Langsung ke konten utama

Cara ke Bukittinggi dari Bandara Minang dan Kota Padang

Harga hemat dan sangat mudah. Cara pergi ke Bukittinggi baik dari Bandara Minang Kabau dan tentunya dari pusat kota Padang banyak sekali rekan backpacker yang mencari artikel seperti ini. Saya mencoba memberikan sedikit ilustrasi yang tentu sangat mudah dipahami serta dengan bayaran yang tidak terlalu mahal alias terjangkau untuk sampai ke kota tujuan kota wisata Bukittinggi. Menikmati liburan harus mempunyai anggaran yang cukup baik untuk membayar transportasi, hotel, dan tentu biaya makanan.

Indah Jam Gadang Bukittinggi. Poto oleh: kumpulan konsultasi.com


Abstrak Latar Belakang.

Bukittinggi sebagai kota pariwisata sangat dibanjiri oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Kota ini diapit diantara dua buah gunung yang relatif aktif disisi kiri dan kanan apabila pemandangan ini di jepret dari pusat kota Bukittinggi. Kota ini termasuk kota tua yang berperan dalam proses perjuangan bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan, serta kiprahnya dalam masa penjajahan Kolonial Belanda. Dengan itu saksi sejarah berupa peninggalan zaman penjajah tersebut masih dapat dilihat dengan baik dan terjaga baik secara fisik bangunan serta perhatian dari pemerintah kota dan masyarakat.

Tentunya untuk mencapai kota Bukittinggi apabila rekan semua yang mempunyai anggaran atau budget yang tidak terlalu besar dan ingin sekali mengunjungi kota Bukittinggi ini dari bandara Minang Kabau dan khususnya sudah berada di kota Padang, semoga tulisan ini bisa memberikan petunjuk untuk menuju kota wisata yang menjadi destinasi liburan pribadi dan rekan-rekan.

Sekilas Terminal Bayangan di kota Padang.

Saya ingin menjelaskan sedikit tentang tidak adanya terminal khusus kendaraan transportasi umum antar kota yang terkoneksi dengan kota Padang. Sebenarnya pemerintah kota Padang telah mempersiapkan terminal khusus angkutan kota antar propinsi di daerah Air Pacah bypass beberapa tahun yang lalu [hampir lebih dari satu dekade] belum ada penyelesaian yang terbaik untuk menempatkan di satu lokasi. Dan progress nya tidak dapat terwujud dan masih dalam tahap dibenahi. Tapi saya tidak menjelaskan secara rinci karena pekerjaan ini tugasnya pemerintah kota.


Nah, dengan adanya situasi seperti ini timbulah terminal bayangan yang berderet mobil berukuran sedang untuk mengangkut penumpang yang ingin keluar kota seperti Solok, Bukittinggi, Lubuk Basung, Batu Sangkar, Payakumbuh, bahkan ke Pesisir Selatan. Setiap tujuan tentu berbeda lokasinya antara satu tujuan ke kota yang tersebut diatas.


Pada kesempatan sekarang saya ingin menjelaskan bagaimana cara ke Bukittinggi dari kota Padang dan bandara Minang Kabau menggunakan kendaraan umum yang mempunyai biaya yang cukup terjangkau dan sangat aman diikuti apabila rekan semua cermat dengan nama dan adanya perhatian khusus supaya tidak meleset. Berikut strateginya.

Dari Bandara Minang Kabau ke Basko Mall atau Universitas Negeri Padang.

Setelah mendarat dari bandara Minang Kabau dengan selamat dan membawa seluruh barang bawaan, rekan dapat menaiki bus khusus bandara dengan nama Bus Damri dan Bus Tranex. Kedua bus ini adalah bus resmi yang telah ditunjuk oleh instansi terkait untuk membantu masyarakat terkoneksi antara kota Padang dan Bandara Minang. Posisi bus terletak di posisi ujung sebelah kiri setelah keluar dari pintu kedatangan. Jangan salah posisi sebelah kiri langsung ke ujung sudah tersedia kedua bus ini. Kedua bus ini sudah menanti penumpang mulai dari pesawat pertama sekitar pukul 07:00 sampai dengan 19:00. Jadi pastikan pesawat kedatangan rekan semua berada pada jam ini.

Ini baru langkah awal untuk menuju kota wisata Bukittinggi dari Bandara Minang Kabau. Setelah menaiki salah satu bis ini yang tentu melewati tujuan perbehentian di Basko Mall atau Universitas Negeri Padang Air Tawar. Jika rekan ragu dapat memberitahukan supir bus atau kondektur untuk berhenti didaerah ini dengan maksud ke Bukittinggi. Dengan senang hari mereka pasti akan membantu.

Setelah sampai di Basko Mall atau Universitas Negeri Padang, rekan semua harus menyeberangi jalan boulevar ini untuk menuju bus ukuran sedang tujuan Bukittinggi yang sudah menanti di seberang jalan, petunjuknya adanya penjual bengkuang disekitar perbehentian bus tersebut. Posisi bus ini berada di seberang jalan yang berlawan arah dengan bus bandara khusus tadi. Di lokasi ini banyak bus dengan tujuan berbeda, pastikan bus yang dinaiki tujuan akhir ke kota Bukittinggi. 


  

Dari Kota Padang Menuju ke Basko Mall atau Universitas Negeri Padang Air Tawar.

Untuk rekan yang telah menginap di kota Padang dan ingin melanjutkan liburan ke kota Bukittingi menggunakan kendaraan umum sangatlah mudah. Pastikan angkutan umum yang dinaiki tujuanya ke Tabing atau Batas Kota. Kendaraan umum ini bisa menggunakan angkutan kota kecil atau Trans Padang. Kedua angkutan kota ini melewati Basko Mall dan Universitas Negeri Padang. 

Cara mudah ke kota wisata Bukittinggi ini dari berbagai tempat seperti bandara Minang Kabau dan kota Padang sangat mudah sekali, hanya saja masih ada ketakutan atau keraguan untuk mencarinya. Jangan ragu, apabila rekan backpacker ragu dan masih belum familiar bisa langsung bertanya ke orang sekitar yang dapat dipercaya. Malu bertanya sesat di ke tujuan akan berlaku.

Tips.

Saya ada beberapa tips aman untuk berkunjung ke kota Bukittinggi dari bandara Minang Kabau atau kota Padang yang sangat direkomendasikan untuk diikuti supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di perjalanan.

1. Rekan semua harus memulai perjalanan ke kota Bukittinggi baik dari Bandara Minang Kabau atau kota Padang pada pagi hari. Direkomendasikan sekitar jam 07:00 - 10:00 pagi dengan alasan untuk bisa menikmati perjalanan masih dalam keadaan fresh dan cuaca baik.

Untuk rekan yang ingin berencana ke kota Bukittinggi harus mempersiapkan pesawat mendarat di Bandara Minang Kabau sekitar jam tersebut. Supaya bisa mempersiapkan waktu yang cukup menuju tujuan akhir yaitu kota Bukittinggi.

2. Siapkan uang yang cukup selama di perjalanan. Apabila rekan dari bandara Minang Kabau ingin mencari ATM center tersedia disekitar bandara. Posisinya sebelah kiri pintu kedatangan searah dengan posisi bus Damri dan Tranex.  

Apabila rekan backpacker dari kota Padang harus persiapkan semuanya dari ATM yang tersedia disekitar hotel atau mall. Persiapkan sebelum kehabisan di perjalanan.

3. Perjalanan ke Bukittingi baik dari bandara Minang atau kota Padang membutuhkan waktu perjalan ansekitar 2 jam. Persiapan singkat dan nyaman di perjalan baik dalam bentuk barang bawaan dan pernak-pernik kecil yang tidak mengganggu seperti camera, hape, dan laptop. 


4. Usahakan perjalanan ke Bukittinggi dari kota Padang dan Bandara Minang Kabau ini tidak pada waktu cuti bersama, libur anak sekolah, libur bersama, atau Lebaran. Perjalanan rekan semua akan terkendala dengan penuhnya armada kendaraan karena jumlah penumpang akan jauh lebih banyak jika dibandingkan pada hari biasa. Siapkan cuti pada hari kerja biasa untuk mendapatkan prioritas bus ke Bukittinggi dan biaya hemat lainnya.

5. Apabila berkunjung ke kota Bukittinggi harus persiapkan hotel yang sudah ready untuk siap langsung ditempati dan dekat dengan lokasi kunjungan lokasi wisata. Ini penting untuk memudahkan perjalanan yang tidak perlu menggunakan kendaraan umum. Misalnya, dekat jam gadang, dekat jembatan limpapeh, dekat pasar banto, dekat pasar atas, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhan rekan backpacker sendiri mana yang terbaik.

6. Pastikan semua barang bawaan berharga selalu dalam pengawasan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Saya merekomendaikan untuk melakukan perjalanan backpacker ini minimal dua orang untuk memberikan rasa pede atau saling mengingatkan apabila ada terlupa dan sharing cost pada penginapan.

7. Setelah menempuh perjalanan selama 2 jam sudah memasuki kota Bukittinggi baik dari Bandara Minang Kabau atau kota Padang, rekan backpacker ingin melanjutkan perjalanan ke pusat kota Bukittinggi harus menggunakan angkutan kota kecil lainnya dari lokasi Jambu Air. Posisi kendaraan kecil warna merah menuju kota Bukittinggi akan menunggu penumpang di dekat Mesjid arah kota Bukittinggi. Lokasi ini merupakan tempat angkot ngetem. Jarak ke pusat kota Bukittinggi tidak terlalu jauh sekitar 10-15 menit dari perbehentian angkot Jambu Air. Persimpangan tiga ini merupakan berpisahnya jurusan angkutan luar kota dengan angkutan dalam kota. Sebagai petunjuk adanya deretan toko fried chicken merek terkenal, toko roti, dan ATM center diposisi sebelah kanan. 

Rincian Biaya:

1. Dari Bandara Minang Kabau ke Basko Mall atau Universitas Negeri Padang IDR 24K.

2. Dari kota Padang ke Basko Mall atau Universitas Negeri Padang baik angkutan dalam kota dan Trans Padang antara IDR 3K - 5K

3. Tujuan akhir ke kota Bukittinggi dari Padang dan bandara Minang Kabau dengan perberhentian Jambu Air antara IDR 25K - 35K [saya ambil kisaran harga dengan pertimbangan adanya kenaikan harga tarif apabila ada penyesuaian].

4. Jambu Air ke pusat kota Bukittinggi antara IDR 3K - 5K.


Semoga tulisan ini dapat membantu rekan semua tidak hanya backpacker saja tetapi seluruh pihak yang ingin mengunjungi kota Bukittinggi yang dimulai dari bandara Minang ataupun dari pusat kota Padang. Agak sedikit banyak penjelasan tapi saya yakin tujuannya hanya untuk memberikan paparan yang agak lebih rinci supaya tujuan akhir kota Bukittinggi dari berbagai awal perjalanan dimulai dari kota Padang ataupun dari bandara Minang Kabau menjadi mudah sehingga liburan di kota Bukittinggi menjadi aman dan nyaman. Selamat berlibur. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.