Langsung ke konten utama

Panduan Estafet Naik Kereta Dari Bangkok Thailand ke Siem Reap Kamboja Naik Bus

Bangkok ke Siem Reap Kamboja lewat darat kenapa tidak. Cara yang sangat umum dilakukan oleh para backpacker untuk menuju lokasi wisata di negara ini sangat menarik bahkan memiliki pengalaman yang sangat unik untuk diikuti. Saya pernah melakukan perjalanan ini tetapi dari Siem Reap ke kota Bangkok. Kombinasi naik kereta api sampai ke Kamboja pada saat ini belum tersedia karena adanya situasi politik antara kedua negara, pada saat sekarang ini anda harus estafet jika sudah sampai ke perbatasan Thailand dan Kamboja. Jika situasi politi kedua negara bisa baik semoga jalur kereta ini bisa dibuka kembali untuk memajukan pariwisata kedua negara.





Bangkok ----> Aranyanprathet.

Keberangkatan dimulai di Stasiun Hualamphong kota Bangkok. Aranyanprathet adalah perbatasan memasuki negara Kamboja. Jadwal keberangkatan dari stasiun ini 05:55 dan 13:05. Perjalanan memakan waktu selama 5-6 jam. Jika anda menaiki kereta pada jam 05:55 maka sampai di perbatasan Aranyanprathet sekitar jam 11:40. Pastikan anda berangkat pagi karena antisiapasi bisa sampai di Seam Reap di sore hari.

Harga tiket kereta dari Bangkok ke Aranyanprathet 48 Bath. Beli langsung go show saja karena kelas ekonomi yang tersedia untuk sampai ke Aranyanprathet. Tak apalah walaupun ekonomi tetapi yang penting sampai dengan selamat. Kondisi kereta cukup bersih dan luas tetapi perjalanannya cukup lama karena setiap stasiun berhenti jadi anda harus menikmati perjalanan ini. 

Tips: Jika sudah sampai di stasiun akhir banyak pihak yang ingin membantu anda untuk menyediakan moda transportasi langsung sampai ke Seam Reap, menurut saya di Skip saja, karena anda bisa melakukan ini semua, cukup mudah dan biayanya bisa anda hemat. Kalau anda pakai jasa mereka akan membayar jasanya, istilah tour-guide. 

Setelah sampai di Aryanprathet selanjutnya anda harus menggunakan tuk-tuk untuk sampai ke perbatasan Poipet, inilah perbatasan dua negara antara Thailand dan Kamboja. Jangan khawatir, banyak sekali tersedia tuk-tuk disekitar stasiun Aranyanprathet. Setiap tuk-tuk akan memasang tarif berbeda-beda patokan harga 100 Bath sudah paling minimal atau sekitar IDR 40.000,- untuk sekali jalan. Perjalanan ditempuh antara 10-15 menit untuk sampai ke Poipet. FYI, disana biasanya supir akan menawarkan diri untuk mengurus Visa masuk, perlu di ingat bahwa pemegang paspor Indonesia dibebaskan Visa masuk cukup stempel saja oleh petugas imigrasi.

Gerbang Memasuki Kamboja. Poto oleh: landolia.com

Setelah sampai lokasi perbatasan Poipet anda akan menuju ke imigrasi Thailand yang berada di posisi sebelah kiri, bawa seluruh barang bawaan dan masuk ke dalam antrian pemeriksaan. Pada kondisi ini anda jangan seperti orang kebingungan harus pede karena pada situasi ini bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk mempersulit anda karena tahu sendiri perbatasan ini cukup banyak kejadiaan yang tidak diinginkan. Jadi anda harus tetap lurus saja untuk memmasuki proses pemeriksaan imigrasi. Setelah dapat permit keluar dari Thailand anda akan memasuki imigrasi Kamboja untuk permit masuk dan cukup di stempel saja oleh petugas. Ingat ya jangan sampai salah, harus keluar dulu dari imigrasi Thailand baru memasuki Imigrasi Kamboja, jangan sampai salah masuk atau tertukar.

Tips: Anda harus waspada dengan seluruh barang bawaan karena di sekitar lokasi perbatasan banyak sekali orang iseng dan pengemis yang suka kepo dan bertanya-tanya kepada anda. Cuekan dan fokus saja terhadap tujuan anda. Yang penting anda tetap bersikap sopan dan gunakan sedikit bahasa Inggris kepada mereka supaya mereka paham. Apabila anda layani mereka akan meminta sejumlah uang untuk tour-guide membantu anda.

Poto oleh: spinthewindrose.com

Setelah keluar dari Imigrasi Thailand untuk mendapatkan cap stempel pasport anda tetap berjalan untuk sampai ke Imigrasi Kamboja dengan tulisan "Arrival". Petunjuknya ada tulisan Wat Anchor dan anda harus isi formulir imigrasi sebelum masuk dalam antrian. Di sekitar imigrasi ini banyak sekali orang yang antri untuk masuk ke Kamboja, jadi anda harus waspada dengan barang bawaan jangan sampai tercuri karena waspada kecopetan sangat perlu menjadi perhatiaan. Anda juga bisa melihat adanya Casino di perbatasan ini.



Cap dari Imigrasi permit masuk dari Kamboja sudah selesai maka sekarang kita akan diarahkan untuk menaiki shuttle bus gratis menuju terminal Poipet. Di lokasi ini banyak sekali transportasi yang akan membawa turis atau wisatawan untuk sampai ke Seam Reap dan kota lainnya di Kamboja. FYI, shuttle bus ini merupakan moda transportasi yang disediakan oleh pemerintah Kamboja untuk pariwisata jadi tidak perlu dibayar. Perjalanan selama 10-15 menit untuk sampai ke terminal Poipet. Armada transportasi yang ada di terminal Poipet ini ada tiga macam: Bus USD 9 per orang, Mini Van USD 10 per orang, dan Taxi USD 12 per orang. Jadi tergantung anda mau pilih yang mana, apabila menaiki bus anda harus bersabar menunggu karena bus harus ngetem dulu untuk penuh.

Tips: Untuk menggunakan bus tidak memasuki pusat kota, jadi anda harus menggunakan tuk-tuk lagi untuk sampai ke Old-Market di Seam Reap tempat berkumpulnya Backpacker dengan banyaknya penginapan di sekitar lokasi ini.

Mata uang yang digunakan di Kamboja ada dua USD dan Riel. Tetapi saya menyarankan untuk memakai USD dengan pecahan kecil untuk belanja, karena di Kamboja mata uang USD diterima di pasaran termasuk pasar tradisional. Jadi, jika anda mempunyai USD yang agak lecek dan kurang harganya di money changer Indonesia dapat menggunakan waktu liburan di Kamboja.

Komentar

  1. Terimakasih atas sharing pengalamannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Dan selamat traveling semoga selamat sampai tujuan.

      Hapus
  2. Mas kalo dr poipet langsung ke pnom penh ada busnya juga ga ya? Makasi :)

    BalasHapus
  3. Rencana k bangkok cm mau k asiatique dan komplek grand palace aja trus lanjut ke pnompenh naik kreta pagi dr hualamphong, bagusnya cari hotelnya di bangkok deket stasiun hualamphong aja apa gimana ya mas?

    BalasHapus
  4. Haloo lagi mas :) mohon sarannya lagi donk, jadi aku memutuskan skip kamboja, dr thailand mau langsung ke vietnam aja buat kejar hanoi dan saigon

    Kira2 begini itinerary
    9oct: -14.00 arrived bkk
    - sore sampai malam ke asiatique riverfront
    10oct: - explore grand palace, wat pho, wat arun, kalo sempat malam ke khaosan road
    11oct: 14.00 flight bkk(dmk)-hanoi

    Mohon saran mas, dg itinerary sy tsb bagusnya cari penginapan di daerah mana ya? Yg mudah akses transportnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga,
      Kalau untuk itinerary pastinya sudah dipertimbangkan dan disesuaikan dengan waktu dan kesempatannya.
      Kalau di Hanoi tempat penginapan yang sangat dekat dengan pusat kota pastinya juga transportasi seperti Old Quater, Hoan Kiem Lake, atau di Old Center. Sekarang ini sudah banyak penginapan yang bisa dipilih dimulai dari hostel atau hotel, jadi bisa disesuaikan dengan selera dan budget nanti. Kalau di Saigon atau HCMC sampai saat sekarang ini memang masih di kawasan Pham Ngu Lao Street karena aksesnya masih sangat dekat pusat kota dan fasilitas publik lainnya.

      Hapus
    2. Maksud saya untuk penginapan di bangkoknya mas, dg destinasi ke asiatique dan grand palace dimana penginapan yg strategis utk mengunjungi tempat2 tersebut. Tks

      Hapus
    3. Untuk di hanoi sy sdh book travel tour disana untuk k sapa, fansipan dan halong bay.. selanjutnya di saigon hanya akan walking tour di kota saja :) trimakasih sy ak cek penginapan di pham ngu lao street utk di saigon sesuai rekomendasi mas :)

      Hapus
    4. Kalau di Bangkok coba cek link ini: saya juga memberikan tulisan penginapan yang dekat dengan BTS jadi tidak terlalu jauh dari masing-masing station:
      Hotel Dekat BTS SKY Train Thailand

      Hapus
  5. Halo mas.
    Kalo misalkan rutenya dibalik dr siem reap ke bangkok. Alurnya transportasinya sama mas atau gmn ??
    Saya rencananya mau dr angkor wat dulu baru nanti pindah ke bangkok dan phuket lewat jalur darat.
    Pernah kaya gitu gag ?? Sharing juga dong soalnya cerita transportnya kalo pindahnya dr siem reap ke bangkok trs phuket

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga, alur perjalanannya sama. Kalau rute akhir ke Phuket saya belum ada pengalamannya jadi tidak bisa sharing. Apabila sudah ada akan di publish ke blog, semoga doain ya.

      Hapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.