Langsung ke konten utama

Transit Di Bandara Internasional Hongkong Tidak Akan Membosankan Lagi: Begini Caranya

Ada rekan backpaceker yang melakukan transit di Bandara Internasional Hongkong untuk melanjutkan perjalanan ke negara tujuan untuk berbagai negara dunia melakukan transit dengan berbagau tujuan untuk menghilangkan kejenuhan. Sebenarnya dari pengelola bandara telah membuat peraturan yang harus diikuti olhe seluruh penumpang yang melakukan transit tetapi tidak mungkin menunggu hingga 15 jam lebih dengan kegiatan apapun membuat jenuh dan membosankan. Tetapi dengan kemajuan teknologi serta mengertinya para pengelola bandara membuat Bandara Internasional untuk transit tidak membosankan lagi.

Poto oleh: arup.com

PROSEDUR TRANSFER ATAU TRANSIT PROSEDUR DI BANDARA INTERNASIONAL HONGKONG HKIA.

Beginilah prosedur tata cara melakukan transfer atau transit prosedur yang ada di Bandara Internasional Hongkong harap anda memperhatikannya supaya tidak terjadi kesalahan.

Jika anda telah memiliki boarding pass pada saat keberangkatan dari Cengkareng Soekarno Hatta untuk melanjutkan perjalanan menggunakan peswat yang sama maka ikuti papan arahan untuk masuk kedalam ruangan transit hingga ke pintu keberangkatan. Ikuti prosedur screening barang di daerah tertentu, lihat gate pintu keberangkatan anda yang ada di boarding pass minimum waktu 30 menit sebelum keberangkatan diumumkan oleh petugas.

Mempunyai boarding pass --> Screening barang X-ray --> Temukan gate pintu keberangkatan --> Sudah di ruang tunggu 30 menit sebelum keberangkatan.

PENTING.
Bagasi anda yang telah masuk pada penerbangan pertama dari Cengkareng Soekarno Hatta tidak perlu lagi anda ambil di pengambilan barang, karena status anda sebagai penumpang transit makan seluruh bagase anda yang masuk pada waktu check in pertama akan dipindahkan langsung oleh petugas yang berada di Bandara Internasional Hongkong HKIA. Jadi anda hanya duduk manis melenggang bebas untuk menuju ke penerbangan yang sama di ruang tunggu yang telah disediakan oleh pengelola bandara. Anda tidak perlu lagi keluar melewati pintu imigrasi sama sekali langsung masuk ke bagian transfer penerbangan. Apabila anda seorang penumpang yang memilih first class ataupun business class dapat menggunakan premium lounge yang disediakan oleh maskapai penerbangan anda dengan memperlihatkan boarding pass kepada petugas lounge yang ada di HKIA.

KHUSUS PENUMPANG TANPA BOARDING PASS.
Jika anda melakukan transit tetapi belum memiliki boarding pass mengikuti peraturan yang telah ditetapkan, caranya sebagai berikut:

Lihat lokasi konter meja transfer airline: anda kemudian ikuti papan arahan menuju ke area lokasi transfer di E1, E2 atau W1 untuk melakukan check in. Setelah itu anda ikuti arah papan menuju ke ruang pintu keberangkatan, jangan lupa melewati jalan ini semua barang bawaan harus melewati pintu pemerikasaan screening x-ray. Pilih lokasi ruang tunggu dengan pintu keberangkatan anda, dan harus menunggu di tempat tersebut 30 menit sebelum keberangkatan.

Ke konter meja transfer check in --> Boarding pass sudah di tangan --> Menuju ke screening x-ray --> Menuju ke ruang tunggu, sudah 30 menit di ruangan sebelum berangkat. 

PENTING.
Untuk memenuhi peraturan yang ada di bandara maka seluruh penumpang harus mengikuti keamanan otoritas Penerbangan Sipil Hongkong untuk melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan dimulai dari pintu keberangkatan, transit, check in, hingga pemeriksaan imigrasi sampai anda keberangkatan menuju ke pesawat airline. Jadi pastikan seluruh dokumen ini anda bawa dan perlihatkan kepada petugas agar proses transit anda tetap nyaman dan akurat datanya.

Tentu dengan adanya peraturan ini berlaku seluruh penumpang yang berada di Bandara Internasional Hongkong, tetapi tidak semua traveler yang mau melakukan transit di bandara saja. Ada beberapa opsi yang bisa menjadi rekomendasi bagi para traveler yang ingin melakukan jelajah yang sekitar bandara dan kota Hongkong khususnya. Maka pemerintahan memberikan kemudahan untuk melakukan eksplorasi menuju ke kota Hongkong tentu bagi pemegang pasport Indonesia akan diberikan gratis VISA selama transit. 

Transportasi dari Bandara Internasional Hongkong atau HKIA ini terintegrasi dengan beberapa transportasi publik seperti taksi, bis, hingga MTR. Apabila anda transit selama lebih dari 10 jam sebaiknya anda melakukan sedikit jelajah ke pusat kota Hongkong terlebih dahulu melakukan penitipan barang yang sudah tersedia di Terminal 1 dan Terminal 2.

Setelah barang bawaan anda yang dititipkan di kios penitipan barang maka saatnya anda menuju ke lokasi konter penjualan tiket. Di tempat ini anda diberi kebebasan untuk memilih transportasi apa yang akan dinaiki apakah bis atau MTR.

Kemudahan yang diberikan adalah sebuah kartu yang bisa anda gunakan untuk seluruh transportasi publik yang ada di Hongkong bernama Octopus Card. Kartu perdana ini dapat anda beli seharga HK$ 150 dimana HK$ 50 menjadi deposit anda dan dapat ditukarkan kembali apabila kartu ini dikembalikan pada saat anda kembali ke bandara untuk ditukarkan di konter pembelian pertama. 

Wisata yang dekat dengan Bandara HKIA adalah Disneyland Hongkong, atau ke Ngong Ping 360 untuk menaiki kereta gantung. Jika anda ingin belanja shopping dapat menuju ke Tsim Sha Tsui {TST} dengan menaiki MTR dari Stasiun Tung Chung. Untuk ke TST banyak sekali mall besar yang menjual kebutuhan fashion, asesoris, hingga kebutuhan makanan dan minuman. Di lokasi yang sama ini juga terdapat Garden Stars jika anda ingin melihat replika Bruce Lee, Andi Lau, hingga ke Jet Lee.

FYI, perjalanan ini harus mempertimbangkan waktu transit anda hingga 10 jam kedepan yang bisa anda manfaatkan untuk melihat kota Hongkong. Anda harus menghitung waktu transit ini selama melakukan jelajah agar tidak terlambat sampai kembali ke Bandara HKIA untuk melanjutkan berikutnya. Pastikan keamanan dokumen penting tetap terjaga baik pasport, tiket, gadget, hingga uang selama melakukan perjalanan. Anda jangan khawatir, di Bandara HKIA banayak tersedia jenis makanan yang bisa anda konsumsi dan bagi rekan muslim ada beberapa restoran halal yang bisa anda jadikan sebagai lokasi tempat makan. Semoga bermafaat.

Komentar

  1. Tapi pas pemesanan tiket melalui aplikasi ada tulisan tertera " Visa transit mungkin dibutuhkan ". itu gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama kami melakukan perjalanan waktu itu pemegang paspor Indonesia tidak memerlukan visa jadi tidak perlu visa transit yang disediakan pada waktu pembelian tiket, jika seandainya transit saja dan harus keluar bandara Hongkong tidak ada masalah karena hanya stempel saja oleh petugas Imigrasi. Hanya saja, anda harus menyiapkan dokumen perjalanan penting jika ditanya oleh petugas bisa diperlihatkan kepada mereka.

      Hapus
  2. Maaf kak mau tanya, saya tki korea mau pulang ke indonesia, saya mau liburan ke hongkong dulu, syaratnyaapa saja kak?terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syaratnya ya paspor masih berlaku. Masa berlaku paspor saat masuk sebaiknya masih diatas 6 bulan atau 12 bulan. Dan yang paling penting ada budget untuk liburan ke Hongkong.

      Hapus
  3. Mau tanya, Kita perlu bayar airport tax gak ya klo transit trus keluar gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada bayar airport tax lagi karena sudah termasuk dalam tiket pesawat.

      Hapus
  4. {Mohon maaf Bapak/ Ibu yang memberikan pertanyaan ini terhapus oleh admin kami, dan kami mencoba menjawabnya}

    Mau tanya..sy dan anak anak dan ibu sy ber 7 mau ke korea transit dihongkong kira2 20 memang sy sengaja..biar bisa jalan2 ke hongkong..sy sdh pesan hotel di london guest house..di nathan road..koper saya agak banyak..sy titipkan apa bisa langsung sy tidak ambil ya..karena kan sy akan menuju korea besoknya..dan apa keburu kalau saya harus nginap..karena sy sampai hongkong jam 9 malam..terimakasih saya minta informasinya ya

    Prinsipnya seperti ini: nama airline yang sama walaupun dalam posisi transit untuk estafet ke tujuan akhir memang mereka yang handle saat proses pindah pesawat. Karena anda cukup lama transit selama 20 jam, menurut saya sebaiknya koper dibawa semua karena masalah keamanan saja walaupun mereka semua yang handle {optional tergantung dari keputusan anda}, atau anda titipkan ke penyewaan loker barang yang ada di Terminal 2 lokasinya di sekitar area kedatangan di level 3. Jam operasionalnya dimulai pukul 05:30 - 01:30 dengan biaya sekitar HK$12 setiap jamnya, dan HK$140 untuk 24 jam {Baca Link}. Ada beberapa poin yang menjadi highlight.

    1. Setelah mendarat pukul 21:00 berarti anda sekeluarga harus melakukan proses check paspor di Imigrasi Bandara HK. Dari waktu keluar sampai dengan antrian pengecekan kita hitung waktunya +/- 60 menit, dan pengambilan bagase +/- 30 menit. Jadi waktu telah habis +/- 2 jam. Dari waktu mendarat waktu telah mununjukan pukul 23:00 atau 24:00. Apabila anda memaksakan diri untuk pergi juga ke Nathan Road untuk menginap di guest house tersebut menurut saya jangan dilakukan. Sebaiknya anda menginap di hotel Bandara saja, karena lebih menjaga kesehatan anak-anak serta orang tua. Karena perjalanan masih berlanjut keesokan harinya pastikan fisik harus dipersiapkan fit dan sehat. Lebih baik anda mengeluarkan uang sedikit lebih mahal untuk seluruh anggota keluarga daripada sakit sebelum traveling tentu akan tidak menyenangkan.

    2. Apabila menginap di hotel dekat dari Bandara HK berarti anda telah memberikan kenyaman istirahat yang cukup bagi seluruh anggota keluarga termasuk anda. Karena barang penting sudah anda keluarkan saat penitipan barang di Bandara HK pastikan semuanya telah dibawa kembali. Dan pastinya anda dan sekeluarga juga telah mendapatkan sarapan pagi full untuk mengikuti trip singkat ke pusat kota.

    3. Pastikan itinerary anda sangat ketat sekali, setelah check out hotel sudah harus pukul 08:00 dan harus kembali lagi sampai ke Bandara HK minimal pukul 18:00 untuk proses pengambilan barang, check in, dan pemeriksaan paspor di Imigrasi.

    BalasHapus
  5. Saya akan ke korea dengan transit di hongkong selama 13 jam, 11.20 saya sampai hongkong, dan terbang ke korea jam 01.00, rencana saya ingin keliling hongkong, sekedar poto2, dan belanja oleh2 khas hongkong. Pertanyaan nya
    1. Kira kira waktu saya cuku ga ya, tujuan saya cuma patung big budha, poto di disney land, ke Tst, nong pich, victoria harbour
    2, saya naik Cathay pasific, bagasi nya gmn ya, soalnya saya blom pernah transit lama, itu kita ambil apa di urus sma pihak cathay nya ya sampai korea
    3, bisa minta petunjuk transportasi selama di HK mas,

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Sangat lebih dari cukup, dengan syarat: harus itinerary yang super ketat, dan perhatikan jumlah waktu yang akan dihabiskan untuk masing-masing tempat wisata yang akan dituju. Mulai dari sekarang harus dirinci berapa lama waktu yang akan dihabiskan untuk masing-masing tujuan wisata yang ada di HK, dan pastikan anda harus berada di Bandara Internasional HK minimal 2 jam sebelum keberangkatan ke tujuan akhir.

      2. Kalau seandainya transit menggunakan nama airline yang sama berarti semua bagase masuk ke dalam loading barang akan diatur oleh maskapai penerbangan itu sendiri, jadi penumpang tidak perlu lagi memikirkan proses pemindahan bagase ke pesawat berikutnya seperti contoh Cathay Pacific. Berbeda dengan beda nama airline anda harus menitipkan di tempat penyewaan tempat yang ada di Bandara Internasional Hongkong karena beda maskapai berarti penumpang yang harus melakukan proses pemindahan barang. Tetapi hal ini tergantung dari anda sendiri apakah ingin menitipkan di tempat penitipan barang atau langsung ke airline ybs sesuaikan dengan kesempatan pada saat itu.

      3. Tansportasi yang terbaik lebih cepat dan pastinya sesuai dengan keinginan anda hanya untuk keliling kota Hongkong gunakan MTR sebagai transportasi terbaik dan cukup tepat waktu. Baca link ini sebagai ilustrasi dari transportasi penting ini di HK: Panduan Peta Map-MTR Hongkong . Untuk proses pembelian anda bisa langsung ke konter di stasiun HK untuk keterangan lebih lanjutnya.

      Semoga penjelasan ini dapat menjawab pertanyaannya. Terima Kasih.

      Hapus
    2. terima kasih banyak informasinya. sangat bermanfaat.

      Hapus
  6. Prosedurnya

    Coba baca link tersebut dalam English saat transit yang akan mengeluarkan biaya. Semoga membantu tambahan informasinya.

    BalasHapus
  7. Mau Tanya kak, kebetulan saya ada flight ke korea menggunakan cathay dan transit di hongkong... jika pesawat lanjutannya tetap dari cathay hanya kode unit pesawatnya saja yg berbeda, itu berarti luggage saya otamatis dipindah atau harus saya ambil dlu ya ka? Belum terbiasa transit sendiri soalnya haha.. mohon pencerahannya

    BalasHapus
  8. Biar gratis visa transitnya Jenis paspornya paspor biasa atau epaspor?

    BalasHapus
  9. Mau nanya kak temenku mau berangkat ketaiwan dan dia transit dihongkong, apakah boleh keluar bandara kak? Makasih kaÄ·

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.