Langsung ke konten utama

Cara Mengisi Kartu Kertas Imigrasi Singapore atau Singapura

Cara Mengisi Kartu Kertas Imigrasi Singapore atau Singapura. Liburan ke luar negeri harus mengisi kertas kartu imigrasi sebelum mendarat bagaimana cara mengisi ini kadang ada yang baper bingung bahkan pusing untuk sebagai contoh yang disampaikan adalah ke negara tetangga Singapura atau Singapore. Sebenarnya cara pengisian kartu kertas imigrasi ini sebagai dasar yang bisa digunakan untuk negara lain seperti Malaysia, Thailand, Australia, Hongkong, dsb. Penjelasan ini cukup lengkap untuk satu per satu kolom yang harus diisi dan ada yang di skip. Kartu kertas putih imigrasi ini adalah termasuk dokumen yang harus anda persiapkan sebelum mendarat dan menjadi syarat untuk masuk ke negara tertentu. Biasanya kartu ini akan dibagikan oleh pramugari atau pramugara diatas pesawat pada saat +/- 30 menit sebelum mendarat dan harus di isi seluruh turis yang akan memasuki negara tujuan. Negara favorit yang dikunjungi oleh orang Indonesia adalah negara Asean yang tidak butuh Visa masuk hanya stempel dari petugas di gate imigrasi. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan, data ini harus sesuai dengan passport yang anda bawa, jika informasi yang anda sampaikan salah maka anda akan berurusan dengan petugas imigrasi, apes nya anda bisa di deportasi. Untuk posisi Departure dan Arrival harus anda isi lengkap.



FULL NAME: Tulis nama lengkap anda sesuai dengan nama di Passport
SEX: Tulis atau centang jenis kelamin traveller Male [cowok] atau Female [cewek].
PASSPORT NO: Tulis nomer passport anda yang ada di pojok kanan atas.
PLACE of RESIDENCE-CITY: Yulis kota yang menjadi tempat tinggal. Apabila anda di Jakarta sesuai dengan KTP Indonesia.
COUNTRY: Tulis negara asal anda, tulis Indonesia.
FLIGHT NO/VEHICLE NAME/VEHICLE NO: Tulis pesawat yang membawa anda terbang ke negara tujuan, atau menggunakan transpotasi ferry, atau menggunakan mobil lintas negara [khusus mobil anda harus mencantumkan plat kendaraan tersebut].
ADDRESS in SINGAPORE: Tulis alamat dimana anda akan stay di Singapura. Sebutkan penginapannya, hostel, atau hotel dengan akurat dan lengkap. Contoh anda stay di Apartement di Orchard. 
CONTACT NO: Tulis nomer hape yang anda pakai sekarang. Jika anda ada di Singapore anda bisa tuliskan nomer telepon tersebut.
COUNTRY OF BIRTH: Tulis negara asal kelahiran anda.
DATE OF BIRTH: Tulis lengkap tanggal bulan dan tahun kelahiran anda, contoh 01 01 1980
LENGTH OF STAY: Tulis berapa lama anda akan tinggal di negara tujuan. Jangan sampai anda tinggal di negara tujuan berdasarkan maksimal hari yang diperbolehkan oleh negara tujuan.
LAST CITY/PORT EMBARKATION BEFORE SINGAPORE: Tulis kota terakhir kali sebelum memasuki negara Singapore. Jika Indonesia maka anda akan tulis Indonesia.
NEXT CITY/PORT EMBARKATION AFTER SINGAPORE: Tulis negara berikutnya yang akan anda kunjugi setelah keluar dari negara Singapore, misal Malaysia, Thailand, Hongkong, dsb.
HAVE YOU EVER USED .... TO ENTER SINGAPORE: Anda centang saja No. Maksudnya adalah apakah anda pernah menggunakan passport dengan menggunakan nama lain.
HAVE YOU EVER PROHIBITIED ..... SINGAPORE: Anda centang saja No. Maksudnya adalah apakah anda pernah dilarang memasuki negara Singapore.

FYI, ada beberapa kolom yang harus anda isi mengenai negara-negara yang menjadi perhatian khusus negara tujuan seperti Amerika Selatan atau Afrika selama enam bulan terakhir. Apabila belum pernah sama sekali maka anda cental "No". FYI, apabila anda ada permasalahan khusus baik dalam bentuk kejahatan ataupun kriminal di negara tujuan maka anda akan sulit memasuki pintu imigrasi, karena record anda akan muncul bahwa anda akan di deportasi ke negara asal. 
TANDA TANGAN: Buat tanda tangan anda di kolom yang telah disediakan.

Kertas kartu imigrasi ini harus anda isi sebelum masuk ke negara tujuan, dan anda harus menyimpan potongannya untuk diberikan nanti ke pintu keluar dari negara tadi. Jangan sampai hilang bagian potongan ini karena akan menyulitkan anda waktu keberangkatan. Fungsi kertas kartu imigrasi ini adalah sebagai kontrol dari negara ybs agar tercatat sebagaimana mestinya yang telah mereka atur dalam UU. Semoga cara mengisi kertas kartu imigrasi ini bisa menjawab kebingungan anda alias baper bisa hilang dan selamat berlibur. Contoh ini bisa anda sesuaikan dengan negara tujuan lain, dan berikan informasi seakurat mungkin dan sejujur-jujurnya.

Tips: Apabila anda traveling ke negara yang langsung cap paspor saja sewaktu di checking poin pada pintu imigrasi seperti negara ASEAN dan beberapa negara lainnya di dunia untuk mendapatkan kertas kartu imigrasi ini sebaiknya ambil lebih 2-3 lembar untuk persiapan anda ke negara yang sama untuk jangka waktu dekat. Karena pengamalan saya ada rekan backpacker pernah meminta ke petugas pramugari atau pramugara yang menawarkan kartu kertas imigrasi ini diatas pesawat dia mengambil 2-3 lembar untuk persiapan perjalanan berikutnya. Cara seperti ini cukup efektif dan anda sudah mempersiapkan kartu kertas imigrasi ini sudah terisi lengkap, jadi sewaktu anda melakukan checking poin di imigrasi tidak repot lagi untuk mengisi. Biar antri tidak lama dan bisa langsung jelajah liburan di negara tujuan yang sama. Semoga bermanfaat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.