Langsung ke konten utama

Beginilah Cara Mudah Membuat Mata Tetap Sehat Idaman Setiap Orang

Cara hidup sehat harus anda lakukan untuk menjaga kestabilan kondisi mata hingga tetap sehat menjadi idaman semua orang. Keadaan mata sehat ini harus selalu diikuti dengan langkah kongkrit berkelanjutan supaya mata sehat yang diinginkan bisa terwujud dengan sempurna. Untuk menciptakan mata sehat tidak lah sulit hanya butuh pengetahuan pintar dan smart dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Beginilah cara mudah membuat mata anda tetap prima dan sehat yang bisa anda dapatkan dalam jangka pendek bahkan bisa dirasakan di jangka panjang.


Kaca mata pelindung untuk kegiatan di lapangan. Poto oleh: alpineeyecare.com

1. Makanan Sehat Bergizi.
Menyiapkan mata sehat harus ditopang dengan makanan sehat yang siap anda santap setiap hari. Nutrisi penting yang dibutuhkan oleh organ mata adalah vitamin c, omega 3 fatty acids, zinc, vitamin e yang membantu kedua mata untuk membentengi diri dari masalah penglihatan terutama terjadinya degenerasi makula serta penyakit katarak. Untuk mendapatkan menu sehat yang dimaksud anda harus mempersipakan bahan makanan berikut sebagai menu penting untuk mata:

a. Siapkan sayuran berwarna hijau yang banyak tersedia di pasar tradisional seperti sawi, bayam, atau kale. Sayuran ini sangat bermanfaat bagi mata sebagai nutrisi penting untuk penglihatan.
b. Harus ada protein hewani seperti ikan salmon, ikan tuna, atau ikan yang mengandung minyak esensial yang bernutrisi tinggi.
c. Dari jenis tumbuhan juga harus tersedia cukup seperti telur, kacang-kacangan, dan sumber protein nabati lainnya yang cukup banyak tersedia di pasar tradisional.
d. Buah yang sangat bermafaat untuk mata sehat kinclong adalah buah jeruk dan buah yang mengandung vitamin c lainnya atau minuman jus tanpa gula.
e. Hidangan sea food seperti tiram sangat bermanfaat untuk mata karena mempunyai nutrisi penting untuk kesehatan mata.
f. Anda harus memperhatikan konsumsii makanan yang berimbang dengan berat badan tetap stabil. Pola seperti ini anda telah mengurangi resiko obesitas dan terhindar dari penyakit diabetes tipe 2 yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

2. Berhenti Merokok Sekarang Juga.
Sudah menjadi kebiasaan yang sudah menahun anda harus berhenti merokok sekarang juga apapun alasanya. Merokok berpotensi mendapatkan penyakit katarak pada mata terutaman merusak syaraf optik utama menimbulkann degenerasi makula. Untuk menghentikan secara tiba tiba tentu butuh perjuangan tetapi harus ada itikat baik dan memang dari niat dari anda sendiri. Semakin kuat dorongan anda untuk berhenti merokok semakin kuat pula anda akan berhasil untuk terhindar dari penyakit yang berbahaya pada mata. Jika butuh terapi dari dokter sangat direkomendasikan.

3. Gunakan Kaca Mata Anti UV.
Kegiatan outdoor pada terik matahari akan mempertinggi kinerja mata untuk beraktifitas. Untuk melindungi kedua mata dapat menggunakan kaca mata anti sinar Ultra Violet atau UV. Kegunaanya adalah pada kaca mata anti sinar UV ini untuk menghindari eksposur cahaya matahari yang bisa menimbulkan katarak dan degenerasi makula terhadap mata. Kontrol ke dokter mata untuk mendapatkan rekomendasi terbaik dimana hasil yang telah dirasakan oleh pasien memilih jenis pasangan lensa kaca mata yang dapat memblok antara 99%-100% dari UVB dan UVA. Kedua lensa kaca mata ini akan melindungi bola mata dari berbagai sudut. Lensa kaca mata akan menahan sinar yang membahayakan tersebut sehingga terpolarisasi dengan sendirinya, biasanya dapat anda rasakan pada saat mengemudi kendaraan. Sebaiknya anda hindari pemakaian kontak lens karena efek samping terhadap lapisan mata saat bergerak bisa saja merusak organ mata secara perlahan yang berakibat buruh pada masa jangka panjang.

4. Pakai Kaca Mata Untuk Keselamatan Kerja.
Pada saat melakukan aktifitas berat bertema outdoor menjadi pekerjaan utama keseharian untuk sebagian ornang. Makanya SOP yang diterapkan oleh perusahaan harus menggunakan kaca mata pelindung selama melakukan aktifitas pekerjaan seperti las, off shore, pabrik, ataupun konstruksi. Kaca mata pelindung ini merupakan wajib dilakukan dan harus anda lakukan yang masuk dalam standar keamaan dalam pekerjaan. Untuk kegiatan hobi lainnya sudah pasti digunakan seperti bersepeda gunung, berenang, hingga kegiatan adventure lainnya. Jenis lensa yang dipakai sejenis tahan terhadap benturan yang bisa melindungi mata dari benturan benda asing dan melukai mata. Pilih kaca mata yang mempunyai standar yang telah ditetapkan oleh otoritas yang mengeluarkan setifikat untuk produk berkualiatas sepertu SNI.

5. Batasi Hubungan Langsung Dengan Layar Komputer.
Saat bekerja melakukan aktifitas tidak terlepas dari PC, komputer, lapotop, bahkan gadget ukuran layar besar. Banyak sekali akibat yang ditimbulan oleh aktifitas berlebihan seperti ini akan mengakibatkan: 


6. Melihat dari layar komputer
Menatap komputer atau telepon layar untuk terlalu lama dapat menyebabkan:
kelelahan mata, penglihatan menjadi buram, fokus pada jarak yang cukup, mata menjadi kering, timbulnya sakit kepala, leher pegel, punggung terasa berat, dan nyeri pada bahu. Untuk melindungi mata anda pada aktifitas pekerjaan seperti ini dapat mengurangi kelelahan pada mata dan anggota tubuh lainnya.

a. Pastikan kacamata yang anda pakai mempunyai standar terbaik dan up to date dan diperuntikan untuk melihat layar komputer dalam jangka waktu tertentu.
b. Jika ketegangan mata anda tidak kinjung berhenti bahkan menyebabkan aktifitas anda terganggu, kunjungi dokter anda untuk mendapatkan tindakan konkrit seharusnya.
c. Pastikan posisi letak layar monitor ini lebih tinggi dari posisi mata dan pastikan posisi menunduk untuk melihat dihindari.
d. Hindari kontak langsung dengan cahaya silau yang bisa memperlemah kondisi mata. Jika aktifitas anda banyak berhubungan dengan cahaya silau ini harus menggunakan kaca mata khusus untuk melindungi mata.
e. Posisi duduk harus pada tempat yang baik serta nyaman untuk seluruh anggota badan. Posisi terbaik adalah kaki anda dapat rata dengan lantai untuk mendapatkan kenyamanan dalam bekerja.
f. Jika mata terasa kering anda harus sering melakukan kedipan agar mata tetap lembab.
g. Selalu istirahan dengan jeda waktu setiap 20 menit ditambah dengan gerakan kaki selama 20 detik sangat direkomendasikan.
h. Selalu beri jeda waktu +/- 2 jam untuk istirahatkan mata minimal 15 menit untuk memberi waktu cukup pada mata.

7. Selalu Buat Jadwal Kunjungan Dokter Mata Secara Berkala.
Sekarang trend untuk mendaatkan mata sehat sudah mulai disadari demi terciptanya mata tetap sehat dan selalu prima. Seluruh tingkat usia muda hingga dewasa ingin memeriksakan mata ke dokter mata agar bisa terdeteksi langsung apa yang seharusnya dilakukan sebelum terjadi hal yang sangat serius. Penyakit mata yang banyak terjangkiti adalah galukoma yang memang tidak memiliki gejala sama sekali, pada saat pemerikasaan awal bisa dilakukan tindakan konkrit dan bisa terbebas dampak kebutaan permanen.

Sumber: webmd

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.