Langsung ke konten utama

Cara Naik Bis Dari Terminal Bersepadu Selatan Kuala Lumpur Malaysia Ke Hatyai Thailand

Banyak pilihan transportasi dari Kuala Lumpur Malaysia ke Hatyai Thailand ada beberapa rekomendasi seperti pesawat udara, kereta api, dan bis malam. Pesawat udara sudah pasti rutenya kalau jenis transportasi ini khusus bagi anda yang mempunyai budget lebih dan ingin cepat sampai, sedangkan menggunakan bis malam merupakan pilihan alternatif yang bisa dicoba oleh para backpacker untuk menuju kesana melanjutkan perjalanan liburan. Plesirankota sudah melakukan perjalanan darat dari Kuala Lumupur Malaysia ke Hatyai Bangkok ini mempunyai pengalaman tersendiri bahkan bisa melihat country side nya sangat bagus dan memberi pengalaman tersendiri. Sekarang saatnya bagaimana cara naik bis dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke Hatyai Thailand. Berikut ilustrasinya:

Poto oleh: tbsbts.com.my
Baca juga:

Bus dari KL Malaysia ke Hatyai merupakan pilihan yang sangat paling disukai oleh backpacker yang ingin menyambungkan perjalanan liburan mereka ke stop berikutnya. Tidak hanya itu rute bis KL Hatyai ini sangat nyaman karena pusat keberangkatan di pusat kota KL dan kedatangan di area pusat kota Hatyai, jika menggunakan penerbangan langsung jaraknya ke pusat kota cukup jauh dan biayanya cukup mahal jika dibandingkan dengan bis. Inilah alasan lain kenapa menggunakan bis sangat disukai karena langsung ke pusat kota untuk turun dan tidak perlu lagi butuh transportasi tambahan.



Perjalanan nuansanya ini ibaratnya anda menggunakan Bis dari Jakarta-Yogyakarta tetapi kejadian ini di negeri orang dan jenis bis yang ditumpangi juga berbeda. Terminal bis yang harus anda datangi adalah di TBS {Terminal Bersepadu Selatan} Puduraya yang tidak terlalu jauh dari China Town dan Bukit Bintang. Disinilah pusat bis keberangkatan ke Hatyai Thailand dan beberapa kota lainnya di Malaysia, dan terminal ini sangat mudah ditemukan bahkan dari jauh saja anda sudah melihat kompleks pemberhentian bis ini yang banyak sekali bis keluar-masuk terminal dengan gagah dan aneka warna serta merek. Sebelum anda melakukan perjalan ya harus membeli tiket dulu yang bisa anda pilih secara go show atau secara online. Karena plesirankota belum pernah membeli secara online jadi tidak bisa melakukan sharing pengalaman. Hanya pembelian secara go show atau secara langsung yang lebih baik menurut kami. Memang rekan lain ada yang pernah melakukan pembelian tiket secara online bisa membagikan pengalamannya di kolom komen di akhir tulisan ini {Terima Kasih sebelumnya dengan berbagi ceita pengalaman}. Perjalanan yang dilakukan pada waktu itu tidak pada weekend tetapi pada hari kerja jadi tidak terjadi penumpukan penumpang, tetapi jika anda melakukan perjalanan di weekend atau akhir pekan bahkan adanya libur nasional di Malaysia sebaiknya anda membeli tiket bis jauh-jauh hari supaya bis yang direkomendasikan bisa anda tumpangi.

Hampir sama dengan Indonesia, TBS ini juga ada calonya untuk mendapatkan selisih harga yang mereka tawarkan dengan harga tiket resmi. Jadi disitulah mereka mendapatkan fee dari penumpang, perbedaan harganya sangat signifikan bisa lebih dri RM20-RM30 {sekitar IDR60.000 - IDR100.000} bisa melayang jika anda menggunakan calo untuk mendapatkan tiket. Apabila anda memasuki terminal sebaiknya anda abaikan saja mak-cik ini yang ingin menawarkan jasa dengan sopan dan langsung ke konter tiket di lantai dua. Konter tiket berjejer dan sesuai dengan jenis bis yang akan ditumpangi cukup banyak, tetapi yang sangat direkomendasikan adalah merek Alisan Golden Coach. Harga tiket resmi dimulai dari RM50 atau sekitar IDR180.000 per orang untuk satu kali perjalanan. Untuk jam keberangkatannya cukup banyak dimulai dari pagi hari dan sampai malam hari. Kalau backpacker seperti kami ini lebih banyak memilih malam hari karena tidak perlu lagi mengeluarkan uang penginapan karena sudah sekalian menginap di bis selama perjalanan.

Setelah tiket anda telah dapat, maka masuk ke ruang tunggu. Ruang tunggu sangat nyaman dan bisa banyak aktifitas makan ataupun mempersiapkan beberapa bekal diperjalanan nanti. Fasilitas wifi gratis juga tersedia dan sebaiknya setelah waktu menaiki bis sudah dekat maka anda harus mendekat ke jalur bis atau platform supaya lebih mudah proses menemukan bis yang akan ditumpangi.

Tiket yang anda dapatkan dari konter tadi berisi informasi jalur bis di flatform berapa, hingga nomer plat bisnya. Bis ini akan berangkat di lantai dasar, sebaiknya anda jangan turun ke bawah karena bisa salah naik bis karena ada beberapa bis yang sama dengan jalur yang berbeda, jika bis yang anda tumpangi tidak menyebutkan detil rincian bis yang ditumpangi bisa akan tersesat nanti jika tidak naik dari lantai dua ruang tunggu. Tetapi jangan khawatir, petugas bis akan menyebutkan atau memberikan informasi jika bis yang akan anda tumpangi ini akan bersiap untuk berangkat. Jadi harus melek dan jangan melamun pada saat adanya panggilan bis anda ini di ruang tunggu yang telah tersedia.

Pemeriksaan di Imigrasi Malaysia.
Bis akan berhenti memasuki checking point di Imigrasi Malaysia di daerah Bukit Kayu Hitam. Seluruh penumpang bis harus wajib turun dan membawa tas bawaan untuk dilakukan scan di mesin imigrasi. Harus cepat karena bis yang anda tumpangi tadi akan berhenti di lapangan parkir diujung kantor imigrasi. Seluruh dokumen perjalanan anda paspor dan kartu kertas imigrasi potongan permit keluar harus disiapkan supaya checking point bisa berjalan dengan lancar.

Setelah selesai proses imigrasi Malaysia anda kemudian harus menaiki bis lagi menuju ke negara Thailand. Pastikan detil bis yang anda tumpangi tetap sama.

Pemeriksaan di Imigrasi Thailand.
Pada saat anda menaiki bis setelah pemeriksaan Imigrasi Malaysia kemudian kernet bis akan membagikan Arrival Card alias kartu kertas Imigrasi Thailand yang harus anda isi. Bis yang kami tumpangi ini ada yang baik mereka mengisikan kartu ini dan paspor, jadi kita hanya menunggu beres saja. Dan semua selesai maka langsung menuju ke Imigrasi Thailand di Danok. Pada waktu itu barang bawaan kami hanya berupa tas ransel saja jadi semua barang bawaan tadi harus dibawa menuju ke Imigrasi dan cap paspor selesai menuju ke parkiran untuk menaiki bis yang sama. Ingat, potongan kartu jangan sampai hilang. Potongan kartu ini akan dikembalikan lagi ke petugas Imigrasi Thailand pada saat anda keluar dari negara tersebut. Tetapi jika anda ingin melakukan sendiri pengisian kartu imigrasi ini silahkan saja, tergantung dari pribadi masing-masing. Pada waktu itu perjalan kami ini seluruhnya dilakukan oleh kernet bis karena beberapa teman yang melakukan hal yang sama juga menggunakan bis yang sama dengan kami tumpangi ini. Paspor dan kartu imigrasi ini diminta pada saat bis berhenti di sebuah kota dekat perbatasan Thailand, kurang tau namanya. 

Sampai Di Hatyai Thailand.
Perjalan ini akan berakhir di Lee Garden, bis yang ditumpangi Alisan Golden Coach ini sangat nyaman dengan kondisi bis yang sangat lega. Seluruh awak bis dan pelayanannya sangat ramah bahkan dapat dikatakan jarang kecewa serta sangat membantu traveler yang butuh bantuan disaat yang tepat seperti kami. Fasilitas bis yang diberikan cukup lengkap seperti AC, adanya cas hape, kursi bisa diatur hingga selimut.

Formula:
1. TBS tidak terlalu jauh dari daerah bisnis Bukit Bintang dan sebagai terminal bus pusat yang menyediakan berbagai jurusan di Malaysia seperti Ipoh, Malaka, Johor Bahru dan sebagainya. Bahkan untuk sampai ke Singapore pun saat sekarang ini juga telah tersedia dan anda tidak perlu khawatir lagi. Lokasinya di pusat kota Kuala Lumpur sekitar Puduraya dan Petaling Street China Town tentu menjadi tumpuan para backpacker seluruh dunia untuk bepergian menggunakan transportasi darat seperti bus.
2. TBS {Terminal Bersepadu Selatan} KL Malaysia ---> Menuju ke Bukit Kayu Hitam {Pemeriksaan Imigrasi Malaysia} ----> Menuju ke Danok {Pemerikasan Imigrasi Thailand} ---> Hatyai: Lee Garden {Pusat Kota}

Note: Kami menaiki bis ini dari TBS sekitar pukul 21:00 malam dan sampai di Hatyai sekitar pukul 07:00 di pusat kota. Lamanya perjalanan menurut jadwal sekitar 8 jam perjalanan dari KL Malaysia ke Hatyai Thailand. Tetapi karena adanya pemberhentian yang cukup lama titik pemberhentiaan bis untuk antisipasi masuk ke pusat kota Hatyai di pagi hari alasannya: masalah keamanan saja untuk seluruh penumpang.

Penutup.
Saya pernah membaca pengalaman dari para backpacker yang mendapatkan situasi bahwa pada saat mereka melakukan perjalanan menggunakan bis pada rute ini menyebutkan: Imigrasi lokasinya sangat jauh dari saat turun dan akan naik kembali akan di lakukan tambahan biaya RM5-RM10. Setelah kami melihat langsung, jaraknya tidak jauh sama sekali ya kalau jalan kaki hanya 100-200 meter saja untuk proses yang kami jalani. Tetapi hal ini tentu akan berbeda jika anda membawa banyak barang serta anak kecil akan butuh biaya ekstra lagi memang wajar. Tetapi untuk skala backpacker sendiri kami temukan lancar jaya sampai ke Hatyai dan menumpang bis yang sangat direkomendasikan. Untuk pemberian fee kepada kernet yang membantu kami sebenarnya ada yang memberikan sebesar RM2 tetapi ini tergantung dari anda saja, jika merasa terbantu dengan jasa kernet bis yang anda tumpangi ini persiapkan uang recehan kecil ini sebelum perjalanan dimulai.

Apabila anda sedikit baper sebaiknya ikuti penumpang lain yang mulai memasuki proses imigrasi, jangan salah tetap fokus pada perjalanan anda. Karena dari pengalaman backpacker lain juga memberikan masukan agar selalu memperhatikan penumpang satu bis anda agar bisa bersama-sama berjalan menuju ke imigrasi. Dan pengalaman ini membang benar adanya dan kami merasakan sendiri.

Note: TBS ini merupakan termainal utama di Kuala Lumpur Malaysia yang mempunyai jurusan bus dalam negara atau antar negara seperti Thailand dan Singapura. Jadi fokus perjalanan darat menggunakan bus dari Kuala Lumpur disinilah awal mulanya. Jika anda ingin ke Malaka, Johor, dan lainnya juga naik dari terminal ini. 

Semoga sharing pengalaman ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda yang ingin menggunakan bis melakukan perjalanan darat dari KL Malaysia menuju ke Hatyai Thailand. Over all perjalanan sangat menyenangkan, tidak adan halangan apapun. Pada waktu perjalanan ini tidak terlalu rame dan di TBS tidak banyak penumpang yang menumpuk. Jadi, selamat traveling dan semoga selamat sampai tujuan.

Komentar

  1. Harga tiket bus dari KL ke Hatyai kena brp ya bang ? Emang harga online dan go show beda ya? Soalnya saya ga nemu harga yg rm50 di online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bis yang berangkat dari KL ke Hatyai itu cukup banyak di TBS, jadi saya menyampaikan harganya dimulai dari RM50. Untuk perbedaan sudah pasti ada karena secara go show anda bisa membandingkan dengan bus-bus lain yang tidak dijual secara online penjualan tiketnya.

      Hapus
  2. Harga tiket dari hatyai ke bangkok berapa budget nya bg?

    BalasHapus
  3. sangat menginspirasi, saya rencana mau ke hat Yai bulan februari 19,pas libur imlek

    BalasHapus
  4. Benar sangat membantu sekali. Karna saya percaya dengan segala hal yang d ceritakan dengan pengalaman sy bulan april lalu mengikuti arahan seperti anda dari TBS ke singapore. Dan alhasil semua sama seperti yang d ceritakan dlm pengalaman ...thanks untuk infonya. Jdi siap2 berpetualang lg nih lebih menantang dibanding kita naik pesawat lgsg ke bangkok. 😊😊🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sharingnya, kami sdg dalam perjalanan menuju hatyai, semoga dgn membaca pengalaman anda diatas kami juga lancar jaya sampai disana🙂

      Hapus
  5. Mau tanya sedikit kak , Saya mau ke Thailand pengen naik Bus aja sebab jaga2 Budget . Jadi setelah sampai di KL . Cara mau pesen untuk naik Busnya gmana ya ? Maklum saya sedikit kurang faham Kak , tolong dibantu yaa 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau naik bus langsung saja ke Terminal Bersepadu Selatan {TBS} sekitar Pudu Raya. Pembelian tiket bisa langsung ke terminal tersebut, jenis bus cukup banyak dan bervariasi sesuai dengan budget. Untuk sampai ke kota Bangkok harus estafet dulu ke Hatyai, dan dari Hatyai baru naik bus lainnya menuju ke Bangkok Thailand.

      Hapus
  6. Hotel murah dibangkok yg dipusat kota dan harganya murah apa ya? Trmkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah harga memang relatif untuk semua traveler dan tergantung dari keinginan. Sebaiknya sebelum memlih hotel dapat melihat review dari beberapa aplikasi penjualan secara online seperti agoda, hotel.com, dan lain sebagainya. Karena informasi ini sangat diperlukan apalagi seorang traveler seperti butuh informasi tambahan harus dekat dari transportasi publi untuk melakukan perjalanan ke beberapa objek wisata, tidak hanya itu saja untuk harga dapat langsung terlihat serta bentuk kamar yang akan di huni pun juga mereka sediakan.

      Terima Kasih.

      Hapus
  7. Dari TBS ke Imigrasi Malaysia berapa jam

    BalasHapus
  8. Untuk jalan pulang dari bangkok ke malaysia nya gimana?

    BalasHapus
  9. Barangkali ad yg mau barengan, sy ke KL tgl 12april19 rencananya pengen ke Thailand naik bus, ni wa sy 085732536055

    BalasHapus
  10. Dari hatyai ke bkknya gimana ya kak ? dari terminal yang sama atau ganti terminal ? budgetnya sekitar berapa ya ? mohon infonya jika tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk harga tiket dari Hatyai ke Bangkok {BKK} dimulai dari harga THB880 - THB1,290 atau sekitar USD27 - USD40 tergantung dari tipe kelasnya. Naiknya harus diterminal di Hatyai tidak terlalu jauh dari pusat kota.
      Dari KL ke Hatyai kami berhenti di pool bus di pusat kota karena masuknya pagi hari pihak bus tidak mau ambil resiko masuk ke terminal bus karena masalah keamanan saja. Jadi, saat estafet ke BKK nya kami harus ke terminal bus.

      Hapus
  11. Mohon arahannya kak.. jika saya dari hatyai ingin ke TbS naik bus apakah ada yg jam nya sore atau malam dari hatyai?? Biar irit hotel gtu..jd tidurnya di bus.bsk pagi sdh di TBS saja.. dan enaknya beli tiket langsung atau by online. Mksh banyak atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya pembelian secara online dan offline dapat dilakukan mempunyai keuntungan dan kelemahan masing-masing. Untuk ke praktis memang dilakukan secara online karena anda dapat melihat beberapa jenis bus yang akan melakukan perjalanan berserta harga dengan kelas yang tersedia dan pastinya langsung terlihat jam keberangkatan yang diinginkan. Sebenarnya banyak sekali bus yang membuka rute perjalanan ini seperti Alisan, Inter Top, KKL Express, Express Kesatuan, Sri Maju Group, dan masih banyak lagi. Jika anda ingin membeli secara online pastikan provider yang menyediakan jasa pembelian terpercaya.
      Kalau membeli secara offline ya anda harus on the spot atau go show langsung ke terminal bus yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Hatyai. Anda harus berhati-hati dengan calo tiket bus saat melakukan pembelian tiket secara langsung dan sebaiknya langsung menuju ke loket penjualan langsung.
      Memang benar anda sebaiknya berangkat malam dapat menghemat biaya menginap di hotel.

      Hapus
  12. bysedikit tambahan. untuk senantiasa berhati hati karena ada TBS lain yang diluar TBS KL membuat saya kehilangan koper dalam waktu 2 menit barang saya langsung hilang. satu lagi jangan lupa tukar uang RM KE BAT di malaysia. krn kalau tukar RM ke bat di thailand hrganya sangat berbeda alias murah. itu menurutku. untuk bahasa. org hatyai tdk hampir semuanya bahasa thailand dn bahasa inggris sangat susah utk berkomunikasi yg ada hanya bahasa melayu itupun hlbahasa melayunya berbeda jauh dgn melayu riau atau malaysia. butuh kepekaan dalam memahaminya. mau tidak mau saya mengunakan aplikasi translate. untuk belanja di plaza kimyong disini banyak yg megunakan bahasa melayu. sekiann sbgai tambahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih tambahan pengalamannya dan semoga bagi rekan lainnya dapat menjadi berhati-hati dan waspada semua barang bawaan. Tetap peka dengan semua hal yang akan terjadi dan belajar dari pengalaman adalah guru terbaik.

      Hapus
  13. trima kaaih utk pengalamannya..menginspirasi sekali.
    oia tnya donk kak kalo dr hatyai mw ke bangkok naik bus rekomend naik bus merk apa ya ? dan naikny dmn ? biaya nya brapa...mohon bantuannya trima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya:

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.