Langsung ke konten utama

Tips Mudah Pengalaman Menghadapi Pertanyaan Petugas Imigrasi Pada Saat Pemeriksaan Paspor

Pengalaman traveler khususnya backpacker sangat bermanfaat sekali bagi anda yang pemula untuk memulai perjalanan ke luar negeri minimal ke negara tetangga Singapore, Malaysia, Thailand, Negara Indochina, serta favorit adalah Vietnam kadang adanya waktu apes terjadi pemeriksaan dan pertanyaan yang sangat teliti sehingga telihat antrian begitu panjang dan mengular. Tanda seperti ini sudah dipastikan petugas Imigrasi dari salah satu negara yang anda datangi untuk berlibur ini lagi inspeksi mendadak untuk WNA yang masuk ke negara mereka dengan memeriksa seluruh kelengkapan dokumen perjalanan termasuk paspor. Jadi pengalaman ini berhasil Plesirankotatua rangkum dan bisa bermanfaat bagi anda yang kebetulan belum mengetahui tips mudah pengalaman menghadapi petugas Imigrasi pada saat pemeriksaan paspor di pintu kedatangan.

Pengalaman adalah guru terbaik untuk bisa menjadi pembelajaran bagi rekan kita yang ingin menempuh perjalanan dengan beberapa informasi yang bermanfaat agar bisa memberikan solusi terbaik. Hal yang perlu diperhatikan adalah informasi yang anda tulis di kertas imigrasi seperti contoh Singapore [baca: link] harus jelas, akurat, dan jujur. Karena bisa saja pemeriksaan seperti ini ditanyakan dengan dokumen lain seperti tempat menginap, berapa lama traveling, hingga jumlah uang yang dibawa, bahkan tiket kepulangan. Kejadian seperti ini sebagai hal yang sangat pokok dipersipakan agar anda bisa langsung masuk tanpa adanya halangan.

Poto oleh: theonlinecitizen.com

Anda sebagai traveler harus mempunyai attitude yang baik dan mempersiapkan semua hal yang prinsipal tadi agar proses pemeriksaan di pintu Imigrasi seperti Singapore, Malaysia, Thailand, Indochina, ataupun Vietnam berjalan dengan mulus dan petugas Imigrasi percaya bahwa anda datang untuk berlibur dilengkapi seluruh dokumen telah lengkap sehingga anda tidak perlu di interogasi di kantor mereka untuk menggali informasi tambahan sehingga waktu liburan anda menjadi terganggu.

1. Anda Harus Siap Diri Untuk Menghadapi Giliran Pemeriksaan.
Setelah anda mendarat di bandara kedatangan tentu harus mempersiapkan fisik dan mental untuk menghadapi berhadapan petugas imigrasi yang siap menanti di jalur yang anda antri. Berpakaian yang sopan dan nyaman dilihat dan pastikan anda anti dengan baik sesuai dengan giliran, pastikan anda berdiri di belakang garis yang telah ditetapkan pada saat giliran anda diperiksa. Karena dari hal sepele ini kadang petugas imigrasi akan menjadi ill feel dengan anda sehingga anda dipersulit pada proses stempel paspor. Mungkin saja proses yang akan berlangsung dengan antrian panjang bisa menghabiskan waktu sampai jam-an dan anda harus cukup fit dan tetap stabil.

2. Persiapkan Seluruh Dokumen Penting Pada Satu Tempat.
Sebelum anda melakukan perjalanan traveling jangan lupa mempersiapkan seluruh dokumen penting yang harus ada bersama anda. Letakan disebuah tas kecil khusus untuk dokumen dan uang sehingga anda tidak sulit mendapatkannya pada saat dokumen tersebut di tanya oleh petugas imigrasi. Semua ID termasuk KTP ataupun SIM juga dibawa agar pada saat anda keluar dari Imgrasi Indonesia kadang ditanya ID sebagai pelengkap. Khusus untuk imigrasi luar biasanya mereka juga kadang meminta ID ini jika anda salah menuliskan nama yang mereka cocokan dengan paspor. Jika anda menginap di negara tujuan telah memesan hotel dan tikep pesawat pulang maka dokumen ini harus bersama dengan anda jika perlu ada bukti email ataupun poto copy yang telah anda siapkan.

3. Teliti Dan Benar Mengisi Kartu Imigrasi.
Saat anda berada diatas pesawat akan mendapatkan kartu imgrasi yang harus anda isi sebelum landing di bandara. Biasanya kartu ini akan dibagikan sekitar 30 menit sebelum pesawat landing. Jadi pastikan anda mengisi seluruh informasi yang ada di kartu dan tulis dengan jelas serta bersih. Usahakan jangan sampai ada corat coret salah karena ada kalanya petugas imigrasi agak keki melihat seperti ini. Semua informasi yang anda isi harus benar dan jujur karena inilah hal penting untuk diperhatikan. Apabila anda ditanya dengan isian kartu ini usahakan santai dan tidak terbata bata gugup, jawablah sebenarnya dengan senyuman. Anda mendapatkan potongan kartu harap disimpan karena akan dikembalikan ke petugas imigrasi saat anda keluar dari negara tersebut dan jangan sampai hilang.

4. Paham Mengerti Peraturan.
Setiap peraturan dibuat untuk teratur bahkan sudah menjadi hal yang mutlak diikuti saat anda berada di negara orang. Seperti di Singapore atau Malaysia bahkan di Australia dan Neew Zealand hampir sama, dimana anda berada harus mengikuti peraturan seperti harus antri, tidak boleh menghidupkan hape, selfie, bahkan menyalip antrian. Sebelum terjadi anda harus memperhatikan ini, khusus bagi anda yang suka update status dan suka berisik. Jangan sekali-kali melakukan hal konyol ini di pintu pemeriksaan imigrasi karena akan berakibat fatal terhadap pemeriksaan anda karena telah melanggar peraturan yang mereka buat. Bisa-bisa anda di deportasi pulang ke Indonesia atau diberi peringatan untuk tidak bisa masuk lagi ke negara tujuan tersebut.



5. Selalu Awasi Barang Bawaan.
Seluruh barang bawaan harus dalam pengawasan anda. Apabila terjadi antri lama anda pasti terasa capek dan meletakan tas backpack di lantai. Memang antri lama membuat punggung terasa capek dan terpaksa diletakan dilantai. Sebenarnya tidak masalah tetapi jangan lupa pada saat antrian anda sudah mulai dekat sebaiknya tas tersebut kembali di ransel karena lebih sopan dilihat. Khusus untuk anda yang masuk ke negara Singapore, Malaysia, Australia, New Zealand, dan lainnya perhatikan seluruh barang bawaan ini. Jangan pernah membawa barang terlarang, berbau anarkis dan senjata tajam bersama anda. Khusus di beberapa negara Eropa ada pemeriksaan barang bajakan juga ada pemeriksaan, jadi barang yang dibawa harus asli.

6. Jawab Pertanyaan Dengan Jujur, Cerdas, dan Santai Kepada Petugas.
Petugas akan melakukan cross check pertanyaan yang telah anda isi di kartu imigrasi dan jawablah seluruh pertanyaan tersebut dengan cerdas, jujur, dan santai. Apabila anda sempat berbelit belit dan tidak sesuai dengan keterangan yang anda tulis jangan sampai dilakukan. Jika mereka ingin mendapatkan bukti lainnya anda bisa tunjukan dokumen lain seperti hotel dan tiket penerbangan pulang jika diperlukan.

7. Sikap Sopan Hindari Sikap Argumen Kasar Kepada Petugas.
Kadang kala stress dalam pekerjaan juga ada pada petugas. Jika petugas pada saat memeriksa dokumen anda dalam keadaan jutek, judes, dan tidak bersahabat hindari jangan dilawan. Anda harus menenangkan diri dan hindari adu argumentasi kepada petugas yang membuat anda dipersulit nantinya. Jadi situasi ini bisa saja terjadi jangan sampai anda terbawa suasana.

8. Pakaian Rapi Tidak Over Acting.
Pakaian yang dipakai memang sesuai dengan karakter masing-masing. Tetapi dilihat tempat dan suasana adalah penting. Hindari pakaian yang sangat merepotkan anda sendiri seperti terlalu banyak pakai asesoris, pakai kaca mata, hingga wajah anda tidak terlihat oleh petugas. Sebaiknya anda berpakaian standar saja yang penting sopan sehingga proses pemeriksaan anda di imigrasi berjalan dengan baik dan lancar.

9. Ucapkan Bahasa Terpelajar.
Setiap interaksi antara traveler dan petugas imigrasi akan ada sedikit pembicaraan untuk mencairkan suasana terhadap dokumen perjalanan anda. Anda jangan terlalu kaku dan telmi jika menjawab seluruh pertanyaan pada saat proses pemeriksaan. Berikan ucapan selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam saat diri anda mendapat giliran. Biasanya sopan santun seperti ini bisa dapat memberikan sebuah sapaan yang menyejukan sehingga respon positif dari petugas bisa anda dapatkan.

10. Dokumen Penting Selalu Tersedia Bersama Anda.
Seluruh dokumen yang telah anda siapkan mudah dijangkau dan cepat ditemukan. Jangan diletakan didalam tas ransel ataupun tas yang dimasukan ke bagase pesawat. Hal konyol jangan sampai dilakukan karena kesalahan anda. Satukan seluruh dokumen penting dalam sebuah tas kecil yang mudah membawanya sehingga pada saat dibutuhkan anda tidak repot mencarinya dan tidak baper mati gaya. Jangan sampai terjadi karena hal sepele seperti ini bisa berakibat fatal jadinya pada saat pemeriksaan di imigrasi.

11. Selalu Catat Nomer Dan Alamat Penting.
Sepertinya sepele tetapi sangat penting. Nomer dan alamat penting ini juga harus anda persiapkan jika hal apes ataupun genting lainnya anda sangat butuh seperti nomer telepon hotel anda menginap, nomer telepon kedutaan besar Indonesia, atau kenalan anda di negara tujuan yang memberikan sponsor anda untuk tinggal. Jangan lupa pada saat tertentu pula catat nomer telepon saudara ataupun orang terdekat anda pada hape ataupun di catatan kecil sebagai penjagaan saja. 

12. Tetap Tegar Serta Semangat.
Apabila anda telah melakukan keseluruhan tahap ini dengan baik tetapi petugas imigrasi tetap menggiring anda ke kantor pemeriksaan anda tetap tenang dan jangan panik. Apabila anda tidak membuat kesalahan ataupun membuat sesuatu diluar dari pengetahuan anda sebaiknya anda ikuti saja prosesnya. Apabila semua data yang mereka tanyakan di kantor pemeriksaan lengakap semua dan valid sudah pasti anda akan dipersilahkan masuk tanpa ada hambatan. Biasanya proses yang agak rinci seperti ini jika ada gejolak politik internal negara atau sedang melakukan investigasi untuk kasus tertentu.

13. Langsung Berjalan Setelah Pemeriksaan.
Setelah anda selesai melewati pemeriksaan jangan sekali-kali berdiri dibelakang petugas dengan melihat layar monitor mereka. Anda akan dicurigai dan bahkan akan digelandang ke pos pemeriksaan atas tuduhan menyelinap atau mata-mata dengan melihat informasi penting yang mereka miliki. Setelah anda selesai langsung menjauh dan menuju ke pengambilan bagase atau pintu keluar untuk melanjutkan perjalanan traveling anda.

Komentar

  1. Terimakasih banyak untuk tips nya ya min.. Jadi inget pernah di gelandang sama imigrasi singapore gara gara pakai baju dan celana hitam hitam :"D Padahal udah casual banget pake sepatu snicker putih

    BalasHapus
  2. Min, mau tanya nih..
    Kalau bawa barang2 elektro seperti keyboard dan mouse tapi masih lengkap dengan kotak nya di bolehkan atau tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk membawa barang boleh dan paking telah standar. Pastikan anda memasukan ke bagase pesawat. Untuk masuk ke kabin pesawat rasanya tidak mungkin karena ukurannya cukup besar dan sudah pasti tidak masuk ke kabin penumpang.
      Saat anda melapor ke petugas waktu cek in pastikan dberikan striker FRAGILE agar petugas saat bongkar muat akan memberikan atensi terhadap barang bawaannya.

      Semoga bermanfat.

      Hapus
  3. min boleh tanya, potongan kartu imigrasi kan harus di simpan buat keluar dari malaysia, kalo saya dr cgk ke KL, tapi pulangnya dari penang ke cgk gpp ? atau harus di KL juga ya ? terus dari keberangkatan domestik KL ke penang apa harus melalui imigrasi lagi ? *semoga adminnya bersedia bantu jawab* thankyou min..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah, yang penting ada penerbangan langsung ke CGK apakah di KL atau Penang tetap potongan kartu imigrasi ini hanya diserahkan saat anda memang akan meninggalkan Malaysia di penerbangan internasional seperti kembali ke CGK atau estafet penerbangan ke negara lainnya di regional .

      Kalau penerbangan domestik Malaysia tidak membutuhkan paspor: seperti rute dari KL-Penang, KL-Kuching, dan lain sebagainya.

      Hapus
  4. Min mau tanya,, saya rwncana mau ke bangkok sm temen2 buat Travelling tp bahasa inggris saya ancur banget itu gmn min? Apa setiap pertanyaan smua pakai bhs inggris ??? Mungkindr kami ber 6 ,2 org yg ga bisa sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yakin maksud ancur ini masih bisa berkomunikasi walaupun hanya kata-kata inti saja. Jangan pernah baper untuk melakukan perjalanan seperti ini karena di negara tujuan masih banyak juga penduduk lokal yang lebih ancur lagi bahasa Inggrisnya bahkan tidak bisa sama sekali baik mendengar atau berkomunikasi.

      Saya percaya, yang melakukan perjalanan keluar negeri seperti anda ini telah pernah belajar bahasa Inggris di sekolah atau pernah mengikuti kursus untuk menambah skill berbicara.

      Tipsnya: ya harus belajar minimal berkomunikasi menggunakan kata-kata yang sering dipakai, percakapan sehari-hari, dan seterusnya. Ada solusi tambahan jika anda masih baper lagi gunakan aplikasi yang dapat di donlot "saya lupa namanya apa" dan pernah saya lihat iklannya saat ada turis yang tidak dapat berkomunikasi satu sama yang lainnya dan aplikasi ini yang membantu.

      Memang harus belajar dan jangan gugup berucap menggunakan bahasa Inggris karena bahasa inilah yang banyak dgunakan di berbagai negara untuk berkomunikasi.

      Semoga terinspirasi.

      Hapus
    2. Iya min mksdnya saya jg kurang PD dlm pengucapan bhs inggris.. krn saya msh pede klo cm tulisan saya isi untuk isi form.. yg saya takuti itu di imigrasinya nanti. Bgmana ya.. saya takutnya saya ga diperbolehkan msk sperti byk blog n vlog yg saya lihat dan baca itu klo gugup jd permaslahan. Sebelumnya terimakasih banyak oencerahannya

      Hapus
    3. Tidak usah gugup, yang penting anda masuk ke negara tujuan untuk berlibur. Dan biasanya percakapan ini tidak terlepas dari pertanyaan "kenapa anda datang berlibur ke negara ini" terus "berapa hari" dan "tinggal dimana" dan seterusnya. Dan jika mereka ingin minta diperlihatkan dokumen lain seperti tiket pesawat kembali atau beberapa dokumen perjalanan lainnya bukti pemesanan hotel anda lihatkan saja. Jika anda terlihat gugup dan mengeluarkan keringat tentu saja petugas bertambah curiga, anggap saja mereka itu seorang petugas biasa seperti petugas keluarahan yang sedang melakukan tugas verifikasi data. Jangan dianggap sesuatu yang menakutkan, yang penting semua prosedur yang telah anda lakukan. Mulai dari sekarang ya anda harus belajar untuk tetap berani dengan mengerti apa yang diucapkan oleh lawan bicara seperti sering mendengarkan bahasa Inggris dan belajar ucapan saat berbicara

      Hapus
  5. Hi, apakah benar untuk bisa masuk ke Thailand, minimal harus mempunyai cash 10.000 baht ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman waktu kami ke Thailand kami membawa uang secukupnya, secara backpacker kami hanya membawa uang cash yang telah dikonversi ke THB sekitar Rp2jt saja {tidak termasuk tiket Pesawat PP} selama 4 hari itupun budget yang sangat ketat bahkan masih dapat membeli oleh-oleh. . Kalau THB 10.000 sangat baik sekali pastinya liburan menjadi lebih menyenangkan.

      Hapus
    2. maaf... maksudnya pada saat ditanya di imigrasi bandara bangkok apakah ada pemeriksaan kepada kita yang diharuskan mempunyai uang cash 10.000 bath, jika tidak memiliki uang cash 10.000 bath kita tidak diperbolehkan masuk ke negara thailand, seperti banyak diberitakan.

      Hapus
    3. Mungkin ada beberapa traveler ditanyakan seperti pertanyaan ini karena pastinya petugas imigrasi adanya "random checking" untuk beberapa turis yang masuk. Persiapkan saja uang yang cukup memang THB10.000 atau sekitar +/- 4jt sebagai standar untuk berlibur dan pastinya anda seorang turis ingin berlibur disana memiliki uang yang cukup seperti yang disebutkan. Jika anda tidak semua THB dalam mata uang USD, Euro, dan mata uang lainya tidak akan rugi juga membawa uang cash sebagai berjaga-jaga.

      Hapus
  6. Hai, apakah harus mengisi SAWADI jika akan berkunjung ke thailand?

    BalasHapus
  7. Hai, apakah saya harus memiliki tiket pp? Karena saya berencana akan berobat ke malaka dan belum tau pasti kapan pulangnya karena menunggu diagnosa dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kondisi seperti ini apabila petugas imigrasi bertanya kapan baliknya anda bisa menjelaskannya secara rinci supaya petugas mengerti. Dan pastikan sebutkan informasi yang jelas kemana saja rute perjalanan saat berada di Malaysia dan petugas tersebut akan mengerti. Siapkan juga apabila ada dokumen menyatakan anda berobat ke Malaka alangkah lebh baik, jadi kapan pulang memang harus berdasarkan diagnosa dari doketer disana.

      Petugas akan melihat secara langsung kepada turis yang masuk hingga turis yang melakukan pengobatan akan diberikan, yang penting jika mereka bertanya dapat dijelaskan dengan cukup dan mereka menjadi paham tidak bertanya-tanya lagi.

      Semoga terjawab.

      Hapus
  8. Maaf saya mau bertanya, saya orang indonesia, kerja di Malaysia, cuti Lebaran saya ingin pergi jalan vietnam,?? 10 hari saja, yang saya takut kan nanti di imigrasi sana, saya tidak bisa berbahasa inggris, lalu apa yg harus saya lakukan?? Tolong beri pencerahan nya, makasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masih yakin anda masih bisa mengerti walaupun tidak secara keseluruhan bahasa Inggris yang diucapkan oleh petugas paham. Bahasa Inggris yang umum saja biasa saja yang akan terjadi seperti nama, kenapa datang ke Vietnam, dan lain sebagainya. Pastikan bahasa internasional ini harus anda pahami minimal mengerti dan tidak usah takut lancar bahasa inggris karena mereka belum tentu juga petugas tersebut lancar berbahasa Inggris 100%.

      Hapus
  9. Halo, ingin bertanya. apakah benar ada minimal uang tunai yang harus dibawa ke thailand ? karena saya melihat disalah satu blog media menyatakan kalau harus ada uang tunai minimal 8juta. apa benar?

    BalasHapus
  10. Ketika petugas imigrasi singapura menanyakan jumlah uang yang kita bawa,apakah uang tersebut harus dalam bentuk SGD atau boleh dalam bentuk Rupiah ?!!

    BalasHapus
  11. Hai min mw tanya..
    Kn juli nanti saya mw ke malaysia
    Tapi tahun 2017 kmarin aya pernah kena paspor tendang atw apalah namaya...
    Saya sdh tanya alasanya apa tpi tidak ada jawaban yg memuaskan. Dri imigrasi malaysia
    Yg mw saya tanyakan.. Klw saya ke malaysia lagi kira2 bermasalah atw tidak ya .
    Takutya sdh beli tiket mahal2 ech gk boleh masuk malaysia kyak tahun lalu.
    Tolong dijawab ya min..
    Soalnya saya galau nich. .
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah maksud paspor tendang? Jika terjadi masalah seperti black list oleh petugas imigrasi suatu negara maka akan terjadi kesulitan untuk masuk kembali. Kalau dari imigrasi tentu kita sebagai traveler tidak mengetahui apa alasannya dan apa prosedur internal yang mereka terapkan untuk sebuah pemerikasaan yang mereka lakukan. Jadi, untuk jawabannya saya tidak bisa menjawab spesifik karena bersangkutan dengan imigrasi tentu cukup sulit.

      Hapus
  12. Selamat siang
    Sya kn pengin banget berlibur
    Ke malaysia tp sya kesnh tidak ikut tour sya pesan tiket pesawat sendiri, jd sya tidak ad surat rekomendasi?
    Ap bs sya masuk malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada pakai surat rekomendasi masuk ke Malaysia, jika ada masa berlibur kesana hanya membawa paspor yang berlaku dan pastikan semua akomodasi perjalanan anda sudah lengkap termasuk tiket pesawat, itinerary, hingga penginapannya.

      Hapus
  13. Assallammualaikum saya mau tanya, saya pernah bekerja di malaysia, dan saya habis kontrak kerja, setelah 2 minggu, terus saya ingin kembali ke malaysia tapi untuk jalan jalan dengan menggunakan pasport yg sama, sebab masa berlaku pasport saya 3 tahun lagi, apa kah saya masi boleh kemalaysia lagi cuma sekedar jalan jalan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, jika saat anda bekerja di Malaysia tidak ada kendala dan baik-baik saja sesuai dengan peraturan menurut saya tidak ada masalah di pemeriksaan imigrasi apabila ingin kembali kesana. Jika sebaliknya, apabila anda ada masalah dengan pemerintah disana misalnya sebagai TKI ilegal atau sejenisnya tentu akan menjadi permasalahan saat masuk kembali.

      Hapus
  14. Min saya kan mahasiswa indonesia.. Mau libur ke malaysia ketemu keluarga yang kerja disana .
    Persyaratan apa ya min yg harus di bawa

    BalasHapus
  15. assalamu'alaikum.. Mf min.. Sy bkrja di singapore rencana besok minggu mo off day ke kuala lumpur 1 hri sore kngsung plng lg..apakah perlu surat izin cuti dari bos atau tidak?mohon pnjlsnnya dan trma kasih

    BalasHapus
  16. Permisi min. Mau nanya? Kalau petugas Singapure mau nanya berapa uang yg dibawa. Berapa minimalnya min?

    BalasHapus
  17. Hai, bagaimana kalau saya tidak bisa berbicara?

    BalasHapus
  18. Min mau tanya, kalo misal mau kerja ke luar negri... sdah mendapat surat kontrak kerja dan di dalam kontra dikatakan bahwa perusahaan akan mengurus visa karyawan di negara tujuan... apakah kita perlu mengurus visa dulu dr indo.?
    kalo dr indo tdak ad visa., bgaimana cara menjawab jika d imigrasi indonesia ditanyakan tentang visa.?

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.