin tanya. Kalau saya terbang ke Penang dari Jakarta, transit Kuala Lumpur dengan Malindo. Dimana saya harus cap imigrasinya? Di KL kah atau di Penang? Trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di KL dan Penang.
      Kalau di KL ingin keluar Imigrasi untuk melihat suasana bandara maka harus keluar dulu lewat Imigrasi langsung cap paspor. Di Penang sudah jelas karena tujuan akhir kesana.

      Hapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.

Tempat Belanja Murah Di Kuala Lumpur Malaysia Penggila Shopping Harus Kenal Daerah Ini

Mencari tempat belanja murah di Kuala Lumpur Malaysia sebagai destinasi yang selalu akan dicari oleh traveler Indonesia untuk melakukan shopping belanja untuk melengkapi destinasi wisata liburan di negara ini. Tempat ini cukup bisa diakses seluruh transportasi publik penting di Malaysia. Kalau dilihat jenis barang tertentu yang akan dicari memang tergantung dari budget yang dipersiapkan apakah cukup untuk sekali perjalanan shopping sebelum pulang ke Indonesia. Pecinta shopping harus sudah pasti tau disinilah tempat yang sangat pas untuk wara-wiri bakudapa dengan seluruh jenis benda yang akan dicari.

Ingin Wisata Ke Singapura Lewat Batam Seharian Penuh : Begini Informasi Pengalaman Cara Lengkap Termasuk Menggunakan Ferry

Menyebrang Batam ke Singapore telah menjadi cara alternatif lain untuk bisa ditempuh melakukan liburan seharian penuh secara backpacker murah meriah dengan memperhatikan beberapa syarat yang harus terpenuhi untuk pergi menggunakan kapal menjadikan cara seperti ini sedikit berbeda. Rute Batam - Singapura dan Singapura - Batam. Kedua negara ini dihubungkan dengan armada laut kapal yang mempunyai harga tiket yang cukup bervariasi tergantung kelas dan jadwal ferry sehingga anda bisa menyesuaikan dengan keadaan keuangan yang akan digunakan. Pada kesempatan tulisan ini beginilah cara berwisata ke Singapura melewati Batam yang sudah menjadi langkah alternatif yang bisa anda gunakan untuk menikmati liburan yang cukup terjangkau.

Jangan Lupakan Oleh Oleh Khas Turki Saat Kembali Pulang Ke Indonesia

Berkesempatan berkunjung ke negera Turki tentu menjadi idaman setiap orang karena negara ini mempunyai pesona tersendiri juga tersimpan oleh-oleh-khas-Turki yang unik dapat juga dijadikan souvenir dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu dengan liburan singkat ini harus ada kenangan tersendiri dengan membeli oleh-oleh-khas-unik-Turki ini bisa dijadikan sebagai koleksi pribadi, hadiah, bahkan untuk dijual kembali sampai di Jakarta tentu mempunyai keasyikan tersendiri. Negara yang terletak di dua benua ini di Asia dan Eropa termasuk dalam perkembangan sejarah Islam tentu akan memiliki perpaduan kebudayaan yang terlihat dalam keindahan kota dan srsitektur gedung yang mempesona. Untuk hidangan lezat juga tercipta olahan tangan terampil yang akan memanjakan lidah seluruh traveler Indonesia yang ingin menghabiskan masa liburannya di negera ini. Apa saja oleh-oleh-khas-Turki yang akan menjadi destinasi belanja anda selama disana berikut penjelasannya.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Inilah Souvenir Oleh Oleh Khas Kuala Lumpur Malaysia Disukai Wisatawan Indonesia

Dari waktu ke waktu sudah sangat mudahnya melakukan perjalanan ke luar negeri menjadikan souvenir oleh oleh khas Kuala Lumpur Malaysia ini sebagai hantaran yang sangat disukai oleh traveler Indonesia sebagai cenderamata bahwa mereka telah melakukan perjalanan ke negeri jiran ini. Mungkin menurut sebagian orang harganya murah tetapi perhatian dan perjuangannya untuk mendapatkan souvenir oleh oleh ini menjadi hal yang sangat prinsip. Oleh oleh khas ini menjadi pertanyaan yang paling banyak ditanyakan jika anda melakukan perjalanan ke luar negeri "oleh oleh nya mana" menjadi hal sering disebut setelah anda berlibur. Tentu souvenir khas inilah menjadi jawabannya untuk memberikan sedikit kebahagian perjalanan anda ke Kuala Lumpur Malaysia jika dilihat dari harga memang tak seberapa tetapi yang menerima sangat senang dan akan selalu dikenang tentu mereka juga merasa diperhatikan untuk pemberian ini. Inilah oleh oleh souvenir Kuala Lumpur khas Malaysia ini yang diburu oleh travele…

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya.
Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.
Tulisa…