Langsung ke konten utama

Tips Mudah Pengalaman Menghadapi Pertanyaan Petugas Imigrasi Pada Saat Pemeriksaan Paspor

Pengalaman traveler khususnya backpacker sangat bermanfaat sekali bagi anda yang pemula untuk memulai perjalanan ke luar negeri minimal ke negara tetangga Singapore, Malaysia, Thailand, Negara Indochina, serta favorit adalah Vietnam kadang adanya waktu apes terjadi pemeriksaan dan pertanyaan yang sangat teliti sehingga telihat antrian begitu panjang dan mengular. Tanda seperti ini sudah dipastikan petugas Imigrasi dari salah satu negara yang anda datangi untuk berlibur ini lagi inspeksi mendadak untuk WNA yang masuk ke negara mereka dengan memeriksa seluruh kelengkapan dokumen perjalanan termasuk paspor. Jadi pengalaman ini berhasil Plesirankotatua rangkum dan bisa bermanfaat bagi anda yang kebetulan belum mengetahui tips mudah pengalaman menghadapi petugas Imigrasi pada saat pemeriksaan paspor di pintu kedatangan.

Pengalaman adalah guru terbaik untuk bisa menjadi pembelajaran bagi rekan kita yang ingin menempuh perjalanan dengan beberapa informasi yang bermanfaat agar bisa memberikan solusi terbaik. Hal yang perlu diperhatikan adalah informasi yang anda tulis di kertas imigrasi seperti contoh Singapore [baca: link] harus jelas, akurat, dan jujur. Karena bisa saja pemeriksaan seperti ini ditanyakan dengan dokumen lain seperti tempat menginap, berapa lama traveling, hingga jumlah uang yang dibawa, bahkan tiket kepulangan. Kejadian seperti ini sebagai hal yang sangat pokok dipersipakan agar anda bisa langsung masuk tanpa adanya halangan.

Poto oleh: theonlinecitizen.com

Anda sebagai traveler harus mempunyai attitude yang baik dan mempersiapkan semua hal yang prinsipal tadi agar proses pemeriksaan di pintu Imigrasi seperti Singapore, Malaysia, Thailand, Indochina, ataupun Vietnam berjalan dengan mulus dan petugas Imigrasi percaya bahwa anda datang untuk berlibur dilengkapi seluruh dokumen telah lengkap sehingga anda tidak perlu di interogasi di kantor mereka untuk menggali informasi tambahan sehingga waktu liburan anda menjadi terganggu.

1. Anda Harus Siap Diri Untuk Menghadapi Giliran Pemeriksaan.
Setelah anda mendarat di bandara kedatangan tentu harus mempersiapkan fisik dan mental untuk menghadapi berhadapan petugas imigrasi yang siap menanti di jalur yang anda antri. Berpakaian yang sopan dan nyaman dilihat dan pastikan anda anti dengan baik sesuai dengan giliran, pastikan anda berdiri di belakang garis yang telah ditetapkan pada saat giliran anda diperiksa. Karena dari hal sepele ini kadang petugas imigrasi akan menjadi ill feel dengan anda sehingga anda dipersulit pada proses stempel paspor. Mungkin saja proses yang akan berlangsung dengan antrian panjang bisa menghabiskan waktu sampai jam-an dan anda harus cukup fit dan tetap stabil.

2. Persiapkan Seluruh Dokumen Penting Pada Satu Tempat.
Sebelum anda melakukan perjalanan traveling jangan lupa mempersiapkan seluruh dokumen penting yang harus ada bersama anda. Letakan disebuah tas kecil khusus untuk dokumen dan uang sehingga anda tidak sulit mendapatkannya pada saat dokumen tersebut di tanya oleh petugas imigrasi. Semua ID termasuk KTP ataupun SIM juga dibawa agar pada saat anda keluar dari Imgrasi Indonesia kadang ditanya ID sebagai pelengkap. Khusus untuk imigrasi luar biasanya mereka juga kadang meminta ID ini jika anda salah menuliskan nama yang mereka cocokan dengan paspor. Jika anda menginap di negara tujuan telah memesan hotel dan tikep pesawat pulang maka dokumen ini harus bersama dengan anda jika perlu ada bukti email ataupun poto copy yang telah anda siapkan.

3. Teliti Dan Benar Mengisi Kartu Imigrasi.
Saat anda berada diatas pesawat akan mendapatkan kartu imgrasi yang harus anda isi sebelum landing di bandara. Biasanya kartu ini akan dibagikan sekitar 30 menit sebelum pesawat landing. Jadi pastikan anda mengisi seluruh informasi yang ada di kartu dan tulis dengan jelas serta bersih. Usahakan jangan sampai ada corat coret salah karena ada kalanya petugas imigrasi agak keki melihat seperti ini. Semua informasi yang anda isi harus benar dan jujur karena inilah hal penting untuk diperhatikan. Apabila anda ditanya dengan isian kartu ini usahakan santai dan tidak terbata bata gugup, jawablah sebenarnya dengan senyuman. Anda mendapatkan potongan kartu harap disimpan karena akan dikembalikan ke petugas imigrasi saat anda keluar dari negara tersebut dan jangan sampai hilang.

4. Paham Mengerti Peraturan.
Setiap peraturan dibuat untuk teratur bahkan sudah menjadi hal yang mutlak diikuti saat anda berada di negara orang. Seperti di Singapore atau Malaysia bahkan di Australia dan Neew Zealand hampir sama, dimana anda berada harus mengikuti peraturan seperti harus antri, tidak boleh menghidupkan hape, selfie, bahkan menyalip antrian. Sebelum terjadi anda harus memperhatikan ini, khusus bagi anda yang suka update status dan suka berisik. Jangan sekali-kali melakukan hal konyol ini di pintu pemeriksaan imigrasi karena akan berakibat fatal terhadap pemeriksaan anda karena telah melanggar peraturan yang mereka buat. Bisa-bisa anda di deportasi pulang ke Indonesia atau diberi peringatan untuk tidak bisa masuk lagi ke negara tujuan tersebut.



5. Selalu Awasi Barang Bawaan.
Seluruh barang bawaan harus dalam pengawasan anda. Apabila terjadi antri lama anda pasti terasa capek dan meletakan tas backpack di lantai. Memang antri lama membuat punggung terasa capek dan terpaksa diletakan dilantai. Sebenarnya tidak masalah tetapi jangan lupa pada saat antrian anda sudah mulai dekat sebaiknya tas tersebut kembali di ransel karena lebih sopan dilihat. Khusus untuk anda yang masuk ke negara Singapore, Malaysia, Australia, New Zealand, dan lainnya perhatikan seluruh barang bawaan ini. Jangan pernah membawa barang terlarang, berbau anarkis dan senjata tajam bersama anda. Khusus di beberapa negara Eropa ada pemeriksaan barang bajakan juga ada pemeriksaan, jadi barang yang dibawa harus asli.

6. Jawab Pertanyaan Dengan Jujur, Cerdas, dan Santai Kepada Petugas.
Petugas akan melakukan cross check pertanyaan yang telah anda isi di kartu imigrasi dan jawablah seluruh pertanyaan tersebut dengan cerdas, jujur, dan santai. Apabila anda sempat berbelit belit dan tidak sesuai dengan keterangan yang anda tulis jangan sampai dilakukan. Jika mereka ingin mendapatkan bukti lainnya anda bisa tunjukan dokumen lain seperti hotel dan tiket penerbangan pulang jika diperlukan.

7. Sikap Sopan Hindari Sikap Argumen Kasar Kepada Petugas.
Kadang kala stress dalam pekerjaan juga ada pada petugas. Jika petugas pada saat memeriksa dokumen anda dalam keadaan jutek, judes, dan tidak bersahabat hindari jangan dilawan. Anda harus menenangkan diri dan hindari adu argumentasi kepada petugas yang membuat anda dipersulit nantinya. Jadi situasi ini bisa saja terjadi jangan sampai anda terbawa suasana.

8. Pakaian Rapi Tidak Over Acting.
Pakaian yang dipakai memang sesuai dengan karakter masing-masing. Tetapi dilihat tempat dan suasana adalah penting. Hindari pakaian yang sangat merepotkan anda sendiri seperti terlalu banyak pakai asesoris, pakai kaca mata, hingga wajah anda tidak terlihat oleh petugas. Sebaiknya anda berpakaian standar saja yang penting sopan sehingga proses pemeriksaan anda di imigrasi berjalan dengan baik dan lancar.

9. Ucapkan Bahasa Terpelajar.
Setiap interaksi antara traveler dan petugas imigrasi akan ada sedikit pembicaraan untuk mencairkan suasana terhadap dokumen perjalanan anda. Anda jangan terlalu kaku dan telmi jika menjawab seluruh pertanyaan pada saat proses pemeriksaan. Berikan ucapan selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam saat diri anda mendapat giliran. Biasanya sopan santun seperti ini bisa dapat memberikan sebuah sapaan yang menyejukan sehingga respon positif dari petugas bisa anda dapatkan.

10. Dokumen Penting Selalu Tersedia Bersama Anda.
Seluruh dokumen yang telah anda siapkan mudah dijangkau dan cepat ditemukan. Jangan diletakan didalam tas ransel ataupun tas yang dimasukan ke bagase pesawat. Hal konyol jangan sampai dilakukan karena kesalahan anda. Satukan seluruh dokumen penting dalam sebuah tas kecil yang mudah membawanya sehingga pada saat dibutuhkan anda tidak repot mencarinya dan tidak baper mati gaya. Jangan sampai terjadi karena hal sepele seperti ini bisa berakibat fatal jadinya pada saat pemeriksaan di imigrasi.

11. Selalu Catat Nomer Dan Alamat Penting.
Sepertinya sepele tetapi sangat penting. Nomer dan alamat penting ini juga harus anda persiapkan jika hal apes ataupun genting lainnya anda sangat butuh seperti nomer telepon hotel anda menginap, nomer telepon kedutaan besar Indonesia, atau kenalan anda di negara tujuan yang memberikan sponsor anda untuk tinggal. Jangan lupa pada saat tertentu pula catat nomer telepon saudara ataupun orang terdekat anda pada hape ataupun di catatan kecil sebagai penjagaan saja. 

12. Tetap Tegar Serta Semangat.
Apabila anda telah melakukan keseluruhan tahap ini dengan baik tetapi petugas imigrasi tetap menggiring anda ke kantor pemeriksaan anda tetap tenang dan jangan panik. Apabila anda tidak membuat kesalahan ataupun membuat sesuatu diluar dari pengetahuan anda sebaiknya anda ikuti saja prosesnya. Apabila semua data yang mereka tanyakan di kantor pemeriksaan lengakap semua dan valid sudah pasti anda akan dipersilahkan masuk tanpa ada hambatan. Biasanya proses yang agak rinci seperti ini jika ada gejolak politik internal negara atau sedang melakukan investigasi untuk kasus tertentu.

13. Langsung Berjalan Setelah Pemeriksaan.
Setelah anda selesai melewati pemeriksaan jangan sekali-kali berdiri dibelakang petugas dengan melihat layar monitor mereka. Anda akan dicurigai dan bahkan akan digelandang ke pos pemeriksaan atas tuduhan menyelinap atau mata-mata dengan melihat informasi penting yang mereka miliki. Setelah anda selesai langsung menjauh dan menuju ke pengambilan bagase atau pintu keluar untuk melanjutkan perjalanan traveling anda.

Komentar

  1. Terimakasih banyak untuk tips nya ya min.. Jadi inget pernah di gelandang sama imigrasi singapore gara gara pakai baju dan celana hitam hitam :"D Padahal udah casual banget pake sepatu snicker putih

    BalasHapus
  2. Min, mau tanya nih..
    Kalau bawa barang2 elektro seperti keyboard dan mouse tapi masih lengkap dengan kotak nya di bolehkan atau tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk membawa barang boleh dan paking telah standar. Pastikan anda memasukan ke bagase pesawat. Untuk masuk ke kabin pesawat rasanya tidak mungkin karena ukurannya cukup besar dan sudah pasti tidak masuk ke kabin penumpang.
      Saat anda melapor ke petugas waktu cek in pastikan dberikan striker FRAGILE agar petugas saat bongkar muat akan memberikan atensi terhadap barang bawaannya.

      Semoga bermanfat.

      Hapus
  3. min boleh tanya, potongan kartu imigrasi kan harus di simpan buat keluar dari malaysia, kalo saya dr cgk ke KL, tapi pulangnya dari penang ke cgk gpp ? atau harus di KL juga ya ? terus dari keberangkatan domestik KL ke penang apa harus melalui imigrasi lagi ? *semoga adminnya bersedia bantu jawab* thankyou min..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah, yang penting ada penerbangan langsung ke CGK apakah di KL atau Penang tetap potongan kartu imigrasi ini hanya diserahkan saat anda memang akan meninggalkan Malaysia di penerbangan internasional seperti kembali ke CGK atau estafet penerbangan ke negara lainnya di regional .

      Kalau penerbangan domestik Malaysia tidak membutuhkan paspor: seperti rute dari KL-Penang, KL-Kuching, dan lain sebagainya.

      Hapus
  4. Min mau tanya,, saya rwncana mau ke bangkok sm temen2 buat Travelling tp bahasa inggris saya ancur banget itu gmn min? Apa setiap pertanyaan smua pakai bhs inggris ??? Mungkindr kami ber 6 ,2 org yg ga bisa sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yakin maksud ancur ini masih bisa berkomunikasi walaupun hanya kata-kata inti saja. Jangan pernah baper untuk melakukan perjalanan seperti ini karena di negara tujuan masih banyak juga penduduk lokal yang lebih ancur lagi bahasa Inggrisnya bahkan tidak bisa sama sekali baik mendengar atau berkomunikasi.

      Saya percaya, yang melakukan perjalanan keluar negeri seperti anda ini telah pernah belajar bahasa Inggris di sekolah atau pernah mengikuti kursus untuk menambah skill berbicara.

      Tipsnya: ya harus belajar minimal berkomunikasi menggunakan kata-kata yang sering dipakai, percakapan sehari-hari, dan seterusnya. Ada solusi tambahan jika anda masih baper lagi gunakan aplikasi yang dapat di donlot "saya lupa namanya apa" dan pernah saya lihat iklannya saat ada turis yang tidak dapat berkomunikasi satu sama yang lainnya dan aplikasi ini yang membantu.

      Memang harus belajar dan jangan gugup berucap menggunakan bahasa Inggris karena bahasa inilah yang banyak dgunakan di berbagai negara untuk berkomunikasi.

      Semoga terinspirasi.

      Hapus
    2. Iya min mksdnya saya jg kurang PD dlm pengucapan bhs inggris.. krn saya msh pede klo cm tulisan saya isi untuk isi form.. yg saya takuti itu di imigrasinya nanti. Bgmana ya.. saya takutnya saya ga diperbolehkan msk sperti byk blog n vlog yg saya lihat dan baca itu klo gugup jd permaslahan. Sebelumnya terimakasih banyak oencerahannya

      Hapus
    3. Tidak usah gugup, yang penting anda masuk ke negara tujuan untuk berlibur. Dan biasanya percakapan ini tidak terlepas dari pertanyaan "kenapa anda datang berlibur ke negara ini" terus "berapa hari" dan "tinggal dimana" dan seterusnya. Dan jika mereka ingin minta diperlihatkan dokumen lain seperti tiket pesawat kembali atau beberapa dokumen perjalanan lainnya bukti pemesanan hotel anda lihatkan saja. Jika anda terlihat gugup dan mengeluarkan keringat tentu saja petugas bertambah curiga, anggap saja mereka itu seorang petugas biasa seperti petugas keluarahan yang sedang melakukan tugas verifikasi data. Jangan dianggap sesuatu yang menakutkan, yang penting semua prosedur yang telah anda lakukan. Mulai dari sekarang ya anda harus belajar untuk tetap berani dengan mengerti apa yang diucapkan oleh lawan bicara seperti sering mendengarkan bahasa Inggris dan belajar ucapan saat berbicara

      Hapus
  5. Hi, apakah benar untuk bisa masuk ke Thailand, minimal harus mempunyai cash 10.000 baht ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman waktu kami ke Thailand kami membawa uang secukupnya, secara backpacker kami hanya membawa uang cash yang telah dikonversi ke THB sekitar Rp2jt saja {tidak termasuk tiket Pesawat PP} selama 4 hari itupun budget yang sangat ketat bahkan masih dapat membeli oleh-oleh. . Kalau THB 10.000 sangat baik sekali pastinya liburan menjadi lebih menyenangkan.

      Hapus
  6. Hai, apakah harus mengisi SAWADI jika akan berkunjung ke thailand?

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Tempat Belanja Murah Di Kuala Lumpur Malaysia Penggila Shopping Harus Kenal Daerah Ini

Mencari tempat belanja murah di Kuala Lumpur Malaysia sebagai destinasi yang selalu akan dicari oleh traveler Indonesia untuk melakukan shopping belanja untuk melengkapi destinasi wisata liburan di negara ini. Tempat ini cukup bisa diakses seluruh transportasi publik penting di Malaysia. Kalau dilihat jenis barang tertentu yang akan dicari memang tergantung dari budget yang dipersiapkan apakah cukup untuk sekali perjalanan shopping sebelum pulang ke Indonesia. Pecinta shopping harus sudah pasti tau disinilah tempat yang sangat pas untuk wara-wiri bakudapa dengan seluruh jenis benda yang akan dicari.

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.

Ingin Wisata Ke Singapura Lewat Batam Seharian Penuh : Begini Informasi Pengalaman Cara Lengkap Termasuk Menggunakan Ferry

Menyebrang Batam ke Singapore telah menjadi cara alternatif lain untuk bisa ditempuh melakukan liburan seharian penuh secara backpacker murah meriah dengan memperhatikan beberapa syarat yang harus terpenuhi untuk pergi menggunakan kapal menjadikan cara seperti ini sedikit berbeda. Rute Batam - Singapura dan Singapura - Batam. Kedua negara ini dihubungkan dengan armada laut kapal yang mempunyai harga tiket yang cukup bervariasi tergantung kelas dan jadwal ferry sehingga anda bisa menyesuaikan dengan keadaan keuangan yang akan digunakan. Pada kesempatan tulisan ini beginilah cara berwisata ke Singapura melewati Batam yang sudah menjadi langkah alternatif yang bisa anda gunakan untuk menikmati liburan yang cukup terjangkau.

Jangan Lupakan Oleh Oleh Khas Turki Saat Kembali Pulang Ke Indonesia

Berkesempatan berkunjung ke negera Turki tentu menjadi idaman setiap orang karena negara ini mempunyai pesona tersendiri juga tersimpan oleh-oleh-khas-Turki yang unik dapat juga dijadikan souvenir dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu dengan liburan singkat ini harus ada kenangan tersendiri dengan membeli oleh-oleh-khas-unik-Turki ini bisa dijadikan sebagai koleksi pribadi, hadiah, bahkan untuk dijual kembali sampai di Jakarta tentu mempunyai keasyikan tersendiri. Negara yang terletak di dua benua ini di Asia dan Eropa termasuk dalam perkembangan sejarah Islam tentu akan memiliki perpaduan kebudayaan yang terlihat dalam keindahan kota dan srsitektur gedung yang mempesona. Untuk hidangan lezat juga tercipta olahan tangan terampil yang akan memanjakan lidah seluruh traveler Indonesia yang ingin menghabiskan masa liburannya di negera ini. Apa saja oleh-oleh-khas-Turki yang akan menjadi destinasi belanja anda selama disana berikut penjelasannya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Rekomendasi Souvenir Oleh Oleh Cenderamata Khas Singapore Disukai Oleh Traveler Indonesia

Sebelum pulang ke Indonesia sebaiknya membawa cenderamata souvenir oleh oleh khas Dari Singapura Singapore yang selalu dilakukan oleh traveler Indonesia sebagai cara untuk membagi kebahagian kepada rekan, sahabat, ataupun keluarga berupa benda ataupun makanan sebagai hantaran. Jenis oleh oleh souvenir khas Singapore ini banyak sekali toko yang ada di Singapura menyediakan dengan bentuk yang unik, ukuran, serta harga yang pas untuk sebuah pilihan traveler. Mendapatkan oleh oleh dari Singapura ini yang paling banyak dikunjungi untuk mendapatkannya adalah di Mustafa Center, Little India, Geylang Serai Market, Tekka Market, ataupun di Bugis Street. Keseluruhan tempat ini sangat disukai oleh traveler Indonesia yang bisa sekaligus membeli kebutuhan lainnya sebelum pulang kembali ke tanah air.
Apa saja oleh oleh cenderamata souvenir khas dari Singapore yang bisa anda jadikan destinasi shopping belanja untuk membeli pernak pernik kecil yang bisa menjadi sebuah hadiah yang menggembirakan berb…