Langsung ke konten utama

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Poto oleh: klia2.info


Memang menggunakan airline berbasis LCC ini butuh pengorbanan lain yang harus anda bayar disamping harga tiket yang cukup terjangkau membuat hal lain untuk menunggu jadwal keberangkan berikutnya harus transit sampai dengan 3-12 jam tentu akan membuat hari membosankan bahkan mau ngapain di sana sampai menunggu 12 jam segala. Nah, pada tulisan ini anda akan terkesima apa saja fasilitas yang bisa anda gunakan dimulai dari gratis tanpa bayar hingga berbayar untuk memenuhi kebutuhan menunggu transit selama di KLIA 2. Berikit penjelasannya.



Sekilas KLIA 2.
Bandara ini disebut juga LCCT [Low Cost Carrier Terminal] yang di dominasi oleh Air Asia sebagai maskapai yang banyak membuka rute yang disenangi oleh para backpacker dengan biaya tiket perjalanan yang cukup terjangkau. Walaupun sebagian menyebutnya LCCT terbaru tetapi nama utamanya KLIA 2 menjadikan sebuah terminal yang mempunyai segudang fasilitas seluruh penunmpang yang bisa anda gunakan selama transit dimulai dari kegiatan tidur sampai dengan mandi gratis juga ada disini.

Rata-rata penerbangan yang banyak digunakan oleh traveler Indonesia untuk berlibur ya diatas pulang jam kerja kantor sekitar jam 21:00 melakukan penerbangan dari CGK Soekarno Hatta ke KLIA 2 Malaysia. Sudah larut memang setelah sampai disana menjelang tengah malam dan tidak mungkin langsung ke pusat kota Kuala Lumpur mau ngapain coba. Nah untuk menunggu pagi anda sebaiknya menunggu di bandara ini sebelum melakukan jelajah liburan atau untuk menunggu penerbangan berikutnya.

TRANSIT KURANG DARI 6 JAM.
Apabila perjalanan anda harus transit kurang dari 6 jam sebaiknya anda tetap di bandara karena dengan waktu segitu tidak mungkin rasanya untuk cek in hotel kasian duitnya cuma sebentar lebih baik melihat situasi bandara yang cukup luas ini untuk window shopping.

Yang harus anda lakukan adalah anda harus masuk langsung ke jalur transfer penerbangan, traveler menyebutnya lokasi Satelit. Setelah anda keluar dari pesawat anda tidak perlu keluar di checking poin di pintu Imigrasi tetapi mengambil jalur transfer yang terlihat sign bord pada saat anda melangkah. So far, tidak ada biaya tiket untuk flight Through langsung masuk saja asalkan anda tidak membawa banyak barang ya kalau backpacker cuma ransel saja yang tidak terlalu besar serta tas tenteng khusus untuk barang-barang yang sering digunakan.

Kegiatan yang bisa anda lakukan disini selama kurang dari 6 jam adalah ya mulai ganjel perut dulu. Setelah anda membawa mie dalam mangkok instant beraneka merek dan rasa serta gelas serbaguna untuk nyeduh kopi atau teh, maka anda harus mencari fasilitas minum gratis dengan air panas untuk keperluan ini. Lokasinya sangat mudah sekali anda harus menuju ke Gate Q dan siap untuk menikmati suasana KLIA 2 ini dengan sangu tang telah anda bawa dari Indonesia. Lokasi strategis ini berdekatan dengan Mushola atau Surau dan kamar mandi yang bisa anda gunakan untuk menunaikan ibadah jika telah masuk waktu Subuh.

Tidak hanya itu saja, di sekitar area Satelit ini juga sudah berjejer beberapa spot tempat makan alternatif lain yang cepat saji seperti Popeye, Burger King, ataupun McD juga ada disekitar lokasi ini. Lokasinya cukup nyaman dan bahkan anda juga bisa duduk dengan menu tambahan lain dari tempat makan ini walaupun tambahan segelas milo hangat atau teh tarik hangat menikmati pagi yang akan segera menjelang.

Ada lagi spot lain lagi untuk menambah waktu nunggu transit anda lebih beda yaitu adanya movie lounge ataupun sport lounge untuk cek dan ricek empuknya kursi duduk sambil nonton jadwal acara di  tv layar datar untuk menikmati dan menghabiskan waktu yang masih tersisa dengan kegiatan ini. Tidak cukup itu saja, pandangan yang cukup lepas dengan kaca yang besar anda juga bisa melihat kumpulan pesawat yang parkir dan take off bisa menjadi spot asyik untuk menunggu di area ini. FYI, lokasi ini juga sangat dekat dengan Mushola, Toilet serta fasilitas air minum gratis.

Apabila area ini sudah penuh dengan para traveler backpacker anda coba ke area dekat eskalator disina juga ada spot kursi empuk yang cukup panjang yang bisa anda gunakan untuk leyeh-leyeh dan selonjoran.

TRANSIT DIATAS 6 JAM.
Apabila pesawat yang akan tumpangi nanti mengharuskan anda transit diatas 6 jam menjadi hal yang harus anda pikirkan, apakah tetap stay di bandara atau ke pusat kota Kuala Lumpur. Jika anda stay dibandara anda bisa ikuti alur untuk transit dibawah 6 jam, apabial sampai transit 12 jam berikut rekomendasinya.

Jika anda akan melakukan jelajah ke pusat kota Kuala Lumpur ya harus berbayar tidak mungkin gratis. Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah harus keluar dulu di pintu Imigrasi untuk cap paspor, setelah itu anda harus menggunakan moda transportasi publik seperti bus khusus, taksi, atau KLIA Espress. Biasanya para traveler akan menuju ke Bukit Bintang untuk menghabiskan waktu senggang mereka selama transit sekitar 12 jam.

Akses kesana akan terangkum pada rincian berikut:
Akses ke bukit bintang dari KLIA 2 sangat mudah, tidak perlu baper ikuti saja sign board yang tertulis di bandara ini dan pasti menemukan jenis transportasi apa yang akan anda lakukan.

1. Taksi.
Menggunakan taksi tentu sangat mudah sekali menuju Bukit Bintang, tinggal keluar dari pintu kedatangan dan langsung ke stand taxi untuk mendapatkan kupon taxi, langsung ke tujuang taksi yang telah ngetem untuk mengantarkan anda ke tujuan. Tentu pilihan ini khusus bagi anda yang memiliki budget lebih dan biayanya yang akan dikeluarkan sangat mahal sekali. Dengan modal kupon ini anda akan berikan kepada supir untuk mengantar ke bukit bintang.

FYI, taksi yang tersedia di KLIA 2 ada dua jenis, taksi dengan budget dan taksi eksekutif. Khusus untuk budget taksi biaya yang dikeluarkan sekitar RM80 untuk sekali jalan, apabila anda ingin ke pusat kota lebih dari 3 orang sebaiknya pakai taksi karena biayanya jauh lebih hemat karena bisa patungan. Kalau sendiri sebaiknya jangan, anda bisa menggunakan transportasi publik saja jauh lebih hemat.

2. Gabungan Bis dan Monorail.
Setelah anda keluar dari bandara menuju ke tempat bis yang ngetem menuju ke KL Sentral. Tujuan koneksi bandara adalah seluruh bis yang terkoneksi dengan KLIA 2 akan berhenti di tempat ini dengan tarif RM11. Setelah sampai di KL Sentral estafet lagi menggunakan MRT atau monorail ke bukit bintang. Opsi lain anda bisa menggunakan KLIA Ekspress transit di KL Sentral kemudian menggunakan monorail ke bukit bintang.

Baca juga:
Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Berikut rincian lebih komprehensif jika anda sampai di KL Sentral supaya tidak baper menuju ke Bukit Bintang.

a. Menggunakan Monorail.
Cara yang sangat disenangi oleh backpacker karena sangat praktis dan mudah diikuti. Setelah anda sampai di KL Sentral estafet lagi menggunakan monorail ke bukit bintang yang letaknya bersebelahan dengan Shopping NU Mall. Cukup masuk ke mall ini kemudian lihat sign board menuju ke arah jalur monorail, ikuti saja alurnya. Setelah anda sampai ke terminalnya beli token tiket di mesin dengan rute ke Bukit Bintang  hanya 5 stasiun saja dari KL Sentral.

b. Coba Bus Go KL Gratis.
Sekarang ini pemerintah Malaysia menyiapkan transportasi Go KL untuk para turis. Memang agak baru tetapi perlu anda coba, anda bisa menikmati perjalanan gratis ini melihat sudut kota Kuala Lumpur lebih dekat. Bus Go KL ini memiliki beberapa rute atau line, jika menuju ke bukit bintang dari KL Sentral anda harus dua kali naik bisnya: pertama dari KL Sentral menuju ke pasar seni menggunakan LRT, setelah turun di pasar seni kemudian menunggu bis lain Go KL menuju ke bukit bintang. Alurnya tetap sama setelah anda sampai di Bukit Bintang naik lagi bis ini untuk estafet kembali ke KL Sentral.

c. Gabungan.
Untuk pilihan ini anda bisa menggabungkan keseluruhan moda transportasi ini dimulai dari KLIA 2. Anda bisa mengggunakan transportasi bis menuju ke KL Sentral atau menggunakan taksi online seperti uber menuju ke KL Sentral kemudian menggunakan bis GO KL. Cara gabungan seperti ini bisa saja anda lakukan untuk menghemat biaya. Jadi pastikan anda mempunyai keinginan untuk mendapatkan harga murah dengan cara gabungan untuk poin ini.

Rasanya anda tidak memelukan perjalanan ke pusat kota Kuala Lumpur anda bisa stay di hotel untuk menyimpan tenaga mempersiapkan perjalanan ke jelajah negara tujuan nanti. Hotel dekat dari KLIA 2 ada Tune Hotel atau Capsule Hotel.

Baca juga:
Tips Panduan Cara Liburan Traveling Ke London Inggris Pertama Kali

Tips: Perjalanan ini harus bisa anda menghitung waktu selama perjalanan untuk kembali lagi ke KLIA 2 tepat pada waktunya. Jangan sampai anda berleha-leha sampai lupa bahwa pesawat udara anda telah hampir tiba waktu cek ini. Jika anda melakukan short trip seperti ini sebaiknya barang bawaan anda di titipkan di bandara KLIA 2 di counter L2-136A level 2. Siapkan RM secukupnya agar perjalanan anda tetap nyaman dan menyenangkan.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan anda untuk melakukan beranekaragam waktu transit. Semoga bermanfaat dan happy travelling.

Komentar

  1. "Jika anda melakukan short trip seperti ini sebaiknya barang bawaan anda di titipkan di bandara KLIA 2 di counter L2-136A level 2." ini biayanya berapa yah?

    BalasHapus
  2. klo transit 5 jam...brarti hanya bisa nunggu di bandara donk ya....kg bisa keluar bandara

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisaa saja, dari KLIA bisa menuju ke KL Sentral untuk berselfie di Menara kembar petronas dan yang pasti agar bisa santai dan ga merasa keburu dari KRL EXPRES dengan tarip pp RM 88 round trip ato RM 47 single trip, bisa beli di web airasia atu langsung masuk ke KLIA Express, 3 jam cukup dan sudah puas menikmati areal petronas, pastikan 2 jam sebelum berangkat harus sudah kembali ke KLIA2 agar tidak telat. kalau naik bus menuju KL Central bisa dan murah hanya memakan waktu karena waktu tempuh 30 menit bisa sampai 1 jam

      Hapus
    2. Thanks Tom atas tambahan komentarnya..

      Hapus
  3. klo kluar dr bandara trus cap imigrasi ttp boleh masuk lg kan tanpa beli tiket pesawat lg .. Thanks info ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah cap imigrasi kalau keluar tidak masalah, jadwal terbang kan masih ada. Jika imigrasi bertanya tunjukan saja tiket tersebut bahwa anda akan terbang pada jam yang telah tertera di tiket.

      Hapus
    2. Ada dipungut biaya gak ya pak saat masuk lagi ke KLIA 2

      Hapus
  4. Mohon infonya :
    1. Sy tiba d KLIA2 itu jam 12 siang, trs mau k langkawi tp mlm jm 19. Apakah penggunaan internetnya bebas ? Tdk ada batasan wkt ?

    2. Apakah lebh baik sy explore KLIA2 drpd spend wkt d bandara domestik ? Sy lewat imigrasi trs sktr situ bnyk spot2 mkn dsbnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk koneksi internet coba
      Cek Link

      Kalau untuk eksplore KLIA atau KLIA2 tergantung dari kebutuhan serta keinginan, jika rasanya mba ingin kedua terminal silahkan saja tidak ada masalah yang penting siapkan waktu cukup saat sampai berada di terminal keberangkatan. Untuk transfer ada free shuttle bus.

      Kalau untuk spot makan cukup banyak pilihan di kedua terminal dan jangan khawatir.

      Hapus
  5. Saya mau nertanya... Saya transit 6 jam di klia 14:20 sampai di malaysia lalu berangkat ke jakarta 20:30 .. apakah saya bisa pergi menuju ke menara petronas utk sekedar swa photo?? Lalu setelah itu saya harus keluar ke imigrasi utk menggunakan lrt atau bagaimana? Mohon arahannya.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, kalau menurut saya dengan waktu 6 jam ini cukup sempit jika hanya untuk berfoto saja tidak ada hal lainnya siapkan waktu di tempat objek wisata ini 20-30 menit saja. Apabila anda ingin juga pergi ke Twin Tower Petronas bisa saja dilakukan dengan menggunakan transportasi publik yang ada di KLIA menuju ke objek wisata ini. Ada beberapa pilihan yang anda pilih:

      1. Cara terbaik untuk sampai ke sana menggunakan KLIA Express dengan lama waktu waktu +/- 30 menit menuju ke KL Sentral dan estafet menggunakan lRT kesana dengan waktu tempuh +/- 15 menit.

      2. Alternatif lainnya, dari KLIA juga bisa menggunakan bus menuju ke KL Sentral dan estafet menggunakan LRT menuju kesana.

      Untuk menghindari macet di sore hari di kota KL menggunakan taksi atau taksi online menurut saya harus dihindari karena masalah macet di akses nanti. Sebagai akhir saya ingin memberikan rinci waktu yang akan dihabiskan untuk melakukan aktifitas ini:

      KLIA -> Twin Tower Petronas: 45 menit
      Kegiatan poto-poto: 30 menit.
      Twin tower Petronas -> KLIA: 45 menit
      Total : 120 menit berarti sekitar 2 jam.
      Sisa waktu anda: 4 jam itupun harus anda bagi lagi meletakan tas atau bagase di tempat penitipan di KLIA, berjalanan ke terminal, hingga menunggu LRT dan train untuk melakukan perpindahan.

      TIPS! seperti saya sebutkan waktunya sangat sempit tetapi masih bisa dan masih ada peluang untuk mengunjungi tempat wisata ini. Tapi anda harus pastikan semua aktifitas ini hanya untuk satu kegiatan saja tidak ada kegiatan lainnya disekitar Menara Kembar Petronans. Alasannya anda harus sudah berada di KLIA kembali minimal 2 jam sebelum keberangkatan. Pastikan langkah anda gerak cetat untuk cepat sampai di bandara sebelum pulang ke Jakarta.

      Hapus


  6. Hai kak klo utk transfer ke klia itu apa hrs bawa koper kita yg ada dibagasi atau tdk usah kak mohon pencerahanna kak krn sy br pertama naik pesawat transit utk menuju ke phuket

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau transfer menggunakan nama airline yang sama tidak usah bawa koper yang telah dimasukan ke bagase pesawat karena mereka yang akan mengurus sampai dimasukan ke bagase pesawat tujuan akhir. Khusus barang yang dibawa ke kabin penumpang harus dibawa semua. Perhatikan saat transfer apakah berbeda terminal atau tidak, jika ada perbedaan terminal pastikan waktu yang cukup saat menuju terminal pesawat tujuan Phuket sesuai dengan tujuan perjalanan.

      Hapus
  7. Kalau sudah tiba di bandara KL langsung beli kartu atau gmn biar bisa terkoneksi ke internet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja dilakukan jika memang dibutuhkan. Jika hanya transit beberapa jam saja menurut saya nikmati saja WIFI gratis di KLIA, kalau traveling ke kota KL beberapa hari dan memang diperlukan harus membeli kartu GSM dipersilahkan saja. Kalau menurut kami "Kalau ada gratis kenapa harus bayar" saat traveling sangat kudu wajib dilakukan, bisa hemat dapat tambahan beli oleh-oleh kan lebih baik.

      Hapus
  8. Halo..saya mau tanya, saya brgkt dr BTJ- KL, lalu Sy mau lanjut lagi ke KL-DMK, tapi dengan kode booking berbeda bukan via fly thru, mesti imigrasi dl cap baru check-in lagi, ato gimana? Sy tiba jam 11:10, brgkt lagi jam 17:10, terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menangkap pertanyaanya beda kode booking bukan fly thru bisa saja beda nama airline atau nama airline yang sama. Jika airline yang sama anda tidak perlu keluar imigrasi karena transit dan jika membawa barang masuk ke bagase pesawat dari BTJ-KL saat perpindahan di KLIA anda tidak perlu mengurusnya karena petugas dari airline tersebut yang akan melakukannya, jika berbeda nama airline anda harus keluar dan check paspor di Imigrasi dan mengambil bagase kembali semua apabila masuk ke bagase pesawat, kemudian lakukan proses check in di konter airline lainnya untuk penerbangan berikutnya,

      Hapus
  9. Tanya donk. Sy landing dr jkt di KL jam 11 mlm nih.. transit buat ljt ke medan nya jam 8.30 pagi. Nah klo sy mlm nya gt landing di KL ljt dr bandara pake bus ke KL sentral aman ga yaa buat muter2 di twin tower trus mkn.. ntar jam 5 pagi balik ke KLIA2 lg.. hehehhe mlm nii transit nya. Sbnrnya seru sih.. ga macet so pasti. Heheheh.. bantu donk kasi komen 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak merekomendasikan untuk ke kota pada jam segitu karena sudah terlalu malam dan pastinya jika ada turis malam begitu jalan-jalan nanti akan memberikan rasa curiga bagi security atau polisi disana. Sangat tidak baik untuk memberikan citra yang tidak bagus.

      Hapus
    2. Jadi kalau transit malam ga bisa keluar airport ya pak?

      Hapus
  10. Gan saya mau tanya. Tiket saya dari Medan - Jakarta transit di Malaysia selama 4 jam apakah memerlukan Passport atau Visa transit? Saya belum pernah keluar negeri sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paspor hijau Indonesia tidak butuh visa masuk ke KL Malaysia termasuk posisi transit. Walaupun posisi transit pun anda memang langsung diarahkan ke ruang tunggu melanjutkan ke penerbangan berikutnya tidak membutuhkan pengecekan lagi di Imigrasi. Kalaupun mau keluar melihat suasana di luar bandara hanya pengecekan stempel paspor saja.

      Hapus
    2. Berarti fix tidak perlu membuat visa kan yah? Soalnya klo keterangan di traveloka ada"mungkin perlu dibutuhkan visa" ... Gimana dong?

      Hapus
    3. Ibu Martha Tamaulina kalau pemegang paspor hijau Indonesia sudah tentu tidak perlu visa karena Indonesia mempunyai kerjasama sesama anggota ASEAN. Kalau bukan coba pastikan negara tersebut bagaimana kerjasama diplomatiknya.

      Hapus
    4. Mohon maaf, tidak ada airport charge lg ya?

      Hapus
  11. Gan saya ma7 nanya,,saya berangkat dari jakarta ke banda aceh dan transit di malaysia,,sekitar 8 jam,,apakah cukup waktu jalan sebentar ke bukit bintang,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya bisa saja anda lakukan asalkan harus disiplin. Saya memberikan ilustrasi waktu yang akan dihabiskan.

      Misalnya anda landing Pukul 10:00 pagi
      Cek imigrasi: 30 menit.
      Perjalanan ke Bukit Bintang: 1,5 jam.
      Belanja Bukit Bintang: 2 jam.
      Bukit Bintang ke Bandara: 1,5 jam

      Proses ini anda telah menghabiskan waktu: +/- 6 jam. Pertanyaannya: apakah anda bisa disiplin dengan melakukannya dengan waktu singkat ini, apabila mampu anda harus memperhatikannya dimana waktu yang disiapkan sampai ke bandara kembali minimal 2 jam sebelum keberangkatan antisipasi antrian di imigrasi yang tidak dapat diprediksi ramai atau tidaknya.

      Hapus
  12. Selamat siang kak, rencana saya dr btj ke cgk via kuala lumpur tapi dr btj ke kul dengan maskapai air asia dan kul ke cgk dengan lion dengan transit 4 jam.
    Apakah saya harus membayar visa transit saat di kul? Ada tips g kak untuk saya yg pertama kali melakukan perjalanan tranait internasional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemegang paspor hijau Indonesia tidak ada visa karena pemerintah Malaysia telah memberikan kemudahan sesama negara ASEAN ada kerjasama dengan memberikan waktu khusus untuk turis, apalagi transit seperti ini. Jadi, kalau ingin liburan ke Malaysia anda hanya menunjukan paspor hijau saja ke petugas saat pemeriksaan.

      Karena berbeda maskapai penerbangan maka seluruh barang bawaan yang masuk ke bagasi saat landing di KLIA harus diambil semua. Dan estafet penerbangan berikutnya harus check in kembali dari awal dan barang yang akan masuk ke bagase masuk dalam tahap ini.

      Semoga terjawab.

      Hapus
  13. Saya rencananya dari jakarta menuju padang dan transit di KLIA2 pertanyaan saya adalah: apakah ada visa transit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada visa transit ke Malaysia. Cukup paspor hijau saja tunjukan ke petugas imigrasi saat checking point gate dan langsung di cap stempel sudah selesai, jika ingin ke pusat kota sentral sudah bisa juga menikmati liburan disana.

      Hapus
    2. Halo kak, saya melakukan perjalanan dr cgk ke kno dengan penerbangan transit di kl. Apakah membutuhkan pasport?

      Hapus
  14. Halo, dalam perjalanan saya dr cgk ke kno saya ambil penerbangan transit di kl. Apakah membutuhkan pasport? Transitnya membutuhkan waktu 9jam perjalanan. Mohon bantuannya, terimakasih

    BalasHapus
  15. Selamat sore saya dari korea terbang ke jakarta jam 23.25 sampai di KL jam 04.55, akan transit 17 jam 15 menit. penerbangan dari KL ke CGK jam 22.10 menggunakan AIRASIA.
    pertanyaan saya
    1. apakah saya harus mengambil bagasi yang dari penerbangan korea saya sebelum saya keluar dari imigrasi cap passport? mohon bantuannya, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika nama airline nya sama anda tidak perlu mengambil barang yang masuk bagase pesawat karena petugas ground staf dari airline tersebut yang melakukan proses pemindahan bagase anda. Apabila pesawat dari Korea-KL dan KL-Jakarta berbeda nama airline-nya maka anda harus mengambil semua barang bawaan yang masuk bagase pesawat. Jika beda pesawat otomatis anda harus cek imigrasi bandara KLIA terlebih dahulu untuk mengambil bagase.

      Hapus
  16. mau nanya dong kak, saya kan mau ke medan tapi transit di Penang dulu. nah kalau keluar bandara gitu mau liat2 penang boleh ga ya? tapi ga punya pasport. hohoho soalnya belum pernah keluar negeri sebelumnya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat paspor dulu ya baru ke Penang untuk liat-liat.

      Hapus
  17. Gan, kalau ane veli tiketnya pisah.. ..
    Kotakinabalu(BKI)-KUL terus KUL-JOG.. ...
    Berarti setelah ane sampe KUL ke imigrasi trs keluar bandara baru cek in lagi kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, setelah dari BKI-KUL semua barang bawaan diambil semua. Perjalanan dari KUL-JOG akan melakukan proses check in kembali. Kasus seperti ini ada rekan lain melakukannya ingin menginap satu malam di KL ingin melihat suasana kota.

      Hapus
  18. Kak saya ingin tanya. Kalau saya terbang ke Penang dari Jakarta, transit Kuala Lumpur dengan Malindo. Dimana saya harus cap imigrasinya? Di KL kah atau di Penang? Trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di KL dan Penang.
      Kalau di KL ingin keluar Imigrasi untuk melihat suasana bandara maka harus keluar dulu lewat Imigrasi langsung cap paspor. Di Penang sudah jelas karena tujuan akhir kesana.

      Hapus
  19. Tolong tanya. Saya rencana mengambil penerbangan terpisah dari surabaya ke medan melalui KL malay dengan air asia. Karena tiket domestik 2x lipat harganya.

    Rincian jadwal yang akan saya sambil.
    Sby - KL
    Jam 05.00-08.35

    KL -Medan
    10.50-10.55

    Kedua jadwal tersebut beda tiket. Karena saya beli lepas rencananya.

    Pertanyaan saya.

    1.Apakah dengan jeda dr jam 8.35 ke penerbangan berikutnya 10.50 aman ?

    2.Apakah kita harus keluar imigrasi dan masuk imigrasi lagi untuk checkin ?

    3.Jikalau setelah landing saya keluar imigrasi dan langsung masuk checkin imigrasi lg diperbolehkan?

    Secara saya membaca artikel anda bandara KLIA 2 cukup besar. Dan saya blm pernah ke sana.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pertanyannya Menggunakan Air Asia dengan terpisah penerbangan berarti anda hanya transit sejenak.

      1. Jeda waktu dari 08:35 ke 10:50 menurut saya cukup. Karena posisi perjalanan anda ini harus keluar imigrasi dulu semoga tidak terlalu panjang antriannya saat pemeriksaan dokumen paspor. SBY-KL sudah setelah keluar pesawat untuk mengambil bagase harus lewat imigrasi terlebih dahulu.

      Note! jika anda tidak membawa banyak barang hanya tas tenteng saja dan backpack tidak usah khawatir karena langsung menuju ke gate penerbangan berikutnya setelah pemeriksaan dokumen paspor. Berbeda dengan anda membawa barang yang cukup banyak sudah tentu pasti akan antri pengambilan bagase {perhatian poin ini agar waktu anda tidak mepet sampai ke gate penerbarbangan ke Medan.

      2. Iya harus keluar imigrasi, karena perjalanan anda terpisah dan menurut saya penerbangan anda tiket penerbangan juga terpisah.

      3. Maksudnya anda sudah landing setelah keluarga imigrasi ingin keluar melihat suasana bandara dan masuk lagi ke penerbangan berikutnya dan masuk ke pemeriksaan imigrasi lagi saya pikir tidak ada masalah. Jika petugas menanyakan pertanyaan mengenai penerbangan anda dan mereka ingin melihat dokumen pernerbangan lihatkan saja nanti petugas juga maklum.

      PERHATIKAN: saya juga sudah menjawab pertanyan rekan-rekan lainnya diatas, pastikan anda juga membaca seluruh komen yang telah banyak ditanyakan oleh rekan lainnya kasusnya hampir sama.

      Semoga membantu.

      Hapus
  20. Saya dari CGK KE KLIA2 TERUS TRANSIT KE KLIA KENDARAAN APA YANG HARUS GUNAKAN

    BalasHapus
  21. Terima kasih untuk info yg sdh diberikan . Dari setiap komen ataupun respon yg Anda berikan saya bisa menarik kesimpulan waktu flight saya nanti tidak bisa keluar untuk jalan-jalan keluar KL mengingat saya hanya transit sekitar 4 jam .Tiba di KL sekitar jam 1pm dan lanjut penerbangan lagi di jam 5pm dgn berbeda maskapai.
    Dengan spare waktu tsb, ada saran yg tepat kah kira-kira saya waktu tsb saya bisa lakukan apa ?Karena jika saya ingin keluar dr untuk sekedar jalan-jalan saya rasa tidak cukup waktu .
    Thank you, semoga di respon 🙏😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bandara KL ke pusat kota memang membutuhkan waktu yang cukup banyak seperti sampai ke Sentral atau Bukit Bintang. Saya menyarankan eksplor bandara menjadi salah satunya, dan jika anda mempunyai keinginan dapat juga eksplor KLIA dan KLIA2, jangan khawatir gunakan transporasi yang terkoneksi yang telah disediakan secara gratis. Pastikan waktu yang cukup untuk masuk dalam antrian imigrasi lagi karena panjangnya antrian tidak dapat diprediksi.

      Semoga terjawab, Thank you.

      Hapus
  22. Selamat siang gan..
    Maaf ijin curat coret. Sabtu ini saya akan terbang ke Osaka via Air asia. Dep. Term 2 cgk Pkl. 19.10 sampai Kl. 22.10. Nah berangakat dari KL. Ke Kansai Osaka Minggu Pukul 14.30. Nah jarak waktu transitnya kan agak lama.. Itu enaknya ngapain aja ya Gan.. Kan sampe malem trus Besok dari pagi sampe siang juga masih ada waktu nunggu..
    Mohon rekomendasi nya gan.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang.
      Dapat eksplor ke pusat kota Kuala Lumpur sejenak: dapat ke Menara Petronas, Bukit Bintang, hingga Central Market pasar seni. Pastikan cukup waktu untuk sampai kembali ke KLIA saat proses boarding dimulai hingga saat pengeceken dokumen paspor karena panjangnya antrian tidak dapat diprediksi

      Hapus
  23. Mohon informasi nya kak.
    Kalau saya dari Jakarta-Kuala Lumpur 06.05-09-10 dan kuala Lumpur-Medan 10.55-11.00 dengan maskapai yang sama . Saya hanya renc transit karena biaya langsung lebih mahal.
    1. Apakah saya tdk mesti keluar ?
    2. Apakah wkt nya tdk mepet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban:
      1. Setelah keluar dari pesawat langsung ke ruang transit yang akan diarahkan oleh petugas, tidak keluar karena anda langsung menuju ke ruang tunggu pesawat berikutnya. Kalau anda ingin keluar dari bandara maka harus melakukan pengecekan dokumen imigrasi dan rasanya waktu sudah sangat tidak cukup karena alasannya: pastinya akan antri pengecekan paspor saat keluar dan pengecekan paspor kembali saat akan mau masuk. Antrian pengecekan dokumen ini tidak dapat diprediksi panjang atau tidak, jadi harus waspada atas pilihan ini dengan waktu yang sangat mepet ini.

      2. Waktunya cukup langsung menuju ke ruang transit, jangan sampai terlena saat sampai turun dari pesawat saat liat-liat atau belanja oleh oleh disekitar menuju ruangan tunggu , karena waktu anda hanya +/- 1 jam untuk menunggu pesawat berikutnya menuju ke tujuan ke Medan.

      Hapus
    2. Saya beli tiket kepisah tp 1 maskapai. Apakah itu disebut transit juga?
      Wkt yg saya sebut diatas mepet ya?

      Hapus
  24. Hallo mau tanya dari KLIA ke KLIA 2 hrs naek kereta atau gimana ya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada shuttle bus terkoneksi antara dua terminal setiap jam dan gratis.

      Hapus
  25. hallo kak, salam k nal.. mohon informasinya kak.. saya akan berangkat ke KLIA 2 dgn maskapai airasia dan tiba pukul 1 siang. saya akan melanjutkan perjalanan ke Penang menggunakan maskapai yg sama tapi berbeda tiket pada jam 5 sore.Apakah kita harus keluar ke imigrasi dulu baru masuk lagi ke arival hall kak? terimakasih kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. CMIIW: Menurut saya jurusan KL-Penang termasuk penerbangan lokal dari Malaysia maka anda harus keluar dulu ke Imigrasi untuk cap paspor, masuk kembali ke penerbangan berikutnya menuju ke tujuan Penang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Salam kenal KA, KA mohon maaf tolong pencerahannya, tanggal 9 April saya rihlah ilmiah di university Malaya Malaysia jam 10. Saya tidak bisa ikut rombongan kampus karena mereka akan melanjutkan perjalanan ke Singapura, sedangkan saya esok harinya Bekerja, memungkinkan tidak kalau saya PP pergi dari Bandung tgl 8 april setelah pulang kerja sekitar jam 3 sore, tp pulang tgl 9 setelah acara seminar di UM, yg jd galaunya mengenai transportasi KA. Setidaknya jika ada waktu luang saya ingin jalan2 dulu ke Petronas, bukit bintang. Nekad jalan sendiri karena ingin semua kegarap tanpa ijin kerja berlebih, dan juga tidak mengeluarkan uang lebih. Terimakasih ya ka, jika berkenan mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya: Jika seandainya waktu yang tersedia ini sangat mepet sekali dan sebaiknya anda menginap satu hari di KL untuk lebih tenang tidak terburu-buru. Banyak sekali penginapan murah sekelas hostel harganya dimulai dari IDR100.000, searching saja dari aplikasi populer saat sekarang ini seperti agoda, traveloka, booking.com dan lain sebagainya. Lokasinya pilih di sekitar Sentral atau Petaling Street China Town bahkan sekitar Pudu Raya yang dekat dengan Bukit Bintang. Karena dua lokasi ini dekat dengan transportasi publik di KL.

      Jika anda dekat dari Sentral tentu saja mempunyai keunggulan tersendiri karena ada bus langsung menuju ke KLIA ke Sentral begitu juga dengan kereta cepat. Jadi anda tidak khawatir untuk memikirkan lama waktu perjalanan kesana.

      Untuk berkunjung ke Bukit Bintang, Central Market, Dataran Merdeka, Mesjid Jamik, dan lain sebagainya juga dekat dari Sentral. Jadi, menurut saya untuk waktu sangat mepet sangat resiko sekali dan anda terburu-buru. Apalagi antrian di pemeriksaan imigrasi tidak dapat diprediksi apakah panjang atau pendek. Waktu yang cukup harus disediakan. Untuk informasi mengenai Malaysia terutama KL seperti objek wisata hingga transportasi kami telah jelaskan di tulisan terpisah. Anda tinggal searching aja di bagian penelusuran untuk informasi yang anda inginkan.

      Hapus
  28. Ka sy akan melakukan penerbangan surabaya pekanbaru dan transit sekitar 3 jam apakah itu butuh paspor dan visa mohon pencerahannya ya ka soalnya sy gk punya paspor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus punya paspor, dari Imigrasi Indonesia anda sudah tentu masuk ke penerbangan luar negeri dan harus ada paspor untuk melakukan perjalanan ini. Untuk VISA tidak ada di Malaysia tepatnya di KLIA untuk pemegang paspor hijau Indonesia. Segera buat paspor sekarang juga.

      Hapus
  29. Hai,siang kak.
    Tanya dong saya tgl 9 april nanti akan terbang CGK - KLIA(klia2) transit 2 jam untuk penerbangan KLIA(klia2) - FUK, ketika transit apakah ada yang mengarahkan, ketika keluar dari pesawat,? karena saya baru pertama kali transit di KL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seandainya tidak ada, setelah keluar pesawat langsung saja ke petugas meja TRANSIT saat anda berjalan menuju ke balai kedatangan dan lapor tiket anda ke petugas tersebut dan mereka akan mengarahkan ke lokasi mana akan dimasuki. Tidak usah ragu karena petunjuknya sangat mudah untuk diikuti.

      Hapus
  30. Hai kak, mau tanya. Saya kan mau ke BTJ dari Jogja transit di KLIA1 selama 6 jam 55 menit (pukul 16.20 - 23.15), apakah saya bisa keluar ke Petronas untuk foto sebentar dan kembali ke KLIA1 tepat waktu? Transportasi termurah menuju KLIA1 terakhir beroperasi pukul berapa ya? Lalu setelahnya saya juga transit di Penang selama 8 jam 45 menit (pukul 00.15 - 09.00) kira kira saya bisa ngapain dan kemana aja ya jam segitu? Mohon informasi dan arahannya karena saya belum tau daerah sana. Terimakasih :)

    BalasHapus

  31. Sy mau tanya mbak kalo saya dari pontianak ke kuala lumpur trus transit ke penang ...waktu buat transit 2 jam...gimana arahan buat saya mbak begitu saya turun dr peswat air asia ke bandara kl berikut cap passportnya...thks buat infonya

    BalasHapus
  32. Mas, maad saya ingin bertanya saya ada niat untuk pergi ke medan via KUL menggunakan AirAsia CGK-KUL-KNO, kemungkinan tiba di KUL sekitar pukul 00:30 dan penerbangan lanjutan pukul 8:00 , dan saya ingin keluar dahulu sejenak, yang ingin saya tanyakan pada saat cap immigrasi apa yg harus saya lakukan, apakah ada kesulitan jika kita transit seperti itu pada saat di immigrasi nanti, dan untuk pengisian form immigrasi nya apa yang harus saya isi di kolom alamat. Apakah saya kosongkan saja dikarenakan saya hanya transit. Bermasalah tidak yah di immigrasinya nanti. Mohon pencerahan nya mas, terima kasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya isi formulir kedatangan atau arrival card tetap dilakukan dan isi saja tulisan transit. Jika petugas imigrasi bertanya saat pengecekan cap paspor jawab saja transit, dan persiapkan data penerbangan berikutnya jika mereka ingin diperlihatkan. Saya rasa untuk ke pusat kota KL tidak memungkinkan karena sudah sangat larut dan hampir transportasi publik tutup walaupun anda itupun taksi. Saya menangkap keluar disini ingin melihat-lihat kondisi bandara, dan cuci mata sekitar mungkin saja makan dan lain sebagainya. Semoga terjawab.

      Note! jika saat pemeriksaan paspor sebaiknya anda memberikan jawaban yang benar dan jujur supaya petugas yakin proses transit anda memang benar adanya.

      Hapus
  33. selamat saore
    saya mau bertanya,kalau saya dari indonesia mau ke kamboja
    trus transit nya di KL
    tapi pasport saya pernah di cap penolakan di KL
    apa saya bisa lewat?(KL-kamboja)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kasus seperti ini saya tidak dapat menjawabnya. Coba saja siapa tau dapat lolos pemeriksaan dan langsung cap paspornya.

      Hapus
  34. Selamat sore kak
    Mau tanya, saya berangkat malam dari Osaka menuju Padang tapi transit di KL. Tiba di KL sekitar jam 4 subuh dan penerbangan ke Padang jam 15.00. Kira2 kalau mau ke menara kembar via bus sempat gak ya? Dan kalau terminal bus nya dekat dengan bandara atau jauh? Makasih sebelumnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapat menggunakan kereta bandara tujuan ke KL Sentral, dari Kl Sentral dapat menggunakan transportasi berbasis rel lainnya untuk sampai ke KLCC. Sangat mudah dan lebih praktis.

      Hapus
  35. Selamat siang saya mau nanyak, saya berencana berangkat ke Medan dari Jakarta, menggunakan maskapai Malaysia airline tiba jam 22.00 dan baru berangkat ke Medan nanya menggunakan pesawat Malaysia airline juga jam 07.00 paginya, bagasi saya sudah di klaim ambil ketika sampai di medannya, jadi selama di Kuala lumpur barang bagasi saya diurus oleh pihak maskapai tidak diturunkan, pertanyaan nya apakah ketika sampai di Medan barang belanak. Saya yang saya beli dijakarta akan terkena bea cukai , apa dianggap barang belanja luar negeri, karena tiba di medannya Kualanamu dari jalur internasional ?mohon infonya

    BalasHapus
  36. selamat pagi kak, saya mau tanya
    penerbangan saya dari palembang ke korea transit di malaysia.
    Tiba di malaysia pukul 10.25 dan akan dilanjutkan penerbangan ke korea pukul 00:55.
    yang mau saya tanyakan:
    1. Dimanakah saya dapat menitipkan koper agar nyaman saat jalan-jalan ke pusat kota?
    2. Untuk jeda waktu yang demikian, dapatkan saya pergi ke Petronas, beli oleh2 di pasar seni (coklat), dan ke batu caves?
    3. Berapa jam maksimal saya harus berada di bandara kembali?
    mohon infonya ya Kak, terima kasih :)

    BalasHapus
  37. Selamat malam, sy mau nanya, sy berencana ke singapore tp transit di KL. Sampai di KL pukul 14.00 kemudian lanjut penerbangan pd pukul 06.00 pagi ke singapore. Rencana sy mau booking hotel & jalan” di malaysia. Bagusnya sy booking hotel didaerah dekat bandara krn jam 3subuh sdh hrs dibandara atau bukit bintang?
    Kemudian kalau sy mau jalan bagusnya pakai kendaraan apa?krn sy ber5,bayi 1.
    Kalau misal sy pakai Grab, apakah aman??
    Bagusnya saya kemana sj yah? Krn sy nanti 3hari disingapore & akan kembali lg ke KL menginap selama 4hari. Mohon pencerahannya ����

    BalasHapus
  38. Selamat siang, saya mau tanya bagaimana cara booking tiket FLY-THRU penerbangan dari Pekanbaru (PKU) ke Surabaya (SUB) via Kuala Lumpur KLIA2? Saya cek di website air asia kok tidak ada?
    Terima kasih

    BalasHapus
  39. haloo kak ,saya mau tanya saya mau ke jakarta truz transit KL naik pesawat mas nah nanti mesti ke counter mas lagi ga ya ?

    BalasHapus
  40. halo kak,. saya mau tanya
    saya Transit di KLIA 2, dengan waktu transit 5 jam 45 menit,
    Rencana nya mau keliling ke Gateway KLIA2 nya,
    Bisa tidak yah ?
    itu berarti saya musti keluar cap pspor di Imigrasi KLIA yah ?

    BalasHapus

  41. Halo kak,rencana saya dari jkt menuju ke kuching transit di KL dgn waktu transit 1 jam 40 menit dgn 1 bookingan tiket.apakah waktunya cukup dan cap paspornya di kl apa di kuching?

    BalasHapus
  42. Hallo Kak.... saya mau tanya, jika saya beli bagasi utk kepulangan dari HKG transit KUL to Jakarta, apakah saya harus beli 2x bagasi, atau cukup satu kali? Karena, kalau saya liat dipesanan (pembelian) bagasi pada kolom tercantum Checked Baggage : HKG-KUL dan Checked Baggage : KUL-CGK. Masing2 kolom tersebut, muncul pilihan berat bagasi.

    Mohon direspon pertanyaan saya dan terima kasih atas waktunya. Salam, Yetty

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung dari airlinenya, saat pembelian tiket biasanya akan muncul kolom pembelian bagase. Jika masing-masing rute misalnya HK-KUL ada pembelian bagase dan KUL-CGK juga ada maka anda harus membeli. Biasanya airline LCC yang banyak memberlakukannya karena tiket yang dibeli belum termasuk bagase, kecuali airline full service mereka akan memberikan gratis bagase untuk penerbangan.

      Hapus
    2. Thanks for fast reply. Jadi, saya harus beli 2x ya? Jika hanya beli 1x, berarti, bagasi saya ngga bisa sampai tujuan akhir (Jakarta), begitukah? Mohon konfirmasi dan terima kasih.

      Hapus
  43. Thanks for fast respon... Jadi, saya harus beli 2x dengan kondisi bagasi yg sama ya? Jika saya hanya beli 1x, apakah berarti bagasi saya tidak sampai di tujuan akhir, begitukah? Thanks again for your reply.

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya: